1. Disarankan registrasi memakai email gmail. Problem reset email maupun registrasi silakan email kami di inquiry@idws.id menggunakan email terkait.
  2. Untuk kamu yang mendapatkan peringatan "Koneksi tidak aman" atau "Your connection is not private" ketika mengakses forum IDWS, bisa cek ke sini yak.
  3. Hai IDWS Mania, buat kamu yang ingin support forum IDWS, bebas iklan, cek hidden post, dan fitur lain.. kamu bisa berdonasi Gatotkaca di sini yaa~
  4. Pengen ganti nama ID atau Plat tambahan? Sekarang bisa loh! Cek infonya di sini yaa!
  5. Pengen belajar jadi staff forum IDWS? Sekarang kamu bisa ajuin Moderator in Trainee loh!. Intip di sini kuy~

Yakin Mau Pasang yang Bagus-Bagus Aja di Lapak?

Discussion in 'Entrepreneur Talks' started by miraxsubiz, Feb 14, 2016.

Thread Status:
Not open for further replies.
  1. miraxsubiz Members

    Offline

    Joined:
    Jan 5, 2016
    Messages:
    6
    Trophy Points:
    11
    Gender:
    Female
    Ratings:
    +2 / -0
    Kalo selama ini kita kira kita harus pamerin testimoni bagus, rating bagus, kalo bisa mah bintang lima terus supaya calon pembeli percaya sama kualitas kita, ternyata pemahaman kita salah/basi! :gadiscapede:
    Calon pembeli sekarang udah lebih pinter, lebih waspada. Hasil tempaan bertaun-taun baca kisah tipu-tipu yang udah mah muncul berkali-kali, masih juga ada korbannya. Ini yang bikin calon pembeli cerdas kalo mikir pake curigaan dikit. Giliran tukang dagang deh tuh yang mesti ngerti gimana maunya calon pembeli, ngerti gimana harusnya nampilin brand.
    Di artikel ini ada nih penjelasan yang lebih mendetail soal ini. Met baca dan belajar bersama!! :gadisbertapa:

    [​IMG]

    Para pemilik brand tahu bahwa ulasan pelanggan berperan penting bagi konsumen dalam membuat keputusan untuk melakukan pembelian, terutama secara online. Karenanya, mereka bekerja keras untuk meraih peringkat tertinggi yang bisa mereka dapatkan. Meski begitu, ternyata kehadiran ulasan dengan bintang kurang dari lima lah yang sebenarnya mendatangkan pembelian.

    Analisis data dari 40 kategori produk yang dilakukan baru-baru ini mencari tahu dampak membaca ulasan pada tindakan pembelian. Pusat Riset Spiegel Universitas Northwestern dan PowerReviews menemukan bahwa, dalam jumlah tertentu, ulasan buruk justru membantu peningkatan penjualan.

    Pengaruh ulasan pelanggan terhadap keputusan untuk membeli
    Bahkan pembelian produk paling sering terjadi karena pengaruh ulasan dengan rerata peringkat bintang antara 4,2 hingga 4,5. Produk dengan peringkat bintang lima lebih tidak terpengaruh, yang kemungkinan terjadi karena sikap skeptis konsumen masa kini yang berpegang pada prinsip “terlalu bagus untuk jadi nyata.” Memiliki beberapa ulasan yang kurang dari sempurna mengurangi rerata peringkat berita sebuah produk namun lebih menumbuhkan bisnis.

    Mengapa ulasan bintang lima dianggap terlalu bagus untuk jadi nyata? Kemungkinan karena adanya tuntutan akan otentisitas.

    [​IMG]

    Kita semua memiliki kadar sinis yang menyehatkan. Kita tahu tidak ada yang sempurna. Jadi saat konsumen melihat bahwa sebuah produk hanya memiliki ulasan bintang lima, mereka akan mencurigai ada yang tidak benar, dan sinyal tindak penipuan mereka pun menyala.

    Mereka tahu bahwa pasti akan selalu ada pendapat buruk tentang suatu produk, layanan, atau tempat dan karenanya akan merasa curiga saat sesuatu disebut-sebut atau dipasarkan sebagai sebuah “kesempurnaan.” Dengan adanya gugatan oleh Amazon terhadap lebih dari 1.000 penjual atas ulasan bintang empat dan lima palsu baru-baru ini, konsumen bahkan menjadi jauh lebih teliti lagi dalam membaca ulasan, yang memang beralasan.

    Skeptisime sehat terhadap iklan, jurnalisme, juga ulasan produk yang sempurna kini sedang berkembang. Campuran berbagai ulasan baik dan buruk menunjukkan transparansi sebuah brand, dan justru berguna untuk menunjukkan bahwa berbagai ulasan yang ditampilkan di situs Anda tidak palsu maupun hasil saringan. Beberapa pembeli bahkan akan mengacuhkan brand atau produk yang hanya memiliki ulasan bintang lima dan mencari alternatif yang lebih otentik.

    Meski ternyata penting bagi pemilik brand untuk menyajikan peringkat bintang yang beragam, tidak lantas brand tidak menekankan pentingnya ulasan baik. Untuk itu, Anda dapat mencoba lakukan hal-hal berikut:

    [​IMG]

    Tawarkan (dan uji) opsi
    Tawarkan beberapa opsi membaca ulasan, dari peringkat bintang tertinggi ke terendah atau berdasarkan seberapa membantunya ulasan yang ada. Strategi yang sama dapat digunakan untuk penawaran produk, blog Anda, dan konten lainnya. Ikut sertakan beberapa opsi bagi pelanggan yang telah Anda miliki serta calon pelanggan untuk menemukan informasi yang mereka cari; pelanggan selalu reseptif terhadap pengalaman yang lebih personal.

    Hargai konten
    Konten ulasan merupakan suatu hal yang mempengaruhi konsumen lain dalam perilaku pembelian. Saat konsumen membaca ulasan untuk mencari tahu mengapa suatu produk menerima peringkat tertentu, hal yang tampak negative bisa jadi memicu pembelian.

    Contohnya, saat sebuah produk memiliki peringkat bintang empat dan bukannya lima karena menurut pemberi ulasan warnanya bukan jenis warna yang diinginkan, hal tersebut bisa jadi diterima sebagai pesan oleh pembeli lain untuk membeli.

    Simpan ulasan negatif dan perhatikan
    Delapan puluh dua persen konsumen secara spesifik mencari adanya umpan balik negatif , dan karenanya umpan balik negatif ini harus tersedia. Sebagaimana riset kami tunjukkan, memaksimalkan nilai ulasan pelanggan untuk menarik pembelian membutuhkan kehadiran ulasan dengan bintang kurang dari lima. Selain itu, meski pemilik brand berupaya meningkatkan produk atau jasa mereka, ulasan dengan bintang kurang dari lima umumnya memberikan masukan otentik dan berharga yang berguna dalam membuat perbaikan strategis.

    Riset kami mengungkapkan bahwa, dalam beberapa kategori, membaca ulasan tidak hanya memberi dampak pada pembelian namun juga efek dramatis. Maka untuk membuat ulasan pelanggan berarti bagi konsumen, penting bagi pemilik brand untuk mengundang pemberian ulasan bernada apa pun, menghindari menyembunyikan ulasan bernada negatif, menawarkan pelanggan kesempatan untuk mengembangkan ulasan mereka, serta melakukan tindakan atas ulasan pelanggan berdasarkan umpan balik tertentu.

    Pelanggan mengharapkan brand pilihan mereka tidak sekadar menawarkan produk yang hebat, namun juga mendengarkan, merespons, dan, berdasarkan riset kami, mempertahankan otentisitas.


    Nah segitu dulu aja ya semuanya. Makasih udah main ke sini. Semoga berguna.
    Artikel ini saya ambil dari blognya Subiz Live Chat. Mau main langsung ke blognya bisa klik sini aja! :gadiskya:
     
  2. startupjobsindonesia Banned User

    Offline

    Beginner

    Joined:
    Sep 7, 2015
    Messages:
    323
    Trophy Points:
    17
    Gender:
    Male
    Ratings:
    +3 / -0
    bener banget....
    minggu kemarin saya rencana mau beli sesuatu di salah satu marketplace ternama di negeri ini, saya tau dan sadar kalau kualitas barang tersebut sebenarnya standard saja (atau mungkin agak kurang malah). tapi yang aneh itu di review pembelinya, bintang 5 berjejer-jejer...hohoho
    dengan komentar yang standard banget, bahkan foto profile pun tak ada :D



    info lowongan kerja startup
     
Thread Status:
Not open for further replies.

About Forum IDWS

IDWS, dari kami yang terbaik-untuk kamu-kamu (the best from us to you) yang lebih dikenal dengan IDWS adalah sebuah forum komunitas lokal yang berdiri sejak 15 April 2007. Dibangun sebagai sarana mediasi dengan rekan-rekan pengguna IDWS dan memberikan terbaik untuk para penduduk internet Indonesia menyajikan berbagai macam topik diskusi.