1. Disarankan registrasi memakai email gmail. Problem reset email maupun registrasi silakan email kami di inquiry@idws.id menggunakan email terkait.
  2. Untuk kamu yang mendapatkan peringatan "Koneksi tidak aman" atau "Your connection is not private" ketika mengakses forum IDWS, bisa cek ke sini yak.
  3. Hai IDWS Mania, buat kamu yang ingin support forum IDWS, bebas iklan, cek hidden post, dan fitur lain.. kamu bisa berdonasi Gatotkaca di sini yaa~
  4. Pengen ganti nama ID atau Plat tambahan? Sekarang bisa loh! Cek infonya di sini yaa!
  5. Pengen belajar jadi staff forum IDWS? Sekarang kamu bisa ajuin Moderator in Trainee loh!. Intip di sini kuy~

Humor Wow, Kemkominfo Meminta Hacker Bjorka Untuk Tidak Mencuri Data-data Pribadi Rakyat Indonesia

Discussion in 'Tengah Komunitas' started by IDWS.News, Sep 6, 2022.

  1. IDWS.News Gatotkaca

    Offline

    ▁ ▂ ▄ ρεηүεвαя ιηғσ ▄ ▂ ▁

    Joined:
    Feb 18, 2010
    Messages:
    3,404
    Trophy Points:
    71
    Ratings:
    +105 / -0
    Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kemkominfo) meminta kepada hacker Bjorka untuk tidak melakukan aksi peretasan data masyarakat Indonesia dari Kominfo.

    Sekedar informasi, sebelumnya hacker Bjorka diketahui mengklaim telah mencuri data lebih dari 1,3 miliar pemilik nomor ponsel di Indonesia lalu menjualnya lewat darkweb.

    Kini, Kemkominfo melakukan sesuatu yang membuat banyak pihak tercengang.

    "Kalau bisa jangan menyerang. Tiap kali kebocoran data yang dirugikan ya masyarakat, kan itu perbuatan illegal access," ucap Direktorat Jenderal Aplikasi Informatika (Ditjen Aptika) Kominfo, Semuel Abrijani Pangerapan di Kantor Kominfo, Jakarta Pusat, Senin (5/9/2022), seperti dikutip dari laporan Suara.com.

    Semuel Abrijani beralasan bahwa apa yang dilakukan hacker Bjorka hanya merugikan masyarakat saja. Semuel menegaskan bahwa Bjorka ingin memperlakukan Kemkominfo, pakai cara lain yang tidak merugikan rakyat Indonesia.


    [​IMG]
    Direktur Jenderal Aplikasi Informatika Kementerian Kominfo, Semuel Abrijani Pengerapan meminta hacker untuk tidak menyerang masyarakat Indonesia. [Suara.com/Dicky Prastya]

    "Makanya tadi, jangan sampai masyarakat dong. Jadi mereka justru menyerang masyarakat sebenarnya. Kalau (mau) mempermalukan itu, mempermalukan cara yang lain dong. Jangan menyebarkan data ke masyarakat," papar Semuel.

    Semmy mengatakan kalau saat ini Indonesia sedang membangun ruang digital. Ia mengingkan kalau peralihan ini sedang diperbaiki demi memberikan kemajuan ke masyarakat.

    "Makanya kami tekankan sekali, yaitu para penyedia layanan, yang mengumpulkan data pribadi. Bagi yang hack, pastinya ya kamu berhadapan dengan hukum, bukan dengan saya. Ketika masyarakat yang dirugikan, kamu berhadapan dengan hukum. Tadi saya sudah mengundang cyber crime (Polri) untuk ditindaklanjuti," kata pria yang akrab dipanggil Semmy itu.

    Semmy juga menyatakan pihak Kemkominfo tidak akan membeli data-data pribadi rakyat Indonesia yang dijual Bjorka karena jika melakukannya, maka Kemkominfo sama saja menjadi penadah barang curian.

    "Kamu mendapatkan data pribadi, termasuk yang free ini saja, itu sudah melanggar. Yang free saja kita mendapatkan, itu kan data pribadinya orang. Memang orangnya sudah kasih consent ke kamu? Apa bedanya dengan barang curian? Kami menadahi barang curian? Kalau beli sih enggak mungkin lah dari pemerintah," tandasnya.


    Sumber: Portal IDWS
     
  2. Ramasinta Tukang Iklan

  3. QanX M V U

    Offline

    変わる未来へ

    Joined:
    May 16, 2022
    Messages:
    471
    Trophy Points:
    117
    Ratings:
    +3,810 / -0
    Lawak sekali Kominfo ini :obiii:
    Kerjaan hacker ya memang kayak gitu :ngacir:
    Sewa hacker topi putih atau pakar sekuriti jaringan lah buat amankan, masa iya gak ada dananya
     
  4. kapalterbangx M V U

    Offline

    Lurking Around

    Joined:
    Jul 18, 2022
    Messages:
    514
    Trophy Points:
    106
    Ratings:
    +116 / -0
    dana ada, tapi sayang buat ngeluarin, mending dibagi2, urusan sekuriti serahin anak magang, klo jebol tinggal salahin anak magang
     

About Forum IDWS

IDWS, dari kami yang terbaik-untuk kamu-kamu (the best from us to you) yang lebih dikenal dengan IDWS adalah sebuah forum komunitas lokal yang berdiri sejak 15 April 2007. Dibangun sebagai sarana mediasi dengan rekan-rekan pengguna IDWS dan memberikan terbaik untuk para penduduk internet Indonesia menyajikan berbagai macam topik diskusi.