1. Hai IDWS Mania, buat kamu yang ingin bebas iklan, cek hidden post, dan fitur lain.. kamu bisa berdonasi membership Gatotkaca di sini yaa~
  2. Silahkan Login atau Register, untuk melihat konten-konten menarik lainnya.
  3. Pengen ganti nama ID atau Plat tambahan? Sekarang bisa loh! Cek infonya di sini yaa!
  4. IDWS Radio is Back! Mau ngobrol seru bareng penyiar (announcer) atau mau ikutan jadi penyiar di IDWS Radio? Mau promoin lagu indie kamu? Bisaa!.Klik info lengkapnya di sini, kuy~.
  5. Terima kasih untuk kebersamaan komunitas selama hampir 12 tahun ini. Apa pengalaman menarikmu selama di IDWS? Apa saran, kritik, dan masukan kamu untuk IDWS? Tolong sampaikan di sini yaa~ Terima kasih.
  6. Tim staff IDWS mengajak dan memberikan kesempatan IDWS Mania bergabung dalam tim staff komunitas forum IDWS nih. Klik untuk info lengkapnya yuk~
  7. Pengen belajar jadi staff forum IDWS? Sekaran kamu bisa ajuin Moderator in Trainee loh!. Intip di sini kuy~

Waspadai Kecanduan Kopi

Discussion in 'Pengetahuan Penting Penunjang Kesehatan' started by jHony, Mar 20, 2009.

Thread Status:
Not open for further replies.
  1. jHony Veteran

    Offline

    Post Hunter

    Joined:
    Jan 14, 2009
    Messages:
    3,625
    Trophy Points:
    267
    Gender:
    Male
    Ratings:
    +12,934 / -0
    Meski masih menjadi kontroversi, para periset menemukan minum terlalu banyak kopi dapat meningkatkan kemungkinan terkena serangan jantung. Selain kafein, kopi juga mengandung unsur yang disebut terpenoid. Unsur terpenoid dalam kopi inilah yang dapat meningkatkan kadar kolesterol darah. Adanya peningkatan kadar kolesterol darah menyebabkan pembuluh darah arteri tersumbat, sehingga pembuluh darah harus bekerja ekstra keras.

    Namun, unsur utama kopi adalah tetap kafein. Kafein adalah zat kimia yang berasal dari tanaman yang dapat menstimulasi otak dan sistem saraf. Kafein tergolong jenis alkaloid yang juga dikenal sebagai trimetilsantin. Tidak hanya pada kopi, kafein juga banyak ditemukan dalam teh, cola, coklat, minuman berenergi (energy drink), maupun obat-obatan.

    Pada secangkir kopi kandungan kafein sekitar 80 sampai 125 miligram. Secangkir espreso atau kopi tubruk atau kopi saring sekitar 80 mg. Sedang dalam kopi instan sekitar 65 mg kafein. Satu kaleng soft drink cola mengandung sekitar 23 sampai 37 mg. Teh mengandung sekitar 40 mg, sedangkan satu ons cokelat mengandung sekitar 20 mg kafein.

    Hingga hari ini belum ditemukan adanya hasil riset ilmiah yang menyatakan mengkonsumsi kafein dalam taraf normal berbahaya bagi kesehatan. Namun, konsumsi kafein secara berlebihan dapat menimbulkan banyak masalah, seperti perubahan warna gigi, bau mulut, meningkatkan stres, serangan jantung, mandul pada pria, gangguan pencernaan, kecanduan, dan bahkan penuaan dini. Penyebab utama sakit kepala juga ditengarai salah satunya adalah kafein.

    Mengonsumsi kopi di pagi hari dalam jumlah berlebihan dapat meningkatkan tekanan darah, tingkat stres, dan memicu poduksi hormon penyebab stres selama satu hari penuh. Kafein dalam kopi merangsang kelenjar-kelenjar adrenal, yang dapat meningkatkan salah satu faktor penyebab stres setelah 18 jam.

    Kafein pada kopi sangat berpotensi meningkatkan tekanan darah serta detak jantung yang banyak dilaporkan menjadi penyebab kebanyakan timbulnya rasa stres yang berkepanjangan pada hari kerja. Efek ini biasanya masih akan terbawa sampai malam hari menjelang waktu tidur. Kafein dapat menyebabkan proses pelepasan muatan listrik yang berlebihan dan tak teratur dari sel otak bayi karena kekurangan oksigen dan dapat menyebabkan kerusakan sel otak terutama bagian otak besar yang mengontrol memori.

    Beberapa laporan juga menyebut bahwa kopi dapat mengganggu saluran pencernaan dengan meningkatkan kadar keasaman perut. Akibat terlalu berlebihan meminum kopi menyebabkan timbulnya luka pada dinding saluran pencernaan. Kopi juga dapat mengurangi produksi dari DHEa dan hormon-hormon antipenuaan lainnya sehingga diperkirakan minum kopi dapat mempercepat proses penuaan. Kafein juga merupakan diuretik (zat yang membuat seseorang mengeluarkan air seni lebih banyak).

    Perempuan yang rutin minum dua cangkir kopi atau lebih per hari dapat meningkatkan risiko terkena pengeroposan tulang (osteoporosis). Dampak kafein pada perempuan hamil mungkin saja sedikit banyak akan berpengaruh terhadap janinnya. Meski demikian, konsumsi kafein yang normal dalam kehidupan sehari-hari umumnya tidak sampai memberikan pengaruh ke janin.

    Kafein dalam kopi yang diminum perempuan di masa kehamilan juga terbukti bisa masuk ke otak janin. Dan saat persalinan kadar oksigen yang dapat mencapai bayi sering kali menurun. Karena itu, perempuan hamil sebaiknya menghindari atau tidak minum kopi secara berlebihan. Hasil penelitian lain menyebutkan, bayi yang ibunya terlalu banyak minum kopi ketika hamil mempunyai risiko tinggi terkena epilepsi.

    Pada pria mengonsumsi kafein terlalu banyak diperkirakan dapat menyebabkan kemandulan karena dapat menurunkan jumlah sperma atau pun merusaknya. Beberapa pasangan yang memiliki masalah kesuburan diusahakan agar mengurangi konsumsi makanan atau minuman yang mengandung kafein.

    Kecanduan terhadap kafein diperkirakan terjadi jika mengonsumsi lebih dari 600 miligram kafein. Atau setara dengan lima sampai enam cangkir kopi 150 ml per hari, selama 8-15 hari berturut-turut. Dosis kafein yang dapat berakibat fatal adalah sekitar 10 gram kafein. Namun, sebenarnya dosisnya bervariasi tergantung berat badan. Kira-kira sekitar 150 miligram kafein perkilogram berat badan. Jika diukur dengan suguhan minuman kopi, dosis fatal tersebut setara dengan 50-200 cangkir kopi per hari.

    Sumber: solusi sehat
     
  2. Ramasinta Tukang Iklan





  3. usus12jari Banned User

    Offline

    Lurking Around

    Joined:
    Jul 27, 2008
    Messages:
    1,277
    Trophy Points:
    0
    Ratings:
    +7,724 / -0
    udah gak usah mikirin banyak hal
    klo mau minum kopi, minum aja.
    lagian kopi gak kayak racun satunya lagi (baca: rokok) yang demen bawa2 orang lain ke liang lahad.
    klo kopi, yang mampus ya yang minum kopinya doang.

    kopi, ftw :punk:
     
  4. kecebongoreng M V U

    Offline

    Senpai

    Joined:
    Jul 23, 2008
    Messages:
    6,468
    Trophy Points:
    212
    Ratings:
    +14,656 / -0
    hahaha, ni harusnya judul diganti menjadi "Waspadai Kecanduan Kopi dan Teh" secara teh mengandung kafein paling banyak nomer dua setelah kopi. kenapa? karena ay lebih sering minum teh dibanding kopi, tetapi katanya teh bagus untuk kesehatan. jadi gimana ni?:???:
     
  5. blacksheep M V U

    Offline

    Post Hunter

    Joined:
    Nov 23, 2008
    Messages:
    4,594
    Trophy Points:
    212
    Gender:
    Male
    Ratings:
    +25,046 / -0
    jangan dipercaya juga bro, orang cina ama jepang dari dulu minum teh sehat ajagh,kan antioksidan dan pelepas stres haha
    \di jepang tuh teh kan barang terkenal soalnya sampai ada upacara minum teh
    he..
    berarti hebat teh kan
    apalagi kopi enak bgt gitu kok dibilang nda sehat kalau nda sehat kita minum apa? air kencing haha:punk:
     
  6. jHony Veteran

    Offline

    Post Hunter

    Joined:
    Jan 14, 2009
    Messages:
    3,625
    Trophy Points:
    267
    Gender:
    Male
    Ratings:
    +12,934 / -0
    nih ada lagi
    KOPI, TEH, COKLAT, COLA.

    Seluruh produk ini mengandung bahan-bahan alami yang disebut methylxanthines - yang salah satunya adalah cafein. Seperti adanya obat apapun cafein memiliki sifat positif, tetapi cafein juga memiliki beberapa sifat yang sangay negatif-terutama ketika disalah gunakan atau digunakan terlalu banyak.

    Efek-efek pharmakologis kafein meliputi peningkatan stimulasi otak, sitim hormonal neurotransmitter otak dan stimulasi adrenal yang nyata. Saat kelenjar adrenal di stimulasi ( sebagaimana dalam respons 'flight-or-fight' ) glokosa atau gula darah yang tersimpan dalam hati dilepaskan dalam jumlah yang besar kedalam sitem. Ini adalah rush of energi yang kita rasakan ketika kita tiba-tiba merasa takut, berhadapan dengan bahaya tau menerima sejumlah dosis kafein yang kuat.

    Tujuan sebenarnya dari respons adrenal yang kuat itu dalam tubuh kita adalah untuk menyediakan energi darurat bagi otot-otot kita, sehingga kita bisa fight/berjuang mempertahankan diri bagi hidup kita atau fly (melarikan/menyelamatkan diri ) pada akhirnya - jika respons seperti ini terjadi secara berulang-ulang bukan karena hal-hal yang nirmal seperti tersebut diatas tetapi merupakan akibat penyalah gunaan kafein / stress yang berlangsung terus-menerus- hal ini dapat menyembabkan terjadinya hypoglikemia atau gula darah yang rendah dan beban kerja adrenal yang berlebihan. Kelebihan adrenalin pada tubuh kita dapat menjadi sangat mengganggu jika tidak dirangsang dengan kekuatan daya flight-or-fight.

    KOPI
    Minuman atau obat ?

    Meminum kopi kelihatannya tidak ada salahnya dan tidak berbahaya. Seringkali beberapa pembaca mengatakan, "tidak ada yang salah dengan kopikan ? apakah kopi merusak tubuh ? Apakah kopi itu obat ? "

    Kopi bukanlah makanan - minuman "tidak ada sesuatupun dalam kopi yang bisa digunakan oleh tubuh... tidak ada yang dapat membangun sel-sel tubuh baru. Satu-satunya efek yang dimiliki oelh kopi dalam tubuh adalah merusaknya dan menghancurkan sel-selnya.

    Kopi adalah obat ! kopi mengandung kafein dan zat-zat beracun lainnya.

    Efek pharmakologi, atau obat dari kafein diterima saat kita mengkonsumsi 60-100 mg kedalam tubuh kita sedangkan 1 cangkir kopi mengandung kira-kira 40-150 mg ( instan coffee adalah yang terendah : 40 mg, drip-brewed coffee/diseduh dengan metode tetes adalah yang tertinggi yaitu : 150 mg ). Jadi terlihat bahwa 1 cangkir kopi sudah bisa mempunyai efek sebagai obat.

    Komposisi kafein dalam minuman :

    kopi================> 1 cangkir 40-150 mg

    teh================> 1 cangkir 20-50 mg

    minuman coklat ======> 1 cangkir 5-29 mg

    soft drink ==========> 1 cangkir 20-40 mg

    Kopi decaffeinated ===> 1 cangkir 3 mg

    Selama menjadi minuman yang tetap menarik bagi banyak orang, kopi telah menajdi subyek dalam perdebatan penting, terutama efeknya terhadap penyempitan pembuluh darah dan rangsangannya yang biasanya berhubungan dengan kafein.

    Bagaimanapun kopi dapat dengan mudah mengacaukan prinsip III dengan menyebabkan rasa kecanduan. Kafein adalah salah satu dari obat-obatan yang paling psychoactive (berpengaruh pada pikiran dan kebiasaan didunia). sekali kita mulai menggunakannya sulit untuk berhenti.

    Kafein memiliki potensi untuk merangsang sejumlah gangguan pada tubuh yang bisa berupa :
    1. Penyakit kardiovaskular (kolestrol, penyakit jantung, tekanan darah tinggi, dan stroke).
    2. Kanker.
    3. Penyakit pada organ-organ reproduksi (risiko keguguran, cacat lahir, dan tertundanya pembuahan).
    4. Ginjal
    5. Saluran pencernaan
    6. Osteoporosis (kekurangan kalsium pada tulang-tulang).
    7. Potensi kecanduan/adiksi
    8. Darah-anemia
    9. Breast lumps (benjolan/gumpalan pada payudara)
    10. Penurunan kadar vitamin dan mineral tubuh.
    1. Penyakit kardiovaskular
    *Kafein menaikkan tekanan darah. Detak jantung dan tekanan darah akan naik secara berarti, lebih tinggi selama berolahraga, jika kafein diberikan kepada orang-orang yang berada pada borderline hupertensive sebelum mulai berolah raga. Penelitian lain mendeteksi perubahan EKG yang dapat diukur setelah pemasukan kafein.

    Disimpulkan :
    Jika seseorang secara reguler meminum 1-5 cangkir kopi sehari, resikonya dalam menghadapi serangan jantung 60% lebih tinggi daripada jika ia tidak meminumnya sama sekali. Jika ia meminum 6 cangkir sehari atau lebih, resikonya adalah 120% lebih tinggi! Kafein menaikkan tekanan darah, menyebabkan jantung berpacu atau detak lebih kencang.
    Peminum kopi cenderung meningkatkan risiko penyakit kardiovaskukler terutama jika memiliki kebiasaan-kebiasaan lain yang berhubungan (seperti merokok dan tingkat berolah raga yang rendah)
    Kafein meningkatkan kadar kolestrol darah. Orang-orang dengan kadar kolestrol darah yang tinggi ini menunjukkan penurunan kadar kolestrol yang berarti jika berhenti minum kopi.
    Menurut British Medical Journal and Lancet, 5 cangkir kopi per hari akan menaikkan risiko penyakit jantung sampai 50% . Wanita menghadapi risiko yang tinggi diarea yang lain.

     
    Last edited: Mar 22, 2009
  7. namami_amami M V U

    Offline

    Beginner

    Joined:
    Nov 8, 2008
    Messages:
    403
    Trophy Points:
    71
    Ratings:
    +46 / -0
    Menurut gue nga apa2 minum kopi/teh atau yang ada kafein asal jangan berlebihan (overdose), Kafein sebagai salah satu stimulator otak dpt dikatakan sebagai obat, sedangkan kopi saya pikir itu tetap minuman yang didalamnya terdapat kafein. Asalkan tidak meminum kopi teralu berlebihan (1 gelas sehari) maka efek samping kafein dapat dihindari.
    Kafein dan Nikotin merupakan zat2 yang sangat mudah addictite jadi lebih baik minum kofi saat beso ujian dan saat belajar malam, tu mantap banget kasiatnya.
     
  8. dearka M V U

    Offline

    Lurking Around

    Joined:
    Sep 19, 2008
    Messages:
    711
    Trophy Points:
    141
    Ratings:
    +1,509 / -0
    gw sih percayanya penyakit datengnya dari pikiran kita
    klo lo emg lg stress, lebih gampang kena penyakitnya
    klo dari yang kaya gini2an gw kurang percaya :P
     
  9. kecebongoreng M V U

    Offline

    Senpai

    Joined:
    Jul 23, 2008
    Messages:
    6,468
    Trophy Points:
    212
    Ratings:
    +14,656 / -0
    kalo emang efek kafein seperti yang di-bold itu, gak heranlah sampe sekarang ay masih suka ngegame buat ngeluarin kelebihan adrenalin:lol:

    jadi, yes or no tuk kafein ni?:???:
     
    Last edited: Mar 22, 2009
  10. missjazzycat Members

    Offline

    Silent Reader

    Joined:
    Mar 25, 2009
    Messages:
    89
    Trophy Points:
    6
    Ratings:
    +15 / -0
    wihh, fakta yang menyeramkan :onion-51: :onion-51:
    tapi gw butuh banged yang namanya cafein buat sumber energi karena gw gawe ampir 12 jam sehari..

    thanks buat infonya TS, jadi gw bisa ukur2 sekarang berapa jumlah cafein yang bole gw konsumsi. tapi kalo buat bener2 ga minum kopi kayanya ga bisa de, uda nyandu nih :onion-14:
     
  11. Dhofire M V U

    Offline

    Beginner

    Joined:
    Apr 11, 2009
    Messages:
    470
    Trophy Points:
    111
    Ratings:
    +2,040 / -0
    untung aq g suka kopi...... jangan d biasain... pokoke air putih d best lah... :onion-52:
     
  12. miaw3 M V U

    Offline

    Post Hunter

    Joined:
    Mar 18, 2009
    Messages:
    2,373
    Trophy Points:
    161
    Ratings:
    +4,586 / -0
    untung gw gak suka minum kopi.

    gak minum kopi aja bisa 2 hari 2 malem gak tidur. apalgi minum kopi... XD
     
  13. Arthuria M V U

    Offline

    Lurking Around

    Joined:
    May 5, 2009
    Messages:
    1,234
    Trophy Points:
    112
    Ratings:
    +259 / -0
    selagi amsih sehat2 aja ga papa la minum kopi, tapi kalo dah muncul masalah2 na kurangi de kopinya hehehe, tapi kalo minum sampe 20 cangkir sehari walah tuh gashwat juga
     
  14. nightingale2k1 M V U

    Offline

    Lurking Around

    Joined:
    May 18, 2009
    Messages:
    505
    Trophy Points:
    91
    Ratings:
    +808 / -0
    kalo 1-2 cangkir sehari ga papa lah ... ;)
    overdose disegala hal jg ga baik kok ...

    gw sih mending 1-2 hari sehari. minggu break ga minum ;)
     
  15. fukka M V U

    Offline

    Beginner

    Joined:
    Feb 5, 2009
    Messages:
    462
    Trophy Points:
    56
    Ratings:
    +82 / -0
    tapi kopi katanya bikin kita engga ceped lupa alias pikun!!!
     
  16. arthemia M V U

    Offline

    Silent Reader

    Joined:
    Apr 13, 2009
    Messages:
    173
    Trophy Points:
    56
    Ratings:
    +45 / -0
    saya ga bakalan gitu, soale saya selain ga merokok juga ga min um kopi:em0100:
     
  17. shinbakayarou M V U

    Offline

    ダメ人間

    Joined:
    Jun 30, 2008
    Messages:
    8,620
    Trophy Points:
    251
    Gender:
    Female
    Ratings:
    +25,087 / -0
    bukannya salah satu efek kafein tu emang mempertajam daya pikir n konsentrasi.....:???:
    makanya klo lembur minum kopi......
     
  18. ark_beetle M V U

    Offline

    Post Hunter

    Joined:
    Apr 29, 2008
    Messages:
    3,184
    Trophy Points:
    162
    Gender:
    Male
    Ratings:
    +2,545 / -0
    Gw ngerti karena gw pernah ngerasain (setidaknya slama 3 bulan selama gw magang)
    tiap hari minum kopi, malah bisa lebih dari 3 gelas kalo lagi banyak kerjaan. Setelah selesai magang praktis ga minum kopi (di rumah ga ada yang suka makanya ga ada stok)

    tiap hari slama seminggu rasanya tersiksa banget .. ada yang kurang rasanya kalo ga minum kopi... baru nyadar jangan2 kecanduan nih... saia menahan diri minum kopi maksimal 1 gelas sehari.. setelah sebulan akhirnya ga pengen minum kopi lagi...
     
  19. BaronTrance M V U

    Offline

    Silent Reader

    Joined:
    Dec 30, 2008
    Messages:
    179
    Trophy Points:
    56
    Ratings:
    +38 / -0
    wah.. dulu ane suka banget ama yang namanya kopi krim sachetan ... itu waktu SMP tiap malem selalu minum klo ada stok..

    skr uda ga.. berhubung bokap juga uda jarang minum kopi.. huakakak


    untung skr uda berhenti..

    thx for the info
     
  20. catropius Members

    Offline

    Silent Reader

    Joined:
    Apr 15, 2009
    Messages:
    76
    Trophy Points:
    6
    Ratings:
    +2 / -0
    nice info gan...
    pokoknya intinya harus dibatasilah pemakainannya jangan berlebihan....
    semuanya kalo berlebihan juga bahaya
     
  21. Niddif M V U

    Offline

    Beginner

    Joined:
    Jan 11, 2009
    Messages:
    467
    Trophy Points:
    71
    Ratings:
    +34 / -0
    namun setelah memebaca hal diatas apakah para kaum ABG yang sering ngopi di pinggir jalan akan insaf.
    Yah semoga saja hal ini dapat membuka pikiran mereka demi kemajuan Indonesia
     
Thread Status:
Not open for further replies.

Share This Page

About Forum IDWS

IDWS, dari kami yang terbaik-untuk kamu-kamu (the best from us to you) yang lebih dikenal dengan IDWS adalah sebuah forum komunitas lokal yang berdiri sejak 15 April 2007. Di bangun sebagai sarana mediasi dengan rekan-rekan pengguna IDWS dan memberikan terbaik untuk para penduduk internet Indonesia menyajikan berbagai macam topik diskusi.