1. Hai IDWS Mania, buat kamu yang ingin bebas iklan, cek hidden post, dan fitur lain.. kamu bisa berdonasi membership Gatotkaca di sini yaa~
  2. Silahkan Login atau Register, untuk melihat konten-konten menarik lainnya.
  3. Pengen ganti nama ID atau Plat tambahan? Sekarang bisa loh! Cek infonya di sini yaa!
  4. Ungkapin kenangan film Asia paling berkesan buatmu. Berhadiah GK, Pulsa, dan Line Gift Sticker loh! .Klik info lengkapnya di sini, kuy~.
  5. Tim staff IDWS mengajak dan memberikan kesempatan IDWS Mania bergabung dalam tim staff komunitas forum IDWS nih. Klik untuk info lengkapnya yuk~
  6. Pengen belajar jadi staff forum IDWS? Sekaran kamu bisa ajuin Moderator in Trainee loh!. Intip di sini kuy~

Vegetarian Tak Selamanya Sehat

Discussion in 'Intensive Health Unit' started by jHony, Feb 19, 2010.

Thread Status:
Not open for further replies.
  1. jHony Veteran

    Offline

    Post Hunter

    Joined:
    Jan 14, 2009
    Messages:
    3,625
    Trophy Points:
    267
    Gender:
    Male
    Ratings:
    +12,931 / -0
    Jakarta, Menjadi seorang vegetarian adalah pilihan hidup yang sehat. Bahkan orang vegetarian yang tidak memasukkan daging dalam menu makannya itu disebut-sebut bisa berumur panjang dan lebih awet muda. Tapi hati-hati, diet vegetarian ini juga bisa memicu kekurangan nutrisi, penurunan fungsi saraf bahkan kematian.

    Seperti yang dialami penyanyi Glen Fredly yang mengaku mengalami masalah pencernaan akibat diet vegetarian. Gara-gara bobot tubuhnya yang turun drastis, penyanyi berdarah Ambon ini sempat diisukan menderita penyakit berbahaya.

    "Jujur, memang saya sempat kronis karena masalah pencernaan, lantaran saya sempat vegetarian. Hal itu membuat saya jatuh dan drop karena energi yang dikeluarkan tidak sesuai dengan apa yang saya peroleh," kata Glen dalam 'Peluncuran Album dan Konser Lovevolution'.

    Vegetarian adalah orang yang tidak mengonsumsi daging. Seperti dikutip dari Betterhealth, Senin (18/1/2010), vegetarian terdiri dari tiga tipe, yaitu Lacto-ovo vegetarians, yakni orang yang menghindari makan daging tapi makan produk hasil atau turunannya seperti telur atau susu.

    Tipe kedua adalah Lacto-vegetarians, yaitu orang yang menghindari daging dan telur tapi tidak produk-produk susu atau mentega. Tipe terakhir adalah Vegans, yaitu seseorang yang benar-benar hanya mengonsumsi makanan yang berasal dari tanaman dan sama sekali tidak makan daging atau produk turunannya.

    Manfaat menjadi seorang vegetarian sudah banyak dibuktikan dalam beberapa studi, diantaranya bisa mengurangi risiko obesitas, penyakit jantung, hipertensi (tekanan darah tinggi), diabetes dan beberapa tipe kanker.

    Bahkan menurut Walter Breuning, orang tertua di dunia, rahasia umur panjangnya yang kini mencapai lebih dari 113 tahun adalah banyak mengonsumsi sayur dan buah.

    Namun diet vegetarian tak selamanya sehat karena bisa menimbulkan risiko kekurangan mineral dan vitamin dari protein.

    "Yang lebih banyak dibatasi dalam diet vegetarian adalah protein, vitamin dan mineral yang berasal dari produk-produk hewani. Untuk itu, asupan itu harus diperhatikan agar tubuh tidak kekurangan zat tersebut," ujar Dr dr Saptawati Bardosono, ahli gizi FKUI saat dihubungi detikhealth, Senin (18/1/2010).

    Menurut dokter yang juga Sekjen Perhimpunan Dokter Gizi Medik Indonesia (PDGMI), seringkali terjadi kekurangan protein, zat besi, zink, kalsium dan zat lainnya yang banyak didapat dari daging, telur atau susu yang akhirnya menyebabkan daya tahan tubuh seseorang menurun.

    "Untuk itu, pemilihan produk nabati harus sedemikian rupa sehingga dapat memenuhi semua kebutuhan zat gizi, yaitu tetap dengan asupan seimbang untuk sumber kalori dari karbohidrat (makanan pokok), lemak (minyak nabati) dan dari protein (lauk pauk produk kacang)," tuturnya.

    Meski tidak mendapatkan protein hewani, vegetarian bisa tetap mendapatkan protein dari bahan nabati seperti kacang-kacangan, biji-bijian, sereal dan yang paling baik yaitu mengonsumsi kedelai. Kedelai adalah sumber protein dengan asam amino paling lengkap sehingga sering dijuluki 'The Protein Hope of The Future'.

    Namun yang harus diwaspadai ketika seseorang tidak makan daging sama sekali adalah kekurangan vitamin B12 yang bisa menyebabkan penurunan fungsi otak hingga kematian. Untuk itu, seseorang yang menjalankan diet vegetarian sebaiknya rajin mengonsumsi suplemen vitamin B12.

    Jika seseorang memutuskan untuk menjadi seorang vegetarian, Dr Tati menyarankan agar melakukannya setelah melewati masa pubertas.

    "Untuk alasan kesehatan, sebaiknya dimulai setelah usia pubertas karena saat itu proses tumbuh kembangnya sudah selesai sehingga tidak akan menggangggu pertumbuhannya. Tapi bila dasarnya agama biasanya dimulai sejak usia anak-anak," ujar Dr Tati.

    Sumber

    Source lain yang membahas bahaya dari vegetarian:
    http://www.quackwatch.com/03HealthPromotion/vegetarian.html
    http://www.nytimes.com/2007/05/21/opinion/21planck.html?_r=1
    http://english.pravda.ru/science/health/18-11-2009/110567-vegetarianism-0

    Intinya adalah makan yang cukup dan berimbang .
     
    • Like Like x 4
  2. Ramasinta Tukang Iklan





  3. GamaKireta M V U

    Offline

    Lurking Around

    Joined:
    Nov 20, 2008
    Messages:
    501
    Trophy Points:
    66
    Ratings:
    +110 / -0
    Betul terkadang orang salah menafsirkannya...

    ane kadang bingugn denger testimoni "Iya ane jadi lebih bugar semenjak makan sayu aja"

    nah k-lo gitu dari awal ajaran lima sehat lima sempurna udah gak bener dong, seharusnya jadi satu sehat aja sayur-mayur :swt:
     
  4. dejivrur M V U

    Offline

    Post Hunter

    Joined:
    Jan 31, 2009
    Messages:
    3,896
    Trophy Points:
    131
    Ratings:
    +1,109 / -2
    gw punya kenalan vegetarian... dia gak makan daging udah dari SMP
    tapi itu orang badannya kurus abis... bener bener tulang bungkus kulit(beneran, bukan maksud utk berlebihan)

    asupan proteinnya kurang makanya bisa kurus gitu badannya
     
  5. frissa4me M V U

    Offline

    Lurking Around

    Joined:
    Nov 20, 2009
    Messages:
    735
    Trophy Points:
    66
    Ratings:
    +130 / -0
    yg penting, mesti ad referensi yg terbukti secara ilmiah n telah dipraktekkan oleh kebanyakan orang
    menurutku c kaya gt aj
     
  6. notox Veteran

    Offline

    Post Hunter

    Joined:
    Nov 11, 2008
    Messages:
    2,840
    Trophy Points:
    251
    Ratings:
    +10,012 / -0
    Ah kok tmn gw vegetarian (agamany budha) dia rajin beladiri wushu jadinya badan nya berotot bro. :unyil:
    Dia gk makan daging sama skali cuma makan sayur² yg berprotein sama susu
     
  7. tinktank M V U

    Offline

    Lurking Around

    Joined:
    Sep 9, 2009
    Messages:
    650
    Trophy Points:
    192
    Gender:
    Male
    Ratings:
    +8,540 / -0
    wew diet vagetarian baru tau ane, mungkin mereka yg diet vage mau menghindari lemak berlebih
     
  8. angelzinc M V U

    Offline

    Lurking Around

    Joined:
    Jul 6, 2009
    Messages:
    716
    Trophy Points:
    192
    Gender:
    Male
    Ratings:
    +31,180 / -0
    kalo gw c yg pasti pasti ae ...
    semua makanan masuk yg pentink enak eeee
     
  9. K1va70 M V U

    Offline

    Beginner

    Joined:
    Sep 11, 2009
    Messages:
    392
    Trophy Points:
    91
    Ratings:
    +831 / -0
    Yang penting cara makannya, bro...
    Walau vege tapi kalo cara makannya bener ( gizi, dll ) dari sayur atau buah,
    dijamin dech hasilnya lebih sehat ketimbang orang umumnya yang makan daging.
    Lebih kecil terkena berbagai penyakit, awet muda, dll.
    Kalo dibilang orang yang vege itu kurang gizi, lemas, dll,
    lalu gimana dengan orang-orang di Biara Shao Lin ? Lemas2 gak ? Bahkan Kuat 2, bro...
    Jadi kesimpulannya "Cara Makan Yang Benar", bro....
    Gak tahu lagi kalo setiap harinya makan Tahu Tempe Doank.....
    Harus kombinasi sayur dan buah yang cukup. Emang yang gak vege apa gak kombinasi ?
    Pasti makan ini makan itu juga khan..??
    Jadi Vege yang sehat adalah "Pola Makan Yang Benar Juga"....
    Thanks...
    :piss:
     
  10. ancurbanget Members

    Offline

    Silent Reader

    Joined:
    Dec 28, 2009
    Messages:
    17
    Trophy Points:
    16
    Ratings:
    +4 / -0
    info bagus nih. apalagi yg buat yg vegetarian
     
  11. dejivrur M V U

    Offline

    Post Hunter

    Joined:
    Jan 31, 2009
    Messages:
    3,896
    Trophy Points:
    131
    Ratings:
    +1,109 / -2
    masih minum susu toh? kalau kenalan saya yg ini gak minum susu sama sekali, kerempeng lah

    susu kan termasuk protein (hewani) karena asalnya dari sapi
     
  12. antondraken M V U

    Offline

    Beginner

    Joined:
    Dec 4, 2009
    Messages:
    322
    Trophy Points:
    191
    Ratings:
    +5,618 / -0
    Vegetarian boleh minum susu kok bro
    Yang gw heran sih, vegetarian ga boleh makan bawang putih
    Bawang kan tumbuhan, ga mengandung unsur hewani :???:
     
  13. dejivrur M V U

    Offline

    Post Hunter

    Joined:
    Jan 31, 2009
    Messages:
    3,896
    Trophy Points:
    131
    Ratings:
    +1,109 / -2
    karena bawang dapat memicu hawa nafsu dan hasrat yang berlebihan
    oleh karena itu para biksu yang juga vegetarian menghindari memakan bawang untuk menekan hasrat duniawi yang ditimbulkan

    khusus untuk vegetarian, kalau mereka makan bawang, hasrat untuk ingin makan daging itu akan tinggi, kalau mental jebol bakal melenceng dari jalan vegetariannya

    oleh karena itu vegetarian dak boleh makan bawang
     
  14. WhiTeAdicT M V U

    Offline

    Post Hunter

    Joined:
    Jul 14, 2009
    Messages:
    3,280
    Trophy Points:
    211
    Ratings:
    +15,684 / -0
    ^
    udah gitu katanya kalo bawang itu bisa menipiskan usus yah? karena lemaknya ga ada yg hinggap di usus jadi orang vege ga leh mam bawang karna bisa menipiskan usus. CMIIW

    glen diet nya terlalu parah kali ya sampe ga minum susu kedelai ato biji2an jadinya sampe jatuh sakit gitu
     
  15. dejivrur M V U

    Offline

    Post Hunter

    Joined:
    Jan 31, 2009
    Messages:
    3,896
    Trophy Points:
    131
    Ratings:
    +1,109 / -2
    aduh baru pertama kali dengar deh gw isu kayak gitu, bawang bisa nipisin usus
    tapi bener kaga gw ga bisa konfirmasi...
     
  16. billykuuga Members

    Offline

    Silent Reader

    Joined:
    Sep 15, 2009
    Messages:
    104
    Trophy Points:
    16
    Ratings:
    +101 / -3
    terlalu asam kali ya?jadi bisa ga baik didalamnya...nice inpoh,gan..
     
  17. zz11 Veteran

    Offline

    Rockstar

    Joined:
    Mar 11, 2009
    Messages:
    40,093
    Trophy Points:
    252
    Ratings:
    +33,257 / -0
    nipisin usus bagaimana :???:
    soal vege tidak boleh makan bawang, yang gw tahu ya sama alasannya dengan yg dibilang bro dejivrur tadi... memicu hawa nafsu berlebihan katanya...
     
  18. eflaze M V U

    Offline

    Lurking Around

    Joined:
    Jun 25, 2009
    Messages:
    1,333
    Trophy Points:
    177
    Ratings:
    +1,728 / -0
    saya pernah baca
    TIPE VEGETARIAN itu ada beberapa macam
    1. Full Vegetarian tidak makan daging maupun produk dari hasil hewani [susu/telur/keju maupun ikan]
    2. Vegetarian tapi msh makan susu/keju
    3. Vegetarian tapi masih makan ikan
    4. Vegetarian yang tetap makan daging tapi pada rentang waktu 1x dlm sebulan/3bln/1tahun
     
  19. zz11 Veteran

    Offline

    Rockstar

    Joined:
    Mar 11, 2009
    Messages:
    40,093
    Trophy Points:
    252
    Ratings:
    +33,257 / -0
    yup.
    yang rentan kurang gizi itu adalah vegetarian yg nomor 1 (disebut juga vegan)
    abisnya vitamin B12, yang penting untuk pembentukan sel darah merah, hanya ada di produk2 hewani. CMIIW.
     
  20. BanZaii M V U

    Offline

    Silent Reader

    Joined:
    Dec 16, 2008
    Messages:
    164
    Trophy Points:
    56
    Ratings:
    +10 / -0
    makan apa pun percuma kalau ga olah raga
    olah raga sekeras apa pun percuma kalau makan ga di jaga
    seimbangin donk :hahai:
     
  21. giganticskies M V U

    Offline

    Senpai

    Joined:
    Mar 22, 2009
    Messages:
    5,702
    Trophy Points:
    212
    Ratings:
    +7,763 / -1
    Kalo ane suka sayur dan buah tapi ga bisa jadi vegetarian :haha:
    Semua menu harus seimbang :lalala:
     
Thread Status:
Not open for further replies.

Share This Page

About Forum IDWS

IDWS, dari kami yang terbaik-untuk kamu-kamu (the best from us to you) yang lebih dikenal dengan IDWS adalah sebuah forum komunitas lokal yang berdiri sejak 15 April 2007. Di bangun sebagai sarana mediasi dengan rekan-rekan pengguna IDWS dan memberikan terbaik untuk para penduduk internet Indonesia menyajikan berbagai macam topik diskusi.