1. Hai IDWS Mania, buat kamu yang ingin bebas iklan, cek hidden post, dan fitur lain.. kamu bisa berdonasi membership Gatotkaca di sini yaa~
  2. Silahkan Login atau Register, untuk melihat konten-konten menarik lainnya.
  3. Pengen ganti nama ID atau Plat tambahan? Sekarang bisa loh! Cek infonya di sini yaa!
  4. Ungkapin kenangan film Asia paling berkesan buatmu. Berhadiah GK, Pulsa, dan Line Gift Sticker loh! .Klik info lengkapnya di sini, kuy~.
  5. Tim staff IDWS mengajak dan memberikan kesempatan IDWS Mania bergabung dalam tim staff komunitas forum IDWS nih. Klik untuk info lengkapnya yuk~
  6. Pengen belajar jadi staff forum IDWS? Sekaran kamu bisa ajuin Moderator in Trainee loh!. Intip di sini kuy~

Ubah 12 Sifat Boros Ini Dan Kamu Akan Menjadi Lebih Hemat Pengeluaran

Discussion in 'Money Talks' started by finansialku_com, Apr 26, 2017.

  1. finansialku_com Members

    Offline

    Beginner

    Joined:
    Mar 4, 2017
    Messages:
    204
    Trophy Points:
    16
    Gender:
    Male
    Ratings:
    +3 / -0
    [​IMG]

    Apakah Anda sudah bekerja lembur setiap hari namun tetap tidak bisa menabung? Apakah gaji Anda selalu habis sebelum waktunya? Mungkin hal tersebut disebabkan oleh gaya hidup boros yang sudah biasa Anda lakukan. Mari kita lihat beberapa sifat boros yang dapat Anda hindari demi hemat pengeluaran.

    [​IMG]

    Ubah Kebiasaan Buruk Anda

    Mungkin sejak kecil Anda terbiasa hidup berlebih dengan orangtua, sehingga saat Anda diharuskan hidup mandiri, kebiasaan boros tersebut tetap melekat. Jika Anda lelah bekerja setiap hari tanpa menghasilkan tabungan demi masa depan, mungkin sudah waktunya Anda mengubah kebiasaan boros Anda dan mulai mengatur keuangan Anda. Melalui artikel ini, Finansialku akan menjabarkan beberapa sifat boros yang sebaiknya Anda hindari jika ingin memiliki dana darurat dan dana pensiun yang memadai.

    [​IMG]

    #1 Mudah Terpengaruh Orang Lain

    Apakah Anda sering makan siang bersama teman-teman kantor di restoran mewah? Atau mungkin Anda sering pergi karaoke setiap minggu bersama teman meski Anda tidak menyukainya? Mungkin ini salah satu penyebab keuangan Anda tidak terkendali. Sebaiknya jangan biarkan lingkungan sekitar Anda mengatur keuangan Anda. Lakukan apa yang menurut Anda sesuai dengan penghasilan Anda tanpa adanya pengaruh atau tekanan sosial.

    #2 Lupa Membandingkan Harga

    Membandingkan harga dapat berpengaruh terhadap pengeluaran Anda, walaupun hanya pada hal kecil sekalipun. Sebagai contoh, bandingkanlah harga bahan makanan sehari-hari, seperti beras atau susu. Perbedaan kecil dapat berpengaruh karena Anda rutin membelinya. Selain itu, lakukan juga perbandingan harga pada hal-hal besar, seperti contohnya jika Anda membeli motor, bandingkan harga dari beberapa dealer dan pertimbangkan juga alternatif pembayarannya.

    #3 Membayar Lebih dari Seharusnya

    Biaya kebutuhan hidup sehari-hari merupakan salah satu biaya bulanan yang terbesar. Dengan demikian, perhatikanlah beberapa alternatif yang memungkinkan Anda menghemat sedikit uang. Sebagai contoh, terkadang beberapa barang akan dijual lebih murah jika Anda membeli dalam jumlah besar, misalnya tissue. Hindari untuk membeli dalam kemasan kecil secara berulang.

    #4 Tidak Melakukan Stok Barang

    Membeli barang dalam jumlah besar dapat menguntungkan Anda, terutama bagi barang yang tidak mudah rusak. Jika Anda melihat produk dengan potongan harga dalam jangka waktu tertentu, Anda dapat membeli dalam jumlah lebih banyak dari yang Anda butuhkan, sehingga Anda sudah memiliki stok barang untuk beberapa bulan ke depan. Hal ini sering dilakukan oleh seseorang dengan gaya hidup hemat dan memang terbukti menguntungkan karena secara tidak langsung Anda telah berhemat untuk jangka panjang.

    [​IMG]

    #5 Menyia-nyiakan Makanan

    Kebiasaan menyia-nyiakan makanan adalah sebuah masalah besar. Sebagai contoh, jika Anda membuang makanan sisa yang tidak Anda habiskan, atau melupakan bahan makanan di freezer hingga rusak sehingga harus dibuang. Ubah kebiasaan tersebut dengan menyimpan makanan sisa untuk keesokan harinya, atau Anda dapat membeli dengan porsi kecil, atau mungkin berbagi dengan teman. Tips lainnya adalah menuliskan list makanan dalam kulkas berikut tanggal kadaluarsanya, sehingga Anda tidak akan lupa mengonsumsinya sebelum rusak.

    #6 Membayar Sesuatu yang Tidak Anda Gunakan

    Memiliki jasa internet di rumah memang bermanfaat, terutama jika Anda memperoleh promo saat pertama kali mendaftar. Namun jika Anda sibuk bekerja di kantor setiap hari dan setelah pulang di malam hari Anda langsung memainkan handphone hingga tertidur, maka jasa internet tersebut menjadi sebuah pemborosan. Anda mungkin hanya menggunakannya di hari minggu, sedangkan paket yang Anda bayarkan adalah untuk sebulan penuh. Sebaiknya hentikan berlangganan jika Anda tidak menggunakannya.

    #7 Membeli yang Termurah

    Anda dapat berhemat dengan membeli produk yang harganya lebih murah, namun tidak berlaku untuk segala hal. Sebagai contoh, membeli alat elektronik termurah namun Anda harus terus membayar biaya reparasi atau menggantinya setahun sekali akan jauh lebih boros daripada Anda membeli produk dengan kualitas baik yang dapat tahan hingga 10 tahun. Ingatlah bahwa murah tidak selalu baik, namun perhatikan juga kualitasnya.

    #8 Mengubah Sesuatu yang Spesial Menjadi Kebiasaan Sehari-hari

    Mungkin Anda memiliki kebiasaan spesial seperti membeli perhiasan pada saat Anda berulang tahun atau menikmati spa saat Anda memperoleh bonus. Namun jika Anda membiasakannya, maka makna spesialnya akan hilang dan akan menguras kantong Anda. Misalnya jika Anda menikmati spa bukan saat Anda memperoleh bonus, namun setiap kali Anda merasa lelah. Jadikan momen spesial tetap berkesan dan amankanlah dompet Anda.

    [​IMG]

    #9 Membeli Barang Pelengkap

    Terdapat sebuah kebiasaan buruk dimana seseorang membeli barang yang hanya menjadi pelengkap, dimana barang tersebut sebenarnya tidak dibutuhkannya. Salah satu contohnya adalah jika Anda membeli sebuah tas yang tidak sesuai dengan seluruh pakaian Anda, dan menjadikannya alasan untuk membeli pakaian baru, sepatu baru, dan perhiasan baru yang sesuai dengan tas tersebut. Kebiasaan ini sangat berbahaya karena dapat menjadi alasan untuk hidup boros. Jika Anda merasa terbiasa melakukannya, hentikan segera agar Anda dapat mulai berhemat.

    #10 Tidak Menentukan Prioritas

    Anda bekerja dengan beberapa tujuan, misalnya untuk mulai menyicil sebuah rumah, membeli kendaraan bermotor, hingga membeli sebuah handphone terbaru. Namun sebaiknya tentukan prioritas Anda dari yang terpenting. Dengan begitu, Anda akan fokus pada tujuan Anda bekerja, dan tidak menghambur-hamburkan penghasilan Anda untuk membeli sesuatu yang sebenarnya tidak Anda butuhkan.

    #11 Membanding-bandingkan Diri dengan Orang Lain

    Janganlah pernah berpikir bahwa Anda baru sukses jika melihat kegagalan orang lain. Dengan berpikir demikian, Anda akan mencari cara untuk mengambil keuntungan dari orang lain dan terfokus pada kegagalan orang lain daripada kesuksesan Anda sendiri. Carilah sebuah kerja sama yang dapat menguntungkan kedua belah pihak dan hindari merugikan orang lain hanya demi keuntungan Anda.

    #12 Tidak Mengembangkan Diri

    Anda merupakan kunci kesuksesan diri Anda sendiri, sehingga penting untuk menjaga dan mengembangkan diri baik dari segi kesehatan, kemampuan, hingga keterampilan. Sediakanlah waktu untuk memperbaiki diri menjadi seseorang yang lebih baik sehingga Anda dapat mencapai tujuan finansial Anda.

    [​IMG]

    Berhemat Bukan Berarti Mengorbankan Segalanya

    Berhemat merupakan suatu kebiasaan yang baik, namun ingatlah bahwa berhemat bukan berarti mengorbankan segala hal yang penting dalam hidup Anda. Jangan berhemat sedemikian rupa hingga Anda mengorbankan kebahagiaan Anda. Anda dapat menghilangkan kebiasaan buruk Anda dengan perlahan, dan lama kelamaan Anda akan terbiasa hidup hemat tanpa merasa kesulitan dan Anda tetap bahagia menjalankannya.


    Apakah Anda mengetahui sifat boros lainnya? Tinggalkan komentar Anda di bawah. Jika ada pertanyaan, silakan ajukan pertanyaan Anda pada kolom di bawah ini. Perencana Keuangan kami siap membantu Anda, terima kasih.


    Sumber:
    Ubah 12 Sifat Boros Ini Dan Kamu Akan Menjadi Lebih Hemat Pengeluaran

    Baca Juga:
    5 Cara Mengendalikan Pikiran Kita agar Dapat Membantu Menghemat Uang
    Tragis, Sudah Simpan Uang dan Berhemat Bukannya Kaya Malah Sia-Sia
    Moms, Ketahui 5 Cara Menghemat Uang Tagihan Listrik: Tips Cara Hemat Daya dan Energi Listrik
    Ada 9 Aktivitas Keluarga yang Seru dengan Biaya Hemat untuk Keluarga Anda


    [​IMG]

    Tentang Finansialku:
    Finansialku.com adalah portal perencanaan keuangan individu dan keluarga. Kunjungi kami di:
    Website: Finansialku.com
    Facebook: @Finansialku
    Twitter: @Finansialku
    Google+: +Finansialku
     

Share This Page

About Forum IDWS

IDWS, dari kami yang terbaik-untuk kamu-kamu (the best from us to you) yang lebih dikenal dengan IDWS adalah sebuah forum komunitas lokal yang berdiri sejak 15 April 2007. Di bangun sebagai sarana mediasi dengan rekan-rekan pengguna IDWS dan memberikan terbaik untuk para penduduk internet Indonesia menyajikan berbagai macam topik diskusi.