1. Hai IDWS Mania, buat kamu yang ingin bebas iklan, cek hidden post, dan fitur lain.. kamu bisa berdonasi membership Gatotkaca di sini yaa~
  2. Silahkan Login atau Register, untuk melihat konten-konten menarik lainnya.
  3. Pengen ganti nama ID atau Plat tambahan? Sekarang bisa loh! Cek infonya di sini yaa!
  4. IDWS Radio is Back! Mau ngobrol seru bareng penyiar (announcer) atau mau ikutan jadi penyiar di IDWS Radio? Mau promoin lagu indie kamu? Bisaa!.Klik info lengkapnya di sini, kuy~.
  5. Terima kasih untuk kebersamaan komunitas selama hampir 12 tahun ini. Apa pengalaman menarikmu selama di IDWS? Apa saran, kritik, dan masukan kamu untuk IDWS? Tolong sampaikan di sini yaa~ Terima kasih.
  6. Tim staff IDWS mengajak dan memberikan kesempatan IDWS Mania bergabung dalam tim staff komunitas forum IDWS nih. Klik untuk info lengkapnya yuk~
  7. Pengen belajar jadi staff forum IDWS? Sekaran kamu bisa ajuin Moderator in Trainee loh!. Intip di sini kuy~

Learning Tutorial Penyusunan Soal Ujian

Discussion in 'School and Campus Zone' started by rivha, Aug 20, 2018.

  1. rivha Members

    Offline

    Silent Reader

    Joined:
    Oct 14, 2010
    Messages:
    28
    Trophy Points:
    16
    Ratings:
    +10 / -0
    Dalam dunia pendidikan, pembuatan soal ujian bukanlah hal yang baru. Setiap guru diharapkan dapat membuat soal sesuai dengan pedoman yang telah ditetapkan oleh Kementrian Pendidikan Indonesia.

    Meskipun pada faktanya masih banyak guru yang belum begitu paham bagaimana pembuatan soal yang baik agar tidak salah atau keluar jalur dari tujuan ujian itu sendiri. Soal sendiri secara umum terdiri dari dua jenis, yaitu soal berbentuk pilihan ganda (PG) dan soal berbentuk essay.

    Pada kesempatan kali ini saya mencoba untuk membagikan tutorial bagaimana penyusunan soal agar menjadi butir soal yang baik.

    Yuk mari disimak langkah langkahnya :

    1.Siapkan Silabus

    Ya, hal pertama yang perlu dipersiapkan adalah silabus. Karena dari silabus ini lah sumber informasi dasar kita sebagai guru menyusun soal, dimana setiap soal haruslah sesuai dengan kompetensi dasar yang diharapkan digapai siswa dalam pembelajaran tertentu. Sebagai contoh kompetensi dasar yang saya ambil adalah :

    Menganalisis fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan teks interaksi transaksional lisan dan tulis yang melibatkan tindakan memberi dan meminta informasi terkait pendapat dan pikiran, sesuai dengan konteks penggunaannya. (Perhatikan unsur kebahasaan I think, I suppose, in my opinion)

    2.Materi

    Setelah menentukan kompetensi dasar yang akan diujikan, kita lanjut kedalam penentuan materi. Kompetensi dasar akan merujuk kepada materi tertentu, berdasarkan kompetensi dasar diatas saya menentukan materi yang diambil adalah tentang expression yaitu "Asking for Opinion"

    3.Indikator

    Langkah selanjutnya adalah menentukan indikator untuk materi tersebut. Indikator adalah acuan seorang guru untuk menentukan siswa tersebut telah memahami materi yang diberikan. Pada kesempatan ini indikator yang saya tentukan adalah:

    Memahami penggunaan expression : Asking for opinion secara informal

    4.Indikator Soal

    Proses penentuan indikator telah dilalui, langkah selanjutnya adalah menurunkan indikator tersebut menjadi indikator soal. Indikator soal adalah petunjuk tentang soal tersebut mengujikan hal apa dalam suatu materi. Sebagai contoh:

    Mengidentifikasi penggunaan kalimat yang tepat dalam menanyakan opini secara informal

    Indikator soal diatas adalah untuk mengujikan penggunaan kalimat dalam menanyakan opini secara informal.

    5.Butir Soal

    Tahapan akhir dari pembuatan soal adalah pembuatan butir soal. Pada bagian ini kita membuat butir soal berdasarkan indikator soal yang telah dibuat, tentunya butir soal harus relevan dengan indikator soal yang telah ditentukan. Sebagai contoh:

    A : “Look into my new jacket,…”
    B : “I think that is really good!”


    Pada contoh butir soal diatas siswa diharapkan mengisi bagian titik titik dengan jawaban yang tepat.

    6.Kunci Jawaban

    Terkadang hal ini sering dilupakan oleh seorang guru dalam pembuatan soal, padahal hal ini sangat penting karena apabila kita tidak membuat kunci jawaban diawal pembuatan soal akan membuat diri kita sendiri bingung. Jadi pastikan kita membuat kunci jawaban langsung saat pembuatan soal.

    7.Kartu Soal

    Setelah enam proses diatas telah selesai langkah selanjutnya adalah pembuatan kartu soal, kartu soal adalah rangkuman tentang soal itu sendiri mulai dari kompetensi dasar hingga butir soal.



    Nah itu lah langkah langkah pembuatan soal yang diharapkan akan menjadi soal yang baik. Semoga bermanfaat. Rekan guru juga dapat menggunakan aplikasi untuk mempermudah pengerjaan langkah - langkah diatas secara otomatis. Dapat di download di: Aplikasi Kartu Soal Otomatis

    source : Portal Edukasi
     

Share This Page

About Forum IDWS

IDWS, dari kami yang terbaik-untuk kamu-kamu (the best from us to you) yang lebih dikenal dengan IDWS adalah sebuah forum komunitas lokal yang berdiri sejak 15 April 2007. Dibangun sebagai sarana mediasi dengan rekan-rekan pengguna IDWS dan memberikan terbaik untuk para penduduk internet Indonesia menyajikan berbagai macam topik diskusi.