1. Hai IDWS Mania, buat kamu yang ingin bebas iklan, cek hidden post, dan fitur lain.. kamu bisa berdonasi membership Gatotkaca di sini yaa~
  2. Silahkan Login atau Register, untuk melihat konten-konten menarik lainnya.
  3. Pengen ganti nama ID atau Plat tambahan? Sekarang bisa loh! Cek infonya di sini yaa!
  4. Ungkapin kenangan film Asia paling berkesan buatmu. Berhadiah GK, Pulsa, dan Line Gift Sticker loh! .Klik info lengkapnya di sini, kuy~.
  5. Tim staff IDWS mengajak dan memberikan kesempatan IDWS Mania bergabung dalam tim staff komunitas forum IDWS nih. Klik untuk info lengkapnya yuk~
  6. Pengen belajar jadi staff forum IDWS? Sekaran kamu bisa ajuin Moderator in Trainee loh!. Intip di sini kuy~

Geography & Astronomy Tokelau dan asal usul domain dot TK

Discussion in 'Education Free Talk and Trivia' started by domoon, Dec 22, 2009.

Thread Status:
Not open for further replies.
  1. domoon M V U

    Offline

    Post Hunter

    Joined:
    Jul 19, 2009
    Messages:
    2,379
    Trophy Points:
    147
    Ratings:
    +992 / -0
    Tokelau adalah wilayah Selandia Baru di Samudra Pasifik Selatan yang terdiri dari tiga atol koral tropis. Wilayah ini terkadang disebut dengan nama kolonialnya Kepulauan Union.

    Tokelau memiliki total lahan seluas 12 kilometer per segi. Secara resmi, kawasan yang terletak di antara Hawaii dan Selandia Baru tersebut tidak memiliki ibu kota. Sebab, tiga pulau yang menyusun Tokelau memiliki ibu kota dan pemerintahannya masing-masing. Tiap tahun, masing-masing pulau memegang kendali pemerintahan secara bergiliran

    Tokelau pertama kali dihuni oleh kaum emigran Polinesia yang berasal dari gugus pulau tetangga. Tokelau ditetapkan sebagai protektorat Britania pada 1889, menjadi bagian dari Koloni Britania Kepulauan Gilbert & Ellice pada 1916, sebelum berada dalam administratif Selandia Baru pada 1925. Kini Tokelau masih berstatus wilayah Selandia Baru menurut UU Tokelau 1948. Sektor pertahanan menjadi tanggung jawab negara induk. Seperti juga Niue dan Kepulauan Cook, warga Tokelau sedang menyusun konstitusi dan mengembangkan institusi dan pola pemerintahan sendiri untuk membentuk asosiasi bebas (free association) dengan Selandia Baru.

    Selama ini, kebutuhan ekonomi Tokelau memang banyak ditopang Selandia Baru. Saat ini, sebanyak 80 persen anggaran tahunan Tokelau masih disediakan Selandia Baru. Suntikan dana tersebut, menurut Clark, tidak akan langsung dicabut begitu Tokelau merdeka.

    Selain bantuan finansial dari Wellington, penduduk Tokelau mengandalkan “penjualan” domain .tk (dot tk) untuk mengisi kas pemerintah. Konon, domain yang dikelola perusahaan Belanda, Internet Corporation for Assigned Names and Numbers (ICANN), itu mampu meningkatkan pendapatan Tokelau sebanyak 10 persen. Domain tersebut ditawarkan secara cuma-cuma kepada para pengguna internet dengan imbalan iklan.

    Tiap kali terjadi transaksi, si pemakai domain dot tk harus mampu memperoleh iklan atau banner sesuai jumlah yang disepakati. “Butuh proses empat tahun bagi kami untuk meyakinkan mereka (ICANN). Sebab, mereka tidak pernah mendengar atau mengenal Tokelau sebelumnya. Mereka khawatir domain yang kami tawarkan palsu belaka,” ujar Joost Zuurbier, pendiri dot tk. Kini, domain yang terdaftar sebagai milik perusahaan dot tk itu sudah memiliki lebih dari 1,6 juta konsumen.

    Di sisi lain, lahirnya domain Tokelau itu mendatangkan banyak keuntungan bagi warga. Telepon yang selama ini menjadi sarana komunikasi utama warga karena lokasi rumah yang terpencar, mulai banyak ditinggalkan. Dengan akses internet dan ketersediaan komputer, warga lebih memilih berkomunikasi lewat Skype yang jauh lebih murah. “Karena Skype, pendapatan telepon turun hingga 40 persen,” ujar Aukusitino Vitale, GM Teletok, perusahaan telekomunikasi Tokelau.

    Komunikasi murah itu juga membuat warga lebih intensif berhubungan satu sama lain tanpa perlu saling kunjung. Artinya, tidak ada lagi anggaran khusus untuk ongkos transportasi. Lewat komunikasi dunia maya, warga Tokelau juga bisa memangkas anggaran mereka untuk ke luar negeri. Atau, anggaran untuk sekadar mengunjungi tetangga terdekat yang membutuhkan dua hari perjalanan darat. Mengingat, tidak ada bandara atau jalan raya di kawasan tersebut.

    Internet juga memberikan banyak penghematan anggaran pendidikan masing-masing warga. Mereka yang ingin melanjutkan studi ke perguruan tinggi bisa mengikuti program universitas terbuka, yang perkuliahannya menggunakan metode telekonferensi. Saat ini, tercatat sekitar 8.000 warga asal Tokelau yang menuntut ilmu di Selandia Baru, Australia dan Amerika Serikat (AS).

    JPNN and WIKI
     
  2. Ramasinta Tukang Iklan





  3. dejivrur M V U

    Offline

    Post Hunter

    Joined:
    Jan 31, 2009
    Messages:
    3,896
    Trophy Points:
    131
    Ratings:
    +1,109 / -2
    makasih ya bro...

    gw baru tau ternyata .tk itu buat pemasukan negara juga...

    hebat konsepnya nih...
     
  4. domoon M V U

    Offline

    Post Hunter

    Joined:
    Jul 19, 2009
    Messages:
    2,379
    Trophy Points:
    147
    Ratings:
    +992 / -0
    io.. sayang bgt indonesia ga bisa manfaatin.. .co.id soalnya.. kalo bisa dot id kynya keren jg tuh :D
     
  5. ghusesup Members

    Offline

    Silent Reader

    Joined:
    Jul 21, 2009
    Messages:
    125
    Trophy Points:
    16
    Ratings:
    +25 / -0
    tuh juga tuh, apa karena terlalu banyak orang pinter ya?? :awas:
    jadi banyak yg pada ngatur dan diatur, trus gak kepikiran buat domain dot id ato semacamnya, lumayan buat tambahan penghasilan sih...:panda:
     
  6. domoon M V U

    Offline

    Post Hunter

    Joined:
    Jul 19, 2009
    Messages:
    2,379
    Trophy Points:
    147
    Ratings:
    +992 / -0
    bener banget.. pada sibuk nyari gimana ngabisin duit rakyat dengan cepet aj, bukannya menambah pendapatan dengan kreatip.. masa' saking kurangnya duid, di daerah gw nasi bungkus mw dipajakin 10%.. kwkwkwkw
     
  7. ich4n M V U

    Offline

    Lurking Around

    Joined:
    Jun 25, 2009
    Messages:
    1,707
    Trophy Points:
    131
    Ratings:
    +816 / -0
    :kaget: gila aj, beneran tuh? uda kayak makan di restoran aj :hot:
    coba aj bangun hosting beginian di sana, biar g dipajakin malah mungkin dikasih subsidi 10% :piss:
     
Thread Status:
Not open for further replies.

Share This Page

About Forum IDWS

IDWS, dari kami yang terbaik-untuk kamu-kamu (the best from us to you) yang lebih dikenal dengan IDWS adalah sebuah forum komunitas lokal yang berdiri sejak 15 April 2007. Di bangun sebagai sarana mediasi dengan rekan-rekan pengguna IDWS dan memberikan terbaik untuk para penduduk internet Indonesia menyajikan berbagai macam topik diskusi.