1. Disarankan registrasi memakai email gmail. Problem reset email maupun registrasi silakan email kami di inquiry@idws.id menggunakan email terkait.
  2. Hai IDWS Mania, buat kamu yang ingin support forum IDWS, bebas iklan, cek hidden post, dan fitur lain.. kamu bisa berdonasi Gatotkaca di sini yaa~
  3. Pengen ganti nama ID atau Plat tambahan? Sekarang bisa loh! Cek infonya di sini yaa!
  4. Pengen belajar jadi staff forum IDWS? Sekaran kamu bisa ajuin Moderator in Trainee loh!. Intip di sini kuy~

Ask Tips Mencuci Pakaian dengan Sempurna, Efektif-Efisien

Discussion in 'Education Free Talk and Trivia' started by naoko, Jul 21, 2014.

Thread Status:
Not open for further replies.
  1. naoko M V U

    Offline

    Silent Reader

    Joined:
    Jul 23, 2009
    Messages:
    152
    Trophy Points:
    56
    Ratings:
    +138 / -0
    [​IMG]


    1. Siapkan Pakaian yang Akan Dicuci

    Menyiapkan Pakaian

    Lepaskan bros, pin, dan peniti, tarik resleting, kaitkan pengait, hal ini dilakukan untuk mencegah abrasi dan karat pada besi. Tetapi jangan mengaitkan kancing baju. Tarik kantong baju ke posisi luar, ratakan kaos kaki, dan buka gulungan semua jenis pakaian. Tali ikat pinggang dan semua jenis tali untuk mencegah kekusutan. Taruh jenis kain yang halus seperti lingrie, rajutan, dan sutra dalam kantung jaring dan putar ke arah luar untuk mencegah tersangkut.

    2. Pelembut Pakaian

    Pelembut Pakaian

    Sisa dari pelembut dan peawangi pakaian dapat menyebabkan alergi, menghalangi aliran udara pada serat kain sehingga pakaian terasa lembab. Solusinya, tambahkan campur 1/4 pelembut pakaian dengan 1 cangkir cuka pada bilasan terakhir. Jangan samakan penambahan cuka ini pada pemutih pakaian.

    3. Pemutih Pakaian

    Pemutih Pakaian

    Pemutih pakaian yang baik sebenarnya yang model bluing yang mana menimbulkan efek kebiruan pada kain putih dan cara penggunaanya kebalikan dari pemutih klorin yaitu pada bilasan terakhir. Efek dari bluing ini kain putih menjadi berwarna putih biru, lebih cerah, bersih, dan putih. Pemutih klorin adalah pemutih yang efektif namun dapat merusak serat kain.

    4. Menghilangkan Noda

    Menghilangkan Noda

    Cara terbaik adalah menghilangkan noda dulu baru proses pencucian. Hilangkan padatan noda dengan ujung tumpul (sendok atau apapun), lalu aliri air dari luar ke dalam agar noda tidak menyebar.

    5. Detergen

    Detergen

    Gunakan detergen yang lembut, tidak beracun, dan ramah lingkungan, tingkatkan daya pembersih dengan menambahkan 1/2 cangkir borax atau sesuai kebutuhan. Borax merupakan mineral alami yang mengandung antiseptik, antibakteri, melembutkan, dan memutihkan.

    6. Mencerahkan Tanpa Pemutih

    Mencerahkan Tanpa Pemutih

    Langkah pertama, pencucian dilakukan secara terpisah dengan air panas. Kain yang ukurannya lebih kecil seperti kain lap, kaus kaki dapat diputihkan dalam air mendidih di atas kompor dengan irisan lemon, caranya isi panci dengan air dan sedikit irisan lemon, didihkan, matikan api, baru masukkan kain yang ingin diputihkan, rendam hingga 1 jam, kemudian cuci seperti biasa. Cara lain yaitu dengan penambahan borax atau cuka putih dan air saat proses mencuci. Untuk lebih cerah, jemur di bawah sinar matahari.

    7. Pakaian Bayi

    Pakaian Bayi

    Detergen biasa terlalu keras untuk kulit bayi yang sensitif. Untuk menghindari iritasi gunakan detergen tanpa bahan aditif dan bahan kimia, yang mana beberapa diantaranya kurang basa sehinnga kurang bisa untuk menghilangkan noda, namun yang pasti lebih aman. Hindari pelembut pakaian, dan untuk menghilangkan noda, rendam dengan air dingin sebelum proses pencucian.

    8. Kain Lap Bagian 1

    Kain Lap

    Kain lap merupakan produk kain yang sangat dibutuhkan dan jarang dicuci selain karena lupa biasanya juga faktor kemalasan, untuk mengatasinya segera rendam kain lap dalam bak cuci piring segera setelah proses makan atau memasak selesai, setelah badan tidak terlalu capek dan tidak terlalu kenyang segera kucek, jemur, bilas.

    9. Kain Lap Bagian 2

    Kain Lap Bagian 2

    Taruh kain lap pada wastafel yang sudah ditutup lubang buangannya, tambahkan air panas, detergen, dan klorin jika diperlukan, tunggu beberapa menit, kemudian jangan dikucek namun ditekan-tekan. Kuras air, kemudian bilas dengan cara mengucek-ngucek dalam aliran air mengalir.

    10. Kain Lap Bagian 3

    Kain Lap Bagian 3

    Untuk pengeringan, gulung dengan handuk besar dan tepuk-tepuk untuk membuang kelebihan air, jemur di rak atau langsung di bawah sinar matahari. Langsung disetrika juga bisa karena bahan kain lap relatif sangat ringan sehingga cepat kering.

    11. Mencuci dengan Tangan

    Mencuci dengan Tangan

    Kain yang dianjurkan dicuci dengan tangan adalah jenis wol, sutra, dan rayon. Rendam kain dengan air hangat dan detergen ringan, kemudian buang airnya, bilas air dengan memeras lebut di bawah aliran air, untuk lebih menyerap kelebihan air gunakan handuk

    12. Dry Cleaning

    Dry Cleaning

    Untuk kain dengan penuh manik-manik atau lipatan-lipatan dengan noda yang membandel bawa saja ke dry cleaning yang mana sudah mempunyai pelarut khusus dan penanganan khusus pula.

    13. Siklus Mencuci

    Siklus Mencuci

    Agar kain awet siklus mencuci harus teratur dan tidak sampai bernoda membandel, gunakan air panas untuk memutihkan, air hangat untuk bahan-bahan yang sedang, dan air dingin untuk warna-warna cerah.

    14. Pengering

    Pengering

    Untuk menghindari kekusutan teknik kuno yaitu menggunakan jemuran atau rak pengeringan sangat efektif, tapi kalau dengan terpaksa harus menggunakan alat pengering gunakan saat kain sudah lembab, bukan basah kuyup.

    15. Bahan-Bahan Dakron dan Kapas

    Dakron, Kapas

    Untuk mencuci bagian dalam bantal, guling, kasur, boneka, dan sejenisnya daripada membayar tukang cuci dapat dilakukan sendiri dengan mudah, isi bak dengan air hangat dan sedikit detergen, peras perlahan, aliri air, bilas dengan air dingin sesuai kebutuhan, sebelum proses pengeringan tekan-tekan dengan tangan agar air berlebh dapat mengalir keluar.

    16. Tips Untuk Dakron dan Kapas

    Tips untuk Dakron dan Kapas

    Gunakan beberapa bola tenis sebagai alas penjemuran, bolak balik setiap jam, tekan-tekan dengan handuk sebelum penjemuran, setelah kering tepuk-tepuk dengan tangan agar mengembang.

    17. Handuk

    Handuk

    Setumpuk handuk bersih, segar, dan berbulu membuat suasana hati bahagia setelah mandi. Untuk handuk putih gunakan pemutih non-klorin, dan gunakan air panas, jangan gunakan pelembut kain karena menyebabkan handuk kaku setelah proses pengeringan, setelah pengeringan semprotkan parfum segar.

    18. Mesin Cuci dan Pengering

    Mesin Cuci dan Pengering

    Seperti peralatan elektronik lainnya mesin cucipun harus dibersihkan dan diservis secara teratur. Bersihkan dengan kain bersih dan lembab, lepaskan saluran pembuangan untuk menghilangkan sumbatan.

    19. Menjaga Pakaian Tetap Bersih

    Menjaga Pakaian Tetap Bersih

    Gunakan deodoran, parfum, dan produk untuk rambut setelah mandi dan sebelum berpakaian untuk menghindari noda kimia pada pakaian, dan setelah digunakan gantung pada hanger untuk mencegah kekusutan dan mengalirkan udara segar pada serat-serat kain.

    sumber : http://www.klikmesinlaundry.com/ber...i-pakaian-dengan-sempurna-efektifefisien.html
     
  2. Ramasinta Tukang Iklan

  3. Andy_Wardana Members

    Offline

    Silent Reader

    Joined:
    Jul 11, 2012
    Messages:
    45
    Trophy Points:
    6
    Ratings:
    +1 / -0
    wih ... lumayan nih info.a buat bekal ane ngekos ntar ... :D
     
  4. soliqina M V U

    Offline

    Red Devils

    Joined:
    Aug 21, 2013
    Messages:
    5,866
    Trophy Points:
    192
    Gender:
    Male
    Ratings:
    +3,047 / -0
    :niceinfo: gan,, ane akan coba mencuci seperti d atas, heheeh
     
  5. kyuvbree M V U

    Offline

    Lurking Around

    Joined:
    Jan 26, 2013
    Messages:
    941
    Trophy Points:
    92
    Ratings:
    +968 / -0
    baru tau masa...
    biasanya kalo nyuci baju pakai ppewangi, abis direndem, peres, langsung jemur. udah :jah:
     
  6. Peloponessian M V U

    Offline

    Lurking Around

    Joined:
    Apr 28, 2011
    Messages:
    530
    Trophy Points:
    92
    Ratings:
    +67 / -0
    masa ia pake cuka...
    uda kek baso dong...
     
  7. kyuvbree M V U

    Offline

    Lurking Around

    Joined:
    Jan 26, 2013
    Messages:
    941
    Trophy Points:
    92
    Ratings:
    +968 / -0
    sekalian aja pake saos, gan :facepalm:
    kan ini tentang prosedurnya, yang baik dan benar :lol:
     
  8. hai3dar Members

    Offline

    Silent Reader

    Joined:
    Jan 26, 2013
    Messages:
    147
    Trophy Points:
    27
    Ratings:
    +64 / -0
    wah nice tips.. tapi ribet juga kalo ngurusin sendiri :malu

    kalo ada pembokat yg ngerti ginian, mantep deh, pakaian jadi awet :hihi:
     
  9. liquidliquor Members

    Offline

    Beginner

    Joined:
    Nov 25, 2009
    Messages:
    422
    Trophy Points:
    101
    Ratings:
    +2,878 / -1
    Patut dicoba nih. Apalagi beberapa kaos kaki gw warna putih (polos lagi -_-).
     
  10. arviarvi Members

    Offline

    Silent Reader

    Joined:
    Oct 19, 2012
    Messages:
    111
    Trophy Points:
    17
    Ratings:
    +4 / -0
    pemutih pakaian?bayclin..
    saya jadi teringat guyonan seperti ini
    A : kenapa sih Hatta Rajasa rambutnya putih?
    B : keramasnya pakai bayclin :)
     
  11. auditore987 Members

    Offline

    Silent Reader

    Joined:
    Nov 4, 2012
    Messages:
    35
    Trophy Points:
    7
    Ratings:
    +1 / -0
    siap praktek nih di kosan..
     
  12. fiaghost Members

    Offline

    Silent Reader

    Joined:
    Dec 9, 2010
    Messages:
    23
    Trophy Points:
    1
    Ratings:
    +0 / -0
    wkwkw.. coba deh ane praktekin di kosan, makasih ya gan
     
Thread Status:
Not open for further replies.

Share This Page

About Forum IDWS

IDWS, dari kami yang terbaik-untuk kamu-kamu (the best from us to you) yang lebih dikenal dengan IDWS adalah sebuah forum komunitas lokal yang berdiri sejak 15 April 2007. Dibangun sebagai sarana mediasi dengan rekan-rekan pengguna IDWS dan memberikan terbaik untuk para penduduk internet Indonesia menyajikan berbagai macam topik diskusi.