1. Hai IDWS Mania, membership gatotkaca telah hadir kembali lho, kalau mau info lebih lanjut klik di sini
  2. Silahkan Login atau Register, untuk melihat konten-konten menarik lainnya.
  3. Jangan rindu, ini berat, kau tak akan kuat, biar aku saja. Cek info libur
    Dismiss Notice
  4. Eh, eh.. IDWS punya kebijakan baru dan Moderator in Trainee baru loh!. Intip di sini kuy!
  5. Suka baca buku? Tuangkan pengalaman baca kamu dalam Event Review Buku, Kuy~ Cek infonya di sini yaa!
  6. Mau kasih kado lebaran buat yang terkasih? Yuk ikuti event Kado Hari Raya Untuk Perempuan! Ada gamis & khimar gratis buat kado kamu loh~
  7. Indowebster membuka kesempatan bagi kamu-kamu yang berminat untuk melamar menjadi moderator Zona Movies and TV Series. Open Recruitment Moderator Zona MTV (SF Movies, TV Shows, Profile, Fansubs & Encoders, Movie Maker)
    Dismiss Notice
  8. Mau bergabung dan mengembangkan forum Female Insight Indowebster? Daftar diri kamu menjadi moderator Female Insight! Informasi lebih lengkap, buka link ini
    Dismiss Notice

tips masalah-masalah tubuh

Discussion in 'Pengetahuan Penting Penunjang Kesehatan' started by raysukeTakahasi, Nov 26, 2008.

Thread Status:
Not open for further replies.
  1. raysukeTakahasi M V U

    Offline

    Beginner

    Joined:
    Nov 1, 2008
    Messages:
    334
    Trophy Points:
    76
    Ratings:
    +228 / -0
    tips menghilangkan jerwt

    Ambil satu daun Lidah buaya
    Potong beberapa bagian
    Kelupas Kulit luarnya
    Oleskan dibagian yang muncul jerawat
    Ulangi tiap pagi dan Sore
    Semoga Bermanfaat
     
    Last edited: Nov 28, 2008
  2. Ramasinta Tukang Iklan





  3. raysukeTakahasi M V U

    Offline

    Beginner

    Joined:
    Nov 1, 2008
    Messages:
    334
    Trophy Points:
    76
    Ratings:
    +228 / -0
    mengTAsi mata merah
    Petik beberapa lembar daun sirih
    Rendam daun sirih dalam air panas
    Tunggu sampai rendaman agak dingin atau dingin
    Celupkan mata anda ke dalam rendaman
    Ulangi sampai beberapa kali
     
  4. raysukeTakahasi M V U

    Offline

    Beginner

    Joined:
    Nov 1, 2008
    Messages:
    334
    Trophy Points:
    76
    Ratings:
    +228 / -0
    Rahasia Memperhalus Dan Memperlembut Kulit
    Beberapa Faktor Menyebabkan Keringnya Kulit
    1. Udara yang kering
    Kulit kering dapat disebabkan oleh banyak hal, termasuk yang telah dipaparkan di atas, yaitu menurunnya kelembaban udara terutama pada musim dingin.

    2. Sering mencuci tangan dan cairan pembersih Rumah tangga
    Faktor lainnya adalah pekerjaan yang mengharuskan seseorang sering mencuci tangan atau berkontak dengan air atau tanah. Dan salah satu contoh pekerjaan ini adalah ibu rumah tangga! Ya, ibu rumah tangga memiliki paparan yang tinggi terhadap air, cairan pencuci piring, cairan kimia untuk pembersih, dan lain sebagainya. Ibu rumah tangga juga harus sering mencuci tangannya saat mempersiapkan makanan, setelah mencuci piring, setelah membersihkan meja dan banyak lagi. Padahal cairan-cairan pembersih rumah tangga dan sabun cuci tangan ini adalah salah satu yang menambah keringnya kulit, terutama tangan.

    3. Kebiasaan merokok
    Penyebab yang lain adalah kebiasaan merokok. Zat-zat dalam rokok akan merusak jaringan yang membentuk elastisitas kulit sehingga kulit tampak lebih kering dan kasar. Jadi ada satu alasan lagi untuk tidak merokok, bukan?

    4. Kurangnya konsumsi lemak
    Benar, lemak memang dimusuhi banyak orang (terutama perempuan). Namun lemak dalam jumlah yang tepat dibutuhkan kulit untuk membentuk lapisan “penangkap” kelembaban.

    5. Usia lanjut
    Seperti diketahui bersama, fungsi organ tubuh akan berkurang sejalan bertambahnya usia. Pada usia lanjut, pembentukan zat elastisitas kulit akan berkurang.

    6. Alergi atau kelainan kulit yang kronis
    Alergi terhadap zat tertentu dapat menyebabkan kulit menjadi kering dan kemerahan. Kelainan kronis seperti dermatitis yang dimiliki seseorang juga menjadikan kulit lebih kering dan lebih sensitif terhadap berbagai gangguan dari luar, termasuk udara kering.

    7. Gatal dan Kulit Kering
    Keringnya kulit dapat memicu munculnya masalah lain yaitu gatal. Kulit menjadi lebih mudah terasa gatal karena kelembaban yang juga merupakan pelindung kulit berkurang. Walaupun terdengar kecil, gatal dapat menjadi masalah besar jika sampai menyebabkan seseorang tak dapat beristirahat, menyebabkan merah-merah dan luka di kulit, atau bahkan infeksi.

    Pencegahan dan Penanganan Sederhana
    Dari keterangan singkat mengenai faktor-faktor yang berhubungan dengan kulit kering dan gatal tersebut, pencegahan sederhana yang dapat kita lakukan sebenarnya cukup banyak.

    1. Menjaga nutrisi
    Yang pertama tentunya tetap menjaga gizi dalam makanan kita seimbang. Terutama air yang cukup (minimal 8 gelas sehari). Lemak dalam jumlah tepat dan makanan yang mengandung vitamin juga tak boleh dilupakan. Vitamin C membantu pembentukan zat yang berperan dalam elastisitas kulit. Selain itu, vitamin C dan E dikenal memiliki potensi antioksidan yang kuat untuk menangkal segala kerusakan yang dapat terjadi pada sel.

    2. Mengatur kondisi tempat tinggal
    Situasi di rumah dapat diatuir sedemikian rupa untuk mengurangi risiko kulit kering. Misalnya dengan tidak menggunakan pemanas ruangan berlebihan dan menjaga suhu konstan sekitar 68-750 Fahrenheit.

    3. Memakai sarung tangan ketika mengerjakan
    pekerjaan rumah tangga
    Pekerjaan rumah tangga juga sedapat mungkin dilakukan dengan melindungi kulit. Misalnya dengan menggunakan sarung tangan ketika mencuci piring. Jika sarung tangan dengan bahan karet (lateks) menimbulkan alergi, dapat digunakan sarung tangan vinyl.

    4. Mandi yang “tepat”
    Pencegahan lainnya yaitu dengan mandi menggunakan air “suam-suam kuku”, bukan air panas. Air yang suam-suam kuku suhunya tidak memiliki perbedaan ekstrim dengan suhu tubuh kita. Dan berendam adalah cara mandi yang lebih melindungi kelembaban kulit dibanding dengan pancuran (shower). Sabun yang digunakan saat mandi juga hendaknya dipilih yang lembut dan mengandung pelembab. Beberapa contoh merk yang dianjurkan di beberapa sumber adalah Dove, Cetaphil, atau Oil of Olay. Sabun yang mengandung deodorant tidak dianjurkan terutama pada kulit yang bukan hanya kering, tapi juga merah-merah. Mengeringkan tubuh tidak perlu dengan menggosok menggunakan handuk, melainkan cukup dengan menekan-nekan kulit dengan handuk sehingga kelembaban yang tersisa di kulit dapat dioptimalkan.
    Satu saran lain mengenai mandi, yang mungkin akan membuat kening kita sebagai orang Indonesia berkerut, adalah mandi satu kali sehari sudah cukup untuk orang yang memiliki masalah kulit kering.

    5. Menggunakan moisturizer/body-lotion
    Dan segera setelahnya, gunakan pelembab (moisturizer) di seluruh tubuh untuk memerangkap uap air setelah mandi. Beberapa yang dianjurkan contohnya Cetaphil, Eucerin, atau Moisturel. Namun kendalanya memang pelembab-pelembab tersebut relatif mahal. Lalu bagaimana jika kita “tidak mampu” membeli pelembab yang banyak dianjurkan tapi mahal itu Menggunakan yang terjangkau pun boleh, dan jelas jauh lebih baik daripada tidak menggunakan pelembab sama sekali. Penggunaan pelembab dianjurkan tidak hanya setelah mandi, tapi juga sebelum tidur. Untuk yang mengalami masalah kulit tangan yang sangat kering dapat menggunakan sarung tangan katun tipis untuk mempertahankan kelembaban dan mencegah keinginan menggaruk.

    6. Tidak menggaruk kulit yang kering
    Menggaruk akan menyebabkan kulit lebih kering dan lebih gatal sehingga menjadi lingkaran setan. Kuku juga dijaga selalu pendek sehingga tidak melukai kulit jika menggaruk.

    7. Kamar tidur dan pakaian
    Untuk menjaga kelembaban kamar tidur, humidifier juga dapat digunakan. Selain itu, mungkin ada sebagian orang yang lebih nyaman menggunakan bahan pakaian dari katun dibanding wol atau akrilik. Wol atau akrilik lebih dapat menimbulkan gatal. Menggunakan sarung tangan saat beraktivitas di luar rumah juga dapat membantu menangani kulit kering

    8. Menjauhi stress
    Dan jangan dilupakan, gatal juga dapat dipicu oleh stres. Jadi menghindari stres juga merupakan strategi mencegah gatal.
     
  5. raysukeTakahasi M V U

    Offline

    Beginner

    Joined:
    Nov 1, 2008
    Messages:
    334
    Trophy Points:
    76
    Ratings:
    +228 / -0
    Cara Memperindah Rambut

    Punya rambut yang bagus dan indah merupakan dambaan setiap wanita karena rambut merupakan salah satu mahkota mereka. Untuk Anda yang merasa rambutnya kusam, atau lepek dan yang masalah lainnya. Berikut cara untuk memperindah rambut Anda:

    Perlu Anda ketahui bahwa rambut yang keringpun akan kemas dan berkilau bagai sutra, jika Anda rajin keramas dengan ramuan yang akan kita buat ini.

    Caranya :
    Kalau kita sewaktu memakai shampo kemudian campurkan kuning telur dan minyak sayur. Aduklah hingga tercampur, setelah itu gunakan pada rambut Anda, setelah itu dicuci, lalau dibilai lagi dengan mempergunakan air hangat yang sudah diberi perasan air jeruk nipis. Akan terlihat saat itu juga perubahan pada rambut Anda. Silahkan buktikan dengan mencoba resep ini!
     
  6. raysukeTakahasi M V U

    Offline

    Beginner

    Joined:
    Nov 1, 2008
    Messages:
    334
    Trophy Points:
    76
    Ratings:
    +228 / -0
    Mengatasi Rambut Rusak karena Pewarnaan
    MEWARNAI rambut boleh saja. Asal, rambut harus tetap dirawat agar tak rusak dan kehilangan kemilaunya.

    Mewarnai rambut adalah salah satu cara untuk memperindah rambut. Masalahnya, rambut yang sering diwarnai lama-kelamaan menjadi kusam tak bercahaya, memicu ketombe, merusak ikatan protein pada rambut dan membuat struktur rambut menjadi lemah.

    Bila rambut sudah rusak karena pewarnaan, perlu ada perawatan khusus. Salah satunya adalah dengan procare, perawatan khusus untuk rambut rusak akibat diwarnai. "Procare adalah perawatan terbaru untuk mengatasi masalah-masalah pada rambut," kata Rudy Hadisuwarno. Procare diperlukan untuk mengambalikan kemilau rambut. Berikut tahap merawat rambut yang rusak karena pewarnaan:

    Diagnosa

    Dengan mendiagnosa rambut, akan terlihat jelas permasalahan-permasalahan rambut mulai dari rambut kering, berminyak, berketombe, dan rusak karena pewarnaan. Setelah itu diberikan sampo yang disesuaikan dengan jenis rambut dan kulit kepala.

    Nutritif Masque

    Setelah rambut dibersihkan, rambut diberi masker nutritif. Masker ini terdiri dari dua macam. Yaitu masker ginseng untuk rambut rontok dan masker bunga matahari untuk rambut kering atau rusak dan rapuh akibat proses kimiawi seperti pewarnaan, rebonding dan pengeritingan. Masker diberikan secara merata mulai dari ujung bawah hingga ujung atas rambut. Pemberian masker dimulai dari ujung bawah rambut hingga atas rambut. Setelah itu, dilakukan massage pada kulit kepala. Untuk rambut rontok, massage yang dilakukan tidak terlalu banyak.

    Back Massage

    Oleskan massage oil yang dihangatkan di tungku dan mengandung aroma relaksasi pada punggung. Massage punggung selama kurang lebih 15 menit untuk meregangkan otot-otot yang letih, sambil menunggu proses penyerapan vitamin dari masker nitritif ke dalam batang rambut.

    Terapi Ozon

    Alat terapi ozon terdiri dari cape rambut yang ditempelkan selang panjang dan terhubung dengan tabung yang berisi oksigen. Tabung ini mengubah oksigen menjadi ozon dan disalurkan ke dalam cape rambut melalui selang. Tetapi ozon berfungsi mencegah efek buruk dari radikal bebas dan polusi udara serta mengembalikan elastisitas rambut. Terapi ini dilakukan selama kurang lebih 10 menit.

    Bilas rambut

    Setelah menggunakan masker nutritif dan terapi ozon, rambut dibilas dengan air dingin agar nutrisi dan vitamin yang ada di kulit kepala dan batang rambut dapat terserap.

    Hair tonic

    Setelah dibilas, rambut diberi hair tonic. Hair tonic itu mesti sesuai dengan jenis rambut. Hair tonic ginseng untuk rambut rontok, hair tonic tea tree oil untuk rambut berketombe, dan hair growth serum untuk rambut yang mengalami kerontokan sangat parah.

    Hair Frequency Machine

    Setelah hair tonic, gunakan mesin high frequency untuk memaksimalkan penyerapan pada kulit kepala, menghilangkan kuman di rambut, meningkatkan aktivitas kelenjar pada rambut, melancarkan peredaran darah, dan meningkatkan metabolisme pada kulit kepala. Alat ini seperti sisir kaca yang dialiri sinar infra merah.
     
  7. raysukeTakahasi M V U

    Offline

    Beginner

    Joined:
    Nov 1, 2008
    Messages:
    334
    Trophy Points:
    76
    Ratings:
    +228 / -0
    tips merawat kuku
    Lihat deh kukumu...Apakah kuku-kuku itu kuat dan tampak sehat? Atau kuku kamu rapuh, bertekstur kasar dan punya warna dan bentuk yang berbeda antara satu dengan yang lainnya? Kondisi tersebut mengindikasikan kurangnya perawatan yang dilakukan pada kuku. Tetapi ada pula kerusakan pada kuku yang mengindikasikan akan suatu penyakit yang diderita.

    Tapi sebelum kita mempelajari bagaimana cara merawatnya, lebih baik kita tahu dulu bagian-bagian dari kuku yang sehat...

    Kuku sehat terdiri dari :
    Nail plate => Lapisan terluar dari sebuah kuku
    Nail folds => Kulit yang membingkai kuku Anda
    Nail bed => Lapisan kulit yang berada di bagian bawah kuku
    Kutikula => Lapisan yang melapisi kuku, melindungi sel keratin baru
    Lunula => Bagian yang berbentuk setengah lingkaran di bagian dasar kuku


    Tidak ada sebuah produk yang ada,langsung membuat kuku kuat dan sehat tanpa adanya perawatan yang Anda lakukan terhadapnya. Jika Anda ingin menjaga kuku tetap sehat, berikut beberapa hal yang harus Anda ketahui :

    o Jangan lukai kuku Anda. Jangan gunakan kuku untuk membuka sesuatu, terutama benda keras atau menarik sesuatu walau sekuat apapun kuku Anda.

    o Jangan gigit kuku Anda . Kebiasaan ini akan merusak nail bed kuku Anda. Selain kotor dan bisa membuat Anda sakit (kotoran di bawah kuku dapat tertelan jika Anda menggunakan tangan untuk makan), kebiasaan ini akan membuat kuku menjadi pendek, dan membuat bakteri atau jamur bisa masuk ke dalam nail bed Anda dan timbul infeksi.

    o Lindungi kuku Anda. Jika Anda akan bersentuhan cukup lama dengan bahan-bahan kimia, lindungi selalu tangan dan kuku Anda dengan sarung tangan plastik.

    o Lakukan perawatan. Potonglah kuku secara rutin, jangan menunggu sampai kuku menjadi panjang. Gunakan pemotong kuku yang tajam, lalu pengikir untuk menghaluskan sudutnya. Jangan pernah menarik kuku yang separuh terpotong, karena malah akan merusak jaringan baru yang terbentuk dari kuku Anda.

    o Berikan pelembap. Kuku seperti kulit, yang juga memerlukan pelembap. Oleskan pelembap pada kuku sama seperti ketika Anda mengoleskan hand lotion pada tangan Anda. Ulangi lagi proses tersebut setiap kali Anda selesai mencuci tangan.

    Bahkan kuku yang mudah patah dan rapuh pun bisa dikembalikan kekuatannya. Berikut beberapa langkah untuk memperkuat kuku:
    - Jaga agar kuku Anda tetap pendek, berbentuk kotak, dengan ujung melingkar. Potong kuku setelah mandi, atau setelah direndam dalam minyak mandi selama 15 menit , karena saat itu adalah saat kuku dalam keadaan paling lembap. Oleskan hand & nail lotion sesudahnya.

    - Oleskan nail lotion pada lapisan kutikula kuku saat sebelum tidur lalu lindungi kuku Anda dengan menggunakan sarung tangan dari bahan katun.

    - Aplikasikan penguat kuku tetapi hindari produk yang mengandung toluene sulfonamide atau formaldehyde. Bahan kimia ini dapat menyebabkan iritasi pada kulit Anda.

    - Jangan gunakan nail remover atau acetone lebih dari 2 kali sebulan karena bahan itu membuat kering kuku Anda dan merapuhkannya. Jika pewarna kuku Anda mulai terkelupas, oleskan kembali dengan menimpa langsung pewarna kuku sebelumnya.

    Selain itu ada lagi nih cara-cara merawat kuku....
    * Untuk mencegah kuku rusak, hindari cairan penghapus kuteks yang mengandung bahan kimia maupun deterjen, karena akan membuat kuku menjadi kering.

    *Untuk mempercepat pemulihan, potong pendek kuku Anda, gosok dan oleskan minyak atau krem mengandung vitamin E dua kali sehari. Cobalah untuk tidak memakai kuteks secara terus menerus hingga tiga sampai empat minggu.

    *Untuk mendapatkan warna kuku yang sehat (merah muda), gosoklah air jeruk sitrun segar di sekitar dasar kuku.

    *Biarkan kuku 'bernapas' atau terbebas dari pewarna kuku. Paling tidak satu hari dalam semingu dan seminggu dalam sebulan.

    *Untuk mencegah kuku rapuh, rendam kuku selama lima menit di dalam cairan minyak zaitun atau apple cider vinerga (cuka apel) yang telah dihangatkan.

    *Agar kuku jangan kotor dan tetap terlindungi, gunakan sarung tangan plastik saat Anda membersihkan dapur, mencuci piring makan, dan bekerja di kebun.

    Kesehatan kuku dapat merefleksikan kesehatan badan kita secara keseluruhan. Merawatnya secara rutin serta mengkonsumsi protein adalah dua cara meminimkan risiko kerapuhan pada kuku.

    Yang harus dilakukan :
    • Sebelum melakukan pekerjaan kotor, seperti membersihkan rumah atau berkebun, tancapkan kuku ke sabun batang. Hal ini berguna untuk mencegah kotoran melekat di kuku dan juga membuat lebih mudah dibersihkan.
    • Oleskan minyak zaitun pada kuku kapanpun Anda sempat guna menguatkannya.
    • Pakai hand body segera setelah mencuci tangan atau piring.
    • Simpan peralatan manicure di tempat tertutup agar terlindung kuman yang dapat menyebabkan infeksi.
    • Sesekali, biarkan kuku-kuku Anda terbebas dari cat kuku untuk membuatnya bernafas.
    • Gunakan pelembab untuk mengatasi kuku dan kutikula yang kering.
    • Agar cat kuku bertahan lama, sewaktu hendak mandi lembutkan dengan sedikit krim kulit.

    Yang sebaiknya tidak dilakukan :
    • Jangan potong kuku jika sudah pendek.
    • Jangan menggigiti kuku
    • Jangan memotong kutikula dengan gunting
    • Jangan bersihkan kuku dengan benda tajam - gunakan sikat kuku untuk membersikannya.
    • Jangan menghilangkan cat kuku dengan benda tajam, sebaiknya gunakan cairan penghapus khusus untuk cat kuku.
    • Jangan biarkan tangan Anda bersentuhan dengan deterjen terlalu lama.
    • Jangan mencuci pakaian atau peralatan dengan air panas.
     
  8. raysukeTakahasi M V U

    Offline

    Beginner

    Joined:
    Nov 1, 2008
    Messages:
    334
    Trophy Points:
    76
    Ratings:
    +228 / -0
    cara memutihkan gigi
    Banyak orang yang sudah menggosok gigi dengan baik dan teratur, tapi gigi masih terlihat kusam dan licin. Untuk menghindari kondisi seperti itu, mudah saja. Caranya :
    Ambillah sebuah pinang
    Kemudian bakar bijinya hingga seperti arang
    Setelah itu haluskan arang tadi sampai lembut
    Gosokkan ke gigi dengan sabut pinang atau kain katun
    Bila Anda rajin melakukan setiap hari selama tiga hari berturut-turut, niscaya hasilnya sudah kelihatan. Selanjutnya, dapat dilakukan dua sampai tiga minggu sekali. Tips ini dapat dilakukan sesudah atau sebelum menggosok gigi dengan pasta gigi.
     
  9. raysukeTakahasi M V U

    Offline

    Beginner

    Joined:
    Nov 1, 2008
    Messages:
    334
    Trophy Points:
    76
    Ratings:
    +228 / -0
    tips melangsingkan tubuh
    Ada banyak cara menurunkan berat badan, mulai dari bermacam metode diet, olahraga, operasi sedot lemak, tusuk jarum, sampai minum obat pelangsing. Manakah yang aman dan efektif ?

    Merujuk pada badan kesehatan dunia, WHO, disebutkan bahwa penurunan berat badan yang baik tidak dapat dilakukan secara instan, tetapi merupakan terapi jangka panjang. Yang dibutuhkan untuk mengurangi berat badan bukan sekadar mengurangi porsi makan, tetapi juga diperlukan bimbingan dari ahli gizi sebelum melakukan perubahan pola makan, disertai aktivitas fisik serta terapi perilaku.

    Untuk mencari tahu cara pelangsingan mana yang sehat, aman, sekaligus efektif, bacalah uraian berikut sampai tuntas.

    Sedot lemak
    Cara membuang lemak yang kini sedang tren adalah operasi liposuction dan tummy-tuck. Operasi ini banyak dipilih karena berat badan bisa turun secara drastis tanpa perlu capek berolahraga dan melakukan diet, hal itu dibuktikan oleh kesaksian seorang artis ternama. Tapi mengapa ya meski lemaknya sudah dibuang, badannya masih juga melar ?

    Pada dasarnya liposuction adalah operasi untuk mengeluarkan lemak di bawah kulit, dan dilakukan untuk mencapai keserasian bentuk tubuh, bukan untuk menurunkan berat badan. Sedangkan tummy-tuck adalah proses pembuangan jaringan lemak yang berlebih dan kulit di atasnya untuk membentuk tubuh lebih estetis. Lemak yang dikurangi pun tak boleh lebih dari 3-5 kg sekali operasi

    Menurut dokter spesialis gizi, dr.Johanes Chandrawinata, MND,SpGK, kedua jenis operasi tersebut biasa dilakukan dokter terhadap pasien yang memiliki tubuh bergelambir setelah berat badan tubuhnya susut. Jadi, menurunkan berat dulu baru dioperasi, bukan operasi untuk menurunkan berat karena setelah 3 bulan tubuh akan gemuk kembali.

    Gastric binding & gastric by-pass
    Tindakan ini dipilih jika dengan metode pelangsingan apa pun tidak berhasil. Gastric binding adalah pemasangan alat "pengikat lambung" yang menyebabkan kantung lambung lebih kecil sehingga kita tidak akan makan terlalu banyak karena tubuh lebih cepat merasa kenyang. Melalui tindakan ini berat badan dapat berkurang 35-60 persen dalam 12 bulan.

    Berbeda dengan gastric binding yang bersifat sementara, gastric by-pass bersifat permanen, dokter akan membuat "jalan" penghubung antara pangkal lambung dengan usus halus sehingga makanan tidak melalui lambung namun langsung ke usus halus. Dengan gastric by-pass, berat badan dapat dikurangi sampai 80 persen. Untuk melakukan kedua jenis tindakan tersebut, pasien harus berusia di atas 35 tahun.

    Akunpuntur
    Sampai saat ini metode akunpuntur belum dapat dibuktikan secara ilmiah dapat menurunkan berat badan. Umumnya para pasien pun berhenti di tengah jalan karena tak kunjung mendapatkan berat ideal yang diharapkan.

    Obat dan suplemen pelangsing
    Sebelum percaya oleh iming-iming iklan, sebaiknya teliti lebih dahulu kandungan obat-obatan dan suplemen tersebut. Badan pengawasan obat dan makanan AS (FDA) bahkan melarang konsumsi suplemen pelangsing yang mengandung kandungan akftif E.sinica atau efedrin karena memiliki efek samping gejala psikiatrik, mengganggu saluran cerna serta membuat jantung berdebar-debar.

    Meski menyebutkan mampu menurunkan kadar lemak, tak sedikit obat pelangsing yang hanya mampu mengurangi berat tubuh 1,2 kg selama 6-14 minggu, setara dengan diet redah kalori sebesar 1250/hari pada kurun waktu 0.5 minggu tanpa obat apa pun.

    Diet popular
    Diet popular sering disebut sebagai "Fad Diets", memiliki karateristik antara lain ; menjanjikan penurunan badan yang cepat, dapat menyembuhkan berbagai penyakit, menganjurkan penggunaan suplemen, makan berdasarkan waktu tertentu, membatasi atau melarang makanan tertentu dan hanya untuk jangka pandang.

    Yang dapat digolongkan ke dalam fad diets misalnya diet rendah karbohidrat, food combining, diet berdasar golongan darah, mayo clinic diet. Karena banyaknya larangan untuk memakan jenis makanan tertentu, biasanya kebutuhan tubuh akan gizi tidak terpenuhi karena kekurangan vitamin, zat besi, serta serat.

    Dari segi ilmu gizi, setiap waktu makan (pagi, siang dan malam) dianjurkan memakan makanan yang bervariasi dalam jumlah seimbang, karena tubuh membutuhkan berbagai macam zat gizi sekaligus.

    Menurunkan berat badan secara sehat
    Meskipun belum ada jawaban pasti diet mana yang paling tepat untuk menurunkan berat badan, namun dr. Johanes merekomendasikan pola diet yang dilakukan oleh National Weight Control Registry (NWCR) di AS. NWCR adalah kumpulan data orang (ada 4000 orang) yang telah berhasil menurunkan berat badan lebih dari 13 kg dan tetap bertahan selama lebih dari 5 tahun.

    Karateristik pola makannya adalah rendah lemak (24 persen asupan kalori), asupan karbohidrat cukup tinggi, rendah kalori (1300-1500 kcal/hari). Karena kita tidak mungkin mengetahui berapa kalori yang dikandung dalam makanan, dr.Johanes menyarankan untuk mengurangi asupan lebih kecil dari porsi biasa.

    "Untuk mengurangi 500 kalori setiap hari mudah kok, misalnya jika makan gado-gado, kurangi bumbu kacang dan kerupuknya, lebih memilih nasi putih daripada nasi goreng, dan sebagainya", saran dokter yang yang berpraktek di RS. St.Boromeus, Bandung ini.

    Dijelaskan oleh dr.Johanes, mayoritas anggota yang terdaftar dalam NWCR melakukan makan pagi secara rutin, memantau berat badan sendiri secara berkala serta melakukan olahraga. Dengan pola makan rendah lemak rendah kalori seperti ini telah terbukti mampu menurunkan berat badan lebih dari 13 kg dan bisa dipertahankan lebih dari 5 tahun.
     
  10. raysukeTakahasi M V U

    Offline

    Beginner

    Joined:
    Nov 1, 2008
    Messages:
    334
    Trophy Points:
    76
    Ratings:
    +228 / -0
    tips meluruskan rambut
    Dari Mira
    Aku pernah dikasih tau sama sodara aku, tapi aku sendiri blom pernah coba karena gak sempet.

    Katanya pake santan kara yang ukuran kecil, kalo gak salah yang bentuknya segitiga itu deh. Nah kamu olesin secara merata di rambut ketika malam sebelum tidur. Bungkus kepala pake handuk atau shower cap biar bantalnya gak kotor. Abis tu pagi2 keramas deh.

    Nah masalahnya, ini harus dilakukan selama 7 hari/seminggu berturut-turut, ini yang aku gak bisa. Tapi kalo kamu bisa sih ya sok atuh dicoba aja.

    Katanya sih ampuh bahkan buat orang yang rambutnya kribo sekalipun. Eh ntar kalo dah dicoba kabar2in hasilnya bagaimana ya,,,,Selamat mencoba
    Dari Putra Dewa
    anda tau pohon lidah buaya...
    oleskan aja cairan lidah buaya setiap hari sebelum tidur.
    truss.....ada lagi yg lebih alami.....
    silahkan oleskan rambut anda dengan minyak goreng(bukan minyak jelatah) lalu sisir sampai rata.
    dlam wktu 1 minggu insyaallah rambut anda bisa lurus...


    Dari Calistha
    aq baru baca artikel kalo bisa pake jeruk nipis bisa meluruskan rambut keriting. caranya ambil beberapa jeruk nipis, peras, tambahkan sedikit air, kemudian oles-oleskan pada akar-akar rambut. diamkan beberapa saat, kemudian bilas(kramas) samapai bersih.

    katanya sih jeruk nipis bisa ngecilin pori2 gt.
    tapi gak sekali pakai looh...!!!
    harus telaten.
     
  11. raysukeTakahasi M V U

    Offline

    Beginner

    Joined:
    Nov 1, 2008
    Messages:
    334
    Trophy Points:
    76
    Ratings:
    +228 / -0
    Cara Menghilangkan Flek Hitam di Wajah
    Oleh : Rahmi

    Semua wanita mendambakan kulit wajah yang bersih, bebas dari jerawat maupun flek hitam. Namun salah satu masalah yang paling sering terjadi pada sebagian besar wanita Asia, terutama yang berusia di atas 30 tahun, adalah timbulnya bintik hitam atau flek di wajah.

    Pigmentasi kulit atau melasma, bisa terjadi di beberapa bagian tubuh, terutama di daerah wajah, akibat paparan sinar matahari.

    Selain sinar matahari, melasma juga dapat terjadi akibat pemakaian obat hormonal, misalnya obat pencegah kehamilan. Flek juga dapat timbul akibat bekas adanya jerawat, pemakaian obat antibiotik, antiepilepsi dan antiperadangan.

    Pemakaian kosmetik yang kemungkinan besar mengandung merkuri dan asam salisilat, pun dapat membuat wajah terserang flek. Karena bila digunakan terus menerus, akan menyebabkan kulit menjadi sangat sensitif terhadap sengatan sinar matahari.

    Bisakah Flek Dilenyapkan?

    Melenyapkan flek dari permukaan wajah, bukan perkara mudah karena membutuhkan perawatan rutin agar flek hilang dan tak muncul kembali.

    Banyak cara yang bisa dilakukan untuk menghilangkan flek, mulai dari memakai masker hingga pemakaian krim pemutih (bleaching cream) yang bermanfaat untuk mencerahkan wajah.

    Fungsi krim pemutih adalah untuk mengangkat lapisan tanduk pada kulit, melenyapkan komedo, melancarkan peredaran darah di bawah kulit, mencerahkan dan menambah kekenyalan kulit wajah.

    Namun dengan adanya peralatan modern saat ini, flek dapat dengan cepat dihilangkan. Tapi untuk dapat melakukannya, biaya yang harus dikeluarkan pun tak sedikit.

    Pertama-tama yang harus dilakukan, adalah melakukan facial. Tujuannya untuk membersihkan wajah dari sel-sel kulit mati, sehingga wajah menjadi lebih cerah serta mencegah dan mengikis flek. Caranya:

    - Usapkan krim pada wajah dan diamkan selama 15 menit.
    - Bersihkan wajah, lalu gosok dengan menggunakan scrub untuk melenyapkan sel kulit mati.
    - Cuci wajah, lalu lumuri wajah dengan masker.
    - Setelah masker mengering, wajah kembali dibersihkan, selanjutnya gunakan pelembab.

    Anda baru akan merasakan manfaatnya, bila melakukan facial secara rutin selama 10 kali. Tingkat keberhasilannya tergantung seberapa parah flek yang Anda derita. Bagi Anda yang memiliki kulit wajah dengan flek yang agak meluas, sebaiknya lakukan facial seminggu sekali dan dibantu dengan krim malam.

    Salah satu bahan facial yang kini mulai banyak dipakai dan dianggap cukup berkhasiat membersihkan flek, adalah spirulina. Spirulina adalah ganggang laut yang sudah dikemas dalam bentuk masker semacam lumpur, fungsinya untuk mengurangi flek karena strukturnya seperti scrub. Spirulina juga tersedia dalam bentuk kapsul dan diminum sebagai suplemen.

    Dengan perawatan seminggu sekali, selama sepuluh kali perawatan facial, flek akan memudar. Namun tentu saja, efeknya akan lebih memuaskan adalah anda harus rajin dan rutin melakukannya.

    Melakukan Facial Sendiri, Bisakah?

    Perawatan facial sebenarnya dapat Anda lakukan sendiri di rumah, asal cukup mengetahui bahan-bahan apa saja yang diperlukan. Selain menggunakan bahan-bahan masker yang dijual, Anda pun bisa melakukan facial dengan buah-buahan atau bahan alami.

    Masker Bengkuang atau Mentimun

    Bengkuang sejak dulu dikenal mampu mengatasi flek hitam di wajah. Begitu pun Mentimun. Anda tinggal memblendernya, lalu lumurkan di wajah agar flek hitam di wajah memudar.

    Tapi gunakanlah buah-buahan yang masih segar dan kondisinya baik, sebab bila tak hati-hati, alih-alih menyembuhkan, kulit wajah Anda malah akan gatal-gatal. Jika wajah terlanjur perih dan gatal-gatal, inilah yang harus Anda lakukan:
    - Oleskan tipis-tipis madu asli di wajah selama 15 menit, kemudian bersihkan dengan air hangat.
    - Basuh wajah dengan air es, tepuk-tepuk perlahan dan merata sampai terasa segar.

    Perawatan dengan bengkoang atau mentimun yang diblender, baik bagi Anda yang aktif bekerja di luar ruang. Efek sari bengkoang atau mentimun yang dingin, akan terasa sejuk di wajah sesaat setelah Anda memakainya.

    Irisan Jeruk Nipis

    Bagi Anda yang berusia di atas 40 tahun, irisan jeruk nipis yang merata di kulit wajah dan seluruh tubuh mampu mengangkat sel-sel kulit mati. Diamkan hingga kering, lalu bilaslah dengan air hangat-hangat kuku agar pori-pori terbuka. Setelah itu, bilas kembali dengan air dingin agar pori-porinya merapat.

    Teh

    Selain jeruk nipis, kandungan antioksidan yang terdapat di dalam teh juga baik untuk mencegah penuaan dini. Teh yang mengandung tanin sangat baik untuk mengatasi kulit yang terbakar matahari, mengencangkan bibir, merawat kulit wajah dan menghitamkan rambut. Caranya:
    - Inapkan secangkir teh kental semalam.
    - Oleskan air teh ke seluruh kulit wajah dan tubuh.
    - Biarkan kering dengan sendirinya.
    - Bilas dengan air hangat untuk membuka pori kulit, lalu bilas dengan air biasa.

    Teh juga bermanfaat untuk menyegarkan mata lelah, Anda tinggal meletakkan sekantong teh celup yang sudah dingin langsung pada kelopak mata. Sambil berbaring, Anda sekaligus melakukan perawatan kulit wajah dan mata.

    Hindari Toner Wajah

    Saat membersihkan wajah dengan menggunakan susu pembersih di malam atau pagi hari, cukup bilas wajah dengan air bersih biasa. Anda tak memerlukan toner, astringent atau face tonik, karena pemakaiannya akan berlebihan sehingga justru mengakibatkan kulit wajah bertambah kering. Kecuali jika kulit wajah Anda berminyak.

    Jika Anda rajin melakukan facial sendiri di rumah, pastikan kulit wajah Anda sudah lebih dulu dibersihakan menggunakan scrub. Perlu diingat, penggunaan bahan alami memang hasilnya tak bisa instan seperti yang dilakukan dengan laser atau lainnya di salon-salon. Tapi bila dilakukan secara rutin dan benar, hasilnya tak kalah bersihnya. Selamat mencoba!
     
  12. raysukeTakahasi M V U

    Offline

    Beginner

    Joined:
    Nov 1, 2008
    Messages:
    334
    Trophy Points:
    76
    Ratings:
    +228 / -0
    tips menebalkan alis mata
    Cara sederhana untuk menebalkan alis mata Anda adalah : ambil kembang cengkeh yang sudah kering, kemudian bakar sampai hitam. Oleskan pada alis mata seperti memakai potlot alis. Selamat mencoba.
     
  13. raysukeTakahasi M V U

    Offline

    Beginner

    Joined:
    Nov 1, 2008
    Messages:
    334
    Trophy Points:
    76
    Ratings:
    +228 / -0
    Memutihkan Kulit Wajah Secara Alami

    Warna kulit setiap orang tidak selalu sama, hal ini disebabkan beberapa faktor yang menentukan warna kulit. Kulit wajah adalah hal paling merepotkan bagi tiap wanita. Siapa yang ingin mempunyai kulit wajah yang hitam, bahkan belang? Di antara bahan-bahan aktif yang sekarang mulai dipakai baik di kedokteran maupun di salon kecantikan untuk memutihkan kulit adalah dengan cara pengelupasan sel-sel mati seperti produk dengan bahan-bahan aktif.

    Kulit yang halus kini sudah menjadi kebutuhan banyak orang. Karena itu, banyak produk perawatan kulit ditawarkan. Tak hanya memutihkan kulit atau menjaga kelembabannya saja, tapi juga untuk menjaga agar kulit tetap semulus bayi.

    Menariknya, saat ini bukan hanya kaum wanita saja yang membutuhkan perawatan kulit. Pria pun tak sedikit yang membutuhkannya. Apalagi menjelang hari pernikahan, segala perawatan pun harus dilakukan.

    Kosmetik adalah bahan yang dibuat khusus untuk mempercantik, memperbaiki, dan mengubah daya tarik seseorang. Penggunan kosmetik sudah merupakan suatu tradisi sejak zaman dahulu. Memang dengan menggunakan kosmetik, segalanya jadi mungkin, tetapi apakah Anda akan terus bertahan dengan polesan kosmetik?

    Yang seharusnya menjadi sasaran kita adalah merubah warna kulit seperti pada lengan tangan bagian atas menjadi warna kulit lengan tangan pada bagian bawah yang lebih putih. Lengan tangan bagian bawah kita lebih jarang terkena sinar matahari.

    Bahan alami membantu memelihara kulit.
    Bahan-bahan alami di bawah ini bisa membantu dalam hal memelihara kulit. Tidak hanya menghaluskan, tetapi juga menyehatkan.

    Jeruk Nipis
    Buah yang satu ini lebih dikenal sebagai penghilang bau amis, atau campuran penyedap makanan. Tapi sebenarnya air jeruk nipis ini juga banyak manfaatnya untuk kecantikan dan kesehatan. Air yang berasal dari daging buah ini dikenal sanggup membuat pori-pori mengecil dan menghilangkan kelebihan lemak pada jenis kulit berminyak.

    Manfaat :
    Untuk merapatkan pori-pori kulit. Ambil daging jeruk nipis, oleskan pada kulit wajah. Biasanya di sekitar hidung dan pipi yang pori-porinya terlihat besar. Untuk memutihkan dan menghaluskan kulit. Usapkan potongan jeruk nipis pada wajah dan kulit bagian tubuh lainnya.

    Alpukat
    Konon alpukat banyak sekali nianfaatnya terutama untuk kecantikan. Dengan ilmu pengetahuan, terbukti bahwa alpukat memang kaya vitamin, mineral dan minyak alami. Alpukat banyak mengandung vitamin A, C, dan E, zat besi, potasium, niasin, asam pantotenik serta protein yang tidak biasanya terdapat dalam buah. Semua zat ini berguna bagi keindahan dan kesehatan kulit.

    Manfaat :
    Sebagai pelembab. Ambil bagian dalam kulit alpukat, yang mengandung humektan, dan mampu menahan kelembaban kulit. Gosokkan secara lembut ke seputar wajah dan biarkan selama 15 menit. Setelah itu basuhlah wajah menggunakan air dingin. Lakukan malam hari sebelum Anda tidur karena malam hari adalah waktu yang tepat bagi kulit untuk bekerja. Wajah yang terjaga kelembabannya membuat make- up bertahan lama sesudahnya.

    Penggunaan Masker dan Lulur.
    Penggunaan masker merupakan salah satu upaya untuk mempercantik diri dengan perawatan menggunakan beberapa jenis tumbuhan seperti halnya sayuran. Masker dapat menegangkan dan melicinkan kulit. Penggunaan produk tumbuhan termasuk dalam pembuatan masker. Kulit yang masih remaja boleh menggunakan masker dari sayuran seperti ketimun, tomat, bengkuang, kentang, wortel.

    Masker Bengkuang
    Dapat memutihkan dan menghilangkan tanda hitam dan pigmentasi di kulit.
    Masker Kentang
    Dapat melembutkan dan memutihkan kulit.
    Masker Tomat
    Dapat menghaluskan dan melicinkan kulit wajah.

    Lakukan luluran atau srubbing secara teratur (1 atau 2 minggu sekali) agar sel-sel kulit mati penyebab kulit kasar dan kusam akan terangkat dan terkelupas. Cara ini akan mempercepat pergantian lapisan sel-sel kulit yang lebih muda yang dengan sendirinya akan menjadikan permukaan kulit akan tampak segar dan bercahaya. Jangan lupa memakai cream sunblock setiap kali Anda ke luar rumah pada pagi dan siang hari, agar kulit terlindung dari sinar UV. Pada malam hari kenakan krem pelembut raga (body lotion) yang mengandung pemutih.

    Untuk Perawatan Wajah:
    Lakukan perawatan scrubbing khusus untuk wajah (banyak dijual di toko-toko produk kesehatan dan kecantikan) sekurang-kurangnya 1 atau 2 minggu sekali. Kenakan masker sesuai jenis kulit dan kebutuhan Anda (berminyak, berjerawat, kering atau yang mengandung pemutih dan Iain-lain.) Kenakan cream tabk surya pada pagi dan siang hari serta cream malam yang mengandung pemutih. Tapi perlu diingat, bila wajah sedang mengalami perawatan dengan zat pemutih, sebaiknya hindari terpaan langsung sinar matahari karena malah akan membuat iritasi kulit.
    Atau Anda juga dapat melakukan perawatan peeling. Perawatan ini harus berhati-hati karena akan mengelupaskan kulit secara cepat dan sering berakibat iritasi atau kerusakan pada kulit bila penggunaannya tidak berhati-hati; terlebih lagi bila jenis kulit wajah Anda tergolong sensitif. Satu hal lagi, bila mengenakan cream pemutih sebaiknya jangan melupakan bagian leher.
     
  14. raysukeTakahasi M V U

    Offline

    Beginner

    Joined:
    Nov 1, 2008
    Messages:
    334
    Trophy Points:
    76
    Ratings:
    +228 / -0
    menghaluskan kulit tangan
    Sebuah survey membuktikan, tangan wanita yang halus dan lembut menjadi daya tarik tersendiri bagi lawan jenisnya. Merasa kulit tangan anda kasar dan keras? Segera ikuti langkah berikut ini!

    Rahasia dari kulit tangan yang halus selembut sutera adalah peeling atau scrubbing. Lakukan peeling pada tangan setidaknya dua kali seminggu.

    Lembabkan tangan dengan merendam sebentar di dalam air, kemudian gosok dan pijat seluruh punggung dan telapak tangan juga di sela-sela jari dengan krim peeling, kurang lebih 3-4 menit, lalu bilas dengan air hangat.

    Menyingkirkan kutikula pada kuku dan jari tangan

    Kutikula adalah jaringan kulit kasar yang ada di sela-sela antara kulit dengan kuku. Jika dibiarkan, kutikula akan mengeras dan pastinya tak akan nyaman untuk digenggam. Anda bisa menghilangkannya dengan merendam tangan terlebih dahulu dalam larutan air sabun.

    Campurkan 1 sendok teh shower cream kedalam air hangat, tambahkan 1-2 tetes minyak lavender atau rose. Rendam tangan selama 10 menit. Selain melembutkan kutikula agar lebih mudah dibersihkan, larutan ini juga dapat menghaluskan tangan dengan segera.

    Setelah merendam tangan, anda bisa dengan mudah membersihkan kutikula menggunakan alat khusus penghilang kutikula yang banyak dijual di toko kecantikan (pilih yang berbahan kayu atau plastik).

    Kuku tanpa kutikula akan tumbuh lebih kuat, karena akan lebih mudah menyerap nutrisi dari krim atau lotion yang anda gunakan hingga ke dasar kuku.

    Setelah itu, keringkan dengan handuk dan gunakan krim pelembap untuk tangan dan kuku.
     
  15. raysukeTakahasi M V U

    Offline

    Beginner

    Joined:
    Nov 1, 2008
    Messages:
    334
    Trophy Points:
    76
    Ratings:
    +228 / -0
    Menghilangkan Ketombe

    Cara praktis dan murah untuk menghilangkan ketombe dapat dilakukan dengan menggunakan sayur kangkung. Caranya, rebus seikat sayur kangkung dengan 2 gelas air hingga menjadi 1 gelas air (200 cc), diarnkan hingga dingin.

    Setelah itu remat - remat tapi tidak perlu terlalu lumat dan gosokkan pada kulit kepala yang berketombe. Diamkan selama 20 s.d 30 menit, lalu bilas dengan air rebusan kangkung yang telah didinginkan. Baru bilas dengan air biasa, kemudian keramas dengan shampo seperti biasa.

    Cara ini dapat dilakukan setiap seminggu sekali selama 1 bulan, maka ketombe akan hilang. Jika ingin berhasil lakukan secara rutin setiap minggu, akan terlihat hasilnya.
     
  16. raysukeTakahasi M V U

    Offline

    Beginner

    Joined:
    Nov 1, 2008
    Messages:
    334
    Trophy Points:
    76
    Ratings:
    +228 / -0
    DAUN SIRIH MEMILIKI KHASIAT SERBA GUNA
    MULAI DARI HILANGKAN BAU MULUT HINGGA OBAT BATUK



    Anda tentunya sudah mengenal sirih bukan ? Daun sirih sering dikunyah oleh nenek-nenek kita buat nginang (bhs. Jawa ) . Konon untuk menguatkan gigi.Tanaman yang bisa tumbuh suburdi pekarangan dan mudah dijumpai pada penjual bunga ini ternyata memiliki banyak khasiat untuk mencegah gangguan kesehatan dan mengobati penyakit, di antaranya untuk menghilangkan bau mulut .keputihan dan sebagainya. Sayang sekali belum dibudidayakan secara optimal di pekarangan dan dimanfaatkan untuk obat. Untuk itu , ada baiknya anda mengetahui multi khasiat Daun sirih.
    Sirih yang nama latinnya Piper betle L mempunya kandungan kimia minyak atsiri(kadinen,kavikol,sineol,eugenol,karvakol),zat samak. Bagian yang digunakan daun,getah dan minyaknya. Manfaatnya untuk obat bisul,hidung berdarah, radang selaput lendir mata, trachoma,mulut berbau,keputihan, gigi goyah,gusi bengkak, radang tenggorokan, encok,jantung berdebar-debar,kepala pusing, terlalu banyak keluar air susu,batuk kering,demam nifas, sariawan.(Ir.Arif Aliadi et.al ,1996 ) Pemanfaatan sirih bisa tunggal atau dikombinasikan dengan tanaman obat lainnya. Berikut ini beberapa ramuan dari sirih.

    Hilangkan bau mulut dan cegah kerusakan gigi :
    Satu lembar daun sirih setelah dicuci bersih dikunyah-kunyah ,ditahan bebearapa menit dalam mulut ,lalu diludahkan. Kerjakan hal itu 2-3 kali sehari.
    Cara lainnya : rebus 5-6 lembar daun sirih dengan 2 gelas air sampai mendidih.Dinginkan dan saring dan setelah itu untuk kumur-kumur setiap pagi dan sore.

    Pembengkakan gusi/mulut :
    Ambil daun sirih 5-6 l embar Rebus dengan 3 gelas air sampai mendidih. Angkat dan saring,tambahkan garam. Selanjutnya untuk kumur-kumur 3 kali sehari.
    Perdarahan geraham
    Sehabis cabut gigi (geraham biasanya ) selalu mengalami perdarahan yang banyak.. Untuk menghentikan perdarahan, gunakan ramuan ini.

    Ambil daun sirih 10 lembar . Setelah dicuci rebus dengan air sebanyak 5 gelas sampai mendidih. Angkatsaring. Selanjutnya kumur dengan ramuan tersebut setiap 1jam satu kali.
    Ramuan tersebut juga dapat menghilangkan bau mulut yang disebabkan oleh kerusakan gigi yang sudah banyak berlubang.

    Menghilangkan bau badan
     Ambil daun sirih 2-3 lembar direndam dalam air panas 1/2gelas.ditambah satu sendok teh gula putih. Biarkan sampai air suam-suam kuku. Setelah sirihnya diambil,airnya diminum

    Untuk menghilangkan bau pada ketiak :
     Ambil selembar daun sirih beri kapur sedikit,lantas diremas-remas,lumatannya dioleskan pada ketiak,agar baunya hilang.

    Obat batuk :
    * Daun sirih 5 lembar
    Cengkeh,kapulaga,kemukus, masing-masing 11 biji
    Kayumanis 1 jari tangan
    Cara membuat:
    Semua bahan setelah dicuci direbus dengan air sebanyak 2 gelas hingga airnya tinggal 1 ½ gelas Angkat dan saring
    Aturan minum :
    Anak umur 1 s.d. 3 tahun 3 kali sehari 1 sendok makan.
    Anak umur 4 s.d. 5 tahun 3 kali sehari 3 sendok makan
    Anak umur 6 s.d. 11 tahun 3 kali sehari 5 sendok makan
    Dewasa 3 kali sehari


    Keputihan : Untuk mencegah atau mengatasi keputihan,mengurang gatal-gatal pada v*gina gunakan rebusan daun sirih buat cebok. Sedangkan ramuan untuk diminum biasanya dikombinasi dengan kumis kucing, kunyit,tapak liman atau sambiloto, Bahkan sekarang sudah ada yang membuat dalam bentuk instan diberi gula berupa ramuan kunir dan sirih.
     
  17. raysukeTakahasi M V U

    Offline

    Beginner

    Joined:
    Nov 1, 2008
    Messages:
    334
    Trophy Points:
    76
    Ratings:
    +228 / -0
    Tips Menjaga Mata Tetap Sehat Bebas Rabun Jauh, Dekat Dan Katarak Menghindari Penyakit Mata

    Untuk membuat mata anda tetap sehat dan dapat melihat sesuatu dengan jelas dan jernih baik untuk jarak jauh maupun dekat sebaiknya melakukan hal-hal berikut ini :

    1. Menonton Televisi Jangan Terlalu Dekat
    Jarak yang aman untuk menonton televisi kalau tidak salah 2 meter untuk tv ukuran 14 inchi. Untuk layar yang lebih lebar otomatis jaraknya lebih jauh. Nonton layar bioskop pun sebaiknya mengambil kursi yang paling belakang.

    2. Bekerja / Bermain Komputer Jangan Terlalu Lama
    Biasakan memberi waktu dalam beraktivitas di depan layar komputer. Misalnya setiap 15 atau 30 menit sekali beristirahat melihat yang jauh-jauh selama lima sampai sepuluh menit agar mata tidak selalu dalam keadaan tegang karena melihat layar dengan jarak yang sangat dekat.

    3. Bermain Video Game Jangan Terlalu Dekat
    Anak-anak jaman sekarang banyak yang cuek terhadap kesehatan mata. Ini dapat kita lihat dengan banyak yang main ps / playstation atau vido game sejenis lainnya dekat dengan layar tv. Sebaiknya biasakan marahi anak yang bermain game terlalu dekat. Jaraknya mirip dengan poin nomor 1 di atas.

    4. Membaca Buku
    Jarak yang aman membaca buku adalah 30 cm. Bila terlalu dekat dapat membuat mata tegang dan mengakibatkan rabun jauh dalam jangka panjang. Membaca buku juga tidak boleh sambil tiduran. Penerangan pun juga harus cukup misalnya dengan lampu neon yang terang. Dengan demikian kesehatan mata akan tetap terjaga.

    5. Hindari Debu Dan Polusi
    Bagi anda yang sering beraktivitas di jalan raya seperti tukang ojek, polisi, polisi cepek, preman, supir angkot, kurir, dan lain sebagainya sebaiknya menggunakan pelindung mata seperti kacamata dan helm yang berkaca. Hindari debu yang masuk ke mata karena bisa membuat mata jadi infeksi dan membuat mata menjadi katarak.

    6. Makan Makanan Bergizi, Berserat dan Bervitamin A
    Mata butuh asupan zat-zat yang bergizi serta vitamin yang cukup agar dapat menjaga kondisi tetap fit. Biasakan memakan makanan yang berserat dan memiliki kandungan gizi yang cukup. Anda juga dapat mengkonsumsi suplemen atau mekanan yang mengandung vitamin A eperti wortel, alpukat, tomat, pepaya, dan lain sebagainya.

    Jagalah kesehatan mata anda agar anda tidak tersiksa karena harus memakai kacamata terus-menerus. Dengan mata yang sehat anda punya banyak peluang untuk tembus tes-tes kesehatan yang mengharuskan mata anda sehat walafiat. Hubungi dokter setiap anda punya masalah dengan mata. Selamat mencoba.
     
  18. raysukeTakahasi M V U

    Offline

    Beginner

    Joined:
    Nov 1, 2008
    Messages:
    334
    Trophy Points:
    76
    Ratings:
    +228 / -0
    Tips Menghilangkan Bekas Luka Bakar Ringan - Meminimalisir Noda Hitam Di Kulit Luka Bakar Knalpot, Wajan, Dll

    Apabila kita baru saja mengalami luka bakar ringan seperti terkena knalpot motor yang panas atau wajan yang menyala di kompor, kita harus segera mengatasinya agar luka tersebut tidak meninggalkan bekas atau setidaknya meminimalisir bekas yang ditimbulkan.

    Caranya, segera rendam bagian yang terluka ke dalam air dengan suhu normal (± 27 °C) sekitar 5-10 menit. Hal tersebut bertujuan agar suhu bagian yang terluka segera netral, sebab bagian tersebut mengalami peningkatan suhu didalam. Setelah itu, baru oleskan salep khusus luka bakar yang kualitasnya terjamin. Oleskan sesuai petunjuk pemakaian dengan rutin, niscaya kulit Anda kembali mulus seperti semula.

    Masih ada beberapa masyarakat yang mempercayai mitos untuk mengatasi luka bakar dengan cara mengoleskan luka dengan kecap, mentega, minyak, bahkan pasta gigi. Kenyataannya, hal tersebut justru mengakibatkan luka terinfeksi, sukar sembuh, dan membekas.

    Niscaya cara tersebut dapat menghilangkan/meminimalisir bekas luka yang ditimbulkan.
     
  19. raysukeTakahasi M V U

    Offline

    Beginner

    Joined:
    Nov 1, 2008
    Messages:
    334
    Trophy Points:
    76
    Ratings:
    +228 / -0
    cara menghilangkan panu
    Panu adalah penyaki kulit yang tidak sakit tetapi berupa belang warna putting pada anggota tubuh kita,bisa pada tangan,kaki,atau di sekitar tubuh kita.Tapi penyakit ini malam bisa menghancurkan mental seseorang.Orang yang terkena penyakit ini bisa menjadi malu.Apalagi kalau terletak di wajah.Semisal seorang yang berwarna kuluit hitam tapi memiliki panu di wajah.Wah gawat.Bisa -bisa dia di panggil jerapah,atau ngak bisa di paggil nyi loreng karena wajahnya yang belang belang.Tentunya anda ngak mau kan.Selain itu penderita panu biasanya kalau berkeringat maka akan terasa gatal.
    Untuk itu segeralah obati.Berikut caranya
    Carilah jahe sedikit saja jangan banyak-banyak.Kemudia cuci dan kupas.Lalu diparut.Setelah itu campurlah dengan minyak kayu putih.Gosoklah pada kuli yang terkena panu.Terutama pada pusatnya.Untuk laki-laki pusatnya adalah di bawah kemaluan.Sedang pada perempuan pusatnya ada di bawah payudara atau dada.Lakukanlah berkali-kali bisa gunanakan obat yang di jual di pasaran asal pengobatan sesuai dengan pusatna dan daerah yang terkena
     
  20. raysukeTakahasi M V U

    Offline

    Beginner

    Joined:
    Nov 1, 2008
    Messages:
    334
    Trophy Points:
    76
    Ratings:
    +228 / -0
    cara menghilangkan komedo
    Ambil sedikit putih telur ayam/burung puyuh, terus tempatkan di wadah, kocok sampe agak berbusa. Ambil selembar kapas muka, olesin kedua sisinya sama putih telur tadi sampe basah. Tempelkan ke hidung, sampe bener bener nempel di kulit. Biarin sampe kering kerontang, kira kira 1/2 harian deh, temenku gak sabaran sama dia di hairdryer idungnya, biar cepet kering. Kalo udah kering banget, pelan pelan lepasin. Saking keringnya tuh kapas jadi berbentuk hidung kita. Liat deh sisi dalamnya, banyak komedo nempel. Kalo blon rasain sendiri, ih kayaknya jijik dan bau amis, tapi gak gitu gitu amat kok. Yang sebel nunggukeringnya lama banget, soalnya seneng sih kalo udah liat keringnya en komedo pada nempel.”[St]

    “Ingin menghilangkan komedo yang sudah terlanjur “menghias” wajah? Anda bisa mencoba cara murah yang satu ini. Biarkan wajah Anda terkena uap air hangat selama beberapa menit. Panas uap air akan bekerja membuka pori-pori wajah anda. Setelah itu, lakukan pengompresan wajah dengan handuk panas. Rendamkan handuk muka ke dalam air hangat semampu tangan Anda bisa menahan hawa panasnya. Lantas, tempelkan pada bagian wajah yang berkomedo. Biarkan hingga handuknya mendingin. Lalu, bungkuslah tangan Anda dengan tisu. Gunakan ujung jari bukan kuku untuk memencet komedo keluar dari pori-pori. Lakukan dengan tekanan yang lembut agar tidak membuat kulit teriritasi”.[Ci]

    “Jangan memaksa keluar komedo yang membandel. Jika tidak, kulit Anda bisa memar dan memungkinkan terjadinya infeksi. Tunggu beberapa saat hingga penyumbatnya terbuka dan coba ulangi lagi. Ingat, lakukan terapi ini di ruangan yang memiliki pencahayaan yang baik”.[Ci]

    “Bisa juga menggunakan air perasan jeruk nipis untuk mengangkat komedo. Sedangkan bagi Anda yang berkulit kering, pengolesan susu secara teratur bisa membantu menghilangkan komedo. Mudah dan murah bukan?”.[Ci]

    “Kalo aku ngilangin komedonya pake tangan dipencet2, biasanya kan di hidung dan sekitarnya tuch,,,udahnya hidungku merah2, ntarnya jadi item2,,, Ada juga tuch semacam plester utk ngilangin komedo, namanya …………………………………………………….. ini katanya dpt menyedot komedo secara efektif, bukan hanya bagi permukaan wajah yg bersih, tapi hingga ke dasar pori, yg biasanya tidak terjangkau plester pembersih komedo biasa (pore pack)”[LL]

    “Konon kalau komedo sering dipencetin, hal itu justru mengaktifasi kelenjar minyak shg kotoran menumpuk dan timbul lagi komedonya.. Palingan kita harus rajin membersihkan muka, terutama daerah wajah yang berminyak (dagu, kening dan hidung).”[FW]

    “cara aku ngilangin komedo sih pake ‘pinset’ itu lho yg biasa buat nyabut alis, kayaknya lebih puas gitu….. kalo yg ujungnya bulet (yg biasa dipake kalo kita facial di salon) itu sih aku nggak suka abis sakit banget kalo mau ngeluarin komedo, mending pake pinset tinggal ngaca keambil deh tuh komedo”[St]

    “aku udah pernah pake plester pembersih komedo (pore pack) tapi nggak maksimal tuh hasilnya, mungkin kalo komedo ku udah termasuk yg parah kali ya…. soalnya kalo pake plester itu tetap aja masih ada yg nempel, malah yg tadinya tidur jadi pada nongol deh di hidung, mungkin karna nggak kecabut ya….”[St]

    “Aku juga pernah nyoba pake plester, suamiku juga nyoba, tapi kayaknya nggak ngaruh… Kalo komedo suamiku emang bisa pake pinset, karena komedonya yg black head gitu… jadi gampang dicabut. Kalo komedoku white head, jadi musti dipencet baru keluar
     
  21. raysukeTakahasi M V U

    Offline

    Beginner

    Joined:
    Nov 1, 2008
    Messages:
    334
    Trophy Points:
    76
    Ratings:
    +228 / -0
    mengatasi kulit berminyak
    Punya kulit wajah yang cenderung berminyak, memang nyebelin banget. Pengennya sih cuci muka terus biar wajak nggak penuh dengan minyak. Tapi itu boleh nggak sih?

    Memang sih, wajah kelihatan bebas dari yang namanya minyak, tapi mencuci wajah secara berlebihan juga nggak bagus lho. Kenapa? Karena kulit wajah kita juga memerlukan minyak alami untuk menjaga kelembaban dan elastisitas kulit.

    Nah berikut ada tips merawat wajah sekaligus mengurangi minyak agar tidak berlebihan.

    1. Cuci Muka Seperlunya
    Sering-sering cuci muka sih kelihatannya memang membantu wajah kamu terbebas dari yang namanya minyak. Tapi tahukah kamu kalau mencuci muka terlalu sering dapat menghilangkan minyak alami yang sebenarnya dibutuhkan oleh kulit agar tetap lembab dan elastis. Nah kalau kamu menguras habis minyak yang ada diwajah dengan sering cuci muka, wajahmu bisa jadi iritasi. Dan parahnya hal itu justru merangsang kelenjar minyak untuk memproduksi minyak lebih banyak. Jadi, mencuci muka sebaiknya seperlunya saja. Misalnya pagi hari dan sore atau sebelum tidur.

    2. Pakai Sabun Muka
    Tapi ingat ya, sebaiknya tetap gunakan sabun khusus untuk muka, dan jangan sabun mandi biasa. Memang sih, sekarang sudah benyak produk sabun yang menyatakan dapat dipakai untuk badan dan muka. Cuma belum tentu kan produk itu cocok untuk kulit kamu, jadi biar lebih aman, pake sabun khusus muka saja. Jangan lupa pilih jenis sabun untuk kulit berminyak ya.

    3. Pakai Pelembab Muka
    Untuk menjaga kelembaban kulit wajah, jangan lupa untuk selalu memakai krim pelembab setiap hari. Untuk kulit berminyak, pilihlah pelembab yang 'oil free'. Selain menjaga kelembaban alami kulit, produk ini juga akan menyerap minyak secara tidak berlebihan. Jadi wajah kamu bisa tetap sehat dan tidak berminyak.

    Nah, sekarang tahu dong gimana merawat kulit berminyak kamu. Nggak nyebelin lagi kan?
     
Thread Status:
Not open for further replies.

Share This Page

About Forum IDWS

IDWS, dari kami yang terbaik-untuk kamu-kamu (the best from us to you) yang lebih dikenal dengan IDWS adalah sebuah forum komunitas lokal yang berdiri sejak 15 April 2007. Di bangun sebagai sarana mediasi dengan rekan-rekan pengguna IDWS dan memberikan terbaik untuk para penduduk internet Indonesia menyajikan berbagai macam topik diskusi.