1. Disarankan registrasi memakai email gmail. Problem reset email maupun registrasi silakan email kami di inquiry@idws.id menggunakan email terkait.
  2. Untuk kamu yang mendapatkan peringatan "Koneksi tidak aman" atau "Your connection is not private" ketika mengakses forum IDWS, bisa cek ke sini yak.

Tips [Tips] Kumpulan Tips & Trik Berkendaraan Sepeda Motor

Discussion in 'Otomotif' started by carlos_roy_fajarta, Aug 23, 2010.

Thread Status:
Not open for further replies.
  1. carlos_roy_fajarta M V U

    Offline

    Rockstar

    Joined:
    Nov 28, 2008
    Messages:
    43,061
    Trophy Points:
    212
    Ratings:
    +702,614 / -0
    [Info & Tips] Daftarkan Uji Tipe, New Jupiter Z Injeksi Diluncurkan Bulan Ini?

    [​IMG]


    PT Yamaha Indonesia Motor Manufacturing (YIMM) secara resmi sedang melakukan proses uji tipe dengan kode 1DY yang digadang-gadang sebagai New Jupiter Z injeksi. Sambil menunggu Tanda Pendaftaran Tipe (TPT) Kendaraan Bermotor selesai, rencana peluncuran bebek 115 cc ini makin terendus.

    Kabar terakhir yang masuk ke meja redaksi menyebutkan kalau bebek sporty ini tidak akan lama lagi dipasarkan di Indonesia. "Kalau tidak ada halangan, sebelum bulan puasa sudah diperkenalkan," tutur salah satu narasumber dari PT YIMM yang enggan disebutkan namanya.

    Jika bulan puasa tahun ini dimulai pada pertengahan bulan Juli, artinya akan dipasarkan mulai pertengahan bulan ini. wow, enggak lama lagi dong! "Tunggu saja, nanti pasti kami kabari," bebernya.

    Seperti info sebelumnya, selain mengusung teknologi injeksi bahan bakar yang diklaim lebih bertenaga dan hemat bahan bakar, New Jupiter Z injeksi ini juga memiliki penyegaran pada desainnya.


    [​IMG]


    Bebek baru ini tetap memiliki dua buah lampu besar di setang khas New Jupiter Z. Sein di dada yang ditutup lakban, kalau dilihat sekilas sepertinya diubah lebih tajam sehingga tampang depan makin futuristik.

    Sepatbor depan juga hampir pasti direvisi, tampak makin aerodinamis mirip sepatbor Yamaha 125Z. Pada bagian sayap juga terlihat desainnya baru. Tetap model 3D, namun jika diamati sekarang terdiri dari dua lapis, di antara keduanya ada lubang untuk mengarahkan angin.

    Perubahan paling menonjol sudah pasti ada di buntut. Bahkan Yamaha sampai menutupi area lampu rem dan sein ini rapat-rapat. Sekilas tetap terlihat kalau bentuknya makin meruncing dan menyumbang kesan futuristik.


    ==========================================


    tumben ada bebek baru :malu
     
  2. Ramasinta Tukang Iklan

  3. carlos_roy_fajarta M V U

    Offline

    Rockstar

    Joined:
    Nov 28, 2008
    Messages:
    43,061
    Trophy Points:
    212
    Ratings:
    +702,614 / -0
    [Info & Tips] Bursa Fast Moving Matik Injeksi, Tak Beda Jauh Dengan Karbu

    [​IMG]

    Kesempatan mengendarai sepeda motor matik memang bisa didapatkan siapa saja. Sebagai sepeda motor yang banyak digemari saat ini, pengendaranya pun mulai dari remaja sampai orang tua. Tapi soal perawatan banyak juga yang belum paham. Apalagi komponen CVT. Matik kan memang mengandalkan part di dalam CVT. Komponen bergerak dalam perangkat CVT menyalurkan tenaga mesin dengan sempurna pada roda belakang.

    Dalam perkembangannya, motor matik di Indonesia pun saat ini mengalami kemajuan teknologi di sektor mesin. Yups, banyak pabrikan motor sekarang mengeluarkan matik varian injeksi. Tapi soal komponen CVT tadi tentu tidak alami perbedaan cukup jauh dari versi karbu.

    Perawatan secara berkala pun wajib dilakukan agar motor matik tetap fit. Apalagi kalau ada part yang harus diganti dalam komponen CVT. Biasanya yang sering diganti pada CVT seperti v-belt dan roller. Sedangkan part lain yang harus diganti secara berkala, seperti motor kebanyakan pada umumnya antara lain kampas rem, busi, dan disk brake.

    Namun ada perbedaan dan persamaan pada beberapa komponen di masing-masing motor pabrikan itu. Seperti pada Honda PCX v-belt nya dibeli secara terpisah dengan roller. Beda dengan Spacy dan Vario injeksi. Jadi ketika beli kedua part v-belt motor ini, kita sudah mendapatkan satu paket berikut roller dan pulley-nya.

    Lain lagi dengan motor matik injeksi dari Yamaha. Mio J dan Soul GT harga part fast moving-nya semua sama. Ini memudahkan bagi konsumen Yamaha yang tidak perlu repot mengklasifikasikan harga part kedua motor itu.

    Mengenai motor matik injeksi dari Suzuki, memang saat ini baru Suzuki Nex yang tersedia. Part fast moving-nya harganya relatif tidak terlalu mahal. Hal ini juga bisa menjadi salah satu solusi memiliki motor efisien murah perawatan.

    Tapi urusan bentuk dan harganya mungkin tidak terlalu banyak perbedaan part fast moving antara versi karbu dengan versi injeksi. Yang ada hanya pertukaran komponen CVT seperti yang terjadi pada Spacy versi karbu dan injeksi.

    Menurut Titut, kepala bengkel dealer Wahana yang berlokasi di Jl.Gunung Sahari Raya, Jakarta Utara, “Pada Honda Spacy versi karbu komponen CVT-nya sama dengan BeAT dan Scoopy. Tapi pada Spacy injeksi komponen part CVT-nya sama dengan Vario,” ungkapnya.

    Kehadiran matik injeksi saat ini memang memberikan warna baru di dunia otomotif roda dua Tanah Air. Dengan beragamnya pilihan dengan berbagai kelebihan masing-masing, jelas menjadi ciri khas masing-masing juga dari setiap pabrikan motor. Sekarang tinggal pilih, mau beli motor matik injeksi yang mana. Tapi jangan lupa perawatannya yaa!


    HONDA
    PCX
    Roller: Rp 85.000
    V-Belt: Rp 224.000
    Busi: Rp 12.000
    Kampas rem depan: Rp 136.000
    Kampas rem belakang: Rp 143.000
    Disk brake: Rp 251.000

    Spacy
    V-Belt: Rp 149.000
    Busi: Rp 13.000
    Kampas rem depan: Rp 49.000
    Kampas rem belakang: Rp 143.000
    Disk brake: Rp 251.000

    Vario
    V-Belt: Rp 149.000
    Busi: Rp 23.000
    Kampas rem depan: Rp 49.000
    Kampas rem belakang: Rp 59.000
    Disk brake: Rp 110.000

    YAMAHA
    Mio J dan Soul GT
    Roller: Rp 45.600
    V-Belt: Rp 73.000
    Busi: Rp 12.500
    Kampas rem depan: Rp 55.000
    Kampas rem belakang: Rp 45.000
    Disk brake: Rp 105.000

    SUZUKI
    Suzuki Nex
    Roller: Rp 60.000(1 set)
    V-Belt: Rp 70.000
    Busi: Rp 13.000
    Kampas rem depan: Rp 55.000
    Kampas rem belakang: Rp 45.000
    Disk brake: Rp 95.000



    ===============================


    rawat motormu dengan baik :top:
     
  4. carlos_roy_fajarta M V U

    Offline

    Rockstar

    Joined:
    Nov 28, 2008
    Messages:
    43,061
    Trophy Points:
    212
    Ratings:
    +702,614 / -0
    [Info & Tips] Siapkan BeAT Injeksi, Honda Tetap Pertahankan Karburator

    [​IMG]

    Niatan PT Astra Honda Motor (AHM) untuk meluncurkan Honda BeAT dengan teknologi injeksi PGM-FI makin dekat dengan kenyataan. Pengakuan dari orang dalam PT AHM menegaskan rencana ini.

    "Mudah-mudahan bisa tahun ini," ungkap sang narasumber diplomatis. Ia juga tidak menyangkal akan adanya perubahan desain pada varian injeksi ini. "Yang pasti, bakal banyak yang baru pada BeAT injeksi," katanya.

    Lebih jauh pria ramah ini juga menjelaskan kemungkinan tetap dipertahankannya BeAT berkarburator. Sama seperti Honda Supra X 125 atau Spacy yang dipasarkan dengan dua pilihan, injeksi dan karburator. Harapannya pasar makin besar dengan lebih banyak pilihan.

    Sayangnya informasi untuk harga jual, waktu peluncuran dan detail desain BeAT injeksi masih enggan untuk dibagikan. Kita tunggu saja, apakah BeAT injeksi mampu menyaingi penjualan Mio J atau Suzuki Nex.

    Sejak Januari hingga Mei 2012 saja, BeAT karburator sudah terjual hingga lebih dari setengah juta unit, atau tepatnya 563.486 unit!


    ======================================


    go green :top:
     
  5. carlos_roy_fajarta M V U

    Offline

    Rockstar

    Joined:
    Nov 28, 2008
    Messages:
    43,061
    Trophy Points:
    212
    Ratings:
    +702,614 / -0
    [Info & Tips] Test Kampas Sentrifugal CVT, Harus Ngeplak Dulu

    [​IMG]



    Kampas kopling CVT skubek ada saatnya harus diganti. Bisa jadi karena kampas sudah tipis karena aus. Namun banyak yang kaget, setelah ganti kampas kopling CVT baru, tarikan malah ngedrop.

    Kalau enggak percaya mari dites. Percobaan di Yamaha Mio Soul milik Nicky Enmahardy Perdana dari Yamaha Soul Indonesia (YSI). “Masih standar, hanya knalpot yang dibobok,” jelas Nicky.

    Uji coba menggunakan dinotes Ultraspeed Racing di Jl. Dr. Cipto Mangunkusumo No. 42, Ciledug ,Tangerang. Motor langsung dirunning di atas dinotes dengan kondisi kampas kopling lama. Hasil tes awal power maksimal mesin 6,916 hp dan torsi 7,260 Nm.

    Usai tes pertama, CVT langsung dibongkar buat pasang kampas kopling baru. Trus motor running lagi dinotes, hasil tes di pun keluar. Power yang didapat justru turun jadi 6,750 hp. Dan torsi maksimum juga hanya mentok 7,264 rpm.

    Bikin kaget karena power dan torsi malah turun setelah menggunakan kampas kopling baru. Setelah diteliti, dalam aplikasi kampas kopling CVT baru bisa ditarik kesimpulan.

    Pertama, setelah ganti kampas kopling CVT tidak bisa langsung geber. Karena pertemuan antara kampas dan mangkuk CVT belum klop. Apalagi jika mangkuk CVT sudah ada alur bekas goresan, membuat kampas tidak bisa penuh menempel di mangkuk kopling. Akibatnya power dan torsi ngedrop karena masih licin.

    Kejadiannya sama ketika kita ganti kampas rem cakram. Rem tidak langsung pakem karena antara permukaan kampas baru dengan piringan belum ngeplak.

    Permukaan kampas rem baru masih rata, sedangkan permukaan piringan bekas sudah ada alur. Jadinya permukaan kampas dan cakram belum ngeplak. Sama persis dengan kampas kopling CVT baru .



    ======================================


    anooooo, yg masih perawan emang masi seret :malu1:
     
  6. carlos_roy_fajarta M V U

    Offline

    Rockstar

    Joined:
    Nov 28, 2008
    Messages:
    43,061
    Trophy Points:
    212
    Ratings:
    +702,614 / -0
    [Info & Tips] Pasang Volt dan Ampere Meter, Berguna Buat Motor Injeksi

    [​IMG]


    Kerja motor Injeksi tergantung kualitas aki. Maka bila tegangan dan ampernya kurang, biasanya sulit hidup. Sayanganya, untuk tahu kualitas tegangan (V) dan ampere (A) memang tak ada indikatornya. Sehingga semua masalahnya hanya bisa diketahui dengan cara kira-kira.

    Sekarang banyak beredar produk indikator tegangan dan ampere. Mulai dari tipe analog sampai digital, tebal atau tipis dan semua bisa didapat di toko variasi. Sehingga kualitas kelistrikan bisa dipantau mudah.

    “Kalau voltmeter atau ampere meter pasang di motor fuel injeksi pas banget. Bisa memantau kondisi tegangan aki juga arus listrik. Sehingga pemilik motor enggak khawatir lagi tunggangan mogok,” ujar Christian, juragan toko Variasi 53.

    Nah, produk voltmeter yang tersedia saat ini menurut Cristian merek Koso Slim, Mini 3 dan D 46. Harganya mulai dari Rp 225 sampai 600 ribu. Sebagai pilihan, merek lain juga ada dipasaran dengan model, fitur dan harga berbeda.

    “Untuk pasang alat ini ambil arus listrik diambil dari kabel positif kunci kontak. Sehingga bilamana kunci kontak posisi OFF, arus listrik yang dipantu tidak akan fungsi,” imbuh pria dari Jl. Cikawo No. 53, Bandung itu.

    Beda lagi dengan ampere meter buat motor. Untuk memilih perangkat ini disarankan jangan terlalu besar. Selain mudah memantau keluar-masuk arus listrik ke aki, voltase aki di motor tidak ada yang sampai 30 ampere. Sehingga gerak jarum analog dapat dibaca mudah.

    Ampere meter dipasang pada kabel kecil yang keluar dari kiprok menuju aki dibuat seri. Dan saat pasang ampere meter di bodi motor mestinya dilapis bahan yang tidak mudah korslet.


    ==========================================


    penyakit tegangan aki mudah terdeteksi :top:
     
  7. carlos_roy_fajarta M V U

    Offline

    Rockstar

    Joined:
    Nov 28, 2008
    Messages:
    43,061
    Trophy Points:
    212
    Ratings:
    +702,614 / -0
    [Info & Tips] Pasang Karburator Besar, Fokus di Lubang Intake

    [​IMG]

    Biar performa terdongkrak, mesin yang mengalami modifikasi biasanya ganti karburator gambot. Menggunakan karbu berventuri lebih besar agar mampu memasok campuran bensin dan udara lebih deras juga banyak.

    Cuma kendala yang sering dihadapi manakala pasang karbu gede. Tidak bisa langsung masuk ke venturi standar. Apalagi kalau intake aluminium, pasang karbu mesti diikat baut. “Sering nggak pas, sehingga banyak yang ganti jadi model karet meski harus bikin ulang dudukan,” ujar Robby Krisbiyanto, mekanik Bontot Jaya Motor.

    “Ganti intake manifold model karet memang lebih tepat karena bisa pasang karbu gambot yang banyak pilihan merek. Cuma yang harus diperhatikan, diameter lubang intake dengan diameter moncong karbu pengganti,” ingat mekanik di Jl. Amal No. 37, Pondok Bambu, Jakarta Timur itu.

    Contohnya jika Kawasaki Ninja 150R yang awalnya pakai intake manifold dengan ukuran karbu Keihin 28 mm. Kemudian diganti karbu besar ukuran 34 mm dari Keihin PJ. Pasti moncong karbu pengganti bakal sulit masuk ke intake standar lantaran diameternya lebih besar dari aslinya.

    Nah, jika terjadi seperti itu saran Bontot sapaan karib Robby, ada beberapa pilihan cara yang bisa dilakukan. Agar moncong karbu bisa masuk lubang intake manifold. Meskipun karbu tersebut nantinya bakal dikencangkan dengan klem berupa ring besi menggunakan kunci obeng min atau pakai kunci ring 6~8.

    “Paling cepat menentukan lebih dulu produk intake dan ukuran karbu yang akan dipakai, sebelum intake dipasag di lubang inlet. Sehingga saat bongkar-pasang karbu di intake jadi lebih mudah dan tidak susah saat memasukannya,” timpal Bontot.

    Tapi, kalau selisih ukurannya sedikit antara lubang dan moncong, selain mesti agak dipaksa agar mudah masuknya juga perlu dibantu pelumas atau oli. Pelumas agar moncong karbu lancar masuk ke lubang intake.

    Kecuali jika selisahnya lumayan banyak. Satu-satunya cara dengan mengubah diameternya. “Untuk yang di intake, lubang bagian dalam bisa diperbesar menggunakan pisau tuner sesuai kebutuhan. Nah, buat yang di moncong kalau mau aman kudu bawa ke bengkel bubut untuk dipapas,” ingat mekanik drag bike ini.


    =====================================


    inga2 plus minus nya pake karbu after :unyil:
     
  8. carlos_roy_fajarta M V U

    Offline

    Rockstar

    Joined:
    Nov 28, 2008
    Messages:
    43,061
    Trophy Points:
    212
    Ratings:
    +702,614 / -0
    [Info & Tips] Lacak Karburator Banjir, Sebab dan Solusinya

    [​IMG]

    Melihat karburator basah terus bikin risih. Motor pun jadi susah hidup. “Penyebab karbu banjir ada beberapa sumber. Pertama, keran bensin dol, jarum pelampung aus, pelampung bocor, setelan pelampung terlalu rendah juga sil mangkok karbu bocor,” ujar Imam Santoso, mekanik Imam Dokter Motor Service.

    Misalkan keran bensin manual rusak atau vakumnya enggak fungsi. Meski bensin tak langsung mengucur ke bak karbu lantaran ditahan jarum pelampung, namun bila keseringan dan menyebabkan jarum pelampung aus atau tersumbat kotoran tetap saja bensin bisa mengalir.

    Tambah lagi jika setelan pelampung yang biasa diukur pakai sigmat jaraknya terlalu rendah. Pada waktu posisi pelampung naik ke atas agar jarum menutup rapat, tapi karena jarum belum menutup sempurna tetap saja aliran bensin sulit dibendung.

    Kalau gejalanya begitu, biasanya karbu banjir ditandai dengan keluarnya bensin dari slang buang di bawah bak karbu dan tak membasahi bodi karbu. Namun bila slang buang tersumbat, bensin naik ke atas dan keluar lewat lubang hawa atau masuk ruang bakar.

    “Biasannya bodi karbu terlihat basah kuyup karena bensin keluar dari lubang hawa. Selain itu, bensin naik tadi juga masuk ruang bakar dan biasanya bikin mesin sulit hidup,” imbuh Imam dari Jl. Kalibener, Gg. 03/26, Purwokerto.

    Yang tak kalah penting pastikan pelampung tidak bocor, juga karet sil atau paking bak karbu. Sebab kalau paking bocor, secara otomatis bensin di dalam bak luber keluar. Itu juga disebut banjir.

    Tapi, kalau banjirnya karena jarum pelampung atau sil mangkuk karbu peot, bisa diganti kitnya saja. Dijual satu set sudah dapat jarum pelampung dan sil mangkuk karbu. Bahkan dilengkapi spu-yernya.

    =================================

    ibaratnya karbu itu jantung nya motor :beku:
     
  9. carlos_roy_fajarta M V U

    Offline

    Rockstar

    Joined:
    Nov 28, 2008
    Messages:
    43,061
    Trophy Points:
    212
    Ratings:
    +702,614 / -0
    [Info & Tips] Sepatu Berkendara Cewek, Asyik & Nyaman Pakai Wedjes

    [​IMG]

    Tren sepatu cewek selalu berkembang dan berputar. Model yang pernah ada pada beberapa tahun lalu bisa jadi kembali tren saat ini. Seperti halnya dengan model hak sepatu. Sekarang ini yang sedang tren model hak sepatu atau sendal datar tetapi tinggi. Atau disebut dengan Wedjes. Modelnya lebih mirip dengan pengganjal kaki.

    Bentuk hak Wedjes dirasa lebih nyaman dipakai sehari-hari. "Wedjes nggak hanya bantu menambah tinggi badan. Aku sudah tinggi tapi tetap nyaman dengan hak tinggi. Yang penting ukurannya pas, jadi nyaman dipakai," aku Vicky Zhu, artis yang juga produsen merek sepatu Syu Shu.

    Seperti dibilang Vicky, buat cewek bermotor, model Wedjes membantu menambah panjang kaki. Buat pemilik tubuh pendek yang nggak bisa menapak ke aspal lurus saat motor berhenti, Wedjes bisa membantu.

    Seperti pengalaman Wuri. pengendara cewek yang memiliki tinggi 153 ini nggak bisa menapak sempurna ketika berkendara. "Aku naik Vespa, ground clearancenya tinggi. Pakai Wedjes sedikit bantu saat motor berhenti,” katanya.

    Wuri melanjutkan, asal pemilihan tinggi Wedjes disesuaikan. "Kalau ketinggian juga nggak nyama. Kagok jadinya." Jika dibandingkan dengan higheels atau hak runcing, memang Wedjes lebih nyaman. Karena hak bawah datar, tidak ganggu saat riding.

    Model higheels jika dipakai berkendara tidak bisa menapak dengan baik ke aspal. Bahkan mengganggu kenyamanan berkendara dan bahaya. "Pilihan sepatu selain menutup hingga ke mata kaki, bagian solnya nyaman. Nggak mengganggu ketika kaki naik-turun dari dek," tambah Jusri Pulubuhu, Training Director Jakarta Devensive Driving Consulting (JDDC) di Pondok Indah, Jakarta Selatan.

    Cewek bermotor bisa mempertimbangkan sendiri berapa tinggi ideal Wedjes yang aman dan juga nyaman dipakai berkenadra?


    =================================


    udah tahu pakai hak tinggi gak nyaman, kenapa masi di pake :yareyare:
     
  10. carlos_roy_fajarta M V U

    Offline

    Rockstar

    Joined:
    Nov 28, 2008
    Messages:
    43,061
    Trophy Points:
    212
    Ratings:
    +702,614 / -0
    [Info & Tips] Launching Honda New Scoopy i S12, Lebih Retro Dengan Roda 12 Inci

    [​IMG]

    AP Honda, ATPM Honda di Thailand, hari ini (4/7) secara resmi meluncurkan New Scoopy i S12. Bukan merupakan varian yang benar-benar baru, tapi adalah pengembangan dari model New Scoopy i yang sudah diluncurkan bulan Mei lalu.

    Bedanya New Scoopy i S12 mengusung diameter roda 12 inci. Bukan 14 inci seperti Scoopy sebelumnya atau Scoopy yang beredar di Indonesia. Peleknya juga mengusung tipe casting wheel atau pelek palang.

    [​IMG]

    Warna-warna baru sengaja di sodorkan oleh Honda. Lebih ceria sekaligus mewakili kesan klasi modern. Secara keseluruhan desain New Scoopy i S12 jadi terlihat lebih imut dan berisi.

    Sedang spesifikasi lainnya tetap sama dengan New Scoopy i sebelumnya. Sedikit berbeda dengan versi Indonesia. Scoopy anyar di Thailand ini sudah mengusung teknologi injeksi PGM-FI. Honda mengklaim konsumsi bahan bakarnya tembus 53 kilometer per liter.

    Selain itu, untuk utilitas yang lebih baik, fitur bagasi luas atau yang biasa disebut dengan helm-in juga bisa ditemui di bawah joknya. Desain seperti head lamp, bentuk cover speedometer dan sepatbor depan juga diperbaharui. Untuk membuka jok belakang pun kini lebih mudah, tinggal pencet tombol layaknya Honda Vario Techno 125.

    Yang menarik adalah, Honda memindahkan posisi lampu sein. Bila sebelumnya terpisah seperti sepeda motor klasik, kini dimasukan ke dalam cover bodi. Makin terlihat menyatu dengan desain keseluruhan.

    ======================================================


    new product :matabelo
     
  11. carlos_roy_fajarta M V U

    Offline

    Rockstar

    Joined:
    Nov 28, 2008
    Messages:
    43,061
    Trophy Points:
    212
    Ratings:
    +702,614 / -0
    [Info & Tips] Pasang Kunci Kontak Bermagnet di Mio Sporty, Antara Safety dan Fashion

    [​IMG]

    Banyak pacuan alias motor yang sekarang mengaplikasi panel kunci kontak yang dilengkapi penutup lubang kunci. Tapi, tidak sedikit juga yang tidak dilengkapi. Padahal, adanya peranti itu juga bisa membuat pencurian kendaraan sedikit berkurang. So, lebih safety.

    Sebab buat pencuri motor alias maling motor, adanya penutup lubang kunci akan memberikan waktu tambahan. Iya, tambahan buat membobol atau menyingkirkan penutup lubang itu. Makanya, rada ogah! He..he..he...


    [​IMG]


    Tapi, sekarang kenyataan itu agak berubah. Maksudnya, panel kunci kontak itu bukan hanya buat pengaman. Tapi, sudah mengarah ke fashion. Fashion bagi tampilan motor biar makin mantap dilirik. “Saya pakai karena biar bagian cover tengah juga ada nuansa menarik,” ungkap Abdul Rosyad yang mengaplikasi di Yamaha Nouvo Z miliknya.

    Memang! Malah bukan hanya Abdul aja yang pasang, karena banyak juga peserta Skubek Contezt 2012 yang digelar Em-Plus beberapa waktu lalu, pasang panel itu di pacuannya.

    Nah, buat sobat yang pacuannya belum dilengkapi, yuk kita pasang. Buat panel sendiri, bisa pakai beberapa part ori milik skubek lain. Misalnya, dari Yamaha Xeon 125, Yamaha Mio Soul atau yang terbaru dari Yamaha Mio J.

    "Paling banyak sih pakai punya Xeon. Selain murah, juga sudah dilengkapi tombol penutup,” bilang Rahmat Hidayat dari workshop Sepele Kalee di Jl. Raya Condet, Gg. AMD 20, No. 79, Condet, Jakarta Timur.

    Menurut Rahmat, Mio J juga mulai dipasang beberapa konsumennya. Tapi, proses yang dilakukan sedikit lebih sulit ketimbang pasang milik Xeon. “Karena milik Mio J diperuntukan bagi motor injeksi. Sedang Xeon tidak,” ungkap pria yang bisa dihubungi di (021) 969-00623.

    Milik Xeon, dijual Rp 190 ribuan dipasaran. Toh, ada beberapa yang perlu dilakukan. Ketika dipasang di Yamaha Nouvo, paling penyesuaian hanya disekitar lubang panel kontak di cover tengah. Sedikit perlu dibesarkan agar kontak bisa masuk leluasa dong.

    Itu juga berlaku sama jika dipasang di Mio Sporty. Tapi, buat di Mio Sporty, pemegang panel kontak hanya bisa satu yang tepasang. “Iya, hanya satu yang bagian atas. Karena untuk bagian bawah, jarak lubang di panel dengan dudukan baut di sasis agak jauh,” sebut Rahmat yang juga bisa pasangkan dengan ongkos kerja Rp 35 ribu itu.

    Cara pasangnya, mudah kok. Tinggal lepaskan dua baut pemegang panel pakai kunci T 10 mm. Setelah terlepas, tinggal pasang lagi panel pengganti. Juga pakai baut yang sama ya.

    “Kalau untuk pasang yang panel Mio J, aslinya tersedia 4 kabel. Tapi, kalau punya Mio J dipasang buat ke Mio Sporty, yang dipakai hanya dua kabel," saran pria ramah ini. Dua kabel yang dipakai, yaitu merah yang dari aki dan coklat yang menuju ke panel. Selebihnya, biarkan saja. Maklum, kan Mio Sporty belum injeksi bray! He..he..he..


    =================================


    biar gak di gondol :maling:
     
  12. carlos_roy_fajarta M V U

    Offline

    Rockstar

    Joined:
    Nov 28, 2008
    Messages:
    43,061
    Trophy Points:
    212
    Ratings:
    +702,614 / -0
    [Info & Tips] Tips Oversize Honda Supra X125, Cegah Suara Ngelitik

    [​IMG]


    Waspada jika dari knalpot tunggangan brother keluar asap putih. Lalu, di bagian engine timbul suara ngelitik. Malah, jika sudah dalam kategori ekstrem alias parah, oli mesin akan habis dan piston macet. Nah, itu tanda-tanda seher atau piston sudah musti diganti.

    Ambil contoh di Honda Supra X125. Bebek 125 cc dari Honda ini aplikasi diameter piston 52,4 mm. Lalu, jarak alias clearance antara piston dan liner bermain di 0,050 mm. Jika clearance sudah melebihi batas ini, baiknya segera lakukan penggantian dengan diameter piston yang lebih besar sedikit alias oversize.

    Tapi, jangan sembarang oversize, lho. Sebab, kadang timbul masalah. Yaitu, suara ngelitik pada bagian blok mesin. “Harusnya tidak ada suara itu. Tapi, saya sudah dua kali mengalami kejadian seperti ini,” buka Tatang Mulyono, kepala bengkel Setia Utama Motor di Jl. HOS Cokroaminoto No. 5, Ciledug, Tangerang, Banten.

    Ketika itu, piston pakai oversize 25. Setelah dipasang, lalu mesin dihidupkan dan timbul suara pada blok mesin.

    Menurut Tatang, suaranya beragam. Mulai dari suara klep yang kendor sampai suara seher yang sepertinya mentok head. "Tapi, setelah dicek, seher jadi terasa lebih seret ketika masuk pada lubang blok mesin. Lalu pada linner timbul baret yang bentuknya melingkar," tambahnya.

    Ada saran nih buat brother yang alami kejadian serupa. Solusinya, bawa seher dan blok silinder ke tukang bubut. “Tapi, pada saat membubut, upayakan diameter blok silinder dibikin ngeplos sampai seher jatuh dari lubang silinder,” jelas pria keturunan Sunda-Jawa ini.

    Menurut Tatang, kejadian seperti itu timbul karena kualitas seher yang kurang baik. Terutama ketika menggunakan seher non orisinal. Ini buat piston KW ya.


    ==============================================



    makanya yg orisinal lebih :top:
     
  13. carlos_roy_fajarta M V U

    Offline

    Rockstar

    Joined:
    Nov 28, 2008
    Messages:
    43,061
    Trophy Points:
    212
    Ratings:
    +702,614 / -0
    [Info & Tips] Sambut Pulsar 200NS Bajaj Segera Bikin Pabrik di Indonesia

    [​IMG]

    Jakarta - PT Bajaj Auto Indonesia (BAI) optimitis Pulsar 200NS yang akan diluncurkan awal tahun depan bakal diterima masyarakat Indonesia. Dan seiring dengan perkembangan pasar Bajaj di Indonesia pabrikan asal India itu pun segera membangun pabrik di tahun depan.

    BAI pun tidak ingin menunda-nunda proses pembukaan pabrik lagi di Indonesia, dimana selama ini masih tahap rencana saja.

    "Mudah-mudahan tahun depan kita sudah bangun pabrik dan segera untuk melokal kontenkan sparepart Bajaj," tegas Area Sales Manager Jabodetabek PT BAI, A. Welly Nugroho.

    Ia menilai pasokan sparepart Bajaj dari India tidak akan maksimal jika salah satu produk andalan yakni Pulsar 200NS masuk Indonesia.

    Terlebih produk tersebut dipercaya bakal mendongkrak penjualan BAI di Indoensia. Karenanya perlu suatu gebrakan dengan membuka pabrik di Indonesia. Dengan begitu Bajaj akan semakin kompetitif di Indonesia.

    "Kalau mau kompetitif yang buka pabrik. Apalagi Pulsar 200NS mau datang, ya kita (Bajaj) mesti tambah kekuatan," ucapnya. "Kita harus buka pabrik, plastik saja impor kok mas," keluhnya.

    Dengan begitu, lanjut Welly dengan dibukanya pabrik di Indonesia akan memangkas lamanya pengiriman sparepart ke seluruh jariang Bajaj di Indonesia. "Pengiriman akan semakin cepat. Saat ini masih pakai 1x24 jam sparepart tidak sampai gratis, dan 2x24 jam juga untuk pulay luar Jawa," imbuhnya.

    Di waktu yang sama, Vice President PT Bajaj Auto Indonesia (BAI), Dinesh Kulkarni mengatakan jika BAI akan menambah sebanyak 60 jaringan resmi tahun depan untuk mengantisipasi datang Pulsar 200NS. "Tahun depan, kita akan resmikan 60 jaringan resmi yang tersebar di Indonesia.

    Tahun ini, BAI menargetkan penjualan sebanyak 36 ribu. Dan periode Januari-Juni 2012.


    =====================================


    nice move :top:
     
    • Thanks Thanks x 1
  14. carlos_roy_fajarta M V U

    Offline

    Rockstar

    Joined:
    Nov 28, 2008
    Messages:
    43,061
    Trophy Points:
    212
    Ratings:
    +702,614 / -0
    [Info & Tips] Nih, Foto Tampak Depan dan Speedometer New Jupiter Z Injeksi!

    [​IMG]

    Foto yang dikirim oleh seorang pembaca ini benar-benar mengagetkan. Penampilan Yamaha New Jupiter Z Injeksi bisa dilihat secara gamblang! Pada foto terakhir yang diterima tim redaksi ini, tidak ada tutup lakban pada lampunya. Melihat kualitas fotonya yang sangat bagus, kemungkinan ini adalah materi iklan yang bocor sebelum launching.

    Yuk amati lagi sosoknya, wuih benar-benar bentuknya kini makin aerodinamis, gagah dan enak dilihat. Sisi dada dengan seinnya yang makin melebar, kalau diamati detail mirip mata pakai alis tebal.

    Sayapnya juga keren, dari depan terlihat jelas efek 3D-nya. Ada dua layer sayap, putih di luar dan ungu di bagian dalam. Selain lebih keren, sayap ini bisa jadi memang sengaja diciptakan untuk mengarahkan angin ke ruang mesin atau komponen lainnya.

    Striping bagian sayap ditambah dengan tulisan 'fuel injection' menegaskan aplikasi teknologi ramah lingkungan yang dipercaya bisa membuat performannya makin mantab!


    [​IMG]


    Selain foto tampak depan, bentuk speedometer motor yang kabarnya akan mengusung nama New Jupiter Z1 ini juga bisa dilihat. Ciri sepeda motor injeksi adalah adanya lampu engine check pada panel indikatornya. Bentuk panel indikator ini futursitik ya! Komposisinya pas, tengah penunjuk kecepatan, kanan ada fuel meter, kiri lampu dan atas ada indikator posisi gigi.

    Wah makin enggak sabar nih, kapan di-launching ya?


    =====================================


    bocoran taktik marketing :garing:
     
  15. carlos_roy_fajarta M V U

    Offline

    Rockstar

    Joined:
    Nov 28, 2008
    Messages:
    43,061
    Trophy Points:
    212
    Ratings:
    +702,614 / -0
    [Info & Tips] Bocoran Upgrade Mesin New Jupiter Z Injeksi, Banyak Yang Baru!

    [​IMG]

    Pada tulisan bocoran kali ini ada dua info menyenangkan! Yang pertama adalah update foto spy shoot kiriman pembaca. Kalau sebelumnya hanya dikirimkan ke meja redaksi dalam bentuk potongan, eh ternyata ada yang nampak penuh.

    Kenapa enggak dari kemarin dikirim penuh aja ya? Tapi gak papa, kami tetap berterima kasih karena dari foto ini juga makin terkuak wujud New Jupiter Z injeksi. Pengakuan sang fotografer, gambar ini diambil dari salah satu tikungan di sirkuit Sentul, Bogor.

    Pengetesan di sirkuit terbesar di Indonesia mungkin ada hubungannya dengan bocoran yang kedua. Yaitu, upaya Yamaha meningkatkan performa bebek 115 cc-nya ini. Beberapa update teknologi diterapkan, tentunya agar lebih kencang lagi.

    Terlebih, motor yang konon akan menggunakan nama New Jupiter Z1 ini bakal menjadi andalan Yamaha di balap musim 2013. Baik di Motoprix, Indoprix maupun Asia Road Racing Championship (ARRC) menggantikan Jupiter Z sekarang.


    [​IMG]

    "Tentu saja upgrade bukan sekedar jadi kencang, tapi memudahkan untuk dikorek agar lebih kencang lagi. Sesuai DNA Jupiter Z yang mendominasi ajang balap nasional hingga tingkat Asia ini," beber narasumber dari PT Yamaha Indonesia Motor Manufacturing (YIMM).

    Lebih jauh pria yang enggan disebutkan namanya ini merinci beberapa perubahan seperti aplikasi piston jenis forged agar kuat terhadap kompresi tinggi. Silindernya menggunakan tipe semi-DiASil, mungkin jenis blok silinder ini akan memudahkan oversize. Cocok untuk yang gemar main bore-up nih! Kruk as pun konon ikut diubah.

    Isi kepala silinder juga diyakini jauh berbeda. Paling menonjol adalah diaplikasikannya roller rocker arm. Gesekan makin minim, efisiensi energi saat mesin bekerja pun makin tinggi. Tentu saja output-nya ada pada tenaga yang makin maksimal.


    [​IMG]


    Satu update lagi tentang teknologi injeksi bahan bakarnya sudah tipe close loop. Yamaha menambahkan O2 sensor di knalpotnya. Suplai bahan bakar akan benar-benar sesuai dengan kebutuhan mesin tapi emisi jadi rendah.

    Oiya, undangan launching sudah masuk ke meja redaksi. Peluncurannya akan dilakukan di sirkuit Sentul, Bogor pada tanggal 10 Juli 2012 minggu depan. Tinggal tunggu kepastian harganya nih!


    ============================================

    harga sensitif :malu
     
  16. carlos_roy_fajarta M V U

    Offline

    Rockstar

    Joined:
    Nov 28, 2008
    Messages:
    43,061
    Trophy Points:
    212
    Ratings:
    +702,614 / -0
    [Info & Tips] Wow, Potensi Pasar Helm di Indonesia Lebih Dari 15 Juta Unit Per Tahun!

    [​IMG]

    Pengguna sepeda motor yang sangat besar jumlahnya di Indonesia, mendorong industri pendukungnya ikutan terkerek maju. Salah satu yang memiliki potensi pasar sangat besar adalah industri helm. Penjualan pelindung kepala ini cukup tinggi.

    "Berdasarkan data dari Asosiasi Industri Helm Indonesia (AIHI), penjualan helm pada 2011 mencapai 14 juta unit. Naik dari tahun sebelumnya yang hanya 12 juta unit," buka Johanes Cokrodiharjo, Marketing director PT Danapersadaraya Motor Industry (DMI), pemegang merek helm NHK, GM, VOG, MAZ, MIX.

    "Sedang tahun ini proyeksi pasarnya diperkirakan meningkat sampai 17 juta unit. Mudah-mudahan pasar makin positif sehingga angka tadi bisa tercapai," harap pria ramah yang juga menjabat sebagai Sekertaris Jenderal AIHI ini.

    Khusus untuk PT DMI saja, pada tahun 2011 lalu sukses memproduksi 3 juta unit helm. Untuk tahun 2012 ini diharapkan jumlah penjualannya bisa meningkat tajam. Johanes berharap mampu meningkatkan produksi hingga 5 sampai 6 juta unit di akhir tahun.

    Menurutnya kesadaran masyarakat untuk menggunakan helm dewasa ini sudah makin tinggi. "Tidak seperti awal tahun 2000-an yang orang pakai helm bukan sebagai kewajiban, sekarang makin banyak yang begitu keluar rumah sudah dengan sadar langsung pakai helm," tuturnya.

    Selain itu, kehadiran model-model baru dengan desain grafis yang terus di update juga menjadi kunci pasar helm di Indonesia. "Pakai helm juga harus gaya. Orang Indonesia suka dengan grafis yang menarik," jelas Johanes yang tiap tahun perusahaanya mengeluarkan ribuan desain grafis anyar. "Saya udah pasti enggak hafal desain-desainnya," kekehnya. (motorplus-online.com)



    =========================================


    sayang banyak masih yg gak pake helm di jalan :sigh:
     
  17. carlos_roy_fajarta M V U

    Offline

    Rockstar

    Joined:
    Nov 28, 2008
    Messages:
    43,061
    Trophy Points:
    212
    Ratings:
    +702,614 / -0
    [Info & Tips] Pasar Sepeda Motor Juni 2012 Turun! Honda Tembus 2 Juta Unit

    [​IMG]

    Data dari Asosiasi Industri Sepeda Motor (AISI) di bulan Juni 2012 menunjukan adanya penuruan penjualan yang cukup signifikan. Jumlah penjualan di bulan ini cuma tembus 550.468 unit.

    Turun 11,15 persen dari bulan Mei yang penjualan saat itu mencapai 619.540 unit. Penjualan di bulan Juni ini juga menjadi angka penjualan sepeda motor terrendah di tahun 2012 ini.

    "Selain dampak kebijakan DP minimum yang sudah mulai diterapkan, untuk konsumen di luar pulau Jawa ada dampak lain. Yaitu masih rendahnya harga komoditas di sana membuat daya beli belum terlalu bagus," jelas Sigit Kumala, Ketua Bidang Komersil AISI.


    [​IMG]


    Meski mengalami penurunan, secara total penjualan PT Astra Honda Motor (AHM) makin mengukuhkan diri sebagai penguasa pasar. Market share Honda di Indonesia mencapai 56,19 persen dengan penjualan lebih dari 2 juta unit.

    Di posisi kedua ada Yamaha yang menguasai market share 35,21 persen dengan total penjualan lebih dari 1,3 juta unit. Di urutan berikutnya ada Suzuki, Kawasaki dan TVS dengan market share masing-masing 6,56 persen, 1,78 pesen dan 0,27 persen.


    =================================


    sayap makin mengepak :malu
     
  18. carlos_roy_fajarta M V U

    Offline

    Rockstar

    Joined:
    Nov 28, 2008
    Messages:
    43,061
    Trophy Points:
    212
    Ratings:
    +702,614 / -0
    [Info & Tips] Cara Mengenali Karakter Kabel Busi

    [​IMG]


    Ada yang tanya nih...? Kenapa kabel busi beda dengan kabel kelistrikan di motor pada umumnya? Seperti ukuran kawat (konduktor) dan pembungkusnya (isulator) yang lebih besar. Nah, daripada bingung, mending kenali dulu karakter kabel busi.

    Kabel busi standar dirancang seperti itu, lantaran harus kuat menyalurkan tegangan sekitar 14.000 volt lebih untuk memantik gas bakar. Jika tidak, tegangan dan arus besar akan mengalami banyak hambatan yang berisiko kawat putus atau isolatornya terbakar. Sebab kuat arus listrik tetap kejar tegangan tinggi.

    Makanya pabrikan pembuat kabel busi harus memperkecil tahanannya. Caranya dengan memperbesar diameter kawat dan memperkuat isolator kabel. Juga didukung material konduktor yang mampu mengantar arus lebih tinggi hingga menghasilkan tegangan tinggi untuk memercikan api busi.

    Ini sesuai dengan rumus kabel kelistrikan yaitu V = I x R, dimana V = tegangan (Volt), I = kuat arus (ampere) dan R = tahanan kabel (ohm). Jika ingin mengetahui berapa besar tahananya, tinggal putar aja rumusnya jadi R = V / I.

    Dan untuk mengetahui besar-kecil tahanan yang ada di kabel busi, dapat saja melakukan pengecekan dengan multitester. Caranya, masing-masing ujung kawat busi di tempelkan alat penghubung positif dan negatif yang terdapat di multitester.


    ==========================================


    busi harus optimal :top:
     
  19. carlos_roy_fajarta M V U

    Offline

    Rockstar

    Joined:
    Nov 28, 2008
    Messages:
    43,061
    Trophy Points:
    212
    Ratings:
    +702,614 / -0
    [Info & Tips] GM Buat Helm Untuk Bocah 1 Sampai 5 Tahun

    [​IMG]


    Perkembangan sepeda motor sebagai angkutan transportasi yang paling banyak dipakai di Indonesia berbuntut pada keselamatan pengendaranya. Masalahnya, bukan hanya orang dewasa yang naik motor, bocah pun sering kali ikut naik motor sebagai boncenger. Kalau helm untuk ukuran kepala orang dewasa sudah banyak, tapi untuk anak-anak masih jarang.

    Berangkat dari kebutuhan ini, PT Danapersadaraya Motor Industry (DMI), pemegang merek helm GM mencoba membuat beberapa varian helm untuk anak. "Bukan hanya anak, tapi dari remaja sampai balita kita siapkan helmnya," buka Johanes Cokrodiharjo, Marketing director PT DMI.

    "Bahkan untuk anak 1 tahun pun kami ada GM Kiddy," jelas pria ramah ini. Spesifikasi helm untuk balita ini sudah disesuaikan. Mulai dari ukurannya yang sangat kecil hingga beratnya yang hanya berkisar 500 gram saja. Padahal helm untuk dewasa beratnya bisa mencapai 1,2 sampai 1,7 kilogram. Meski ringan tapi bahan ABS diyakini bisa melindungi kepala dari benturan.


    [​IMG]


    GM Kiddy ini pun dijual dengan harga yang sangat terjangkau. Hanya Rp 80 sampai 125 ribu saja. "Saat ini banyak akan kecil yang dibonceng orang tuanya naik motor. Sangat berbahaya ketika mereka hanya pakai topi atau kupluk, makanya kita sodorkan pilihan helm untuk balita," jelas Johanes.

    Menurutnya, saat menciptakan helm khusus balita ini dibutuhkan riset sekitar 1,5 tahun. Helm anak dari GM ini pun menjadi salah satu pilihan helm anak pertama untuk balita. "Setahu saya belum ada lagi ya yang untuk balita selain GM," ungkapnya.

    Selain GM Kiddy, PT DMI juga memperkenalkan helm anak lainnya seperti GM Fighter Kids, juga GM Teen yang diperuntukan bagi remaja.



    ==============================================

    be safety :top:
     
  20. carlos_roy_fajarta M V U

    Offline

    Rockstar

    Joined:
    Nov 28, 2008
    Messages:
    43,061
    Trophy Points:
    212
    Ratings:
    +702,614 / -0
    [Info & Tips] Roller Rocker Arm dan Kem Set Kawahara, Rp 550 Ribu Langsung Colok

    [​IMG]


    Agar lari Yamaha Mio sobat makin ngacir, coba ‘colok’ kem dan rocker arm model roller Kawahara Racing (KR). Colok disini, maksudnya tinggal pasang, cuy! “Tersedia dua tipe. K1R dan K2R. K1R cocok dipakai untuk klep standar. Sedang K2R untuk yang sudah pakai diameter klep besar. Durasi bermain di 260º. Tinggal pasang aja,” sebut Jessy Liga Siswanto, owner Kawahara Racing.

    Dijual Rp 550 ribu, lift alias angkatan klep buat K1R bermain di 6,5 mm. Sedang K2R, 7 mm. Angka ini tergolong tinggi buat kem dengan model pelatuk roller. Bukaan klep bisa lebih tinggi sehingga bahan bakar yang masuk bisa lebih banyak.

    “Agar maksimal, untuk tipe K2R, jarak klep in dan ex dibuat sekitar 3,5 mm. Pemakaian diameter klep bebas, yang penting bukan standarnya,” sebut Jessy sembari katakan kem bisa dibeli di Ultraspeed Racing di Jl. H Mencong, No. 43, Tangerang.

    Sebenarnya, Mio klep standar bisa saja pakai yang K2R. Tapi, sitting klep dibuat lebih mendem dari posisi standar alias discrap. "Melalui cara ini, klep in dan ex jadi tidak beradu ketika overlaping," tambahnya. Nah, buat info lebih lanjut, silakan telepon ke (021) 731-3886.


    ============================================


    less friction more speed :motor:
     
  21. carlos_roy_fajarta M V U

    Offline

    Rockstar

    Joined:
    Nov 28, 2008
    Messages:
    43,061
    Trophy Points:
    212
    Ratings:
    +702,614 / -0
    [Info & Tips] Kenali Bahan Paking Dari Warna dan Bentuk

    [​IMG]


    Paking kertas blok mesin, di pasaran banyak modelnya. Selain material yang diunggulkan, peranti penutup celah agar oli, air dan udara nggak gampang bocor itupun memiliki beragam warna. Ada yang biru, hijau bahkan hitam.

    Warna mengandung arti. Misalnya paking kertas orisinal untuk Yamaha Mio. Paking blok, karter dan CVT warnanya hijau. Kuat terhadap gencetan atau tekanan dua komponen. Sedangkan yang hitam atau KW kerap ambles ketika ditekan.

    Pada saat membeli paking kertas, pastikan bentuk dan dimensinya harus juga sama. “Biasanya paking berkualitas macam dari pabrikan atau aftermarket khusus racing kit, pasti tidak pernah menyimpang dari blok yang akan dilapisi,” jelas Sardin Gorad Pasaribu, mekanik Honda Capella Racing Team di Aceh.

    Kemudian pilih paking yang tidak terlalu tebal. Dikhawatirkan memilki material berupa serbuk asbes halus, sangat rawan melebar ketika paking dipasang dan dijepit diantara bagian blok. Biasanya berwarna hitam keabuan.

    "Kalau melebar saat ditekan, lubang aliran oli sangat mungkin tertutup pecahan paking. Risikonya mesin jebol akibat kurang pelumasan,” imbuh mantan instruktur kursus mekanik HMTC Jakarta yang kini tinggal di Medan, Sumatera Utara itu.


    ====================================

    kecil dan tipis, tapi fungsinya sangat penting :belajar:
     
Thread Status:
Not open for further replies.

About Forum IDWS

IDWS, dari kami yang terbaik-untuk kamu-kamu (the best from us to you) yang lebih dikenal dengan IDWS adalah sebuah forum komunitas lokal yang berdiri sejak 15 April 2007. Dibangun sebagai sarana mediasi dengan rekan-rekan pengguna IDWS dan memberikan terbaik untuk para penduduk internet Indonesia menyajikan berbagai macam topik diskusi.