1. Disarankan registrasi memakai email gmail. Problem reset email maupun registrasi silakan email kami di inquiry@idws.id menggunakan email terkait.
  2. Untuk kamu yang mendapatkan peringatan "Koneksi tidak aman" atau "Your connection is not private" ketika mengakses forum IDWS, bisa cek ke sini yak.

Tips [Tips] Kumpulan Tips & Trik Berkendaraan Sepeda Motor

Discussion in 'Otomotif' started by carlos_roy_fajarta, Aug 23, 2010.

Thread Status:
Not open for further replies.
  1. carlos_roy_fajarta M V U

    Offline

    Rockstar

    Joined:
    Nov 28, 2008
    Messages:
    43,061
    Trophy Points:
    212
    Ratings:
    +702,614 / -0
    [Info & Tips] Cara Mengurus BPKB Hilang, Enggak Sulit Tapi Tetap Waspada!

    [​IMG]


    Lewat perkenalan singkat, Djohan Sudjana, seorang brother asal Bali tiba-tiba tanya ke MOTOR Plus. Dia bilang, "Kalau tahu ada brother lain yang punya BPKB nganggur, mau saya beli." Ternyata, brother yang juga pemusik ini perlu BPKB untuk melengkapi surat Honda Steed lawas miliknya.

    Pertanyaan seperti yang diajukan brother Djohan ini rupanya tidak sedikit. Banyak brother lain yang juga kasak-kusuk cari BPKB tanpa motor untuk melengkapi surat kuda besi mereka. Terutama motor tua. Menarik, kan?!

    Nah, mendengar pertanyaan seperti tadi, kita perlu tau dulu alasannya. Menurut pengakuan Djohan, ia membeli Honda Stead tadi dari pemilik sebelumnya memang tanpa BPKB. Katanya sudah hilang. Sementara, STNK-nya sudah lama habis masa berlakunya. Sehingga sulit untuk dia memperpanjang surat tanda nomor kendaraan tadi.

    Niat Djohan ini mestinya diacungi dua atau bahkan tiga jempol. Ia ingin jadi biker yang taat aturan dengan memiliki kelengkapan surat-surat resmi. Untuk mengakomodasi permasalahan seperti ini, Kepolisian negara Republik Indonesia memberi jalan.

    "Intinya, selama itu bukan motor curian, pasti akan dibantu untuk mengurus surat-suratnya. Misalnya, surat-surat hilang karena bencana, bisa terbakar, banjir dan kecurian," jelas Iptu Hasbi, dari bagian regident, Ditlantas Polda Metro Jaya.

    Namun, Iptu Hasbi juga memberikan syarat-syaratnya. Nah, ini yang penting. Sebab, kalo udah tau syaratnya, mengurus surat tanda kepemilikan kendaraan bermotor itu bisa dilakukan sendiri.

    Masih menurut Iptu Hasbi, si pemilik harus melaporkan keinginannya ke Polda setempat. "Setelah membuat laporan, pemilik motor harus membuat pengumuman di media masa nasional. Hal ini dilakukan untuk memberitahu pada khalayak, bahwa BPKB atau motor dengan nomor mesin dan rangka tersebut bukan milik orang lain," jelasnya lebih rinci.

    Pengumuman wajib dilakukan sebanyak 3 kali berturut-turut di media massa nasional. "Setelah itu, pemilik harus menunggu hingga 2 minggu berturut-turut. Jika selama waktu tersebut tidak ada yang mengklaim BPKB motor itu, maka BPKB motor itu bisa diakui milik dia seorang," lanjut Iptu Hasbi lagi.

    Pemilik wajib mengurus surat laporan kehilangan dari Polsek setempat. Setelah itu, pemilik bisa melanjutkan proses ke Polda setempat. Jika sudah melengkapi bukti-bukti, maka ia akan mendapat BPKB baru, sehingga bisa mengurus STNK.

    Meski mengurus BPKB hilang mudah dilakukan, brother kudu tetap waspada jika ditawari motor tanpa STNK atau BPKB. Iptu Hasbi menekankan agar jangan mudah tergiur atau mudah percaya bahwa surat kepemilikan sebuah motor hilang karena bencana.

    "Untuk meyakinkan, cek nomor sasis dan nomor mesin yang ada ke kepolisian setempat. Silakan datang ke bagian regident. Semua data kendaraan lengkap di sana," bilang Iptu Hasbi lagi. So, meski gampang, waspada kudu tetap dijaga!


    =================================================================

    semoga gak terjadi kehilangan
     
  2. Ramasinta Tukang Iklan

  3. carlos_roy_fajarta M V U

    Offline

    Rockstar

    Joined:
    Nov 28, 2008
    Messages:
    43,061
    Trophy Points:
    212
    Ratings:
    +702,614 / -0
    [Info & Tips] Rasio Lengkap Honda Blade dan Supra X125, Dijual Ketengan

    [​IMG]
    Kebutuhan sesuai trek


    Konon gigi rasio Honda Blade dan Supra X125 yang dikeluarkan ADR Speed sudah melewati tahap tes. Selain diuji buat arena balap jalanan, juga sudah digunakan lebih dari setahun untuk road race di tingkat MotoPrix dan IndoPrix. Hasilnya berarti sudah bisa dirasakan.

    “Perbandingan gigi depan-belakang tergantung kebutuhan. Tinggal permintaan saja,” kata Adriansyah, bos ADR Speed yang bermarkas di Penggilingan Raya, Kompleks Taman Pulo Indah, Blok L, No. 24, Jakarta Timur.

    Contoh gir yang biasa dipakai untuk road race di Honda Blade. Gigi 1 13/31 atau 13/28 dan gigi 2 21/27. Perbandingan akan berubah sesuai karakter sirkuitnya. Misal Kenjeran dan Sentul berbeda treknya, pilihan rasionya juga berbeda.

    “Per piece Rp 400 ribu untuk Blade dan Supra X125. Soal perbandingannya untuk trek panjang atau pendek, lengkap. Tinggal menyesuaikan kebutuhan,” tutup Adri yang bisa ditelepon di nomor (021) 4800956.


    =========================================================

    yg ngejar speed
     
  4. carlos_roy_fajarta M V U

    Offline

    Rockstar

    Joined:
    Nov 28, 2008
    Messages:
    43,061
    Trophy Points:
    212
    Ratings:
    +702,614 / -0
    [Info & Tips] Prediksi Motor Baru 2012 (bag.1), Honda dan Yamaha Tebar Injeksi

    [​IMG]


    Desas desus dan rencana pabrikan sepeda motor di Indonesia untuk meluncurkan beragam varian baru tetap menarik perhatian. Termasuk perhatian tim redaksi yang enggak mau ketinggalan mencari info.

    Di tahun 2012 ini, beberapa model baru dipastikan akan diperkenalkan. Sepertinya Honda tetap akan agresif, lewat ATPM-nya PT Astra Honda Motor banjir motor baru akan tetap mengalir dari pabrikan yang bermarkas di Sunter ini.

    Yang pasti komitmen Honda untuk meluncurkan sepeda motor berteknologi injeksi dan kesuksesan fitur helm-in atau bagasi luas akan terus dibawa.

    Mulai dari rencana Honda meluncurkan Vario terbaru dengan mesin 125 cc. Mesin barunya ini, kabarnya membawa teknologi yang tak jauh berbeda dengan Honda PCX, salah satu yang paling menonjol adalah aplikasi ACG starter.

    Model starter ini yang menggabungkan cell motor dengan alternating current generator. Efeknya suara electric starter akan jauh lebih sunyi. Selain itu fitur injeksi dan helm in juga akan disematkan. Kabarnya motor ini sudah siap diproduksi di salah satu pabrik perakitan Honda.

    Skubek lain yang baru dari Honda adalah refreshment dari si Retro Honda Scoopy dan BeAT. Keduanya juga akan pakai injeksi bahan bakar PGM-Fi. Sedang untuk Scoopy, fitur helm in juga akan tambahkan.

    Selain skubek, Honda juga punya rencana memperkenalkan motor sport terbaru. "Kita memang berniat menguasai semua segmen. Tinggal sport saja yang masih tertinggal dari kompetitor," bisik sang narasumber.

    Motor sport 150cc terbaru kabarnya tengah dipersiapkan. Tentunya dengan beberapa keunggulan seperti teknologi injeksi dan monoshock. Di segmen bebek, kabarnya refreshment pada Honda CS-1 juga akan terjadi. Kita tunggu saja!

    Lanjut ke Yamaha, pabrikan berlambang garputala ini sudah tertangkap basah menyiapkan dua model skubek baru di awal tahun. Yang pertama adalah skubek retro Yamaha Fino yang akan jadi kompetitor serius Honda Scoopy. Rencananya meluncur bulan Februari mendatang.

    Fino yang sudah lebih dulu dipasarkan di Thailand ini memiliki spesifikasi berbeda untuk pasar Indonesia. Utamanya soal pemilihan pelek, di tanah air akan dijual dengan pelek palang atau casting wheel. Sedang di Thailand hanya menggunakan pelek jari-jari.

    Skubek baru lainnya adalah matik injeksi pertama Yamaha. Namanya Mio J, bukan cuma mesinnya tapi desainnya juga baru. Foto-fotonya sudah banyak beredar di dunia maya. Desain barunya ini mirip Mio lama, terutama

    Selain dua skubek ini, bebek injeksi juga tengah disiapkan. Besar kemungkinan Jupiter MX atau New Jupiter Z yang lebih dulu pakai injeksi. Sebenernya Jupiter MX paling mudah diaplikasi injeksi, karena menggunakan platform mesin yang sama seperti V-ixion. Jadi enggak sabar..!


    ==============================================================

    keliatan banget motif di balik injeksinya, ada udang di balik batu, atpm pura2 kaga tahu ;p
     
  5. carlos_roy_fajarta M V U

    Offline

    Rockstar

    Joined:
    Nov 28, 2008
    Messages:
    43,061
    Trophy Points:
    212
    Ratings:
    +702,614 / -0
    [Info] Arti JASO MA2 Pada Oli Sepeda Motor

    [​IMG]


    Pada oli sepeda motor yang menggunakan standarisasi JASO (Japan Automobile Standard Organization) pasti ada keterangan JASO MA atau MB. Seperti kita tahu, kode di belakang JASO ini adalah kode peruntukan oli tersebut.

    JASO MA untuk sepeda motor dengan kopling basah. Maksudnya motor dengan konstruki rumah kopling terendam oli. Sedang JASO MB untuk sepeda motor kopling kering. Seperti skubek yang koplingnya tidak terendam oli.

    Seiring perkembangan teknologi, spesifikasi JASO MA untuk sepeda motor tipe bebek dan motor sport terus bergerak. Dari MA, MA1 sampai yang paling terbaru adalah MA2. Hampir semua pelumas terbaru menggunakan standarisasi JASO MA2.

    Apa bedanya? "Hanya pada aditif-nya saja," buka Yulfian, Spv Technical Support PT Topindo Atlas Asia. Aditif adalah bahan kimia yang ditambahkan untuk meningkatkan kualitas pelumas.

    "Dan tentunya JASO MA2 jadi lebih baik dari JASO MA," lanjut Yulfian yang rajin memberikan materi knowladge pelumas kepada komunitas dan klub otomotif ini.

    Pada oli dengan spesifikasi JASO MA2 kemampuan melumasinya jauh lebih baik dari JASO MA. Tapi di sisi lain tidak mengganggu kinerja kopling, kampas kopling tetap tidak mudah selip.

    Sudah tahu kan bedanya!


    =============================================================

    makanya oli mobil gak cocok sama oli motor
     
  6. carlos_roy_fajarta M V U

    Offline

    Rockstar

    Joined:
    Nov 28, 2008
    Messages:
    43,061
    Trophy Points:
    212
    Ratings:
    +702,614 / -0
    [Info & Tips] Sim D, Sim Khusus Difabel

    [​IMG]
    Sim D khusus penyandang cacat


    Para penyandang cacat (difabel) di wilayah Surabaya sekarang sudah bisa mendapatkan Surat izin Mengemudi (SIM) jika ingin berkendara di jalan raya. Untuk itu Satlantas Polrestabes Surabaya Colombo yang beralamat di Jl. Ikan Kerapu buka terobosan bagi penyandang fisik untuk punya SIM D. “Pembuatan SIM khusus untuk para difabel dan ini resmi,” tutur AKBP Asep Akbar Hikmana, Kasatlantas Polrestabes Surabaya.

    Untuk proses pembuatan SIM D sama seperti pembuatan SIM C pada umumnya. Hanya ada beberapa perbedaan untuk pemohon SIM D. “Difabel mesti menyiapkan surat keterangan dokter yang menyatakan tidak buta, tidak tuli dan syarafnya masih normal. Mereka yang terkena stroke yang sebagian syarafnya tidak berfungsi tidak diperbolehkan membikin SIM D,” urai AKBP Asep lagi.

    Biaya pendaftaran Rp 50 ribu minus tes kesehatan. Perpanjangan Rp 30 ribu. Saat ini pihak Poltabes belum menyediakan unit tes untuk para difabel, jadi sementara para pemohon wajib bawa motor pribadi yang sudah dimodifikasi jadi roda tiga dan tentunya sudah dicek terlebih dahulu apakah motor itu sudah safety.

    Perbedaan lainnya di bagian praktik jalan pun ada beberapa bagian yang tidak diwajibkan dilalui oleh para difabel. Jika umumnya tes jalan SIM C harus melewati jalan zig-zag, angka 8, persiapan berhenti, naik tanjakan, jalur keseimbangan dan jalan bergelombang, sementara untuk difabel minus jalur keseimbangan dan jalan bergelombang.


    =========================================================

    yg normal aja aja masih banyak yg kecelakaan, ini malah yg difabel yg dikasih ijin berkendara, ada2 aja... :ogohno:
     
  7. carlos_roy_fajarta M V U

    Offline

    Rockstar

    Joined:
    Nov 28, 2008
    Messages:
    43,061
    Trophy Points:
    212
    Ratings:
    +702,614 / -0
    [Info] Yamaha New Jupiter Z Kini Ada Warna Putih!

    [​IMG]



    Membuka tahun 2012, Yamaha Indonesia langsung menyegarkan bebek andalannya New Jupiter Z! Kali ini menambah pilihan warna menjadi salah satu opsi yang dilakukan adalah warna putih.

    "Betul, sekarang ada warna putih," ungkap Indra Dwi Sunda, PR Corporate & Communication Head Yamaha Indonesia.

    Warna ini melengkapi line up model Yamaha yang sudah lebih dulu dilabur warna putih seperti V-Ixion, Scorpio Z, Mio Sporty, Mio Soul, Lexam hingga Vega ZR.



    [​IMG]




    Kelir putih pada New Jupiter Z ini terlihat makin manis dengan perpaduan grafis berwarna biru. Selain nampak bersih juga lebih elegan.

    Tunggu kehadirannya di jaringan dealer Yamaha ya!



    =================================================

    kirain yg boleh putih cuman mobil/motor polisi dowang
     
  8. carlos_roy_fajarta M V U

    Offline

    Rockstar

    Joined:
    Nov 28, 2008
    Messages:
    43,061
    Trophy Points:
    212
    Ratings:
    +702,614 / -0
    [Info] Track T800CDi, Motor Diesel Dibanderol Rp 232 Jutaan

    [​IMG]


    Sepeda motor bermesin diesel memang masih jarang beredar, bahkan hanya segelintir yang berani memasarkannya. Salah satunya adalah motor berjuluk Track T800CDi Diesel ini.

    Dibuat di Belanda, motor ini sudah mulai dipasarkan di beberapa negara di Eropa seperti Inggris. Di Inggris misalnya, motor ini dijual 15,995 Poundsterling, atau setara dengan Rp 232 jutaan.

    Apa sih keunggulannya? Yuk intip spesifikasinya. Mesin diesel yang digunakan diambil dari Daimler-Benz. Kapasitas ruang bakanya 800 cc, merupakan mesin yang sama seperti yang digunakan pada Smart Fortwo diesel.

    Konfigurasinya 3 silinder segaris dan dilengkapi dengan turbo yang disetting 1,25 bar. Dengan kompresi tinggi hingga 1:18, diraih tenaga 45 hp di putaran mesin hanya 4.500 rpm. Torsinya juga besar khas mesin diesel, mencapai 100 Nm di putaran mesin flat dari 1.800 sampai 4.500 rpm.

    Torsi besar memang cocoknya jadi motor penjelajah. Trail atau sepeda motor adventure yang kerap melibas trek ekstreem, umumnya butuh torsi besar.



    [​IMG]



    Tak heran bila akhirnya mesin ini dipasangkan di rangka turbular dari chromium molybdenum bergaya penjelajah. Sokbraker depannya pakai WP tipe upside down berdiameter 48 mm. Yang belakang juga pakai merek serupa.

    Rodanya pun serupa motor trail, depan berdiameter 21 inci dan belakang 17 inci. Sedang desain bodinya mengingatkan kita pada BMW R 1200 GS atau Yamaha Super Tenere.

    Oiya, salah satu keunggulan mesin diesel adalah konsumsi bahan bakarnya yang hemat, begitu juga dengan motor ini. Klaimnya bisa 1 liter/21 km untuk berjalan di medan off road, dan 1 liter/30 saat melibas jalanan aspal.


    ================================================================

    mesinnya ganas buat ngelibas track off road
     
  9. carlos_roy_fajarta M V U

    Offline

    Rockstar

    Joined:
    Nov 28, 2008
    Messages:
    43,061
    Trophy Points:
    212
    Ratings:
    +702,614 / -0
    [Info] Kenapa Sepeda Motor Harus Injeksi Sih?

    [​IMG]
    Karburator memiliki keterbatasan ketimbang injeksi!



    Banyak yang bertanya, bahkan mencibir. Kenapa karburator yang konvensinal dihapus? Diganti injeksi yang dianggap susah dimengerti karena memadukan kerja mekanis dan elektronis.

    Padahal karburator mudah dipahami, coy. Mekanik pinggir jalan yang baru bisa bongkar baut saja bisa servis karbu. Kok kini diganti injeksi. Apa supaya usaha mereka bangkrut?

    Alasannya bukan karena sentimentil begitu. Lebih kepada tuntutan masyarakat dunia. Untuk kelestarian hidup bumi. Agar tak cepat rusak karena polutan dari hasil pembakaran.

    “Sistem injeksi memiliki hasil emisi gas buang yang jauh lebih rendah. Sedang karburator, memiliki keterbatasan,” ungkap Sarwono Edhi, Technical Training Development PT Astra Honda Motor (AHM).

    Rendahnya emisi gas buang karena injeksi lebih terprogram ketimbang karburator. “Sistem injeksi memiliki banyak sensor yang mampu mengatur setiap kebutuhan mesin,” ungkap Slamet, Instruktur Yamaha Engineering School (YES).



    [​IMG]
    ECU atau ECM. Mengatur kebutuhan bensin agar pembakaran sempurna




    Salah satunya, sensor yang mampu membaca tekanan udara. Bahkan, lebih canggih sensor yang bisa membaca kelembaban. Dari Sensor ini, bisa menakar kebutuhan bensin optimal yang harus disemprotkan. Tidak kelebihan juga tidak kekurangan bensin. “Akhirnya menghasilkan pembakaran sempurna juga efisien,” tambah Slamet yang berkantor di Yamaha DDS, Cempaka Putih, Jakarta Pusat.

    Yang dimaksud pembakaran sempurna, bahan bakar dan udara bisa terbakar habis. Karena campuran ini bisa terbakar hampir 100 persen, maka emisi dihasilkan lebih minim.

    Tapi, ketika masih aplikasi karburator, hasil pembakaran belum tentu bisa sempurna. Apalagi, karbu konvensional tanpa dilengkapi peranti semacam throttle position sensor. Pastinya ketika mesin bergasing di putaran bawah, campuran akan lebih kaya.

    Padahal agar hasilkan pembakaran tepat, campuran antara udara dan bahan bakar harus punya perbandingan 12,7 : 1. Pembakaran akan tuntas jika 1 molekul bensin terbakar dengan 12,7 molekul udara.



    [​IMG]
    Lubang di injektor semprotkan pengabutan lebih sempurna





    Sistem karburator tidak selalu menghasilkan campuran yang ideal itu. Misalnya ketika langsam. Campurannya 11 : 1. Satu molekul bensin ketemu 11 molekul udara. Artinya campuran kaya atau kelebihan bensin. Udaranya kurang banyak. Masih tersisa bensin yang tidak terbakar.

    "Sehingga, hidro carbon (HC) dan CO jadi tinggi,” tambah Slamet. Sebaliknya ketika mencapai putaran menengah-atas, campuran cenderung miskin alias lean. Bisa sampai 14 : 1 atau bahkan 17 : 1. Kebanyakan udara.

    Maka itu, injeksi memperbaiki kekurangan yang tak dimiliki karburator.Sistem injeksi yang canggih, bisa membuat campuran ideal. Karena pakai Electronic Control Unit (ECU) atau disebut juga Electronic Control Module (ECM). Bisa dikatakan otaknya injeksi. Tak hanya baca pengapian. Tapi, jumlah bahan bakar atau bisa disebut durasi injeksi sesuai kebutuhan mesin.







    [​IMG]
    Banyak sensor dimiliki sistem injeksi, ini salah satunya




    Begitu juga dalam metode pengukuran. Tak dalam keadaan stasioner seperti Euro 2 yang masih boleh menggunakan karbu. Karena karburator memang polutannya tinggi ketika rpm rendah.

    Berbeda dengan sistem injeksi yang campurannya optimal pada semua tingkat rpm “Pengukuran nya menggunakan sistem ECE R40. Metode running, mirip keadaan sesungguhnya di jalan,” tutup Edhi.

    Terjawab sudah!




    ================================================================

    gak yakin alasannya karena ramah lingkungan semata, pasti ada maksud lain
     
  10. carlos_roy_fajarta M V U

    Offline

    Rockstar

    Joined:
    Nov 28, 2008
    Messages:
    43,061
    Trophy Points:
    212
    Ratings:
    +702,614 / -0
    [Info] Suomy Jet 70, Helm Retro Dengan Visor Tersembunyi

    [​IMG]


    Bagi pencinta skuter atau motor klasik indentik dengan helm open face tanpa visor atau pet. Meski serasi dengan motornya, tapi konsekuensi yang harus dihadapi adalah muka langsung diterpa angin dan debu.

    Tapi tenang, kini telah hadir helm unik dari Suomy. Model Jet 70 yang belum lama dirilis di Italia ini punya desain khas helm klasik tapi tetap punya visor yang tersembunyi di balik cangkang.

    Saat visor dimasukan, sekilas helm akan terlihat layaknya helm klasik tanpa visor. Tapi ketika mau riding, visor tinggal diturunkan saja. Asik kan!

    Helm yang mekanisme buka tutup visor ini telah dipatenkan oleh Soumy ini tersedia dalam beberapa ukuran. Mulai dari XS hingga XL, selain itu standarisasi keamannya juga telah memenuhi DOT dan ECE.

    Pilihan warnanya juga beragam. Ada yang hitam dof polos hingga beberapa pilihan grafis klasik yang sederhana.


    =============================================================

    bagus sih, cuman half face helmet ada 2 kekurangan: 1. tidak aman melindungi kepala & 2. tidak mampu melindungi muka dari debu & polusi udara ----> dibandingkan dengan helm full face
     
  11. carlos_roy_fajarta M V U

    Offline

    Rockstar

    Joined:
    Nov 28, 2008
    Messages:
    43,061
    Trophy Points:
    212
    Ratings:
    +702,614 / -0
    [Info & Tips] Wuih, Mesin Suzuki Nex Bakal Mudah Dioprek!

    [​IMG]
    Diameter luar liner Suzuki Nex 57mm. Bore up aman pakai piston 54,5mm



    Suzuki Nex diprediksi bakal jadi saingan berat Honda BeAT. Terutama di ajang balap kelas matik. Karena spek teknik dan handling antara BeAT dan Nex sangat mirip. Membuat ramai peta persaingan antar merek.

    Mari tengok bore x stroke Nex yaitu 51,0 x 55,2mm. Sementara BeAT yaitu 50 x 55mm. Untuk turun di kelas MP7 atau matik 130cc tinggal menggunakan piston 54,5mm. Piston ini sudah diproduksi oleh PT Federal Izumi Manufacturing (FIM) khusus buat BeAT. Namun bisa juga dipakai untuk Nex.

    Kalau Nex menggunakan piston 54,5mm, kapasitas silindernya jadi 128,7cc. Apalagi ukuran lubang pen piston antara BeAT dan Nex sama-sama 13mm. Bisa langsung klop.

    Apalagi bahan boring Nex tidak menganut SCEM (Suzuki Composite Electro-chemical Material) yang dulu jadi andalan Suzuki namun tidak bisa oversize. Ini yang membuat Nex jadi lebih gampang kalau pakai piton besar.

    Perbedaan meterial liner yang dipakai Nex dibanding generasi dulu, ada yang bilang itu kemunduran teknologi. Tapi, buat sebagian penyuka kecepatan atau tunner, blok konvensional bisa jadi pilihan mereka. Pasalnya terbukti bisa dibesarkan sesuai keinginan.

    “Kalau mau menaikkan kapasitas silinder dengan cara oversize atau bore up, masih sangat mungkin. Ganti boring di blok pun tetap aman meksipun suhu mesin sedang panas tinggi. Sehingga gesakan piston dengan liner tidak timbulkan kendala,” terang Ricky Gunawan, salah satu mekanik tim Suzuki Chia Felix dari Komplek Ruko Aralia, Taman Harapan Indah, Bekasi.





    [​IMG]
    Pilihan piston bisa pakai piston racing Honda BeAT





    Ricky coba kasih contoh kalau Nex ingin naik kapasitas dari 113cc jadi 115 cc. Kebetulan volume silinder tersebut masuk dalam regulasi balap matik kelas 115cc. Katanya bisa ganti pakai piston aftermarket merek FIM, NPR atau lainnya yang punya lingkar luar 51,5mm.

    “Piston 51,5mm sudah banyak diproduksi dan dipasarkan. Piston tipe ini dipakai untuk skubek balap Honda BeAT juga. Bentuk kepala piston yang tinggi bisa diatur sesuai keperluan. Bahkan ukuran pen piston sama seperti punya Nex yang diameter 13 mm,” imbuh Ricky yang menghitung kapasitasnya jadi 114,9cc.

    Bahkan jika ingin volumenya naik jadi 130cc pun masih mumpuni. Apalagi setelah ukur lingkar luar liner Nex berdiameter 57mm. Maka disumpal piston 54,5mm, kata Ricky dianggap masih aman jika dipakai buat balap atau harian. Sebab tebal liner masih tersisa 3mm, juga tidak harus repot lagi untuk membubut lubang crankcase.





    [​IMG]
    Bore up 130cc enggak perlu lagi bedah crankcase







    Tapi, kalau kapasitas ingin di atas 130cc, menurut Ricky bisa pilih piston orisinal atau aftermarket buat motor Kawasaki Athlete 125 diameter 56mm. Atau bisa juga pakai piston Honda Sonic standar diameter 58mm. Kebetulan kedua piston yang disebutkan tadi sama-sama pakai pen piston 13 mm.

    “Cuma ubahan macam ini bukan hanya ganti liner dan membesarkan lubang di blok, tapi lubang crankcase juga mesti digedein,” imbuh Ricky sambil mewanti agar kubah di ruang bakar disesuaikan.

    Selain pilihan piston di atas, menggunakan piston merek lain yang ukurannya pas tapi beda diameter pen piston pun bisa saja. Yang diakali dengan membuat bushing di pen piston, seperti dilakukan banyak mekanik balap.




    ===================================================================


    kalo injeksi mah gak akan bisa di oprek begini
     
  12. carlos_roy_fajarta M V U

    Offline

    Rockstar

    Joined:
    Nov 28, 2008
    Messages:
    43,061
    Trophy Points:
    212
    Ratings:
    +702,614 / -0
    [Info & Tips] Langkah Cuci Motor, Sederhana Tapi Penting!

    [​IMG]



    Bukan hanya sekedar demi tampil bersih, namun kebersihan motor ternyata juga mempengaruhi performa. Misalnya rantai roda kotor dengan lumpur sehingga lebih cepat aus. Belum lagi karat bisa muncul dari kotoran yang menumpuk dan zat asam dalam air hujan.

    Biar enggak berat mengerjakannya, kita simak trik dari Probo Kusuma, punggawa Motor Bridal 04. "Yang paling penting adalah mencuci bagian kolong motor terlebih dahulu" ujarnya. Menurut Probo, ada efek psikologis yang muncul ketika kita mencuci bagian kolong motor terlebih dahulu.

    "Motor akan terlihat bersih jika kolong motor sudah terlihat bersih walaupun bodi masih kotor" jelas Probo. Nah, dengan menatap motor yang sudah terlihat bersih karena mencuci bagian kolong diharapkan pencuci motor termotivasi kembali untuk menyelesaikan pekerjaannya dan tidak merasa lelah.

    Untuk membersihkan kolong, sebaiknya sediakan sikat cuci dan sikat gigi. Sikat besar berfungsi untuk merontokkan kotoran membandel seperti lumpur dan oli di area yang luas seperti ban dan kolong sepatbor. Sedangkan sikat gigi digunakan untuk menjangkau area sempit seperti celah kaliper dan teromol.



    [​IMG]




    Untuk membersihkan kolong bisa dibantu dengan penggunaan sabun colek. "Itu boleh dipakai untuk mencuci bagian kolong dan kaki-kaki. Tapi jangan buat mencuci bodi soalnya sabun cuci piring tidak didesain untuk melindungi cat," wanti Probo.

    Sedang untuk bodi, yang perlu dicermati adalah penggunaan sabun atau shampoo yang digunakan. "Harus punya PH (kadar asam) yang netral atau seimbang, biasanya produsen telah mencantumkan hal ini di produk jualan mereka," ungkap pria yang gerainya terletak di Jl Kebon Jeruk VII No 18, Kota, Jakarta Barat.

    PH pada shampoo yang terlalu tinggi bersifat tajam sehingga merusak lapisan cat yang ada. Hal lain yang tak penting adalah penggunaan spons khusus yang hanya digunakan untuk mencuci bodi.

    Tujuannya agar spons terbebas dari kontaminasi kotoran yang bisa membaret cat bodi motor. Itu sebabnya dilarang menggunakan spons yang sama dengan yang digunakan untuk mencuci kolong motor yang dikotori lumpur dan pasir. Hiyyy... bisa baret deh!

    Lalu yang terakhir adalah proses pengeringan dengan menggunakan dua jenis lap. Probo menganjurkan menggunakan lap chamois atau kanebo ketika motor masih dalam keadaan basah karena lap tipe ini mampu menyerap air dengan banyak.

    Setelah kering lanjutkan mengelap dengan menggunakan microfiber. Lap ini memiliki kemampuan menyerap partikel air agar motor benar-benar kering sempurna.

    "Motor harus benar-benar kering untuk menghindari timbulnya jamur dan bercak air di bodi motor" jelas Probo. Nah setelah proses pengeringan ini selesai, si kuda besi udah bisa ditunggangin lagi deh!


    =================================================================

    udah musim hujan, motor pasti cepat kotor
     
  13. carlos_roy_fajarta M V U

    Offline

    Rockstar

    Joined:
    Nov 28, 2008
    Messages:
    43,061
    Trophy Points:
    212
    Ratings:
    +702,614 / -0
    [Info & Tips] Test Ride Suzuki nex, Si Gesit Irit

    [​IMG]


    Slogan "Si Gesit Irit" yang melekat pada Suzuki Smash cocok juga disematkan pada Suzuki nex ini! Jalan-jalan tim redaksi bersama skubek baru Suzuki ini menghasilkan satu kesimpulan; bukan cuma gesit dan responsif tapi juga hemat bahan bakar!

    Jalan-jalan ini juga menjadi tes lanjutan setelah sebelumnya first ride hanya dilakukan di lapangan parkir. Monggo disimak..



    Performa
    Bicara aura gesit, sudah mulai terasa dari performanya. Skubek yang punya rasio kompresi 9,4:1 diklaim bertenaga hingga 8,9 PS di 8.000 rpm, dan memiliki torsi 8,88 kgf pada 6.500 rpm.

    Ketika gas diputar, langsung menyentak responsif. Nafasnya juga panjang dan terasa terus ngisi mengikuti putaran gas. Kalau diteruskan, jarum speedometer mentok di 105 km/jam. Lumayan untuk ukuran skubek 113 cc.

    Untuk menyalakan mesin di kondisi dingin seperti pagi hari atau selepas hujan juga enggak ribet. Karburatornya sudah dilengkapi dengan autochoke, tidak perlu repot geser tuas choke.



    [​IMG]




    Handling
    Makin gesit setelah merasakan handlingnya. Dimensinya yang tidak terlalu besar membuat selap-selip di kemacetan mudah dilakukan. Apalagi skubek ini tergolong ringan dan memiliki radius belok setang cukup lebar. Enggak pernah khawatir nyangkut deh!

    Uniknya, meski dan ringan lincah bukan berarti pengendaliannya menjadi limbung. Setiap buka gas selepas atau bahkan masih dalam kondisi menikung, arah motor tetap sesuai kemauan.

    Suspensinya pun pas, enggak terlalu empuk atau keras. Kalau sekedar jalan bergelombang dan lubang kecil, mudah dilalui. Meski begitu, jok yang tidak terlalu lebar membuat bikers dengan pantat agak lebar bakal cepat lelah ketika harus berkendara jauh. Untung busanya empuk, lumayan mengobati.

    Dimensi yang mungil dan bobotnya yang ringan juga terbukti membuat pengendara bertubuh mungil sekalipun nyaman mengendarai nex. "Ringan dan enggak perlu jinjit. Waktu belok juga ringan," beber Lala, salah satu kru wanita di redaksi.

    Oiya, masih ada satu lagi yang mengganjal. Dek tempat kaki berpijak terlalu sempit. Kaki dengan sepatu ukuran 42 saja tidak terlalu leluasa memilih tempat berpijak.




    [​IMG]




    Konsumsi Bahan Bakar
    Lanjut ke konsumsi bahan bakar! Suzuki mengklaim konsumsi bahan bakarnya mencapai 79,6 kilometer per liter. Irit banget? Jelas irit karena pengetesannya dilakukan di sirkuit Sentul dalam kondisi konstan 40 km/jam.

    Nah, sekarang kita jajal dikondisi nyata. Biar makin presisi, tangki bahan bakar digantikan fungsinya pakai tabung plastik yang diisikan Pertamax sejumlah 200 ml. Bahan bakar di mangkuk karbu pun dipastikan kosong sebelumnya.

    Suzuki nex diajak berjalan tak lebih dari 40 km/jam. Jalan yang dilalui juga bervariasi. Yaitu; proses stop and go, trek lurus, menanjak juga turunan.

    Hasilnya, nex mampu berjalan sejauh 9 km. Jadi, buat seliter Pertamax, skubek yang punya bobot kosong 87 kg ini sanggup berjalan hingga 45 km/liter. Wah, irit juga untuk varian matik ya!



    ==========================================


    leih irit dan lebih murah harganya
     
  14. carlos_roy_fajarta M V U

    Offline

    Rockstar

    Joined:
    Nov 28, 2008
    Messages:
    43,061
    Trophy Points:
    212
    Ratings:
    +702,614 / -0
    [Info] Total Penjualan Sepeda Motor 2011 Hanya 8,043 Juta Unit

    [​IMG]


    Total penjualan sepeda motor di 2011 sedikit turun dibanding target awal yang diperkirakan Asosiasi Industri Sepeda Motor Indonesia (AISI). Diprediksi ada 8,4 juta unit sepeda motor yang terjual di 2011, tapi nyatanya sedikit lebih kecil.

    Data yang dikeluarkan AISI menyebutkan penjualan sepeda motor di Indonesia pada tahun 2011 hanya 8.043.535 unit. Jumlah ini adalah akumulasi dari semua anggota AISI yang terdiri dari Honda, Yamaha, Suzuki, Kawasaki, Kanzen dan TVS.

    Penurunan penjualan memang terjadi di akhir tahun. Banjir di Thailand menjadi salah satu penyebabnya. Akibat banjir ini, produksi dan distribusi sepeda motor jadi terhambat karena masih ada beberapa komponen atau motor yang secara utuh didatangkan dari Thailand.

    Meski begitu, hasil ini tetap lebih tinggi bila dibandingkan dengan penjualan sepeda motor pada tahun 2010 lalu yang mencapai 7.398.644 unit.

    Di tahun 2011, Honda tetap mendominasi penjualan dengan rekor 4.276.136 unit, atau menguasai 53,16 persen market share penjualan sepeda motor. Di posisi kedua ada Yamaha yang mencatatkan penjualan 3.147.873 unit.

    Sedang Suzuki dan Kawasaki tetap berada di posisi ketiga dan keempat. Total penjualan keduanya adalah 494.481 unit dan 100.673 unit. Berikutnya ada TVS yang menjual 23.990 unit serta Kanzen yang hanya mencatatkan penjualan 382 unit.


    =========================================================

    purna jual & after sales services & ketersediaan spareparts si sayap merah memang tidak terbantahkan!!!
     
  15. carlos_roy_fajarta M V U

    Offline

    Rockstar

    Joined:
    Nov 28, 2008
    Messages:
    43,061
    Trophy Points:
    212
    Ratings:
    +702,614 / -0
    [Info & Tips] Aman Berkendara Ada Di Dalam Diri

    [​IMG]


    Kesalahan mendasar yang sering dilakukan pengendara adalah menyerahkan keselamatan pada orang lain. Menganggap pengendara lain akan bersikap dan berperilaku benar. Sehingga mengurangi kewaspadaan dalam berkendara. Untuk itu sikap dan perilaku berkendara kita akan menyelamatkan diri sendiri.

    “Misalnya, sikap jangan menganggap orang lain melihat keberadaan kita. Perlu diingat bahwa blind spot sering menimbulkan terjadinya kecelakaan. Karena mengganggap orang lain melihat dan tahu kita, maka berkendara jadi tidak awas,” kata Toni Purnama, PIC Safety Riding PT Wahana Makmur Sejati, main-dealer Honda Jakarta-Tangerang.

    Hal lain yang juga harus diketahui adalah anggapan orang lain memiliki kemampuan berkendara yang baik. ”Padahal tidak semua biker punya skill baik. Tidak sedikit yang masih pemula dan baru pertama kali berkendara. Karenanya sangat mempengaruhi gaya berkendara mereka,” ungkap Toni lagi.

    Menganggap pengendara lain memiliki refleks yang baik juga merupakan kesalahan. “Usia, jenis kelamin, tingkat emosi, kesehatan berpengaruh terhadap reaksi berkendara,” katanya.

    Banyak pengendara merasa yakin akan kemampuan berkendara sehingga merasa tidak mungkin terjadi kecelakaan. Ini hanya akan menciptakan kecerobohan dan kurang hati-hati.

    Semahir apapun cara berkendara tetap perlu waspada dan bersiap seolah akan terjadi kecelakaan. “Sangat mungkin kecelakaan terjadi karena kelalaian orang lain, tetapi jika kita lebih waspada maka akan memperkecil kemungkinan terlibat dalam kecelakaan orang lain,” tambah Reza Novendri, Koordinator Safety Riding Capella Dinamik Nusantara, main-dealer Honda untuk wilayah Aceh dan Riau.

    Satu hal lagi, mematuhi rambu lalu lintas di sepanjang perjalanan akan lebih menyiagakan pengendara terhindar dari kecelakaan. Perhatikan persimpangan jalan. Jika akan berbelok nyalakan sein dengan jarak yang cukup. Kurangi kecepatan dan lihat kaca spion dengan cermat.

    Jika akan berpindah jalur, gunakan juga lampu sein dan jangan lupa mematikan jika sudah ada pada posisi yang diinginkan. “Lupa mematikan lampu sein, membuat pengendara lain kesulitan memperkirakan pergerakan kendaraan,” ungkap Reza jawara instruktur safety riding dari PT Astra Honda Motor (AHM).

    Kalau pengendara memahami soal ini, paling tidak ia akan waspada dan mawas diri. Mulai juga coba mengalah, memberi jalan, memberi kesempatan bagi kendaraan lain. Tentunya agar selamat sampai tujuan.


    =============================================================

    intinya di mulai dari diri sendiri
     
  16. carlos_roy_fajarta M V U

    Offline

    Rockstar

    Joined:
    Nov 28, 2008
    Messages:
    43,061
    Trophy Points:
    212
    Ratings:
    +702,614 / -0
    [Info] Penjualan Matic di 2011 Susul Bebek

    [​IMG]


    Sepeda motor bertransmisi otomatis makin merajalela di tahun 2011 lalu. Kalau sebelumnya bebek yang mendominasi penjualan sepeda motor di tanah air, kini penjualannya sudah disusul oleh skuter tanpa gigi ini.

    Dari data Asosiasi Industri Sepeda Motor Indonesia (AISI) di tahun 2011, dari total penjualan sepeda motor yang mencapai 8.043.535 unit, matic mendominasi pasar dengan 4.150.614 unit. Atau menguasai 51,60 persen market share.

    Sedang bebek hanya 3.245.597 unit dan sisanya 647.324 unit atau 8,05 persen adalah tipe sport. Hasil ini menunjukan pergeseran minat konsumen dari tahun 2010 dan 2011.

    Di tahun 2010 lalu penjualan sepeda motor mencapai angka 7.398.644 unit. Dengan komposisi bebek sebanyak 3.503.298 unit dan matic sebanyak 3.376.546 unit, sedangkan sisanya, motor sport sebanyak 518.810 unit.

    Baik Honda maupun Yamaha juga menjual lebih banyak matic ketimbang bebek. Total penjualan bebek Honda hanya 1.668.695 unit, sedang matic mencapai 2.381.926 unit. Begitu juga dengan Yamaha yang bebeknya terjual 1.182.012 unit sedang matic-nya mencapai 1.644.165 unit.

    Hanya Suzuki yang penjualan bebeknya lebih tinggi dari matic. Total bebek Suzuki sepanjang 2011 terjual 361.554 unit, tapi matic-nya hanya 124.523 unit.

    ==========================================================

    soalnya praktis dan gak pake gigi, apalagi pas macet
     
  17. carlos_roy_fajarta M V U

    Offline

    Rockstar

    Joined:
    Nov 28, 2008
    Messages:
    43,061
    Trophy Points:
    212
    Ratings:
    +702,614 / -0
    [Info & Tips] 10 Tips Mudah Merawat Motor di Musim Penghujan

    [​IMG]


    Curah hujan sejak beberapa bulan lalu hingga kini masih belum menunjukkan tanda-tanda akan berhenti. Akibatnya, beberapa daerah di kawasan Indonesia seringkali tertimpa banjir akibat curah hujan yang tinggi ini. Bagi pemilik kendaraan, hujan adalah saat dimana Anda harus melakukan perawatan ekstra. Pasalnya, air hujan mengandung asam ‘loh yang bisa melunturkan cat kendaraan Anda.

    Untuk itu, sebagai pemiliki kendaraan, terutama sepeda motor, perawatan yang tepat saat musim penghujan adalah hal yang krusial agar motor selalu dalam performa terbaik. Nah, berikut ini adalah 10 tips sederhana yang perlu diketahui dalam merawat motor ketika musim hujan.


    Cuci Motor

    Seperti yang dikatakan sebelumnya, air hujan memiliki kandungan zat asam yang bisa merusak keindahan motor Anda. Oleh sebab itu, cucilah motor Anda setelah terkena air hujan. Meski tak ada waktu, upayakan untuk menyempatkan mencuci motor walau hanya sekedar mengguyur seluruh bodi dan bagian-bagian penting lainnya. Mengguyur motor yang terkena air hujan dengan air bersih baik untuk menjaga penampilan motor Anda, selain itu hal itu juga bermanfaat untuk mencegah timbulnya karat.



    Ban

    Hujan menyebabkan genangan air di jalanan. Ada baiknya setelah Anda menerobos genangan air hujan tersebut, periksa tekanan udara dalam ban Anda. Pasalnya, jika tekanan ban kurang, maka permukaan telapak ban yang bersentuhan langsung dengan permukaan jalan semakin banyak. Akibatnya tarikan motor menjadi berat dan justru mempercepat ban motor Anda menjadi tipis atau gundul.



    Rantai

    Dengan sifat keasamannya, hujan mampu menimbulkan karat bahkan pada rantai motor sekalipun. Apalagi jika motor Anda tidak menggunakan tutup rantai, hal ini tentu sangat rentan sekali menimbulkan karat. Oleh sebab itu, baiknya Anda mengencangkan kembali setelan rantai sesuai standar dan lumasi rantai dengan grease.



    Kanvas rem dan piston cakram rem

    Sebagai catatan, kanvas rem terbuat dari bahan asbes yang bila terkena air akan menggelembung dan mengeras pada saat kering. Oleh sebab itu, selesai motor dicuci ada baiknya Anda sering-sering menginjak pedal rem agar kanvas kering. Jika tidak rem motor Anda akan terasa keras pada saatpedal rem diinjak.

    Sementara pada bagian rem cakram, ada baiknya Anda membersihkan komponen tersebut. pasalnya, rem cakram bersifat terbuka dan ketika Anda melibas genangan air, maka kotoran akan menempel pada cakram motor Anda.



    Busi

    Komponen lain yang vital saat musim penghujan adalah busi motor. Setelah Anda membersihkan motor Anda, ada baiknya Anda mencabut kop atau karet penutup busi untuk kemudian ditiup atau dibersihkan dengan lap. Begitu pun dengan kabel serta businya. Pasalnya, jika busi motor basah, akan menghambat pengapian ketika motor dinyalakan.



    Kotak saringan udara

    Bersihkan pula piranti kotak saringan udara ketika Anda terguyur air hujan. Pasalnya, jika komponen ini basah maka pembakaran di ruang bakar mesin akan terganggu.



    Knalpot

    Kotoran air hujan biasanya akan menempel pada bagian dalam dan leher knalpot. Oleh sebab itu, baiknya Anda juga membersihkan bagian yang satu ini agar sistem pembuangan pada motor tetap berfungsi dengan sempurna. Caranya, keluarkan air hujan yang masuk ke dalam knalpot. Semprotkan oli ke dalam bagian knalpot dan olesi bagian leher knalpot dengan grease. Lalu panaskan kembali motor selama kurang lebih 5 menit.



    Jari-jari roda

    Keringkan jari-jari roda yang kebasahan akibat air hujan. Jari-jari roda pada velg motor Anda akan keropos jika tidak dibersihkan. Keroposnya sendiri memang tidak tampak dari luar karena terjadi di dalam velg.



    Rem depan dan belakang

    Satu kasus yang sering terjadi adalah ketika Anda mengendarai motor di tengah hujan, selepasnya Anda akan mendengar bunyi di bagian rem Anda. Tak usah panik, bunyi tersebut muncul karena kanvas rem yang basah. Oleh sebab itu, upayakan untuk meng-kanvas rem dan tromol motor Anda agar rem tetap pakem dan menghindari bunyi.



    Kabel body

    Hindari kabel body dan socketnya dari air karena bisa menyebabkan konslet sehingga bisa merusak komponen kelistrikan pada motor.


    ===============================================

    musim hjujan, motor rawan mogok kalo gak di rawat
     
  18. carlos_roy_fajarta M V U

    Offline

    Rockstar

    Joined:
    Nov 28, 2008
    Messages:
    43,061
    Trophy Points:
    212
    Ratings:
    +702,614 / -0
    [Info] Nih 10 Besar Motor Terlaris di 2011!

    [​IMG]


    Penjualan sepeda motor di tahun 2011 sudah diakumulasi. Data yang dikeluarkan Asosiasi Industri Sepeda Motor Indonesia (AISI) menyebutkan total penjualan Honda, Yamaha, Suzuki, Kawasaki, TVS dan Kanzen mencapai 8.043.535 unit. Tapi kalau dirinci tiap model, siapa yang paling laris? Yuk langsung kita lihat hasilnya:

    10 Besar Motor Terlaris 2011
    1.Yamaha Mio Sporty : 1.323.229
    2.Honda BeAT : 1.033.928
    3.Honda Absolute Revo : 759.546
    4.Honda Vario Techno : 632.788
    5.Honda Supra X 125 : 582.797
    6.Yamaha Vega ZR : 523.652
    7.Yamaha Jupiter Z : 341.493
    8.Yamaha Mio Soul : 338.258
    9.Yamaha Jupiter MX : 310.098
    10.Honda Blade 110R : 273.624

    10 besar sepeda motor terlaris di 2011 didominasi oleh Honda dan Yamaha. Bahkan Yamaha Mio dan Honda BeAT sama-sama mencapai hasil mengagumkan. Skubek entry level ini terjual lebih dari 1 juta unit!

    Honda Absolute Revo ada di posisi ketiga, sekaligus menjadi bebek paling laris di tanah air. Posisinya kian kuat setelah PT Astra Honda Motor (AHM) meluncurkan Revo Fit dengan harga Rp 11jutaan. Sedang pesaing Honda Absolute Revo, Yamaha Vega ZR ada di posisi ke 6.

    Honda Supra X 125 juga tetap kokoh di posisi ke 5 dengan 582.797. Jumlah ini tidak digabung dengan Honda Supra x 125 Helm In yang terjual hingga 47.612 meski baru mulai dipasarkan pada September 2011.

    Satu lagi varian Honda yang langsung laris manis adalah Honda Spacy Helm In. Total penjualan versi karburator dan injeksinya tercatat 211.687 unit. Padahal baru dipasarkan sejak Mei 2011. Sayangnya posisinya belum bisa menembus 10 besar.

    Honda Blade 110R juga langsung melejit ada di posisi ke 10 setelah mengalami perubahan signifikan di desain dan mesinnya. Sebelumnya, bebek sporty ini tidak pernah masuk 10 besar.

    Meski tidak masuk 10 besar, Yamaha V-ixion masih memegang predikat motor sport paling laris di Indonesia. Motor sport dengan teknologi injeksi ini terjual hingga 242.887 unit.


    =================================================

    yg bersaing yg itu2 aja
     
  19. carlos_roy_fajarta M V U

    Offline

    Rockstar

    Joined:
    Nov 28, 2008
    Messages:
    43,061
    Trophy Points:
    212
    Ratings:
    +702,614 / -0
    [Info & Tips] Akibat Klep Bocor, Busi Cepat Mati

    [​IMG]


    Salah satu unsur pemicu busi cepat mati adalah terjadi kebocoran di seputar bibir payung klep. Sehingga komposisi campuran bensin-udara di ruang bakar tak ideal, bahkan sebagian justru malah terbuang keluar.

    Pada kondisi ini, akhirnya busi juga yang diserang. Sebab elektroda busi sulit memantik gas bakar. Jadinya busi basah melulu karena campuran bensin yang tidak terbakar itu.

    Selain hilang tenaga, motor juga sulit hidup. Kalaupun hidup, karbu sulit diseting langsam lantaran ada gas bakar kembali tertekan ke arah moncong karbu diawal starter. Alhasil gas bakar mentah justru membasahi busi dan komponen sekitarnya.

    Nah, untuk memaksimalkan kerja payung klep agar tidak bocor kompresi, komponen satu ini mesti disekir ulang. Atau istilahnya dibikin dudukan alur baru agar payung dan sitting klep enggak rembes waktu gas bakar dimampatkan.

    Sekir ulang bisa dan baik dikerjakan sendiri pakai tangan. Supaya hasil kikisan pada payung klep dengan sitting klep alurnya jauh lebih rata. Buat sitting dan payung klep lama bisa langsung pakai pasta amril halus dan digosok selama 5 menit. Tapi, kalau keduanya baru, baiknya gunakan dulu amril kasar.


    ================================================

    yg pasti motornya harus turun mesin
     
  20. carlos_roy_fajarta M V U

    Offline

    Rockstar

    Joined:
    Nov 28, 2008
    Messages:
    43,061
    Trophy Points:
    212
    Ratings:
    +702,614 / -0
    [Info & Tips] Ragam Sambungan Kabel, Sesuaikan Kebutuhan

    Pastinya sobat ogah kalau sambungan kabel di motor kesayangan terlihat berantakan. Apalagi, pemasangannya terkesan asal. Dibawah ini, beragam tipe peranti penyambung kabel bisa dipilih!



    [​IMG]

    Manfaatkan Terminal
    Secara tidak langsung, sobat juga bisa memanfaatkan terminal kabel yang terbuat dari bahan kuningan atau tembaga. Tentunya, bahan ini mampu menghantar listrik lebih bagus ketimbang besi.

    Harga, tergantung dari kualitas dan ukuran terminal itu sendiri. Tapi dalam pemasangannya, sobat butuh part pelindung untuk melindungi terminal dari faktor lain. Tanpa pelindung, mudah terkena partikel lain. Misalnya air. Plastik pelindung juga dijual bersamaan terminal.




    [​IMG]


    Sambungan Pararel
    Penyambung kabel tipe ini, lebih mudah dijumpai di toko yang menjual alat-alat listrik juga peranti audio. Karena dalam satu rangkaiannya, bisa menyambungkan lebih dari lima kabel sekaligus.

    Harga juga tergantung ukuran. Dimulai dari Rp 6 ribuan. “Tapi, bisa juga dipotong untuk satuan ketika pakai. Tinggal potong sesuai kebutuhan saja,” ujar Pariansyah dari Mega Service, toko elektronik di Jl. Meruya Ilir No. 37, Srengseng, Jakarta Barat.




    [​IMG]

    Soket Lipat
    Soket tipe ini, pemasangan sambungan kabelnya cukup dilipat dan tekan. Tapi, part ini cuma diperuntukan buat menghubungkan satu kabel saja. Tapi, kemudahannya, soket ini lebih dinamis. Sambungan kabel tak hanya bisa dibuat garis lurus saja. Bisa juga dibuat sejajar. Itu karena soket ini memiliki konektor penyambung dari logam di bagian tengah.

    Harga yang ditawarkan untuk satu soket tipe ini berkisar Rp 1.000. “Soket ini lebih cocok dipakai untuk kabel kelistrikan tipe DC. Dengan arus DC, kena air pun juga tidak akan korslet,” timpal Arthur Wulur dari VRT Modified.



    [​IMG]

    Tinggal Jepit
    Part penyambung ini juga bisa memberikan kesan rapi. Modelnya yang menyerupai potong kecil dari sedotan minuman ini, hanya bisa disesaki satu sambungan kabel saja. Tapi, warna yang ditawarkan cukup beragam. So, bisa disesuaikan dengan tampilan motor agar tetap eye catching.

    Part yang satu buahnya dijual sekitar Rp 1.000 ini, tergolong praktis. Setelah kabel dimasukkan, sobat cukup tinggal kencangkan dengan tang jepit. Itu karena didalam part ini sudah terdapat sambung terminal. Dari logam. Sebelum menyambungnya, jangan lupa kupas kabel bagian ujung.




    [​IMG]

    Soket Colok
    Buat menyambung kabel dan terkesan rapi, bisa juga andalkan soket yang bisa didapat di toko-toko kabel. Part ini, terdiri dari berbagai model. “Tergantung dari pemakaian kabel. Maksudnya, satu soket untuk dipakai beberapa kabel,” ungkap Kardi dari Kardi Mulia Motor (KMM) di Jl. WR Supratman No. 13, Kp. Utan, Ciputat, Tangerang.

    Biasanya, untuk motor mengaplikasi soket plastik yang memiliki 2, 4, 6 dan 8 konektor kabel. Misalnya, untuk penggunaan soket lampu depan. Pakai part yang punya 2 sambungan kabel. Tapi aplikasinya, sobat butuh terminal kabel yang terbuat dari kuningan. Harga soket bisa bervariasi. Mulai dari Rp 2 sampai 10 ribu.





    [​IMG]

    Isolasi Bakar
    Banyak yang menyebut peranti ini sebagai isolasi bakar. Mungkin karena dalam aplikasi pemakaiannya membutuhkan api untuk membuatnya rapat hingga memegang kuat kabel yang ada. Biasa dijual permeter dengan berbagai ukuran.

    Peranti ini berguna buat menghindari sambungan kabel dari gangguan air. “Selain air, pakai isolasi bakar, sambungan kuat meski enggak pakai soket atau terminal,” timpal Agus dari Mandiri Motor di Pondok Aren, Tangerang.




    ====================================================

    sesuaikan dengan utilitas motor
     
  21. carlos_roy_fajarta M V U

    Offline

    Rockstar

    Joined:
    Nov 28, 2008
    Messages:
    43,061
    Trophy Points:
    212
    Ratings:
    +702,614 / -0
    [Info & Tips] Safety & Mata, Sediakan Dua Kacamata!

    [​IMG]


    Buat pengendara usia 40 tahun ke atas, atau yang masa kecilnya memiliki sejarah mata silinder tapi belum diobati. Nah, di usia 40 ke atas penyakit mata umumnya akan tambah jadi plus. Yaitu bayangan yang diterima mata sedikit bergeser. Sehingga jika melihat benda dalam jarak dekat akan menjadi kabur.

    Sedangkan mata silinder, pengendara tidak bisa melihat objek pada jarak dekat maupun jauh. Bayangan yang masuk ke mata sedikit menyebar alias tidak fokus pada retina. Sehingga bayangan akan menjadi kabur dan hanya terlihat jelas pada satu titik. Sementara pada objek jauh, bayangan akan tampak kabur dan bergelombang.

    Pada penderita mata silinder dan minus pertolongannya memakai lensa mata plus dan minus. Plus untuk membantu melihat pada jarak dekat, sementara minus untuk penyakit mata silindrisnya.

    Penderita silinder memang dilematis buat pengendara. Di satu sisi pengendara harus memiliki tajam pengelihatan yang bagus untuk jarak jauh. Sedangkan penderita silinder tidak bisa memenuhi hal itu.

    “Kalau dites kesehatan pemohon SIM di wilayah Jawa Timur, pemohon dirujuk untuk diperiksa lebih lanjut. Layak atau tidak jarak pandangnya untuk berkendara di jalan," sebut dr. I.B. Gde Wirastana, dokter spesialis mata Jakarta Timur Eye Center (JTEC) di RS Harapan Bunda, Pasar Rebo, Jakarta Timur.

    Dokter lulusan Universitas Udayana, Bali ini menyarankan pengendara yang memiliki kelainan mata silindris dan plus, minimal punya dua kaca mata. "Satu kaca mata minus untuk silinder, bisa dipakai saat berkendara. Sedangkan kacamata plus dipakai ketika baca," saran dokter dinas di RS. Harapan Bunda, Jl. Raya Bogor, KM. 22, Pasar Rebo, Jakarta Timur.

    Dua kebutuhan itu ada yang bisa dengan memakai satu frame dilengkapi 2 lensa. Tetapi paling penting dipakai adalah lensa minusnya. Karena tanpa lensa ini penderita silinder tidak bisa memiliki tajam pengelihatan dalam jarak jauh. Dan itu sangat berbahaya. Tidak bisa melihat lawan arah atau tanda rambu.

    Kalau lensa plusnya tidak begitu perlu dipakai. Karena fungsinya hanya untuk baca jarak dekat. Jarak jauhnya normal. Untuk pengendara yang memiliki 2 kelainan mata seperti ini disarankan minimal memiliki 2 kacamata.

    Jika pakai satu frame dengan 2 lensa plus dan minus atau lensa progresif kadang malah bikin distorsi. Karena mata harus ngepasin pada lensa minus, yang biasanya ada di bagian atas. Pastinya bakal ribet.

    Ditambah lagi dengan posisi pakai helm. Mata malah terkesan bekerja keras ngepasin pada lensa plus. Ujung-ujungnya malah mengganggu konsentrasi saat berkendara.

    Lanjut! Dokter spesialis lulusan Universitas Indonesia ini juga menambahkan agar pemilihan kacamata untuk berkendara sebaiknya diperhatikan. Sebaiknya, pilih lensa yang tidak terlalu lebar dan frame tepat. "Tentu agar ketika dipakai berkendara menjadi lebih nyaman. Terlebih ketika harus memakai helm. Jangan sampai pakai kacamata, helm malah lalai dipakai," pesannya.

    Siap dok!


    ========================================

    waspada kacamata & kaca helm ber-embun saat hujan bagi pengendara sepeda motor
     
Thread Status:
Not open for further replies.

About Forum IDWS

IDWS, dari kami yang terbaik-untuk kamu-kamu (the best from us to you) yang lebih dikenal dengan IDWS adalah sebuah forum komunitas lokal yang berdiri sejak 15 April 2007. Dibangun sebagai sarana mediasi dengan rekan-rekan pengguna IDWS dan memberikan terbaik untuk para penduduk internet Indonesia menyajikan berbagai macam topik diskusi.