1. Disarankan registrasi memakai email gmail. Problem reset email maupun registrasi silakan email kami di inquiry@idws.id menggunakan email terkait.
  2. Untuk kamu yang mendapatkan peringatan "Koneksi tidak aman" atau "Your connection is not private" ketika mengakses forum IDWS, bisa cek ke sini yak.

Tips [Tips] Kumpulan Tips & Trik Berkendaraan Sepeda Motor

Discussion in 'Otomotif' started by carlos_roy_fajarta, Aug 23, 2010.

Thread Status:
Not open for further replies.
  1. carlos_roy_fajarta M V U

    Offline

    Rockstar

    Joined:
    Nov 28, 2008
    Messages:
    43,061
    Trophy Points:
    212
    Ratings:
    +702,612 / -0
    [Info & Produk] Nih, 10 Motor Sport Terlaris di 10 Bulan Pertama 2011

    [​IMG]

    10 Motor Sport Terlaris
    Yamaha V-Ixion = 205.921
    Honda New Megapro = 148.970
    Yamaha Byson = 43.691
    Honda Tiger = 26.689
    Yamaha Scorpio Z = 23.689
    Kawasaki Ninja 150RR = 19.774
    Kawasaki KLX 150S = 18.946
    Kawasaki Ninja 150R = 18.678
    Kawasaki Ninja 250R = 12.421
    Honda CBR 250R = 8.209


    Hingga bulan Oktober 2011, Asosiasi Industri Sepeda Motor Indonesia (AISI) mencatat penjualan sepeda motor sport di Indonesia hanya mencapai 559.524 unit.

    Atau hanya 8,07 persen dari total market sepeda motor di Indonesia yang sudah menyentuh angka 6,9 juta unit. Di segmen ini Yamaha tetap unggul. Kombinasi trio motor sportnya, Yamaha V-Ixion, Byson dan Scorpio Z mendominasi segmen sempit ini.

    Bahkan dalam 10 bulan pertama di 2011, V-Ixion tetap menjadi sepeda motor sport terlaris di negeri ini. V-Ixion yang mengusung mesin 150cc dan dilengkapi dengan injeksi bahan bakar ini terjual hingga 205.921 unit.

    Di bawahnya ada Honda New Megapro dengan 148.970 unit, diikuti pesaingnya Yamaha Byson di posisi ke tiga dengan 43.691 unit. Sedang persaingan motor 250 cc, tetap dimenangkan Kawasaki Ninja 250R yang bertengger di posisi ke 9 dengan 12.421 unit, unggul satu tingkat dari Honda CBR 250R di posisi ke 10 dengan 8.209 unit.

    Sayangnya, Suzuki Thunder 125 yang sempat meledak penjualannya beberapa tahun lalu harus terlempar dari 10 besar. Thunder 125 hanya terjual 7.458 unit. Begitu juga dengan pendatang baru Honda CBR 150R yang baru terserap 4.506 unit di pasaran.

    Oiya, data ini dikeluarkan oleh AISI. Sehingga data yang disajikan hanya dari Honda, Yamaha, Suzuki, Kawasaki, TVS dan Kanzen.


    ================================================================

    tapi secara overall semua tipe, honda tetap nomor satu
     
  2. Ramasinta Tukang Iklan

  3. carlos_roy_fajarta M V U

    Offline

    Rockstar

    Joined:
    Nov 28, 2008
    Messages:
    43,061
    Trophy Points:
    212
    Ratings:
    +702,612 / -0
    [Info & Tips] Sampai Oktober Pasar Motor 6,9 Juta Unit, Honda Kuasai 52 Persen

    [​IMG]


    Data dari Asosiasi Industri Sepeda Motor Indonesia (AISI) sampai Bulan Oktober atau dalam kurun waktu 10 bulan pertama di tahun 2011, penjualan sepeda motor nasional sudah mencapai 6.936.833 unit.

    Meningkat dari 6.225.296 unit pada periode yang sama tahun 2010 lalu. Rasanya target 8 juta unit di tahun 2011 akan dengan mudah tercapai dalam dua bulan terakhir. Dari angka ini, Honda tetap jadi yang pertama secara penjualan.

    Honda menguasai 52,01 persen dengan total penjualan mencapai 3.607.593 unit hingga bulan Oktober. Pesaing terdekatnya, Yamaha hanya mengumpulkan 2.783.920 unit atau 40,13 persen dari total market.

    Bahkan pada bulan Oktober saja, penjualan Honda menjadi rekor penjualan sepeda motor tertinggi di Indonesia dengan 415.281 unit.

    Sedang merek lain yang tergabung di AISI seperti Suzuki, Kawasaki dan TVS tetap pada urutan ke 3, 4 dan 5. Suzuki tercatat menjual 434.995 unit, sedang Kawasaki dan TVS sukses dengan 88.378 unit dan 21.565 unit.


    ================================================================

    tetap kepakkan sayapmu di pentas balap dan penjualan
     
  4. carlos_roy_fajarta M V U

    Offline

    Rockstar

    Joined:
    Nov 28, 2008
    Messages:
    43,061
    Trophy Points:
    212
    Ratings:
    +702,612 / -0
    [Info & Tips] AA Racing, Spesialis Tangki dan Rangka

    [​IMG]
    Semar Sableng didukung 4 pekerja spesialis


    Mulyadi Sadeli menjadi spesialis karena keadaan. Awalnya dia coba usaha sebagai mekanik. Tapi, melihat persaingan yang terlalu ketat, akhirnya berubah haluan. Ayah dua putra ini melihat masih jarang sekali spesialis tangki yang ada.

    Sementara, tidak sedikit problem yang hinggap pada tangki. Misal, karat atau bolong karena korosi. “Mengatasinya, memang tidak ada ilmu khusus, semua didapat berdasar otodidak. Berani coba dan tanya sana-sini aja. Misalnya, menutup lapisan yang bolong di tangki. Dari situ semua berasal,” bilang pria yang juga tergabung di kepungurusan komunitas motor Shotokaw 212 ini.

    Buat urusan tambal, biaya berkisar Rp 20 ribu. Tapi, kalau bagian yang direparasi tergolong ekstrem, tarif yang dipasang mulai dari Rp 50–100 ribu. “Itu kalau sampai ada pergantian lapisan bawah tangki,” aku bos AA Racing Motor ini.

    Hasil dari kegigihannya, kini usaha yang sudah dibangun selama 7 tahun itu terus berjalan. Bukan hanya reparasi, tapi juga terima order bikin tangki. Untuk modelnya tergantung konsumen. Satu tangki custom harga mulai dari Rp 400–700 ribu. “Tergantung model dan tingkat kesulitan. Bahan dari pelat besi 0,8–1mm,” jelas pria yang kini memiliki empat pekerja (Rudi, Gandung, Birin dan Nasir).

    Bahkan, kini usahanya juga melebar hingga ke spesialis bikin rangka, press pelek hingga modifikasi. “Didukung banyak teman, coba lebih kembangkan usaha ini,” beber pria berdarah Betawi yang akrab disapa Semar Sableng ini.


    AA Racing (Apa Aje Racing)
    Jl. WR Supratman, No. 60, (Samping RS. Prima Medika), Ciputat, Tangerang. Telepon (021) 996-20507 atau (021) 684-41476.




    ===================================================================

    monggo rekomendasi dari M+ buat yang sedang bermasalah dengan tangki bocornya
     
    • Like Like x 1
    • Thanks Thanks x 1
  5. carlos_roy_fajarta M V U

    Offline

    Rockstar

    Joined:
    Nov 28, 2008
    Messages:
    43,061
    Trophy Points:
    212
    Ratings:
    +702,612 / -0
    [Info & Tips] Throttle Slide Valve Karburator, Faktor Penentu Selain Spuyer!

    [​IMG]
    Angka derajat cutaway. Semakin besar, basah di putaran menengah



    Skep alias throttle slide valve jadi andalan mekanik kuda besi kompetisi dalam seting karburator. Tunner bukan cuma seting pilot-jet, klip jarum skep, atau main-jet. Skep bisa jadi penentu bebek atau matik di road race atau bahkan di arena drag bike.

    “Iya. Tapi, syaratnya mesin sudah terasa oke 100%. Baru deh seting skep akan bisa terasa gunanya,” beber Ahmad Jayadi, pemilik dan tunner tim Honda Daya Denso Showa NHK Jayadi, Bekasi.

    Berarti ada syarat dasar seting throttle slide valve jadi berguna. Mesin sudah sangat oke. Maksudnya, engine sip kalau ukuran komponen di ruang bakar ketemu yang ideal. Seandainya belum bisa didapat hitungan komponen di ruang bakar jangan bicara dulu seting skep.

    Kalau mesin sudah mantap, baru deh penggantian alias seting skep bisa dilakoni. Artinya lagi, seting karburator bukan cuma bermain di pilot-jet dan main-jet. Throttle slide valve bisa jadi kuncian.

    “Pengaruhnya di akselerasi. Pembalap bisa merasakannya,” urai Mletis yang punya nama asli Haris Sakti, tunner muda Yamaha Yamalube FDR KYT Trijaya. “Bisa ketahuan juga hasilnya lebih bagus setelah seting skep lewat dynotest,” timpal Cepy Sugiarto, ahli korek skubek kompetisi tim Cargloss AHRS.

    Kalau begitu, kapan penggantian skep dilakukan? Sebelum ngomongin kapan seting skep mending korek dulu jenis skep yang banyak dipakai.

    Throttle slide valve seperti yang ada di Mikuni TM atau Sudco 24 dan 28. Pilihan ukuran skep harus mengikuti tipe karburator yang dipakai. “Ukurannya 3,0, 3,5, dan 4,0,” ucap Cepy. “Sudco 24 ada pilihan skep 2,5 dan 3,5,” balas Mletis.


    [​IMG]
    Saat jarum mau keluar dari nozel



    Angka pada skep di atas bukan kode buntut. Ukuran skep itu menunjukkan cutaway. Cutaway derajat kemiringan atau coakan bagian bawah skep. “Semakin besar angkanya, derajat kemiringannya semakin tinggi,” yakin Mletis yang sukses membawa beberapa pembalap pemula dan seeded merebut juara nasional.

    Kalau begitu, fungsi skep dan cutaway yang berbeda pengaruh pada suplai campuran bahan bakar-udara. “Semburan pengabutannya semakin besar kalau angka derajat cutawaynya semakin tinggi,” bilang Cepy yang berbadan subur.

    Skep sendiri berfungsi waktu putaran menengah. Tepatnya saat jarum skep mau keluar setengah sampai keluar dari nozel. “Benar. Sering terasa kok motor sedikit masalah waktu putaran menengah. Tenaga enggak merata. Di sini seting skep berguna,” ulas Cepy.

    Mletis sepakat gasingan menengah jadi kunci untuk menentukan ukuran cutaway. “Paling terasa pas keluar tikungan. Kalau akselerasi akan terasa kurang pas di putaran bawah-menengah, harus ganti cutaway,” yakin Mletis lagi.

    Mletis dan Cepy memberikan rumusan sederhana. Seandainya gasingan bawah-menengah terasa kering semburan pengabutan bensin dan udara, angka cutaway yang rendah mesti digunakan. Sebaliknya kalau kelewat basah, nomor cutaway yang tinggi bisa diaplikasi.

    “Pasti angka pilot-jetnya jadi kecil. Minimal turun satu step,” ujar Mletis. “Sudah ganti cutaway enggak perlu ganti jarum. Pakai saja jarum skep bawaan karbu,” tegas Cepy.



    =================================================================

    nice tips for whom looking performance
     
  6. carlos_roy_fajarta M V U

    Offline

    Rockstar

    Joined:
    Nov 28, 2008
    Messages:
    43,061
    Trophy Points:
    212
    Ratings:
    +702,612 / -0
    [Info & Tips] Bikin Pengaman Rahasia, Modalnya Switch dan Kabel

    [​IMG]
    Biaya tak lebih dari Rp 10 ribu


    Jika kemarin sudah mencari tahu kabel yang aman buat bikin pengaman rahasia, kini giliran praktik membuatnya. Ya! Sebaiknya, sobat siapkan peranti tambahan agar kunci rahasia itu memang menjadi aman.

    “Modal yang terpenting, hanya soket bekas untuk dua kabel dan switch ON/OFF saja,” ungkap Nuraimin, salah satu mekanik JP Racing di Jl. Cendrawasih No. 6E-F, Kp. Sawah, Ciputat, Tangerang.

    Buat soket, sobat bisa mencari soket bekas yang masih layak pakai. Sedang switch, bisa sobat beli langsung di toko elektronik. Harga, tergantung part. Setidaknya, dengan uang Rp 5.000 sudah dapat switch yang bagus. Tidak ketinggalan juga, sediakan dua utas kabel dengan panjang sekitar 40 – 50 cm.

    Kini, potong kabel berwarna hijau (massa) yang ada di soket CDI. Ya, ini kabel yang aman untuk membuat pengaman macam engine cut off. Setelah terpotong, sambung dengan kabel yang sudah disiapkan tadi. Sambung di kedua sisi ya. Usai disambung, baiknya tutup sambungan kabel pakai perekat alias isolasi hitam yang memang diperuntukan buat kabel.

    Jika sudah, masukan ujung kabel sambungan tadi ke soket. Kemudian, tinggal colok switch yang berfungsi buat mengaktifkan pengaman rahasia tadi. Oh ya! Agar switch tersimpan rapi, baiknya letaknya di bagasi.

    Caranya, dengan membuat bolongan bagi switch. “Membolongi bagasi, cukup menggunakan pisau cutter yang tajam secara perlahan agar hasilnya sempurna,” pesan pria beken disapa Boday ini.

    Yap! Tidak usah pakai bor segala. Karena plastik ABS untuk bagasi ini tidak terlalu tebal layaknya cover bodi. Jadi, cukup melubangi pakai cutter aja sudah bisa. Yuk bikin!


    ============================================================

    tips hemat dan kreatif
     
  7. carlos_roy_fajarta M V U

    Offline

    Rockstar

    Joined:
    Nov 28, 2008
    Messages:
    43,061
    Trophy Points:
    212
    Ratings:
    +702,612 / -0
    [Info & Tips] Helm dan Musim Hujan, Nyaman dan Tidak Mengganggu

    [​IMG]
    Hujan bukan halangan


    Coba perhatikan pengendara motor kala melesat di tengah hujan. Tidak sedikit dari mereka yang membuka kaca helm. Itu bukan karena pernapasan terganggu, melainkan kaca berembun.

    Gangguan itu datang menghinggap lantaran kualitas pelindung kepala di bawah standar. “Sehingga, suhu udara di dalam dan di luar pelindung kepala berbeda. Akhirnya, kondisi ini menyebabkan visor berembun,” jelas Agus Hermawan, owner Juragan Helm di Jakarta Barat.

    Ada cara singkat melenyapkan kabut, dan itu bisa dilakukan sambil jalan, yakni dengan buka separuh kaca helm. Hanya, ada konsekuensi yang harus diterima. Muka jadi tidak bersih alias basah dan ujung-ujungnya bisa bikin basah helm.

    Kerugian lain ketika membuka visor saat hujan datang yakni pading helm basah. Kondisi lembab di dalam helm bikin apek. “Agar tetap enjoy di jalan tanpa harus buka kaca saat hujan, kondisi sirkulasi helm harus baik,” tambah Johannes Cokrodiharjo, Direktur Marketing PT Dinaheti Motor Industry, produsen helm NHK

    Pada helm branded biasanya sudah dilengkapi part sirkulasi. Misalnya pada helm merek Arai atau Spark, keduanya memiliki ventilasi tambahan. Sirkulasi udaranya ke kepala dan mulut.

    Untuk menjaga anti-fog biasanya visor telah dilengkapi anti embun. Untuk jalur sirkulasi sesekali bisa membersihkan dengan sikat gigi, terutama sirkulasi di depan yang bisa menghilangkan kabut.

    Bau apek akibat lembab biasanya ingin dihilangkan dengan pewangi. Hati -hati terhadap penggunaan jenis pengharum helm. Jika menggunakan minyak wangi, maka pilih yang mengandung kadar alkohol rendah. Bila terpaksa memakai pewangi beralkohol tinggi, saat menggunakannya mesti dalam jumlah sedikit.

    “Karena busa helm cepat kering bila sering terkena alkohol,” tambah Andri Hariyadi, PR and Community Development PT Tarakusuma Indah produsen KYT, INK.

    Ketika menyimpan helm, perhatikan juga fungsi ventilasi agar tetap terbuka sehingga udara bersirkulasi dengan baik. Salah satu cara termudah, buka kaca dan seluruh lubang ventilasi. Bau sisa keringat akan bersirkulasi dan memiliki jalan keluar untuk menguap.

    Biasakan juga menjemur helm setelah penggunaan pada perjalanan jarak jauh. Atau perawatan setidaknya dilakukan sepekan sekali, untuk penggunaan harian di Indonesia. Letakan helm dalam posisi terbalik juga dengan kaca dan seluruh bagian ventilasi terbuka.

    “Ruang terbuka bagian bawah helm mempercepat penguapan butiran keringat dalam helm. Dan sinar ultra violet matahari mampu menetralisasi bau keringat itu,” sebut Andri

    Bila kaca helm terkena alkohol, segera bersihkan dengan tisu atau kain halus. Sebab, senyawa pewangi terbukti akan mempermudah timbulnya jamur pada kaca helm yang berdampak membuat pandangan jadi terhalang.

    “Dengan memperhatikan bebeapa hal terkait dengan fungsi dan estetika helm, bisa dipastikan akan tetap menjaga kondisi helm tetap layak walau digunakan saat musim hujan seperti sekarang,” tegas Johannes.


    =================================================

    helm ber-embun, buka saja kaca nya
     
  8. carlos_roy_fajarta M V U

    Offline

    Rockstar

    Joined:
    Nov 28, 2008
    Messages:
    43,061
    Trophy Points:
    212
    Ratings:
    +702,612 / -0
    [Info & Tips] Honda Siap Injeksikan Semua Produknya!

    [​IMG]

    Undangan launching Supra X 125 Helm In dan Spacy berteknologi sudah sampai di meja redaksi. Menariknya, Honda menyebut acara yang akan digelar pada tanggal 23 November ini sebagai "Honda FI Declaration".

    Apa nih maksudnya? "Tidak hanya produk baru, more than motorcycle," buka Ahmad Muhibudin, Public Relations Manager, Corporate Communications PT Astra Honda Motor (AHM).

    Pria ramah yang gemar bercanda ini menyebut acara besok sebagai "kick of injeksi" Honda. Saat ditanya apakah ini artinya, kedepannya semua sepeda motor Honda akan dibekali teknologi injeksi, pria berkacamata ini tidak menyangkal.

    Yang pasti langkah ini diambil menyambut disahkannya regulasi emisi Euro3 yang kabarnya akan diketuk palu pada pertengahan 2013 mendatang.

    Saat standar emisi ditingkatkan, mesin berkarburator bisa dipastikan sudah tidak bisa memenuhi kualifikasi ramah lingkungan. Jadi di saat itu, Honda telah siap melahirkan motor-motor ramah lingkungan dengan teknologi injeksi.

    Hingga saat ini saja Honda telah memiliki 5 model berteknologi injeksi. Yaitu Honda CBR 250R, CBR 150R, PCX 125, Revo AT dan Supra X 125.

    "Yang perlu disosialisasikan pada masyarakat adalah benefit fuel injection. Yaitu easy maintenance, more powerfull and more efficient," yakinnya.


    =============================================

    karburator vs injeksi
     
  9. carlos_roy_fajarta M V U

    Offline

    Rockstar

    Joined:
    Nov 28, 2008
    Messages:
    43,061
    Trophy Points:
    212
    Ratings:
    +702,612 / -0
    [Info & Tips] Nih, Spesifikasi KTM Duke 200, Power Tembus 25 dk!

    [​IMG]


    Gosip kehadiran KTM Duke 200 di pasar global sudah santer sejak lama. Bahkan konon kabarnya akan mulai dipasarkan pada tahun 2012 mendatang, sedang perkenalannya akan dilakukan di India bulan depan.

    Berbeda dengan versi 125 cc yang dijual di Eropa, motor dengan kapasitas mesin 200 cc ini sengaja dipersiapkan untuk negara-negara berkembang seperti di Asia Tenggara, Brazil hingga beberapa negara di Eropa.

    Sedang untuk Indonesia, besar kemungkinan KTM Duke 200 ini akan masuk lewat PT Bajaj Auto Indonesia, ATPM Bajaj di tanah air. KTM dan Bajaj punya benang merah yang sama dalam pengembangan motor sport naked ini. KTM siapkan teknologi dan desainnya, Bajaj yang melakukan produksi di India.

    Yuk, kita intip spesifikasinya. Seperti dilaporkan motorbeam, India, mesin KTM Duke 200 memang hanya satu silinder. Tapi sudah DOHC dan memiliki 4 klep. Pengkabutan bahan bakarnya juga sudah injeksi, kabarnya juga telah mengadopsi sistem close loop.


    [​IMG]


    Kemampuan mesin 200 cc-nya juga enggak main-main. KTM mengklaim tenaganya mencapai 25,51 dk di 10.000 rpm. Sedang torsinya mencapai 20 Nm di 8.000 rpm. Wah setara mesin 250 cc nih! Mantabnya lagi, bobotnya cuma 137 kilogram.

    Mesin yang didinginkan oleh radiator ini akan dibekali dengan transmisi 6 kecepatan. Mekanismenya sama seperti motor sport kebanyakan, satu kebawah, dua sampai lima diungkit ke atas.

    Sama seperti moge jalanan dari KTM, Duke 200 juga memiliki knalpot yang tersembunyi di bagian kolong mesin. Seolah tidak ada silincer yang menjulang, tampilannya jadi lebih simpel.

    Urusan kaki-kakinya pun diatas rata-rata. Suspensi depan upside down sedang yang belakang monoshock. Swing arm-nya diyakini super ringan dengan material dasar alumunium cor. Roda 17 inci-nya di kawal disk brake di depan dan belakang.

    Wah, di Indonesia cocoknya dijual berapa ya?


    ================================================================

    yg pasti kalo harga diatas ninja 250, pasti kaga laku
     
  10. carlos_roy_fajarta M V U

    Offline

    Rockstar

    Joined:
    Nov 28, 2008
    Messages:
    43,061
    Trophy Points:
    212
    Ratings:
    +702,612 / -0
    [Info & Tips] Yuk Deteksi Elektrik Stater Ngadat

    [​IMG]
    Bendik rusak, tak ada arus ke dinamo stater


    Elektrik starter bermasalah disebabkan beberapa faktor. Kerusakannya bisa dideteksi dari ciri-cirinya. Sehingga komponen yang rusak bisa dilacak dari suara atau dari fisiknya. Seperti timbul suara kasar saat tombol elektrik starter dipencet.

    “Ada tiga komponen yang perlu diwaspadai. Aki, switch starter atau bendik dan dinamo starter. Ketiga komponen ini jadi panduan kita ketika ingin mendeteksi masalah elektrik starter,” jelas Iyus Kuswanto, instruktur sekolah mekanik HMTC Jakarta.

    Menurut Iyus, jika elektrik starter tidak berfungsi akibat aki soak, bisa dideteksi dari fungsi komponen lain, caranya dengan menekan tombol klakson. Jika suaranya tidak nyaring, artinya setrum aki tidak kuat. Bahkan aki lemah juga bisa bikin bendik bersuara tek… tek… tek….

    Lanjut ke switch starter atau bendik yang tugasnya menyambung arus listrik dari aki ke dinamo starter. Bentuknya ada kabel dari aki dan satunya lagi ke dinamo starter di dekat mesin.

    "Kalau bendik rusak, saat tombol starter ditekan biasanya cuma terdengar bunyi cetak-cetak. Kalau pun ada arus dari bendik, dipastikan sudah tidak kuat memutar dinamo starter," imbuh Iyus yang praktik di Jl. Sawo Raya, No. 9A, Rawamangun, Jakarta Timur.

    Untuk memastikannya, bisa kok dijumper langsung dengan cara menghubungkan tangkai obeng di kedua terminal kabel di bendik. Bila mesin mau hidup, jelas bendik rusak.

    Yang ketiga dinamo. Tapi, sebenarnya jarang rusak total lantaran kumparannya cukup awet. Justru yang sering rusak brush atau arang kumparan. Kalau abis tergerus, akibatnya arus listrik dari bendik tidak nyambung.

    "Makanya kumparan tidak bisa memutar as yang menggerakkan gir yang menyambung ke kruk-as. Solusinya ganti arang. Begitu juga kalau timbul suara mengiuk. Biasanya mangkuk as rotor di bodi dinamo kurang pelumas dan segera diservis,” ingat Iyus yang bisa ditelpon di nomor (021) 4891176.


    ====================================================

    yang sedang bermasalah motor nya dengan kelistrikan monggo di cek parts2 yg di sebutkan diatas
     
  11. carlos_roy_fajarta M V U

    Offline

    Rockstar

    Joined:
    Nov 28, 2008
    Messages:
    43,061
    Trophy Points:
    212
    Ratings:
    +702,612 / -0
    [Info & Tips] Daftar 10 Skubek Terlaris Januari-Oktober 2011

    [​IMG]



    [​IMG]




    Kemarin sudah dibeberkan 10 besar motor sport terlaris dalam 10 bulan pertama tahun 2011. Kini, mari kita tengok siapa saja skubek paling laku dari Januari hingga Oktober 2011 versi Asosiasi Industri Sepeda Motor Indonesia (AISI).

    Yang menarik dari pasar skubek di Indonesia adalah dominasi Honda dalam penjualan di segmen ini. Totalnya, skubek Honda terjual hingga 1.936.604 unit. Sedang Yamaha di posisi kedua dengan total penjualan 1.439.179 unit.

    Tapi untuk model yang paling laris, tetap dipegang Yamaha dengan Mio Sporty-nya. Mio memimpin jadi skubek paling laku di Indonesia dengan catatan penjualan hingga 985.970 unit. Diposisi kedua dibayang-bayangi BeAT dengan 836.438 unit.

    Honda Spacy yang baru mulai didistribusikan pada bulan Mei sukses berada di posisi ke 7 terlaris. Bahkan lebih laku ketimbang Yamaha Xeon dan Suzuki Spin.

    Sedang untuk Suzuki Hayate, penjualannya dijumlah dengan varian sebelumnya Skywave. Dua motor dengan platform sama ini tercatat terjual hingga 28.704 unit selama 10 bulan pertama 2011.



    ===============================================================

    terlaris versi skubek
     
  12. carlos_roy_fajarta M V U

    Offline

    Rockstar

    Joined:
    Nov 28, 2008
    Messages:
    43,061
    Trophy Points:
    212
    Ratings:
    +702,612 / -0
    [Info & Tips] Perawatan Jaket, Beda Bahan Beda Perlakuan

    [​IMG]


    Musim hujan sudah datang. Buat pengendara, cuaca seperti sekarang ini pasti butuh kegiatan ekstra. Maklum, guyuran air dari langit sering datang tiba-tiba. Kalo nggak ada persiapan, jaket yang setia melindungi di kala panas atau tidak hujan jadi lain urusan. Persiapan membawa jas hujan nggak selalu, juga nggak menjamin jaket bebas dari basah. Perawatan jaket jadi mutlak dilakukan.

    Kalau dibiarkan begitu saja, jaket jadi gampang rusak. Terlebih lagi di kondisi cuaca yang nggak menentu dapat mempengaruhi kelembaban udara. Ujung-ujungnya tentu berpengaruh ke soal perawatan. Beda bahan lain pula di cara perawatan. Yuk kita simak satu per satu trik merawat pelindung bandan pengendara itu. Terutama di teknik dan cara membersihkan atau mencuci jaket. Tentu biar jaket tetap segar dan nggak bikin kulit lembab.


    [​IMG]

    Kulit
    Di antara jaket pengendara, bahan kulit paling gampang dirawat. "Cukup dilap kain. Sebaiknya jangan pakai bahan kimia yang bisa merusak kulit," pesan Yudan dari Joker Leather, produsen jaket kulit di Jl. Raya Bogor, Km. 20, Kramatjati, Jakarta Timur.
    Kalau kehujanan cukup digantung dan diangin-anginkan.




    [​IMG]

    Semikulit
    Perawatan bahan semikulit hampir mirip dengan jaket bahan kulit. Jauhkan dari bahan kimia yang malh bisa merusak bahan. Walau semi, kalau terkena bahan kimia, bisa pecah-pecah, atau kaku. Jangan dicuci, cukup diangin-angin. Kalau ada kotoran yang sulit bisa gosok pakai lap basah.




    [​IMG]

    Nilon
    Perawatan jaket nilon bisa dicuci, tapi jangan masuk mesin cuci. "Lebih baik dicuci tangan. Bisa disikat. Tapi nggak perlu terlalu keras. Sebab kalau terlalu keras, serat jaket mudah rusak. Jadi berbulu," pesan Asep ‘Juragan’ Hendro, dari AHRS Racing Product di Jl. Tole Iskandar, No. 162, Depok, Jawa Barat.





    [​IMG]

    Katun
    Bahan katun banyak macamnya. Katun tipis sampai tebal. Bahan ini paling gampang dirawat. Dicuci bisa masuk mesin cuci atau juga dikucek biasa. Boleh juga sedikit disikat. Yang penting perhatikan kekuatan katun biar nggak gampang berbulu.





    [​IMG]

    Goretex
    Jaket dangan bahan goretex, saat ini memang paling banyak diminati pengendara. Apalagi untuk dipakai turing. Ketika mencuci jaket berbahan goretex nggak perlu pakai sikat. Cukup dikucek pada bagian yang dianggap kotor. "Goretex kualitas rendah sekali sikat bisa langsung berbulu," pesan Asep Hendro.



    ================================================================

    sedia jas hujan sebelum hujan
     
  13. carlos_roy_fajarta M V U

    Offline

    Rockstar

    Joined:
    Nov 28, 2008
    Messages:
    43,061
    Trophy Points:
    212
    Ratings:
    +702,612 / -0
    [Info & Tips] Kampas Kopling Honda Tiger Pakai Punya Mona, Lebih Merata

    [​IMG]
    Kaki enam milik Mona bikin mantap!


    Agar akselerasi Honda Tiger sobat lebih terasa, sebaiknya silakan ganti part di sekitar kopling pacuan sport Honda 200 cc itu. Terutama, ganti bagian kaki empat yang letaknya di mangkok kopling.

    “Kaki empatnya diganti pakai dari motor Cina yang jumlahnya enam kaki. Pakai punya Viar juga bisa, tapi saya lupa tipe motornya,” ungkap Joko Sarjono dari Jhon Speed di Jl. Panti Asuhan, Ceger, Pondok Aren, Tangerang.

    Alasan diganti pakai model kaki enam, agar balikan kopling terasa lebih menyentak. Juga daya tekannya jadi lebih rata. “Iya. Ibaratnya, tenaga yang tadinya hanya 4 orang kini jadi dibantu 6 orang,” kata pria yang lebih dikenal dengan panggilan Jhon itu.

    Selain itu, langkah penggantian juga ditujukan buat mencegah kampas kopling mudah gosong. Terutama, ketika pacuan itu kerap dipakai balap atau akselerasi. Maka pergantian gigi menjadi lebih spontan. Karena model kaki enam, artinya ada penambahan dua per lagi. Nah, ini yang bikin tarikan lebih yahud.



    [​IMG]
    Tambahkan satu pelat gesek biar sedikit keras(kiri). Tinggal pasang aja, tak usah ubah mangkok kopling(kanan).



    Untuk membeli part mona atawa motor Cina ini, sobat hanya perlu merogoh kocek sekitar Rp 250 ribuan. Harga yang dikeluarkan tadi, sudah termasuk kaki enam dan lawannya alias satu set. Sedang untuk mangkok kopling, tetap bisa pakai part standar Tiger.

    Begitu juga kampas koplingnya. Tak perlu ganti! Sobat tetap bisa gunakan kampas standar bawaan Tiger. Lha wong yang diganti cuma kaki empatnya doang. Jadi, mangkok pun tetap bisa disesaki kampas Tiger yang jumlahnya 5 kampas.

    "Tapi, kalau untuk keperluan akselerasi, sebaiknya tambahkan pelat gesek satu buah. Posisinya bisa dimana aja,” saran pria kelahiran Yogyakarta itu. Tapi, penambahan ini, jika per kopling yang diaplikasi bawaan motor alias per standar.

    Karena adanya penambahan pelat gesek, itu akan membuat per menjadi sedikit lebih keras. Ini bisa dirasakan ketika menarik tuas kopling di setang. “Kerasnya masih enak dipakai buat harian. Tidak sekeras per racing. Tangan juga tidak pegal,” aku tunner yang pernah jadi kepala mekanik di AHASS itu.

    Oh ya! kalau sobat ogah repot, tinggal datang ke Jhon Speed aja. Tapi, sebelumnya telepon di nomor (021) 687-12493. Siapkan uang Rp 300 ribu, itu sudah termasuk ongkos kerja. Ganti?


    =================================================================

    akselerasi makin mantab
     
  14. carlos_roy_fajarta M V U

    Offline

    Rockstar

    Joined:
    Nov 28, 2008
    Messages:
    43,061
    Trophy Points:
    212
    Ratings:
    +702,612 / -0
    [Info & Tips] Si Kembar Beda Merek, Aprilia SR Motard dan Derbi Variant Sport

    [​IMG]


    Sebagai anak perusahaan Piaggio Group, merek Aprilia dan Derbi berhak mengunakan mesin dari platform yang sama pada produk mereka. Nah, salah satu produk kembarnya adalah skuter sporty berjuluk Aprilia SR Motard dan Derbi Variant Sport.

    Yup, kedua skuter ini sama-sama menggunakan mesin 2-tak 50 cc dan 4-tak 125 cc bertransmisi CVT dari Piaggio. Selain memakai mesin serupa, sasis keduanya juga mengandalkan model tubular berbahan baja dengan cradle tunggal.

    Tak mengherankan jika keduanya juga dikawal kaki-kaki yang serupa. Suspensi depan teleskopik hidrolik berdiameter 86 mm, serta suspensi belakang monosok. Ukuran pelek SR Motard dan Variant Sport juga sama, yaitu 14 inci yang dibalut ban tubeless.

    Eits, meski saling berbagi dan memiliki aura sporty yang sama tetapi keduanya memiliki tampang berbeda. Tak percaya? Tengok saja tampilan SR Motard yang mengandalkan single headlamp dengan kawalan lampu sein yang terletak di batok setangnya.

    Lalu ada fairing panjang berkisi yang berkesan seperti motor crossover, supermotard. Bodi beakang juga terlihat sporty dengan kisi samping dan besi behel kecil model terpisah.


    [​IMG]


    Sementara itu, laburan warna putih bergrafis hitam merah khas Aprilia menambah kesan sporty dari SR Motard. Bahkan warna two tone hitam-merah ikut menjalar pada lapisan joknya.

    Sedangkan saudaranya buatan Derbi, yaitu Variant Sport terlihat lebih minimalis dan bersih dengan balutan warna putih yang dihiasi decal merah dan emblem Derbi besar di bawah dek. Bentuk bodi belakang juga polos tanpa kisi, dengan besi behel one piece.

    Meski begitu, kesan sangar masih terpancar dari headlamp model split besar dan sein yang terintegrasi dengan fairing nya. Kerennya lagi, tak seperti spion SR Motard yang polos, bentuk spion Variant Sport memiliki batang berkisi seperti produk variasi buatan Koso.

    Nah, tetap berbeda kan?


    ==================================================================

    sedang demam skubek nampaknya
     
  15. carlos_roy_fajarta M V U

    Offline

    Rockstar

    Joined:
    Nov 28, 2008
    Messages:
    43,061
    Trophy Points:
    212
    Ratings:
    +702,612 / -0
    [Info & Tips] Honda Siapkan Vario 125 cc Berteknologi Injeksi!

    [​IMG]



    Langkah Honda menginjeksikan semua line up modelnya tidak akan lama lagi. Minggu ini, Honda akan mendeklarasikan niatnya dengan meluncurkan Spacy injeksi dan bebek Supra X 125 helm in injeksi. Selain itu, ada lagi info yang lebih mengagetkan.

    Narasumber di PT Astra Honda Motor (AHM) mengaku sedang menyiapkan mesin 125 cc untuk skubek barunya. Meski belum ada kepastian produksi dan waktu pemasarannya, kemungkinan mesin ini akan disiapkan untuk next Vario.

    Mesin 125 cc yang akan digunakan kabarnya tidak jauh berbeda dari global engine 125 cc yang pernah dirilis Honda awal September lalu.

    Honda mengklaim, mesin barunya ini lebih hemat bahan bakar hingga 25 persen bila dibandingakan dengan mesin skubek 125 cc konvensional. Mesin ini mengaplikasi offset cylinder.

    Piston baru yang lebih ringan juga dilengkapi dengan roller rocker arm-nya juga sudah dilengkapi dengan bearing di as-nya, mirip yang dipakai pada Honda Supra X 125 Helm In.

    Mesin ini juga telah dilengkapi dengan ACG starter yang menggabungkan cell motor dengan alternating current generator. Efeknya, selain mesin lebih ringkas, fitur idling stop system juga bisa disematkan.

    Teknologi ini serupa dengan idling stop system yang sudah lebih dulu ada di Honda PCX 125. Mesin bisa secara otomatis mati ketika kondisi mesin stasioner dalam waktu tertentu.

    Tapi belum ada keterangan lebih lanjut apakah ACG starter dan fitur idling stop system juga akan dipakai pada skubek baru Honda ini.


    ==============================================================

    makin canggih makin efisien
     
  16. carlos_roy_fajarta M V U

    Offline

    Rockstar

    Joined:
    Nov 28, 2008
    Messages:
    43,061
    Trophy Points:
    212
    Ratings:
    +702,612 / -0
    [Info & Tips] Wabah Helplessnes Perlu Ketegasan Penindakan

    [​IMG]
    Pelanggaran jadi budaya


    Pelanggaran lalu lintas khususnya yang banyak dilakukan pengendara semata tidak hanya bersumber dari pengendara saja. Tetapi juga pengaruh lingkungan. Misalnya adanya pelanggaran massal masuk jalur busway atau pelanggaran arus lalu lintas.

    Menurut psikolog Ami Siamsidar dari Dr. Sarlito dan Rekan di Plaza Ciputat Mas, Blok B/B, Jl. H. Juanda Ciputat, Tangerang, keadaan ini disebutnya sebagai penyakit masyarakat yang biasa disebut sebagai helplessness.

    Yaitu kondisi di mana masyarakat sudah pasrah bahkan cenderung masa bodoh dengan sistem yang ada di lingkungannya. Pengendara merasa tidak ada kepentingan dengan peraturan lalu lintas.
    Keadaan ini diakibatkan karena pelanggaran lalu lintas yang dibiarkan.

    "Melawan arus lalu lintas karena malas melewati putaran yang sedikit lebih jauh. Awalnya hanya satu dua orang. Karena biasa, kelamaan banyak pengendara mengikuti. Rupanya itu sudah menjadi hal yang biasa," ujarnya mencontohkan.

    Karena sudah dianggap jadi kebiasaan, kelamaan perilaku salah ini bisa menjadi budaya. Yakni, kebiasaan mengabaikan rambu dan orang toleran. Budaya melanggar lalu lintas sama seperti budaya tidak menghargai keselamatan diri sendiri. Ini sangat berbahaya," lanjutnya.

    Kondisi seperti ini sangat dibutuhkan penindakan tegas dari aparat kepolisian. Pengendara bisa tidak mengetahui kalau dia salah. Tetapi penindakan sebagai bagian dari mengingatkan penghargaan terhadap pelanggaran.

    "Mudahnya membeli motor bisa juga menjadi pemicu. Orang tua dengan gampang membelikan anaknya motor. Padahal masih di bawah umur," lanjut psikolog berjilbab itu lagi.

    Pengendara yang masih di bawah umur, hanya bisa naik motor, tetapi secara mental mereka belum siap sebagai pengendara. Di sinilah peran orang tua sangat dibutuhkan untuk memberi pengertian dan pengawasan ketat terhadap anak di bawah umur.

    "Rangkaiannya kompleks. Satu dengan lainnya saling berhubungan, tidak bisa dipisahkan satu per satu. Selain penindakan tegas, mengingatkan terus menerus penting. Baik oleh aparat, pemerintah bahkan melalui media," tegasnya.

    Bukti Ketegasan
    Perkembangan teknologi sangat membantu keberhasilan penindakan lalu lintas. Salah satu contohnya berita akan digelarnya Razia Patuh Jaya di lingkungan Polda Metro Jaya mulai 11-24 November ini.

    "Itu bisa jadi contoh ketegasan penindakan. Akan adanya tindakan tilang di jalan raya, masyarakat jadi selalu siap mematuhi semua aturan karena takut kena tilang," ujar Ami Siamsidar.

    Pengendara tidak berani melanggar lalu lintas kalau tahu akan ada tindakan tilang. Kalau naik motor menyiapkan surat lengkap, helm, dan berusaha tidak melanggar aturan.

    Kalau ketegasan itu dilakukan setiap saat, otomatis masyarakat akan setiap saat patuh aturan. "Lebih baik demikian ketimbang tidak ada usaha sama sekali," yakin Ami.


    ===========================================================

    selain tegas, pemerintah juga benahi dong sistem transportasi masal nya, jangan cuman mau tegas, tapi kebutuhan transportasi gak di benerin!!
     
  17. carlos_roy_fajarta M V U

    Offline

    Rockstar

    Joined:
    Nov 28, 2008
    Messages:
    43,061
    Trophy Points:
    212
    Ratings:
    +702,612 / -0
    [Info & Tips] Honda Tiger Seken Tahun Muda, Harga Stabil

    [​IMG]
    Pasarnya kelas menengah yang mapan


    DAFTAR HARGA

    1996-1997:Rp. 7.000.000
    1998:Rp. 8.000.000
    1999:Rp. 9.000.000
    2000:Rp. 10.000.000
    2001:Rp. 11.000.000
    2002:Rp. 12.000.000
    2003:Rp. 12.400.000
    2004:Rp. 12.750.000
    2005:Rp. 13.000.000
    2006:Rp. 14.000.000
    2007:Rp. 15.000.000
    2008:Rp. 16.750.000
    2009:Rp. 17.500.000
    2010:Rp. 18.500.000​


    Pasaran seken Honda Tiger tergolong stabil. Maklum, kelas penggunanya bisa ditebak, yaitu biker yang memang memerlukan motor sebagai kendaraan kedua untuk memperlancar mobilitas dan transportasi kerja. Atau mungkin para 'pelarian' pemakai mobil yang gak tahan dengan macetnya jalan raya.

    Makanya pasar sekennya cenderung tidak berubah. "Harga stabil, tidak mudah terpengaruh suasana, misal akhir tahun atau awal tahun. Orang yang beli Tiger biasanya karena naik kelas dari bebek atau turun dari kalangan roda empat untuk antisipasi macet," buka Wanto dari Manca Motor, showroom motkas di Jl. Basuki Rahmat No. 9, Cipinang, Jakarta Timur.

    Menurut pengakuan Wanto, stabilnya harga seken, dalam sebulan ia mampu menjual 7-8 unit Honda Tiger. "Terutama untuk Tiger tahun-tahun muda. Mulai 2006 ke atas atau Tiger Revo," lanjutnya.

    Konsumen biasanya melihat kondisi bodi dan mesin. Kondisi bodi mulus, sangat menentukan harga tinggi. Pembeli selalu melihat tampilan luarnya dulu baru ngecek mesin. Bodi mulus ditambah mesin standar bagus, tentu harga juga nangkring tinggi.

    "Kalau majang Tiger modif malah lakunya agak lama. Pembeli umumnya kurang menyukai. Kadang yang modifan malah harganya turun. Karena modifikasi selera perseorangan, belum tentu orang lain suka," tambah Jamuir dari Berkah Motor III di Jl. Raya Ratna No. 17, Jatibening, Bekasi.

    Kondisi bodi dan mesin standar, bisa dtebak dipakai buat sehari-hari. Kalau sudah modif, curiganya mesin pernah dioprek-oprek. "Kalau hobi modif, biasanya transaksi jual-belinya lewat teman-teman saja. Harganya juga enggak bisa diukur. Tergantung modifnya. Kadangkala harga modifnya hampir sama kayak harga motor," tambah Jamuir.

    Stabilnya pasar seken Honda Tiger juga dipengaruhi mesin Tiger tergolong kuat, bandel. Gak banyak kelemahannya. "Paling yang perlu diperhatikan kalau beli seken, ganti rantai keteng. Harganya juga enggak mahal, paling seratus ribuan. Untuk kelas konsumen Tiger, harga segitu enggak terlalu mahal," ujar Wanto.

    Untuk warna, konsumen lebih suka hitam. "Mungkin sesuai dengan karakter motornya. Motor laki, warna hitam kan lebih terasa garang," komentar Wanto.

    Soal harga, "Kebetulan yang ada di lapak, tahun paling lama 1996, kami buka harganya Rp 7 jutaan. Tapi, lebih banyak yang cari tahun 2000-an. Paut harganya tiap tahun paling tinggi Rp 500.000," aku Wanto.

    Pasar paling banyak mulai tahun 2006. "Banyak yang cari tahun 2006, tapi barangnya tergolong sedikit. Kalau ada, enggak lama nangkring di lapak," aku Wanto yang buka 3 lapak di wilayah berbeda di Jakarta Timur. Ikut nangkring juga dong.


    ===============================================================

    yang berkualitas pasti selalu di cari, sayang tiger gak pernah di upgrade sama honda secara serius
     
  18. carlos_roy_fajarta M V U

    Offline

    Rockstar

    Joined:
    Nov 28, 2008
    Messages:
    43,061
    Trophy Points:
    212
    Ratings:
    +702,612 / -0
    [Info & Tips] Test Ride Piaggio Liberty 150ie, Suspensinya Nyaman Untuk Harian!

    [​IMG]

    Beberapa waktu yang lalu sudah dijajal performa Piaggio Liberty 150 ie lewat sesi first ride. Tapi kok ada yang kurang rasanya kalau tidak benar-benar melakukan pengetesan harian dengan berbagai macam simulasi berkendara.

    Alhasil sebuah Liberty 150 ie diboyong ke kantor redaksi. Tujuannya ya untuk mengenal lebih dalam karakter skubek Italia ini. Yuk, kita kupas satu persatu.

    Desain dan Fitur
    Desainnya berkelas khas Eropa. Tapi tak sedikit juga yang merasa aneh karena bentuknya memang tak lazimnya skubek Jepang kebanyakan yang beredar di tanah air. Urusan yang satu ini kembali ke selera.

    Jujur sepanjang jalanan Jakarta, pertanyaan "ini motor apa" berkali-kali diterima. Alhasil kru redaksi harus sering menjelaskan. Walah, udah kaya salesman Piaggio saja..

    Aura kroom di beberapa bagian seperti lips sein dan head lamp, spion dan ornamen di bodi depan memang menciptakan kesan mewah. Pelek palang 10 nya juga lebih dekat dengan kesan elegan ketimbang sporty.

    Sedang fiturnya sebenarnya tak banyak yang baru. Paling menonjol adalah aplikasi kunci immobilizer. Dengan teknologi ini, sistem pengapian dan anak kunci saling terkoneksi. Tanpa anak kunci yang memiliki kode immobilizer maka sistem pengapian tidak akan berfungsi.


    [​IMG]


    "Meski kunci setang bisa dibobol maling, mesinnya tetap tidak akan bisa hidup," jelas Tommy Pratomo, Service Manager PT Piaggio Indonesia (PI).

    Kenyamanan juga didukung oleh kapasitas bagasi di bawah jok yang lumayan lega. Tapi sayangnya helm half face enggak bisa masuk. Sedang laci di bawah setang juga harus berbagi dengan rumah aki. Bila dibandingkan dengan Vespa LX, ruang bagasi Liberty 150 ie ini masih lebih kecil.

    Oiya, untuk membuka laci di bawah setang caranya mudah tinggal dorong anak kunci kontak kedepan maka secara otomatis akan terbuka. Yang lucu ketika mau membuka jok, rumah kuncinya jadi satu dengan jok, bukan di bodi.

    Handling
    Duduk di atas joknya, langsung terasa kalau alas pantat ini cukup tebal. Tingginya juga wajar, pengendara 160 cm masih bisa menapakan kaki dengan sempurna. Ditambah lagi dengan kontur jok yang bagian sisi sampingnya memiliki sudut lebih ramping.

    Yang agak kurang nyaman adalah posisi setang yang terasa rendah. Buat pengendara jangkung pasti akan sedikit mengganggu. Tapi tenang, dengan adaptasi sebentar lama-lama juga terbiasa.

    Masih soal posisi duduk, untuk boncenger sebenarnya nyaman, karena joknya lebar. Tapi posisi footstep yang terlalu keluar membuat pembonceng harus membuka lebar kakinya, posisi kaki juga jadi lebih keluar ketimbang dek pengendara. Untuk rider harus waspada, hati-hati biar kaki boncenger enggak nyangkut.


    [​IMG]



    Asiknya, suspensi Liberty 150 ie ini tergolong lembut. Redaman guncangan akibat lubang atau jalanan bergelombang masuk kategori baik, pinggang enggak cepat pegal meski berkendara lama.

    Wajar saja, karena sokbraker depan teleskopiknya berdiameter 30 mm, gede kan! Setara motor-motor sport, Honda Tiger saja 31 mm. Sedang suspensi belakang punya empat setelan kekerasan.

    Kombinasi roda 14 inci di belakang dan 15 inci di depan yang dibalut ban tebal tipe tubeless 80/90-15 dan 100/80-14 juga mendukung kenyamanan. Sayangnya ukuran ban 15 inci masih jarang tersedia dipasaran.

    Tapi urusan selap selip di kemacetan memang tidak selincah skubek ber-wheel base pendek seperti Yamaha Xeon atau Honda Vario. Sebagai gantinya, stabilitas saat melaju diatas 80 km/jam lebih anteng.

    Oiya, menikung ke kiri jangan terlalu rebah ya! Standar sampingnya acap kali bergesekan dengan aspal. Hal yang sama juga terjadi ketika melintasi polisi tidur sambil berboncengan.


    ======================================

    alternatif skubek selain buatan jepang
     
  19. carlos_roy_fajarta M V U

    Offline

    Rockstar

    Joined:
    Nov 28, 2008
    Messages:
    43,061
    Trophy Points:
    212
    Ratings:
    +702,612 / -0
    [Info & Tips] Penyebab Harga Injeksi Honda Lebih Murah

    [​IMG]


    Hari ini (23/11), PT Astra Honda Motor (AHM) secara resmi meluncurkan Honda Spacy dan Supra X 125 Helm In berteknologi injeksi bahan bakar PGM-Fi. Hebohnya, harganya cuma terpaut Rp 250 ribu saja bila dibandingkan dengan versi karburator.

    "Sejauh ini injeksi sering dianggap mahal, maka dari itu kami membuat teknologi ini lebih terjangkau," buka Yusuke Hori, Presiden Director, PT AHM.

    "Ini adalah keputusan yang sulit. Tapi keputusan ini akhirnya tetap kami buat agar pasar beralih ke fuel injection," lanjut pria asal Jepang ini.

    Lebih lanjut, Johanes Loman, Vice Presiden Director PT AHM, menyebutkan kalau pihaknya ingin menawarkan dua manfaat langsung, yaitu injeksi PGM-Fi dan U-box helm in dengan harga terjangkau.

    Artinya, Honda Spacy Helm In injeksi ini dilepas Rp 12,8 juta. Sedang Honda Supra X 125 Helm In dilepas Rp 15,85 juta. Keduanya sudah masuk harga on the road Jakarta.

    Injeksi jadi lebih murah!


    Honda Spacy dan Supra X 125 Helm In berteknologi injeksi dijual hanya lebih mahal Rp 250 ribu saja. Jauh lebih terjangkau bila dibandingkan dengan versi terdahulu yang terpaut Rp 1 jutaan. Kenapa bisa lebih murah?

    Ternyata injeksi bahan bakar PGM-Fi step 4 yang dipakai pada kedua motor ini adalah teknologi global yang dirancang khusus untuk sepeda motor berkapasitas mesin kecil. Dipakai di banyak negara tentunya menyebabkan biaya pengembangan dan produksinya jadi lebih ringan.

    "Komponen yang digunakan juga jadi lebih ringkas," jelas Chief Engineer Dept 2 Tech Development Division 2 Motorcycle R&D Center, Honda R&D Co ltd.

    Dua sensor pada perangkat injeksi yaitu MAP dan IAT diganti fungsinya digantikan dengan O2 Sensor dan sebuah sensor di kruk as. Bahkan kedepannya, bisa jadi injeksi Honda akan lebih murah. Kalau sekarang part injeksi banyak didatangkan dari Thailand, kedepannya akan dilokalkan di Indonesia.

    "Tahun ini saja penjualan kami mencapai 4 juta unit. Pada 2013 kebutuhan injeksi Honda akan lebih dari 4 juta unit. Maka akan dilokalkan," jelas Yusuke Hori, Presiden Director PT Astra Honda Motor (AHM). Sesuai target Honda, pada tahun 2013 semua motornya sudah mengadopsi injeksi.

    Selain itu, setting harga yang lebih terjangkau, sekaligus menjadi langkah Honda mendorong konsumen agar beralih ke teknologi injeksi PGM-Fi yang ramah lingkungan.

    "Meski sedikit kami ingin ikut membirukan langit Indonesia," aku Hori.


    ==================================================================

    membirukan dari mana? masi minum bbm juga kan? kecuali bisa jalan pake air
     
  20. carlos_roy_fajarta M V U

    Offline

    Rockstar

    Joined:
    Nov 28, 2008
    Messages:
    43,061
    Trophy Points:
    212
    Ratings:
    +702,612 / -0
    [Info & Tips] Rawat Tombol Sakelar, Semprot Aja!

    [​IMG]


    Sakelar yang di setang seperti rumah tombol lampu utama, lampu sein atau tombol klakson, sekarang modelnya memang lebih bagus. Sebab sudah dirakit dalam satu sangkar. Sehingga bila terjadi kerusakan tinggal ganti satu set dan urusan kembali lancar.

    Tapi, kalau kerjanya mulai seret bikin repot juga sih. Apalagi sakelar enggak bisa dibongkar jeroannya. Akibatnya, jari tangan jadi pada kapalan lantaran sering geser tombol yang terlalu keras tadi.

    Nah, kalau mau gerak tombol sakelar ringan waktu digeser kanan-kiri atau atas-bawah, lancarin saja pakai cairan pembersih kotoran sekaligus pelumas yang banyak dijual di pasaran. Caranya tinggal disempot merata, lalu tunggu sebentar supaya kotoran terurai hingga mudah untuk dibersihkan.

    Jika semprotan pertama sudah bisa mengurai kotoran di dalam rumah sakelar, lakukan penyemprotan kedua dan ketiga untuk menyempurnakan proses pembersihan. Biar hasilnya maksimal, baiknya sih disemprot angin kompresor.

    Angin bertekanan, membuat kotoran hilang dan menyisakan pelumas saja. Di seputar sakelar yang dibersihkan tidak terlihat sisa kotoran.


    ===============================================================

    semprotkan cairan anti karat
     
  21. carlos_roy_fajarta M V U

    Offline

    Rockstar

    Joined:
    Nov 28, 2008
    Messages:
    43,061
    Trophy Points:
    212
    Ratings:
    +702,612 / -0
    [Info & Tips] Test Ride Kawasaki ZX-6R Its Like Heaven n Hell

    [​IMG]


    Berkendara dengan Kawasaki ZX-6R, seperti merasakan neraka dan surga. He..he..he... Tapi, jangan berpikir yang enggak-enggak dulu ya. Itu hanya sebatas kiasan. Dari dua paduan berbeda itu bisa dirasakan dalam satu sensasi sekaligus. Ya, ketika tubuh 178 cm/64 kg ini nyemplak supersports 599cc itu buat aktivitas harian di Ibu Kota.

    Hell atau neraka yang kata-katanya penuh siksaan, tidak ubahnya berkendara pacuan bermesin 4 silinder segaris ini kala menembus kemacetan. Terik matahari, ikut membuat suhu mesin meningkat. Tak salah kalau indikator suhu mesin di spidometer, beranjak hingga 110º celcius. Sedang suhu udara di luar, capai 32º. Akibatnya, tubuh yang mendekap besutan berdimensi (PxLxT) 2.090mm x 705mm x 1.115mm itu ikut mandi keringat.

    Sebenarnya ketika suhu engine capai 100º, extra fan langsung bekerja buat pendinginan mesin. Tapi, ketika berjalan, suhu berangsur turun seiring angin yang masuk ke sela fairing dan radiator.

    Suhu engine pun bisa drop ke 102º. Tetapi, tenang. Batasan overheat di ZX-6R pada suhu 120º lebih. Atau, ketika indikator di spidometer tunjukan tulisan HI. Kalau HI, cukup matikan engine dulu. Baru setelah suhu turun, silakan digeber lagi.

    Rambatan panas dari engine, ikut menghangatkan kedua sisi dalam paha. Itu karena sasis deltabox yang diapit selama berkendara juga ikut hangat. Siksaan lain kala macet, dirasakan telapak tangan.

    Penyebabnya, riding position yang merunduk. Jadi, telapak tangan bakal alami kesemutan juga pegal. Rasanya, ingin sekali turun dan istirahat sejenak.

    Tapi, semua itu berangsur hilang seiring jalan dan kondisi malam hari yang lengang. Semua yang dialami, seakan membawa rider seperti berada di surga.


    [​IMG]
    Lengan ayun diikuti kekerasan sok yang bisa diatur, bikin percaya diri!(kiri atas). Ketemu jalan sepi? Gasss...!(kiri bawah). Deru suara bakal lebih liar jika diikuti pengantian muffler!(kanan)


    Ya, di kala semua terasa indah untuk dinikmati ketika berkendara dengan pacuan senilai Rp 211 juta (on the road Jakarta) ini. Tidak ada pegal tangan berlebih seperti dialami ketika di kemacetan.

    Mulai dari akselerasi hingga kenikmatan berkendara, semua ditawarkan. Menikung dan berakselerasi di kondisi jalan sepi, bikin adrenalin naik. Menunggang ZX-6R, tidak ubahnya berkendara dengan pacuan ber-cc kecil.

    Selap-selip mendahului kendaraan di depan terasa mudah. Untuk berganti jalur atau change line, tidak temui kesulitan meski bobot kosong ZX-6R mencapai 191 kg. Tapi, tentunya diimbangi tubuh buat ikuti pergerakan kemudi dan arah motor.

    Tidak terasa ketika berakselerasi dari gigi satu, kecepatan tembus hingga 130 km/jam. Sedang rpm, baru di 14.000. Setiap perpindahan gigi, roda depan terus terangkat hingga gigi 3. Dan, saat itu kecepatan sudah menunjukkan lebih dari 180 km/jam. Padahal, masih ada 3 gigi lagi tersisa tuh. Ketika roda terangkat pun, stabilizer setang mulai berperan mencegah gelaja goyang berlebih di kemudi.

    Sayangnya, sulit buat mencapai kecepatan lebih dari 240 km/jam di jalan Ibu Kota. Apalagi rem pakem yang ditawarkan dua cakram depan dan kaliper Nissin, membuat lengan dan tubuh harus kuat menopang. Jika tidak, tubuh bakal dilempar jika melakukan pengereman mendadak. So, musti waspada buat buka gas dan pengereman. Terutama, untuk sobat yang baru jajal supersports.


    [​IMG]
    Desain sharp diiringi pencahayan maksimal buat malam


    Sebagai speedgoers alias pecinta kecepatan, berakselerasi pakai ZX-6 seakan membawa diri hingga langit ke-7. Capai kecepatan 0–100 km/jam, cuma butuh 3,9 detik dengan jarak 53,6 meter.

    Tenaga 119 dk/12.500 rpm di ZX-6R, membuat jarak 201 meter ditempuh dalam waktu 7,8 detik di kecepatan 150,2 km/jam. Itu pun, waktu cukup terbuang banyak untuk start dari gigi I, lho. Sebab jika langsung geber, pastinya torsi besar ZX-6 yang capai 66,7 Nm/ 11.800 rpm bakal menghempas tubuh.

    Tidak terasa, keliling Ibu Kota di kondisi jalan yang bervariasi, konsumsi bbm bermain 1 : 15. Setiap 1 liter Pertamax Plus yang dihabiskan, sanggup buat tempuh 15 km. Wajar. Selain 600cc, ZX-6R juga kerap digeber lebih dari 150 km/jam. Usah khawatir, tangki ZX-6R berkapasitas 17 liter. Bikin gak mau turun!


    ================================================================

    wkwkwkwkwkwkwk makan tuh pegel dan panas pas siang2 macet pulak, motor kyk gini cocoknya buat touring malem2... monggo bagi yang kantong nya tebel
     
Thread Status:
Not open for further replies.

About Forum IDWS

IDWS, dari kami yang terbaik-untuk kamu-kamu (the best from us to you) yang lebih dikenal dengan IDWS adalah sebuah forum komunitas lokal yang berdiri sejak 15 April 2007. Dibangun sebagai sarana mediasi dengan rekan-rekan pengguna IDWS dan memberikan terbaik untuk para penduduk internet Indonesia menyajikan berbagai macam topik diskusi.