1. Disarankan registrasi memakai email gmail. Problem reset email maupun registrasi silakan email kami di inquiry@idws.id menggunakan email terkait.
  2. Untuk kamu yang mendapatkan peringatan "Koneksi tidak aman" atau "Your connection is not private" ketika mengakses forum IDWS, bisa cek ke sini yak.
  3. Hai IDWS Mania, buat kamu yang ingin support forum IDWS, bebas iklan, cek hidden post, dan fitur lain.. kamu bisa berdonasi Gatotkaca di sini yaa~
  4. Pengen ganti nama ID atau Plat tambahan? Sekarang bisa loh! Cek infonya di sini yaa!
  5. Pengen belajar jadi staff forum IDWS? Sekarang kamu bisa ajuin Moderator in Trainee loh!. Intip di sini kuy~

Tips [Tips] Kumpulan Tips & Trik Berkendaraan Sepeda Motor

Discussion in 'Otomotif' started by carlos_roy_fajarta, Aug 23, 2010.

Thread Status:
Not open for further replies.
  1. carlos_roy_fajarta M V U

    Offline

    Rockstar

    Joined:
    Nov 28, 2008
    Messages:
    43,061
    Trophy Points:
    212
    Ratings:
    +702,577 / -0
    [Info & Tips] Pasang Kawat Pengaman Part dan Baut, Minimalisasi Celaka

    Sering digeber kencang dan menghasilkan getaran tinggi, part vital di motor balap jadi gampang copot. Mur atau baut pengunci komponen mudah kendur akibat enggak kuat menahan vibrasi.


    Makanya sekarang ini diamankan biar enggak mudah lepas. Cuma pengaman model dulu hanya andalkan lem locktite atau lem karet, sehingga tampilannya kurang menarik dan kadang kotor juga sulit ketika waktu mau dilepas. Padahal tuh komponen termasuk sering dilepas.


    Nah, sekarang ada cara mengamankan mur dan baut yang lebih simple, mudah dan kelihatan rapi. Yaitu dengan menggunakan kawat kecil yang dikepang atau dipilin menggunakan tang khusus. Bahkan trik ini oke juga diaplikasi ke motor harian.

    Lebih jelasnya lihat foto dan tulisan berikut:
    [​IMG]
    Klip Pengunci As Roda
    Biar ban depan atau belakang nggak gampang copot, di motor keluran lama sempat dibikin klip pengaman mur dan baut yang ditancapkan di as roda. Sayangnya sekarang udah enggak ada lagi.

    Cuma biar sudah jarang pakai, kenapa enggak coba dibuat lagi. Toh bermanfaat kok. Seperti dilakukan Mukhtar Widadi, kru mekanik tim Astra Motor Racing yang bikin klip pengaman di as roda depan.

    “Caranya tinggal bikin lubang di ujung ulir as roda pakai mata bor 3 mm sebagai dudukan klip pengunci. Trus biar enggak hilang dan mempermudah bongkar-pasang, klip diikat kawat kecil di dekatnya,” ujarnya.
    [​IMG]
    Pengaman Baut Kaliper
    Motor sangat mengandalkan kemampuan rem depan dibanding belakang untuk menghindari benturan juga memperlambat laju kendaraan. Oleh sebab itu, usahakan peranti cieet yang modelnya terpisah dengan tabung sok depan tidak lepas dari kedudukannya.

    Nah, biar tidak terjadi seperti itu, Hawadis mekanik tim Yamaha Yamalube KYT R9 Tunggal Jaya, cukup mengamankan baut-baut pengikat kaliper agar tidak gampang lepas meskipun motor sedang dipacu.

    “Kalaupun ada baut kendur, kaliper tidak langsung copot. Karena baut masih ditahan lilitan kawat kecil yang diikat berantai ke baut lain dan tersambung ke tabung sok. Jadi, lebih aman,” timpalnya.
    [​IMG]
    Pengaman Baut Sok Belakang
    Selainmur-baut as roda, peredam kejut belakang yang kerjanya cukup berat juga perlu pengaman. Maklum sok belakang cuma diikat baut yang murnya sudah menyatu di dudukannya. Sehingga bila baut kendur, otomasis sok dengan mudah terlepas dari lengan ayun.

    “Bikinnya sama seperti pengaman as roda depan. Cuma kalau buat sok belakang, bagian yang dilubangi kepala bautnya. Trus biar enggak hilang dan gampang bongkar-pasangnya, klip pengaman baut diikat juga pakai kawat ke bawah dudukan sok,” ingat Wiwid yang anak buah Benny Djatiutomo dari Star Motor itu.

    Lantas untuk pengaman mur, anting-anting penyetel ketegangan rantai paling simpel cukup ditahan tie rape di ulirnya.

    [​IMG]
    Gunakan Tang Khusus
    Hampir semua baut dan komponen vital di motor diamankan menggunakan kawat ukuran kecil bermaterial stainless steel yang cukup kuat. Makanya perlu toolkit tambahan biar kawat kecil tadi gampang dipotong juga dimodifikasi.

    Contoh paling gampang, biar kawat makin kuat dan terlihat lebih rapi biasanya dibikin model kepang atau dipilin. Baru deh kawat dililit ke komponen yang diamankan. Trus biar komponen enggak lecet, kawat kepang dilindungi lagi pakai slang.

    Nah, biar gampang memilin atau membuat kepang kawat, “baiknya gunakan tang khusus yang tugasnya memang untuk memilin kawat yang lebih dulu disusun 1 atau 2 lapisan. Terus ujung kawat pasang di pegangan dan ujung satunya dijepit tang pemilin. Siap deh dipakai,” ingat Hawadis.



    ====================================

    wah nice tips & creative :top:
     
  2. Ramasinta Tukang Iklan

  3. carlos_roy_fajarta M V U

    Offline

    Rockstar

    Joined:
    Nov 28, 2008
    Messages:
    43,061
    Trophy Points:
    212
    Ratings:
    +702,577 / -0
    [Info & Tips] Mengenal Fix Kaliper Pada KTM Duke 200, Agar Lebih Pakem

    [​IMG]

    Sistem pengereman bagian depan motor sudah hampir semua mengaplikasi disc brake alias cakram. Tujuannya selain lebih mudah ketika membersihkan, rem cakram cukup akurat untuk mengerem laju sepeda motor. Karena memiliki daya melepaskan panas yang lebih baik dari rem teromol, sehingga lebih pakem.

    Pada prinsipnya, rem cakram itu bekerja dengan cara saling bergesekan antara kampas rem dengan piringan. Jadi, ketika handle rem ditekan, piston rem pada bagian kaliper akan menekan piringan sehingga dapat mengurangi kecepatan.

    Pada sistem pengereman yang mengalikasi cakram itu ada dua jenis kaliper. Pertama, kaliper rem bergerak atau yang sering disebut floating caliper. Peranti ciet jenis ini punya piston pada satu sisi kaliper rem saja, sehingga saat sisi piston menekan kampas rem, tekanan pada sisi kampas rem yang tidak mempunyai piston dihasilkan dari unit kaliper rem yang bergeser pada slide pin.

    Kekurangannya, reaksi rem lebih lambat karena harus menggerakkan unit kaliper rem. Pengereman jenis ini dipakai di motor bebek, sport dan matik lokal. Jenis cakram atau piringan yang dipakai fix karena yang bergerak kiri-kanan kalipernya.

    Sedangkan yang kedua kaliper diam atau tidak bergerak, istilah baratnya fix caliper. Kaliper jenis ini punya piston pada kedua sisi kaliper kampas rem. Sehingga saat piston mendorong hanya kampas rem yang bergerak menjepit cakram rem, lebih cepat reaksinya dibanding jenis kaliper rem bergerak.

    Karena kaliper diam atau fix, maka cakramnya yang floating. Disc atau piringannya yang oblak kiri-kanan. Seperti yang kita lihat di moge atau MotoGP.

    Karena sistem floating disinyalir punya kelemahan, pihak KTM yang baru saja mengeluarkan varian Duke 200 mengaplikasi sistem fix caliper dan fix cakram. Banyak yang bertanya, apakah tidak berisiko bahaya? Kalau piston kaliper macet bisa tidak bergerak cakramnya. Atau ketika cakramnya oleng juga bisa bikin macet. Karena dianggap tidak ada speleng atau toleransi.

    Wing Haryadi, Direktur Teknik KTM Indonesia kasih alasan. “Agar jepitan kampas rem lebih dapat mengcengkram, sehingga efeknya rem akan terasa lebih pakem,” ungkapnya.

    Menganut sistem itu, terdapat empat piston yang berada di dalam kaliper itu. “Selain itu, kelebihan fix kaliper dapat penyaluran oli rem akan lebih maksimal,” jelas Pria yang kantornya berada di Taman Tekno, Blok L1, No. 12 BSD city Tangerang.

    Begitupun cakramnya dibuat rigid alias tanpa floating. Agar benar-benar lebih responsif. Kondisi ideal ketika motor masih baru memang bagus. Tapi, bagaimana paka kalau motor sudah lama?

    Namun kalau melihat harga motornya, harusnya pemakai lebih pandai. Sering memeriksa atau merawat pengereman depan. Piston kaliper tidak boleh macet dan cakram tidak boleh oleng.


    ===============================


    cakram, banyak dan ribet perawatannya :keringat:
     
  4. carlos_roy_fajarta M V U

    Offline

    Rockstar

    Joined:
    Nov 28, 2008
    Messages:
    43,061
    Trophy Points:
    212
    Ratings:
    +702,577 / -0
    [Info] Alasan Ninja 250R Karbu dan Ninja 250 Injeksi Gak Bisa Saling Tukar Knalpot

    [​IMG]

    Setelah resmi dipasarkan dan langsung booming, pemilik Ninja 250 injeksi agak kelimpungan saat hendak ganti knalpot. Pasalnya, knalpot full system-nya tidak bisa saling tukar Ninja 250 injeksi enggak bisa langsung pasang knalpot racing milik Ninja 250R karburator.

    Apesnya lagi, Ninja 250 injeksi terbaru baru pertama kali diluncurkan di Indonesia. Wartawan Jepang aja sampai datang ke Indonesia untuk secara eksklusif mencicipi motor baru Kawasaki ini. Mau tahu kenapa, knalpot keduanya tidak bisa saling tukar? Kita tanya pada salah satu produsen knalpot lokal.

    "Alasannya karena Ninja 250 injeksi yang baru punya crankcase lebih besar," buka Bie Hau, produsen knalpot ProSpeed. Crankcase ini bisa dilihat di bagian kolong mesin. Lebih menonjol keluar. Fungsinya untuk pelumasan yang lebih baik, karenanya juga jumlah oli mesin Ninja 250 injeksi bertambah dari 1,7 liter jadi 2,4 liter.

    "Perubahan ini membuat leher knalpot racing Ninja 250R karbu enggak bisa masuk, harus dibuat lekukan yang berbeda," beber Bie Hau yang mengaku sedang memproduksi knalpot racing baru khusus Ninja 250 injeksi.

    "Nantinya akan ada dua tipe berbeda, ada yang enak torsinya ada juga yang mantab di putaran atas. Semuanya full system," promo pria ramah ini.

    Tak heran bila akhirnya, untuk saat ini lebih banyak knalpot racing Ninja 250 injeksi lokal yang beredar di pasar aksesoris. Merek-merek seperti R9 yang sudah pernah kami tes, klik di sini untuk melihat hasilnya. Juga CLD dan Sportisi Motorsport malah lebih dulu menjajakan knalpot racing anyarnya.


    ================================


    that is the art of making people spend their money more and more :elegan:
     
  5. carlos_roy_fajarta M V U

    Offline

    Rockstar

    Joined:
    Nov 28, 2008
    Messages:
    43,061
    Trophy Points:
    212
    Ratings:
    +702,577 / -0
    [Info & Tips] Ragam Bahan Bakar Racing, For Competition Only

    [​IMG]

    Motor road race dengan kompresi tinggi, butuh nenggak bahan bakar dengan oktan tinggi. Bahan bakar berkategori racing fuel dengan penggunaan For Competition Only alias untuk kompetisi.

    Di Indonesia ada beberapa produsen yang menyediakan bahan bakar khusus ini. Yakni Pertamina dan Elf. Keduanya menjual dengan eceran. Bahkan Pertamina menjual lewat SPBU alias pengisian bahan bakar biasa. Yuk lihat spesifikasi bahan bakar ini, berapa harganya dan cara membelinya.

    PERTAMAX RACING
    PT Pertamina (Persero) menambah metode penjualan Pertamax Racing melalui penjualan dengan outlet dispenser di stasiun pengisian bahan bakar umum (SPBU).

    Direktur Marketing & Trading Pertamina Hanung Budya mengatakan Pertamax Racing outlet ini didesain sesuai pertumbuhan penyelenggaraan balapan.Memerlukan dukungan bahan bakar berkualitas tinggi dengan standar internasional.

    Di Jabodetabek bahan bakar dengan RON minimal 100 tersebut kini disediakan melalui outlet dispenser di dua SPBU. Yaitu SPBU COCO 31.129.02 Kuningan dan SPBU COCO 31.122.40 Pertamax Series di Pondok Indah.

    Pertamax Racing Fuel sebagai Bahan bakar balap mampu menghasilkan daya dan torsi tinggi tanpa menimbulkan detonasi bersifat ramah lingkungan. Didesain untuk kompresi mesin di atas 10:1. Pertamax Racing ini dibanderol dengan harga Rp 35.000 per liter. Harga Pertamax Racing bersifat tentative sesuai perkembangan harga minyak dunia.


    [​IMG]


    AVGAS
    Avgas merupakan bahan bakar yang biasanya digunakan untuk pesawat terbang, Avgas biasa dikenal dengan sebutan bensol. Kadar oktan bensol biru 102 dan bensol hijau 104 ini juga digunakan untuk motor yang sudah spek up alias motor balap.

    Namun, pemakaian bensol tidak akan berpengaruh terhadap motor yang kompresinya masih dibawah 11 : 1. Bila kompresi engine tidak tinggi, malah tenaga bisa drop. Tapi bila digunakan di engine yang memiliki kompresi tinggi, bensol menjadi doping yang paling ampuh bagi motor spek balapan. Makanya Speed Shop yang sering turun didunia balap, juga punya stok bensol dan bahkan dijadikan lahan bisnis yang lumayan menjanjikan.

    Seperti Tomo Speed Shop yang terletak di Jl. Bendungan Jago Raya No. 6-7, Jakarta Pusat. “Kita juga menjual bahan bakar bensol biru yang sering dipakai di motor balap seperti motor drag, 1 liter bensol biru dijual dengan harga Rp 35 ribu, 2 drum dengan kapasitas 400 liter bisa habis terjual dalam jangka waktu 2 minggu,” seru Utomo Zjioe, owner dari Tomo Speed Shop.

    Tapi ingat, karena kadar timbal yang terdapat di bensol sangat tinggi jadi jangan digunakan terlalu sering, akibatnya bisa timbul kerak di dalam ruang silinder. Bayangkan saja, pesawat yang sudah jelas menggunakan bensol saja musti tempuh perawatan pembersihan engine dari kerak menggunakan bahan aditif.


    [​IMG]

    Produsen ELF memiliki 5 kategori racing fuel. Pertama LMS dengan oktan 101,2, WRF dengan angka oktan 101,6, Turbo Evo berangka 102, AVSP oktannya 107 dan paling tinggi Turbo Boost 115. “Dari kelima varian itu, 4 unleaded. Sedangkan satunya Turbo Boost masih menggunakan leaded,” jelas Yuni Dwi Utomo, dari ELF Fuel.

    Yang biasa digunakan untuk balap road road race adalah WRF dan LMS dan AVSP. “Kami dulu ikut mendevelop bareng tim yang diasuh Ibnu Sambodo dan juga Tomy Huang,” tambah Eko Nurwanto, OEM MAnager-PCMO Lubricants yang turut mengembangkan racing fuel ini di awal 2006 lalu.

    Bagi pabrikan sendiri, menurut Eko, bisa membuat bahan bakar dengan nilai oktan yang sangat tinggi. Namun demikian hal ini akan mubazir, karena terkait dengan kebutuhan akan sirkuit juga daya tahan material motor. “Pernah di tes ELF Racing Fuel dengan oktan sangat tinggi di salah satu motor road race. Mesinnya rontok,” ungkapnya.

    Untuk membeli ELF Racing Fuel memang tidak mudah. Sebab, bahan bakar ini diperuntukan khusus. Harganya Rp 85 ribu per liter. Untuk ELF Racing Fuel dijual dengan satu drum berukuran 50 liter lewat distributor tunggal, Rizal Sungkar.



    SETING MESIN
    Bahan bakar yang dipakai buat motor spek balap atau korek harian banyak macamnya. Adanya yang pakai Pertamax Plus, bensol hijau atau biru bahkan gunakan racing fuel yang kini banyak dijajakan prosuden dalam negeri maupun importer umum. Misalkan saja Pertamax Plus yang punya angka oktan 95. Di atas itu ada bensol biru dan hijau dengan nilai oktan 102 dan 104. Sedangkan racing fuel yang kini banyak dijual di pasaran, angka oktannya sama dengan bensol. “Misalkan untuk produk racing fuel merek Elf, angka oktannya tersedia mulai dari dari 101 sampai 115,” ujar Hasyim Sonedi mekanik tim AHRS.

    “Karena perbedaan angka oktan, otomatis mesti disesuaikan dengan cara menyeting ulang perbandingan kompresi dan timing pengapian. “Kalau tidak, hasil pembakaran mungkin sempurna,” ingat Andi Ope Makhrizal, mekanik tim Astra Motor Racing Team.

    Sebagai patokan, bensin dengan angka oktan lebih rendah idealnya seting kompresi lebih rendah juga. Misal Pertamax Plus 95, idealnya seting perbandingan kompresi ruang bakar kurang lebih 11,1 : 1. Lalu Bensol oktan 102, bisa pakai perbandingan kompresi sekitar 13,1:1. Kalau yang angka oktannya sampai 107, kompresi bisa didongkrak hingga 14,1:1. Tapi, hal itu jarang dilakukan demi mengejar daya tahan mesin.


    ========================


    yg buat balap emang beda :keringat:
     
  6. carlos_roy_fajarta M V U

    Offline

    Rockstar

    Joined:
    Nov 28, 2008
    Messages:
    43,061
    Trophy Points:
    212
    Ratings:
    +702,577 / -0
    [Info & Tips] Trik Pasang Knalpot Slip On Ninja 250R Karbu di Ninja 250 Injeksi

    [​IMG]


    Ini trik buat pemilik Ninja 250 injeksi yang tetap ngotot pasang knalpot impor di motornya. Karena belum ada tipe full system. Solusinya baru bisa sebatas pasang knalpot slip on dari knalpot Ninja 250R karbu. Kalau knalpot yang hanya silencer ini saja, di pasaran ada banyak merek. Mulai dari Akrapovic, Yoshimura, Two Brothers hingga Termignoni dan banyak lagi.

    “Mau gimana lagi? Sekarang ini belum ada knalpot Ninja 250 injeksi branded yang full system. Karena motor ini pertama meluncur dan mengaspal di Indonesia,” buka Amir mekanik Jiester Modification Shop sambil menunjukan cara pasang knalpot slip on ini.


    [​IMG]


    Tapi yang harus diperhatikan adalah enggak bisa langsung pasang. Harus ada sedikit penyesuaian! Yang pasti harus merelakan ujung pipa knalpot standar kena potong.

    "Ujung pipa knalpot standar motor kena potong, kira-kira 5 sampai 8 cm aja,” tambah Amir sambil menjelaskan langkah ini diambil agar knalpot tidak terlalu panjang dan bisa terpasang dengan sempurna.


    [​IMG]
    Potong-potong sedikit di ujung knalpotnya.


    Pada knalpot slip on ini dilengkapi dengan pipa yang berfungsi sebagai penghubung antara pipa knalpot standar dengan silencer branded ini. Nah, pipa ini juga harus dipotong sedikit. "Pipa penghubung yang ada coakannya harus dipotong supaya posisi knalpot terlihat lebih pantas dan gak terlalu kepanjangan," jelasnya.

    "Sedangkan coakannya dibikin ulang supaya bisa menggigit kuat dan gak bocor saat dipasang. Supaya lebih aman dan enggak berubah posisinya, gunakan klem untuk mengunci sambungan knalpotnya.” tutup Amir. Gampangkan!


    ======================================

    mending yg full system aja :iii:
     
  7. carlos_roy_fajarta M V U

    Offline

    Rockstar

    Joined:
    Nov 28, 2008
    Messages:
    43,061
    Trophy Points:
    212
    Ratings:
    +702,577 / -0
    [Info & Tips] Knalpot Nassert Beet Full System Untuk Ninja 250 Injeksi

    [​IMG]

    Di antara serbuan knalpot racing full system lokal untuk Ninja 250 injeksi, ada satu knalpot racing import yang siap dipinang. Mereknya Nassert Beet yang sudah didesain komplit dari leher hingga silencer.

    Knalpot yang dikembangkan langsung dengan dukungan pabrikan Kawasaki ini terbuat dari bahan full titanium.

    "Knalpot ini juga sedikit unik warna kebiruan. Warna birunya akan terlihat redup jika knalpot pada kondisi panas, tapi pada saat knalpot sudah dingin warna birunya akan terlihat mengkilat,” promo Marsel dari Jiester MotoModification Shop yang bisa dihubungi lewat 021-5349360.

    Nah, gak perlu bingung lagi jika sobat ingin knalpot branded full system untuk Ninja 250 injeksi. Kalau berminat, siapkan uang Rp 13 juta untuk membawanya pulang.


    ============================================


    waw 13 juta :gembel:
     
  8. carlos_roy_fajarta M V U

    Offline

    Rockstar

    Joined:
    Nov 28, 2008
    Messages:
    43,061
    Trophy Points:
    212
    Ratings:
    +702,577 / -0
    [Info & Tips] Pasang Kipro-X, Bikin Lampu Lebih Terang

    [​IMG]


    Banyak cara dilakukan agar cahaya lampu lebih terang. Paling sederhana ganti bohlam dan bersihkan mika biar kinclong. Ada yang ubah lilitan sepul AC jadi DC.

    Tentunya trik ini tak semua berhasil sempurna. Melihat kondisi ini, Bintang Racing Team coba kasih solusi dengan melempar produk regulator atau kiprok yang katanya bisa meningkatkan intensitas cahaya lampu. Produk merek Kipro-X ini dibuat untuk semua motor kelistrikan AC.



    [​IMG]



    “Kami ingin memberi solusi terbaik juga ekonomis. Kipro-X yang dijual seharga Rp 85 ribu plus garansi 1 tahun, bisa bikin cahaya lampu 2 kali lebih terang,” ujar Heriyanto, staff technical dari PT Trimentari Niaga di Jl. Mayor Oking, Cibinong.

    Nah, yang jadi pertanyaan pembaca Em-Plus yang nyandar di redaksi, kenapa kiprok yang katanya cuma bisa membatasi tegangan dan dari sepul kok bisa bikin terang lampu? Apakah hal tersebut juga bisa bikin arus listrik ke aki tambah besar pula?

    “Kipro-X yang design dan komponenya didukung oleh NXP Philips component. Hanya bisa meningktakan intensitas cahaya dari 340 LUX jadi 750 LUX dengan merancang salah satu peranti di dalamnya. Tapi, tidak membesarkan arus setrum ke aki. Makanya tersedia untuk semua motor dan tidak akan merusak aki,” lanjutnya.

    Tapi, yang perlu diingat dalam hal ini, dengan menggunakan part ini usahakan jangan sampai menukar ukuran bohlam yang lebih kecil. Katanya sih gampang putus karena kelebihan arus juga tegangan.



    ===============================


    mirip kiprok nya tiger :hmm:
     
  9. carlos_roy_fajarta M V U

    Offline

    Rockstar

    Joined:
    Nov 28, 2008
    Messages:
    43,061
    Trophy Points:
    212
    Ratings:
    +702,577 / -0
    [Info & Tips] Waspada Per Kampas Rem Putus, Putaran Ban Berat dan Berisik

    [​IMG]


    Lagi enak meluncur, jangan kaget di motor ada suara ‘trak!!!’ diikuti lambatnya kecepatan motor. Begitu cek roda belakang, dapat dirasakan putaran roda berat disertai suara gesekan keras. Kadang motor enggak mau jalan dan mesti mundur dulu jika ingin lancar.

    Kejadian ini dialami Em-Plus saat melakukan perjalanan liputan. Mungkin pernah juga dialamai biker lain dan beranggapan kalau laher roda rusak.

    Anehnya, begitu sampai di bengkel dan dicek terdeteksi salah satu per kampas rem belakang putus. Lalu sisa patahan tersangkut di teromol. Makanya timbul suara patahan dan gesekan.



    [​IMG]


    “Pantas kalau tuas rem belakang ditekan agak keras dan baliknya lambat. Ternyata salah satu pegas kampas rem patah dan nyangkut di kampas. Mungkin materialnya jelek dan sering kena beban tarik saat tuas ditekan makanya bisa putus. Jadi, masalah bukan dari laher roda,” ujar Nurdin Fajar Hidayat alias Udin, mekanik Elza Motor.

    Udin memaparkan kalau pegas kampas rem sebetulnya jarang putus dan kasusnya langka. Namun ini bisa jadi pelajaran buat pemilik motor untuk mengenal ciri-ciri, gejala juga apa saja masalah yang ditimbulkan.

    “Kalau benar patah, susah cari gantinya kecuali beli kampas rem baru. Tapi, beberapa bengkel atau toko spare part ada yang jual kok. Atau pakai bekas dari yang ganti kampas,” ingat Udin dari Jl. Lebak Bulus Raya, No. 111, Lebak Bulus, Jakarta Selatan.


    =====================================


    beli aja per nya doang :lalala:
     
  10. carlos_roy_fajarta M V U

    Offline

    Rockstar

    Joined:
    Nov 28, 2008
    Messages:
    43,061
    Trophy Points:
    212
    Ratings:
    +702,577 / -0
    [Info & Tips] Pelek Kawahara, Material Aluminium Seri 7116

    [​IMG]

    Salah satu produk racing yang dikenal pembalap dan bikers adalah merek Kawahara. Merek keluaran JP Racing ini memang identik dengan matic. Tapi, kalau untuk pelek sama saja antara matic dan motor bebek.

    Nih produk Kawahara yang bisa masuk daftar belanja ini kali. Pelek aluminium 17 inci. Katanya bahan aluminium yang dipakai seri 7116. "Itu artinya aluminium yang keras dan kuat," jelas Jessy Liga Siswanto alias Coki, juragan Kawahara. Itu kata Coki, lho. Bukan kata Em-Plus.

    Tersedia 4 ukuran lebar, 1,20, 1,40, 1,60 dan 1,85 inci. Tampilannya makin yahud dengan warna yang tersedia, merah, krom, titan, gold dan hitam. Soal harga, beda-beda tiap ukurannya. Untuk lebar 1,20 Rp 230 ribu, lebar 1,40 Rp 250 ribu, lebar 1,60 Rp 270 ribu dan lebar 1,85 Rp 310 ribu.

    Yang mau lihat bisa jadwalkan buat geber tunggangan ke JP Racing di Jl. Cendrawasih No. 6 EF, Kampung Sawah, Bintaro, Tangerang Selatan. Tapi, kalau sibuk dan penasaran mau tanya-tanya komplet soal pelek ini telepon dulu ke (021) 744-0667, pasti dapat tanggapan. Yuk cas cis cus...


    =====================================


    anti penyok kah? :obhehe:
     
  11. carlos_roy_fajarta M V U

    Offline

    Rockstar

    Joined:
    Nov 28, 2008
    Messages:
    43,061
    Trophy Points:
    212
    Ratings:
    +702,577 / -0
    [Info & Tips] Pasang Lampu Watt Lebih Besar di Honda Vario Techno 125 PGM-FI

    [​IMG]

    Biar pancaran cahaya lampu motor kesayangan lebih terang, tak sedikit dari sobat bikers yang kerap melakukan penggantian bohlam. Menggunakan daya atau watt lebih besar dari ukuran standar.

    Mungkin, tujuannya buat melihat kondisi jalan lebih jelas. Maklum, karena enggak semua jalan yang dilalui mulus meskipun lintasan itu aspal. Kadang permukaan itu bergelombang atau ada lubang yang menganga.

    Jadi, sedikit mencegah resiko kecelakaan atau terjatuh ketika berkendara. Maka itu, bulb alias bohlam standar berkekuatan 25 watt diganti pakai yang ukuran 35 watt. Tapi, apakah bisa hal semacam itu bisa dilakukan di varian alias motor injeksi?

    Sebab tak sedikit juga pertanyaan yang hadir ke redaksi dan bertanya soal penggantian lampu di motor bersistem bahan bakar injeksi. Misalnya pertanyaan dari Yaomul Sho’im Faturokhman di grup Facebook MOTOR Plus Reader. “Pake lampu Osram Cool Blue 35 watt untuk Honda Vario Techno 125 PGM-FI. Kira aman enggak ya. Termasuk reflektornya,” tanya Fatur.

    "Penggantian lampu dengan daya lebih besar bisa saja. Asalkan masih dalam batas toleransi,” ungkap Sarwono Edhi, Technical Training Development PT Astra Honda Motor (AHM).

    Misalnya dari lampu standarnya 25 watt, kini memasang bohlam 35 watt. Ini yang perlu diperhatikan. Ya, soal kapasitas bohlam pengganti itu. Jangan juga terlalu besar. Sebab jika terlalu besar, akan berpengaruh kepada pengisian aki alias baterai motor nantinya.


    [​IMG]


    Dengan pemakaian bulb yang 35 watt dari standarnya yang 25 watt, setelah diukur, pengisian aki hanya akan turun sekitar 0,1 volt. “Angka itu masih dalam batas toleransi,” timpal Edhi, sapaan karib pria ramah yang berkantor di Gedung Astra Honda Training Center (AHTC) di Sunter, Jakarta Utara itu.

    Lain hal jika modifikasi dengan penggunaan lampu tipe HID. Pastinya, daya aki akan terkuras lebih banyak. Sedang pemasukan arus alias pengisian arus yang masuk ke aki tidak setimpal dengan pengeluaran. Itu yang disebut tekor! Iya, sama seperti peribahasa yang berkata besar pasak daripada tiang.Borossss....

    Lain lagi jika memakai bohlam yang masih masuk dalam batas toleransi. Karena meski pengisian turun, tapi pemakaian lampu ini tak membuat aki jadi tekor. Tapi, kalau bicara soal pendaran cahaya, lampu 35 watt membuat pancaran cahaya menjadi lebih terang. Terangnya, sekitar 30 persen lebih terang ketimbang pakai bohlam 25 watt.

    Oh ya! Meski lampu cukup terang, tetapi ada yang perlu diperhatikan. Karena lebih terang, reflektor jadi lebih cepat panas. Maka itu, selain dari kondisi pengisian yang turun, faktor reflektor juga perlu dipertimbangkan.

    Efek pancaran sinar yang lebih terang, bisa saja membuat reflektor jadi cepat aus. Lapisan krom yang ada di reflektor menjadi lebih cepat pudar.

    Begitunya jika tetap ingin mengganti lampu yang berdaya lebih besar, baiknya perhatikan bulb. Pilih yang cahayanya tidak menyebar dan tetap fokus. Dan juga, pendaran cahaya yang dihasilkan tetap sempurna.

    Sip deh! Aman.


    ===============================


    intinya setiap penggantian bulb yg lebih besar, pasti ada efek negativenya, standar aja udah terang kok :top:
     
  12. carlos_roy_fajarta M V U

    Offline

    Rockstar

    Joined:
    Nov 28, 2008
    Messages:
    43,061
    Trophy Points:
    212
    Ratings:
    +702,577 / -0
    [Info & Tips] Motor Honda Paling Disukai Wanita

    [​IMG]


    Jakarta - Apa motor-motor yang kini tengah digandrungi kaum hawa? Survei terhadap 2.150 wanita menyebutkan mereka lebih menyukai motor Honda.

    Setidaknya itu hasil penelitian lembaga riset pemasaran MarkPlus Insight dan Majalah Marketeers.

    Riset terhadap konsumen wanita Indonesia ini dilakukan oleh MarkPlus Insight dengan menggunakan metode kuantitatif secara multi-stage random sampling.

    Para responden wanita ini berusia 16-50 tahun di sepuluh kota, yaitu Jakarta, Bandung, Semarang, Surabaya, Medan, Makassar, Denpasar, Palembang, Pekanbaru, dan Banjarmasin.

    Pada tahun ini survei difokuskan pada tema spending behavior dengan berupaya menggali insight lebih dalam melalui metode kualitatif menggunakan Focus Group Discussion

    Dari sisi produk, sepeda motor Honda dikenal masyarakat sebagai produk stylish, modern, powerfull, hemat bahan bakar dan ramah lingkungan serta memiliki fitur safety terlengkap di kelasnya.

    Dari sisi layanan purna jual, Honda dikenal masyarakat memiliki jaringan terluas yang mampu menjangkau hampir semua wilayah di Tanah Air.

    "Ini mencerminkan tingginya kepercayaan masyarakat terutama kaum wanita terhadap merek Honda baik produk sepeda motornya maupun layanan purna jualnya," komentar Head of Corporate Communication PT Astra Honda Motor (AHM) Kristanto di Jakarta, Kamis (13/9/2012).


    =========================================


    itulah honda, mengutamakan spare part & service yg baik :top:
     
Thread Status:
Not open for further replies.

About Forum IDWS

IDWS, dari kami yang terbaik-untuk kamu-kamu (the best from us to you) yang lebih dikenal dengan IDWS adalah sebuah forum komunitas lokal yang berdiri sejak 15 April 2007. Dibangun sebagai sarana mediasi dengan rekan-rekan pengguna IDWS dan memberikan terbaik untuk para penduduk internet Indonesia menyajikan berbagai macam topik diskusi.