1. Hai IDWS Mania, buat kamu yang ingin bebas iklan, cek hidden post, dan fitur lain.. kamu bisa berdonasi membership Gatotkaca di sini yaa~
  2. Silahkan Login atau Register, untuk melihat konten-konten menarik lainnya.
  3. Pengen ganti nama ID atau Plat tambahan? Sekarang bisa loh! Cek infonya di sini yaa!
  4. Ungkapin kenangan film Asia paling berkesan buatmu. Berhadiah GK, Pulsa, dan Line Gift Sticker loh! .Klik info lengkapnya di sini, kuy~.
  5. Tim staff IDWS mengajak dan memberikan kesempatan IDWS Mania bergabung dalam tim staff komunitas forum IDWS nih. Klik untuk info lengkapnya yuk~
  6. Pengen belajar jadi staff forum IDWS? Sekaran kamu bisa ajuin Moderator in Trainee loh!. Intip di sini kuy~

Tiga karung Beras

Discussion in 'Motivasi & Inspirasi' started by One_D, Dec 24, 2008.

Thread Status:
Not open for further replies.
  1. One_D M V U

    Offline

    Lurking Around

    Joined:
    Jul 27, 2008
    Messages:
    919
    Trophy Points:
    66
    Ratings:
    +147 / -0
    Tiga Karung Beras

    Ini adalah makanan yang tidak bisa dibeli dengan uang. Kisah ini
    adalah kisah nyata sebuah keluarga yang sangat miskin, yang memiliki
    seorang anak laki-laki. Ayahnya sudah meninggal dunia, tinggalah ibu
    dan anak laki-lakinya untuk saling menopang.

    Ibunya bersusah payah seorang membesarkan anaknya, saat itu kampung
    tersebut belum memiliki listrik. Saat membaca buku, sang anak
    tersebut diterangi sinar lampu minyak, sedangkan ibunya dengan penuh
    kasih menjahitkan baju untuk sang anak.

    Saat memasuki musim gugur, sang anak memasuki sekolah menengah atas.

    Tetapi justru saat itulah ibunya menderita penyakit rematik yang
    parah sehingga tidak bisa lagi bekerja disawah.

    Saat itu setiap bulannya murid-murid diharuskan membawa tiga puluh
    kg beras untuk dibawa kekantin sekolah. Sang anak mengerti bahwa
    ibuya tidak mungkin bisa memberikan tiga puluh kg beras tersebut.

    Dan kemudian berkata kepada ibunya: " Ma, saya mau berhenti sekolah
    dan membantu mama bekerja disawah". Ibunya mengelus kepala anaknya
    dan berkata : "Kamu memiliki niat seperti itu mama sudah senang
    sekali tetapi kamu harus tetap sekolah. Jangan khawatir, kalau mama
    sudah melahirkan kamu, pasti bisa merawat dan menjaga kamu. Cepatlah
    pergi daftarkan kesekolah nanti berasnya mama yang akan bawa kesana".

    Karena sang anak tetap bersikeras tidak mau mendaftarkan kesekolah,
    mamanya menampar sang anak tersebut. Dan ini adalah pertama kalinya
    sang anak ini dipukul oleh mamanya.

    Sang anak akhirnya pergi juga kesekolah. Sang ibunya terus berpikir
    dan merenung dalam hati sambil melihat bayangan anaknya yang pergi
    menjauh.

    Tak berapa lama, dengan terpincang-pincang dan nafas tergesa-gesa
    Ibunya datang kekantin sekolah dan menurunkan sekantong beras dari
    bahunya.

    pengawas yang bertanggung jawab menimbang beras dan membuka
    kantongnya dan mengambil segenggam beras lalu menimbangnya dan
    berkata : " Kalian para wali murid selalu suka mengambil keuntungan
    kecil, kalian lihat, disini isinya campuran beras dan gabah. Jadi
    kalian kira kantin saya ini tempat penampungan beras campuran". Sang
    ibu ini pun malu dan berkali-kali meminta maaf kepada ibu pengawas
    tersebut.

    Awal Bulan berikutnya ibu memikul sekantong beras dan masuk kedalam
    kantin. Ibu pengawas seperti biasanya mengambil sekantong beras dari
    kantong tersebut dan melihat. Masih dengan alis yang mengerut dan
    berkata: "Masih dengan beras yang sama". Pengawas itupun berpikir,
    apakah kemarin itu dia belum berpesan dengan Ibu ini dan kemudian
    berkata : "Tak perduli beras apapun yang Ibu berikan kami akan
    terima tapi jenisnya harus dipisah jangan dicampur bersama, kalau
    tidak maka beras yang dimasak tidak bisa matang sempurna.

    Selanjutnya kalau begini lagi, maka saya tidak bisa menerimanya" .

    Sang ibu sedikit takut dan berkata : "Ibu pengawas, beras dirumah
    kami semuanya seperti ini jadi bagaimana? Pengawas itu pun tidak mau
    tahu dan berkata : "Ibu punya berapa hektar tanah sehingga bisa
    menanam bermacam- macam jenis beras". Menerima pertanyaan seperti
    itu sang ibu tersebut akhirnya tidak berani berkata apa-apa lagi.

    Awal bulan ketiga, sang ibu datang kembali kesekolah. Sang pengawas
    kembali marah besar dengan kata-kata kasar dan berkata: "Kamu
    sebagai mama kenapa begitu keras kepala, kenapa masih tetap membawa
    beras yang sama. Bawa pulang saja berasmu itu !".

    Dengan berlinang air mata sang ibu pun berlutut di depan pengawas
    tersebut dan berkata: "Maafkan saya bu, sebenarnya beras ini saya
    dapat dari mengemis". Setelah mendengar kata sang ibu, pengawas itu
    kaget dan tidak bisa berkata apa-apa lagi. Sang ibu tersebut
    akhirnya duduk diatas lantai, menggulung celananya dan
    memperlihatkan kakinya yang sudah mengeras dan membengkak.

    Sang ibu tersebut menghapus air mata dan berkata: "Saya menderita
    rematik stadium terakhir, bahkan untuk berjalan pun susah, apalagi
    untuk bercocok tanam. Anakku sangat mengerti kondisiku dan mau
    berhenti sekolah untuk membantuku bekerja disawah. Tapi saya
    melarang dan menyuruhnya bersekolah lagi."

    Selama ini dia tidak memberi tahu sanak saudaranya yang ada
    dikampung sebelah. Lebih-lebih takut melukai harga diri anaknya.

    Setiap hari pagi-pagi buta dengan kantong kosong dan bantuan tongkat
    pergi kekampung sebelah untuk mengemis. Sampai hari sudah gelap
    pelan-pelan kembali kekampung sendiri. Sampai pada awal bulan semua
    beras yang terkumpul diserahkan kesekolah.

    Pada saat sang ibu bercerita, secara tidak sadar air mata Pengawas
    itupun mulai mengalir, kemudian mengangkat ibu tersebut dari lantai
    dan berkata: "Bu sekarang saya akan melapor kepada kepala sekolah,
    supaya bisa diberikan sumbangan untuk keluarga ibu." Sang ibu buru-
    buru menolak dan berkata: "Jangan, kalau anakku tahu ibunya pergi
    mengemis untuk sekolah anaknya, maka itu akan menghancurkan harga
    dirinya. Dan itu akan mengganggu sekolahnya. Saya sangat terharu
    dengan kebaikan hati ibu pengawas, tetapi tolong ibu bisa menjaga
    rahasia ini."

    Akhirnya masalah ini diketahui juga oleh kepala sekolah. Secara diam-
    diam kepala sekolah membebaskan biaya sekolah dan biaya hidup anak
    tersebut selama tiga tahun. Setelah Tiga tahun kemudian, sang anak
    tersebut lulus masuk ke perguruan tinggi qing hua dengan nilai 627
    point.

    Dihari perpisahan sekolah, kepala sekolah sengaja mengundang ibu
    dari anak ini duduk diatas tempat duduk utama. Ibu ini merasa aneh,
    begitu banyak murid yang mendapat nilai tinggi, tetapi mengapa hanya
    ibu ini yang diundang. Yang lebih aneh lagi disana masih terdapat
    tiga kantong beras.

    Pengawas sekolah tersebut akhirnya maju kedepan dan menceritakan
    kisah sang ibu ini yang mengemis beras demi anaknya bersekolah.

    Kepala sekolah pun menunjukkan tiga kantong beras itu dengan penuh
    haru dan berkata : "Inilah sang ibu dalam cerita tadi."

    Dan mempersilakan sang ibu tersebut yang sangat luar biasa untuk
    naik keatas mimbar.

    Anak dari sang ibu tersebut dengan ragu-ragu melihat kebelakang dan
    melihat gurunya menuntun mamanya berjalan keatas mimbar. Sang ibu
    dan sang anakpun saling bertatapan. Pandangan mama yang hangat dan
    lembut kepada anaknya. Akhirnya sang anak pun memeluk dan merangkul
    erat mamanya dan berkata: "Oh Mamaku...... ......... ...

    Inti dari Cerita ini adalah:

    Pepatah mengatakan: "Kasih ibu sepanjang masa, sepanjang jaman dan
    sepanjang kenangan" Inilah kasih seorang mama yang terus dan terus
    memberi kepada anaknya tak mengharapkan kembali dari sang anak. Hati
    mulia seorang mama demi menghidupi sang anak berkerja tak kenal
    lelah dengan satu harapan sang anak mendapatkan kebahagian serta
    sukses dimasa depannya. Mulai sekarang, katakanlah kepada mama
    dimanapun mama kita berada dengan satu kalimat: " Terimakasih Mama..
    Aku Mencintaimu, Aku Mengasihimu. .. selamanya".
     
    • Like Like x 5
    • Thanks Thanks x 1
  2. Ramasinta Tukang Iklan





  3. flippin CO-ADMIN
    Music Enthusiast

    Offline

    Music Co-Admin

    Joined:
    Nov 5, 2008
    Messages:
    5,068
    Trophy Points:
    236
    Gender:
    Male
    Ratings:
    +27,551 / -8
    nice nice very nice ..
    :top:

    sampe ngembeng w ..
    tuh dah cendol w kasih ..
     
  4. tiiinaaa M V U

    Offline

    Lurking Around

    Joined:
    Aug 8, 2008
    Messages:
    761
    Trophy Points:
    156
    Ratings:
    +4,851 / -0
    :onion-10:

    cRt mNgHaRukn lg ttg mama.........

    g ga bs bRsikp manis ma ma2,
    mo pRhtian pun ga bs lemh lembut>.<

    tp dLm hti sayank bgt ma ma2....
    Lop u:kiss:



    nice post bRooo:top:
     
  5. One_D M V U

    Offline

    Lurking Around

    Joined:
    Jul 27, 2008
    Messages:
    919
    Trophy Points:
    66
    Ratings:
    +147 / -0
    sundul lage ah cerita bagus ini hehe
     
  6. zeru150r M V U

    Offline

    Beginner

    Joined:
    Sep 17, 2008
    Messages:
    365
    Trophy Points:
    141
    Ratings:
    +3,089 / -0
    duhh crita ttg nyokap...
    pasti nyentuh gw bgt nehh kalo ada apa2 ttg nyokap / ibu2...

    thx bro...
    nice post...
     
  7. One_D M V U

    Offline

    Lurking Around

    Joined:
    Jul 27, 2008
    Messages:
    919
    Trophy Points:
    66
    Ratings:
    +147 / -0
    gw sendiri jg terharu bgt baca cerita ini n buat gw terinspirasi n menampar gw kalo inget dolo pernah jahat sama mama..
     
  8. bHell M V U

    Offline

    Senpai

    Joined:
    Jul 19, 2008
    Messages:
    5,246
    Trophy Points:
    212
    Gender:
    Male
    Ratings:
    +43,242 / -0
    wah,, bikin gw berkaca2 aj loh ni siang... [​IMG]
     
  9. chays M V U

    Offline

    Beginner

    Joined:
    Oct 22, 2008
    Messages:
    210
    Trophy Points:
    72
    Ratings:
    +49 / -0
    HUAAAAAAA...:onion-38::onion-38: :onion-32:
    Bikin kangen ma Ibu gw neh..
    untung aja kemaren hari sempet bilang met hari ibu..
    :onion-76:
     
  10. One_D M V U

    Offline

    Lurking Around

    Joined:
    Jul 27, 2008
    Messages:
    919
    Trophy Points:
    66
    Ratings:
    +147 / -0
    hehehe
    mank kalo malam doank yg bole berkaca2
     
  11. reyayanami Members

    Offline

    Silent Reader

    Joined:
    Aug 9, 2008
    Messages:
    12
    Trophy Points:
    1
    Ratings:
    +1 / -0
    hiks................. menyentuh banget........... ampe mata gw kelilipan

    love you mom :em0400:
     
  12. One_D M V U

    Offline

    Lurking Around

    Joined:
    Jul 27, 2008
    Messages:
    919
    Trophy Points:
    66
    Ratings:
    +147 / -0
    gak ada yg bs gantiin ortu kita apalagi mama yg ud ngelahirin..:onion-51:
     
  13. Kathzero Members

    Offline

    Silent Reader

    Joined:
    Dec 26, 2008
    Messages:
    84
    Trophy Points:
    6
    Ratings:
    +8 / -0
    iya sih.. setiap ortu pasti punya cara tersendiri agar anaknya juga seneng dan bahagia..
     
  14. princess M V U

    Offline

    Beginner

    Joined:
    Apr 30, 2008
    Messages:
    437
    Trophy Points:
    66
    Ratings:
    +160 / -0
    waaaaaaaaaaaa
    mengharukan banget... >.<
    nice post.....
     
  15. One_D M V U

    Offline

    Lurking Around

    Joined:
    Jul 27, 2008
    Messages:
    919
    Trophy Points:
    66
    Ratings:
    +147 / -0
    iya..gak kalah mengharukan dari shi sang che you mama hau..
     
  16. One_D M V U

    Offline

    Lurking Around

    Joined:
    Jul 27, 2008
    Messages:
    919
    Trophy Points:
    66
    Ratings:
    +147 / -0
  17. love2kill Members

    Offline

    Silent Reader

    Joined:
    Aug 24, 2009
    Messages:
    111
    Trophy Points:
    16
    Ratings:
    +11 / -0
    nice story.. touching..
     
  18. JiLL_DyiNgDreSS M V U

    Offline

    Beginner

    Joined:
    Aug 24, 2009
    Messages:
    257
    Trophy Points:
    56
    Ratings:
    +2 / -0
    sama bgt ama gw nih .. knp sih gw ga bs halus dpn dy :onion-51:

    tp gw ga akn prnh berhenti utk sayang n mencoba halus sm dy:onion-86:
     
  19. Ziedrich M V U

    Offline

    Post Hunter

    Joined:
    Apr 30, 2009
    Messages:
    3,291
    Trophy Points:
    176
    Ratings:
    +2,234 / -0
    top markotop..
    tap sumantap.. :haha:
    nice story bang..
     
  20. dianutami87 M V U

    Offline

    Lurking Around

    Joined:
    Jan 21, 2009
    Messages:
    895
    Trophy Points:
    111
    Ratings:
    +475 / -0
    Ceritanya mengharukan... :onion-92:
     
  21. experience27 M V U

    Offline

    Senpai

    Joined:
    Feb 23, 2009
    Messages:
    8,569
    Trophy Points:
    227
    Ratings:
    +5,873 / -0
    gila gw baca langsung pengen telpon nyokap..
    T-T
     
Thread Status:
Not open for further replies.

Share This Page

About Forum IDWS

IDWS, dari kami yang terbaik-untuk kamu-kamu (the best from us to you) yang lebih dikenal dengan IDWS adalah sebuah forum komunitas lokal yang berdiri sejak 15 April 2007. Di bangun sebagai sarana mediasi dengan rekan-rekan pengguna IDWS dan memberikan terbaik untuk para penduduk internet Indonesia menyajikan berbagai macam topik diskusi.