1. Silahkan Login atau Register, untuk melihat konten-konten menarik lainnya.
  2. Hai IDWS Mania, buat kamu yang ingin bebas iklan, cek hidden post, dan fitur lain.. kamu bisa berdonasi membership Gatotkaca di sini yaa~
  3. Pengen ganti nama ID atau Plat tambahan? Sekarang bisa loh! Cek infonya di sini yaa!
  4. Pengen belajar jadi staff forum IDWS? Sekaran kamu bisa ajuin Moderator in Trainee loh!. Intip di sini kuy~

Ternyata Keringat Manusia Lebih Bau dari Gorila !

Discussion in 'Tengah Komunitas' started by Nerdgasm, Mar 4, 2011.

Thread Status:
Not open for further replies.
  1. Nerdgasm Members

    Offline

    Silent Reader

    Joined:
    Feb 22, 2011
    Messages:
    157
    Trophy Points:
    26
    Ratings:
    +310 / -0
    Mohon Maaf kalo :repost: Saya tidak ada maksud. Cuman pengen sharing aja :)

    Ternyata Keringat Manusia Lebih Bau dari Gorila !

    [​IMG]


    Orang yang bermasalah dengan bau badan jangan diledek baunya mirip gorila, bisa-bisa gorila tersinggung. Diakui atau tidak, penelitian membuktikan bahwa manusia punya bau keringat paling menyengat di antara semua makhluk selain tumbuhan.

    Berkat bau keringatnya yang paling menyengat itulah, manusia menjadi mangsa paling menarik bagi berbagai jenis nyamuk penyebar parasit. Akibatnya menusia lebih rentan dibanding binatang untuk terkena penyakit-penyakit bersumber nyamuk seperti malaria dan yellow fever (demam kuning).

    Lantas apa yang menyebabkan keringat manusia lebih berbau dibanding binatang?

    Penelitian yang dilakukan oleh Renate Smallegange dari Wageningen University membuktikan, komposisi keringat manusia didominasi oleh senyawa volatil atau mudah menguap. Di antaranya adalah karbon dioksida, amonia, asam laktat dan 7 senyawa karboksilat.

    Bukan itu saja, koloni mikroba yang menghuni permukaan kulit manusia boleh dibilang paling beragam. Beberapa jenis mikroba mampu membuat senyawa yang tidak volatil menjadi volatil (mudah menguap), sehingga bau keringat menjadi semakin menyengat.

    Smallegange juga membandingkan komposisi keringat pada manusia dengan keringat pada beberapa spesies binatang. Hasilnya membuktikan, jika sama-sama tidak mandi maka bau keringat manusia sebenarnya paling bau dibanding spesies lain di keluarga binatang.

    Jerapah dan ayam misalnya, keringat yang dikeluarkan dari kulit maupun bulunya memiliki komposisi jauh lebih sederhana karena hanya terdiri dari beberapa senyawa karbosilat. Simpanse dan gorila yang dikatakan paling dekat kekerabatannya dengan manusia, komposisi keringatnya juga lebih sederhana.

    "Senyawa-senyawa volatil pada keringat manusia diduga kuat menjadi faktor utama yang membuat banyak nyamuk hanya tertarik pada manusia," ungkap Smallegange dalam laporannya yang dipublikasikan di jurnal Trends in Parasitology, seperti dikutip dari MSNBC, Jumat (25/2/2011).

    Dugaan ini sejalan dengan beberapa penelitian lain yang membuktikan bahwa nyamuk paling tertarik pada bau badan manusia. Salah satunya mengatakan, karbon dioksida yang berasal dari keringat dan pernapasan bisa menarik perhatian nyamuk demam berdarah.

    Meski begitu, keringat manusia sebenarnya tidak menimbulkan bau, karena bau badan disebabkan oleh bakteri dalam tubuh yang berkembang biak di beberapa daerah tertentu. Itulah sebabnya bau badan lebih tercium di daerah yang lembab seperti di bawah ketiak, antara jari kaki, dan diantara lipatan paha. Banyak faktor yang menyebabkan seseorang mengalami bau badan. Tapi jika tidak diatasi bau badan bisa membuat seseorang tersingkir dari pergaulan. Penyebabnya bisa akibat obat, racun, sayuran tertentu, alkohol, keracunan arsenik atau rokok. Bakteri yang menyerang kelenjar keringat adalah bakteri anaerob yang tumbuh baik di daerah lembab atau daerah tubuh yang tidak mendapatkan oksigen cukup. Bau juga bisa menandakan tubuh sedang berupaya menghilangkan racun.

    Ada beberapa langkah yang bisa dilakukan untuk menghilangkan bau badan:

    1. Hindari pakaian ketat

    Salah satu yang membuat bakteri berkembang adalah karena minimnya oksigen. Karena itu pakailah pakaian longgar sehingga tubuh mendapatkan oksigen.

    2. Jauhi Tembakau

    Bau tembakau bisa menembus kulit Anda dan menciptakan bau yang berbeda. Asap dari rokok juga akan melekat pada kulit dan tubuh perlu waktu beberapa minggu untuk melepaskan diri dari bau ini setelah Anda berhenti menggunakannya.

    3. Mandi

    Mandi sedikitnya sekali sehari bisa untuk menghilangkan bakteri dan keringat. Pastikan untuk memperhatikan ketiak dan daerah selangkangan, karena tempat ini cenderung menjadi pelabuhan bagi bakteri. Disarankan untuk menggunakan sabun deodoran.

    4. Waspadai penyakit

    Jika bau terus menerus muncul sebaiknya waspadai adanya masalah medis seperti penyakit ginjal, hati atau infeksi jamur. Kalau sudah menyangkut penyakit itu Anda tidak bisa mengatasinya sendiri, datanglah ke dokter untuk mencari tahu apa penyebab dan obatnya.

    Sumber: http://belagabego.tk/908/ternyata-keringat-manusia-lebih-bau-dari-gorila/
     
    • Thanks Thanks x 1
  2. Ramasinta Tukang Iklan





  3. hasanvanismail M V U

    Offline

    Post Hunter

    Joined:
    Jan 28, 2010
    Messages:
    2,317
    Trophy Points:
    227
    Ratings:
    +14,505 / -0
    gambarnya bikin ga napsu makan....:muntah:
     
  4. zakuroba M V U

    Offline

    Lurking Around

    Joined:
    Sep 12, 2009
    Messages:
    1,605
    Trophy Points:
    226
    Ratings:
    +7,359 / -0
    kalo gak pkek baju pasti bakteri gak akan berkembang... semriwing lagi.. :lol:
     
    • Like Like x 1
  5. seungyeon Members

    Offline

    Joined:
    Nov 23, 2010
    Messages:
    9
    Trophy Points:
    1
    Ratings:
    +2 / -0
    awakkakakakk ngakak gan, msa iya sih sama gorila aja msi bauan manusia? wkkwk
     
  6. gazetter M V U

    Offline

    Lurking Around

    Joined:
    Oct 14, 2010
    Messages:
    1,542
    Trophy Points:
    177
    Ratings:
    +3,845 / -0
    setuju gw bro...

    bisa2 nya dy ngangkat tgnnya padahal ketiak dy basah kaya gitu...:muntah:
     
  7. Puucho M V U

    Offline

    Lurking Around

    Joined:
    Nov 30, 2010
    Messages:
    558
    Trophy Points:
    56
    Ratings:
    +42 / -0
    keteknya banjir :lol:
     
  8. dega230989 M V U

    Offline

    Lurking Around

    Joined:
    Jan 26, 2010
    Messages:
    521
    Trophy Points:
    72
    Gender:
    Male
    Ratings:
    +10 / -0
    bisa2 gorila tersinggung?? sampe sgitu parahnya? akwkwakwak.. biasanya krn umbi lapis.. (brambang, bawang dst) paling ngefek ama bau badan tuh..
    eh.. mbak2nya di gambar lumayan.. hehe..
     
  9. fallacy M V U

    Offline

    Lurking Around

    Joined:
    Jan 24, 2010
    Messages:
    559
    Trophy Points:
    67
    Ratings:
    +50 / -0
    wah benerkah?
    tapi emang kringet temen gw baunya minta ampun yaiks
     
  10. Silverleaf Members

    Offline

    Silent Reader

    Joined:
    Oct 9, 2009
    Messages:
    145
    Trophy Points:
    36
    Ratings:
    +633 / -0
    iya si, pola makan kan jg ngaruh, binatang makan itu2 aja, na manusia segala macem diembat. alhasil, hasil metabolismenya jg asal2an :hahai:
     
  11. ira_mazumi91 M V U

    Offline

    Beginner

    Joined:
    Aug 18, 2009
    Messages:
    378
    Trophy Points:
    151
    Ratings:
    +5,439 / -0
    senasib :panik:

    Nikmatin aja, mereka kan temen kita gitu2 juga kyaaaa :wuek:
     
  12. balista M V U

    Offline

    Lurking Around

    Joined:
    Nov 9, 2010
    Messages:
    686
    Trophy Points:
    26
    Ratings:
    +73 / -0
    habis lahraga mantep tu baunya:haha:
     
  13. yoshikanji Veteran

    Offline

    Superstar

    Joined:
    Dec 18, 2009
    Messages:
    18,454
    Trophy Points:
    266
    Ratings:
    +38,463 / -0
    buset gambarnya :swt:
    ketiaknya abis kena sunami tuh :dead:
     
    • Like Like x 1
    • Thanks Thanks x 1
  14. Kyo_ M V U

    Offline

    Lurking Around

    Joined:
    Feb 27, 2011
    Messages:
    676
    Trophy Points:
    51
    Ratings:
    +2,770 / -0
    gorila kalah :shock:

    lum pernah bandingin seh :haha:

    tapi ada orang ngga sadar ama bau badannya ya :glek:

    ngga tega ngasih tau terang2an :swt:
     
  15. nununu M V U

    Offline

    Post Hunter

    Joined:
    Feb 24, 2010
    Messages:
    2,088
    Trophy Points:
    86
    Ratings:
    +198 / -0
    tu cewek di sebelahnya mikir apa ya kira2 ?
    pasti " sial banget gw,,"
     
    • Like Like x 1
  16. bosanxxx M V U

    Offline

    Post Hunter

    Joined:
    Nov 14, 2009
    Messages:
    2,430
    Trophy Points:
    226
    Ratings:
    +161,339 / -0
    gila jorok bngd tu org :shock: cewe ny aj maw pingsan hahaha
     
  17. Cactus M V U

    Offline

    Lurking Around

    Joined:
    Mar 6, 2010
    Messages:
    777
    Trophy Points:
    66
    Ratings:
    +197 / -0
    jiaah.,gambarnya [​IMG].,dah basah gt PD lagi [​IMG]
    kasian ma cewe'nya [​IMG].,mungkin dia pikir mendingan dipeluk ama gorila [​IMG][​IMG]


    _________________________________________________
    [​IMG]
    -=[Ferocactus pilosus]=-
     
    • Like Like x 1
  18. jalovitrue M V U

    Offline

    Lurking Around

    Joined:
    Jan 18, 2010
    Messages:
    1,099
    Trophy Points:
    161
    Ratings:
    +2,041 / -0
    Kalo bagian ketek di baju itu jadi kuning, itu kenapa ya kk?
    Trus gimana cara ngatasinnya?? :bloon:
     
  19. amado M V U

    Offline

    Joined:
    Nov 20, 2009
    Messages:
    7,723
    Trophy Points:
    192
    Gender:
    Male
    Ratings:
    +4,014 / -0
    kalau gorila mandi berarti bisa lebih wangi dari manusia dong :haha:
     
  20. dejivrur M V U

    Offline

    Post Hunter

    Joined:
    Jan 31, 2009
    Messages:
    3,896
    Trophy Points:
    131
    Ratings:
    +1,110 / -2
    mandi, biar keringatnya jadi ga berwarna
    pake tawas, biar baunya diserap sama serbuk tawas
     
  21. burungapi Members

    Offline

    Silent Reader

    Joined:
    Sep 28, 2009
    Messages:
    34
    Trophy Points:
    6
    Ratings:
    +20 / -0
    pantes aja bau wkwkwwk
     
Thread Status:
Not open for further replies.

Share This Page

About Forum IDWS

IDWS, dari kami yang terbaik-untuk kamu-kamu (the best from us to you) yang lebih dikenal dengan IDWS adalah sebuah forum komunitas lokal yang berdiri sejak 15 April 2007. Dibangun sebagai sarana mediasi dengan rekan-rekan pengguna IDWS dan memberikan terbaik untuk para penduduk internet Indonesia menyajikan berbagai macam topik diskusi.