1. Hai IDWS Mania, buat kamu yang ingin bebas iklan, cek hidden post, dan fitur lain.. kamu bisa berdonasi membership Gatotkaca di sini yaa~
  2. Silahkan Login atau Register, untuk melihat konten-konten menarik lainnya.
  3. Pengen ganti nama ID atau Plat tambahan? Sekarang bisa loh! Cek infonya di sini yaa!
  4. IDWS Radio is Back! Mau ngobrol seru bareng penyiar (announcer) atau mau ikutan jadi penyiar di IDWS Radio? Mau promoin lagu indie kamu? Bisaa!.Klik info lengkapnya di sini, kuy~.
  5. Terima kasih untuk kebersamaan komunitas selama hampir 12 tahun ini. Apa pengalaman menarikmu selama di IDWS? Apa saran, kritik, dan masukan kamu untuk IDWS? Tolong sampaikan di sini yaa~ Terima kasih.
  6. Tim staff IDWS mengajak dan memberikan kesempatan IDWS Mania bergabung dalam tim staff komunitas forum IDWS nih. Klik untuk info lengkapnya yuk~
  7. Pengen belajar jadi staff forum IDWS? Sekaran kamu bisa ajuin Moderator in Trainee loh!. Intip di sini kuy~

Tato, Dulu Tabu Sekarang Trendi

Discussion in 'Lifestyle' started by blacksheep, Apr 25, 2009.

Thread Status:
Not open for further replies.
  1. blacksheep M V U

    Offline

    Post Hunter

    Joined:
    Nov 23, 2008
    Messages:
    4,594
    Trophy Points:
    212
    Gender:
    Male
    Ratings:
    +25,046 / -0
    TATO, body painting atau rajah adalah gambar symbol pada kulit tubuh yang di ukir dengan menggunakan alat sejenis jarum. Biasanya gambar dan symbol itu di hias dengan pigmen berwarna-warni. Zaman dulu, orang-orang masih menggunakan teknik manual dan dari bahan-bahan tradisional untuk menato seseorang. Orang-orang Eskimo misalnya, memakai jarum dari tulang binatang untuk proses pembuatan rajahnya. Di kuil-kuil Shaolin malah memakai gentong tembaga yang panas untuk mencetak gambit Naga pada kulit tubuh. Murid-murid Shaolin yang dianggap memenuhi syarat untuk mendapatkan symbol itu kemudian menempelkan kedua lengan mereka pada semacam cetakan gambar Naga yang ada di kedua sisi gentong tembaga pansa itu.
    [​IMG]

    Konon, menurut sejarahnya, tato pada awalnya ditemukan di Egypt pada waktu pembangunan The Great Pyramids, dan saat orang-orang Egypt memperluas kerajaan mereka, seni dari tato pun ikut menyebar. Perkembangan peradaban dari Crete, Yunani, Persia, dan Arabia semakin memperluas bentuk seni tersebut. Sekira 2000 SM, seni tato menyebar ke Cina.
    Kata tattoo berasal dari Tahitian, “tatu” yang berarti “ untuk menandakan sesuatu”. Maksud dari menato ada bermacam-macam, dari mulai alas an kebudayaan sampai sesuatu yang dianggap modis dan trnsi. Tato memiliki sesuatu yang sngat penting dalam sesuatu ritual atau tradisi. Di Borneo misalnya, para wanita menato dirinya sebagai symbol yang menunjukan keahlian khusus mereka. Suku Maori di New Zealand membuat tato yang berbentuk ukiran-ukiran spiral pada wajah dan pantat. Menurut mereka, ini adalah tanda bagi keturunan yang baik. Di kepulauan Solomon, tato ditorehkan di wajah perempuan sebagai ritus untuk menandai tahapan baru dalam kehidupan mereka. Hampir sama seperti diatas, orang-orang Nuer di Sudan memakai tato untuk menandai ritus inisiasi pada anak laki-laki. Orang-orang Indian melukis tubuh dan mengukir kulit mereka untuk menambah kecantikan atau menunjukan status sosial tertentu.
    Sementara itu, di Indonesia, pernah ada masa-masa ketika tato dianggap sebagai sesuatu yang dianggap momok. Setiap oaring yang memakai tato dianggap identik dengan penjahat, rampok, gali, dan orang nakal. Anggapan negative seperti ini secara tidak langsung mendapat “pengesahan” di berbagai kota di Indonesia.
    Brita L. Miklouho-Maklai dalam tulisannya “Menguak Luka Masyarakat”, menyebutkan bahwa para penjahat kambuhan itu kebanyakan diidenfikasi melalui tato, untuk kemudian ditembak secara rahasia, lalu mayatnya ditaruh dalam karung dan dibuang disembarang tempat seperti sampah. PAdahal, tidak semua orang bertato itu penjahat. Tetapi, mengapa sampai terjadi adanya generalisasi seperti? Sayangnya belum ada penelitian mendalam yang bisa menguak pergeseran makna tato dari ukiran dekoratif sebagai penghias tubuh menjadi tanda cap bagi para penjahat.
    Sebelum tato dianggap sebagai sesuatu yang trendi dan fashionable seperti sekarang ini, tato memang dekat dengan budaya pemberontakan. Anggapan negative masyarakat tentang tato dan larangan memakai rajah atau tato bagi penganut agama tertentu semakin meyempurnakan image tato sebgai sesuatu yang dilarang dan haram. Oleh karena itu, memakai tato sama dengan memberontak terhadap tatanan nilai sosial dan agama yang ada.

    Kini Menjadi Trendi
    Walau dulu tato dianggap hal yang tabu dan jelek, sekarang ini tato dianggap sebagai sesuatu yang modis dan trendi. Tato tai lalat, tato untuk memerahkan bibir, tato alis samapi tato gambar “yang memindahkan canvas lukis” ke seluruh badan. Bahkan, para peminatnya kini bukan hanya pada kalangan biasa atau pada orang-orang iseng yang ingin gagah-gagahan. Para artis kini banyak yang menggunakan tato sebagai aksesori. Sebut saja beberapa artis seperti Andi/rif, presenter beken Jodi dan penyanyi cantik Nafa Urbach. Ini menunjukan bahwa tato dewasa ini menjadi tren yang dianggap wajar di masyarakat. Selain dijadikan sebagai wahana berekspresi untuk seniman tatonya.
    Di kalangan penghobi motor besar, tato identik dengan mereka. Simak saja, komunitas bikers Amerika dan Eropa seperti Hell’s Angels, The Pagans, The Outlaws, Bandidos dan lain-lain.
    Ekspresi kehidupan serba keras, liar dan bebas menjadi inspirasi mereka untuk menuangkannya ke kulit tubuh. Goresan ini biasanya tentang binatang sangar, wanita atau simbol kebebasan yang diidentikkan burung Elang.
    Bagi fanatik tunggangan HD, motif tattoo biasanya berupa blok mesin, logo HD bahkan umpatan terhadap merek motor lain. Keakraban para bikers dengan body painting tidak lepas dari curahan nurani karakter individualnya.
    Dengan tattoo, mereka ingin kreatif sekaligus mewujudkan kecintaan terhadap motor kesayangan dan elemen kehidupan bikers yang penuh kebebasan. Tak jarang, T-shirt buntung sengaja dikenakan untuk memamerkan tattoo di lengan mereka.
    Menurut tattooist Bandung, Yusepthia Soewardi, kecenderungan motorist dirajah awalnya lebih pada penonjolan identitas diri untuk membangun rasa percaya diri. Sekarang, tattoo lebih banyak mengedepankan unsur seninya. “Motif tengkorak, setan, burung elang banyak dipilih dan dipadu motif treebal model ukiran serba runcing. Warnanya sederhana, berupa blok hitam,” jelas pemilik Kent Tattoo Studio ini. “Para penunggang motor besar condong ke gambar bendera Inggris atau amerika yang dipadu komponen atau mesin motornya. Penempatan tata letak gambarnya pun diproses se serasi mungkin, agar dapat dilihat sebagai karya seni bernilai,” terangnya.
    Banyak para seniman tato yang eksis dengan hasil karyanya. “Saya beserta rekan, ingin lebih memasyarakatkan tato sebagai sebuah karya seni,”ujar Kent-Kent.
    Untuk pencapaian hasil gambar yang sempurna, ia tidak tanggung-tanggung menggunakan bahan tinta Intenze paroduk Austria untuk tatonya. Berbeda dengan tinta biasa, tinta Intenze kokon mengandung antibiotic yang bisa mencegah kanker kulit, selain pilihan warna yang bervariasi mencapai 53 warna berbeda. Hal ini didukung pula dengan keunggulan mesin tatonya yang sengaja ia pesan langsung dari Amerika. Sudah dapat dipastikan, hasil gambarnya menjadi lebih bagus dan sempurna.
    Meski pada awalnya Kent-kent pernah menggeluti “tato penjara” yang penggarapannya dilakukan secara asal, belakangan Kent-kent mengubah image negative tentang tato dengan memberlakukan aturan-aturan tertentu untuk proses pembuatan tatonya. Misalnya dengan pemilihan motif tato yang disesuaikan dengan warna kulit klien, samapai pada tahap penjagaan kesehatan dari mulai pemakaian sarung tangan plastic, hingga sterilisasi pada media tato dengan menggunkan alkohol.
    Seni tato pun ternyata mengenal berbagai macam aliaran. Menurut Kent-kent di dalam seni tato diklasifikasikan menjadi 6 bagian, yaitu :
    1. Natural, berbagai macam gambar tato berupa pemandangan alam atau bentuk muka
    2. Treeball, merupakan serangkaian gambar yang dibuat menggunakan blok warna. Tato ni banyak dipakai oleh suku Maori.
    3. Outschool, tato yang dibuat berupa gambar-gambar zaman dulu, seperi perahu jangkar atau simbol yang tertusukl pisau.
    4. Newschool, gambarnya cenderung mengarah ke bentuk graffiti dan anime.
    5. Biomekanic, berupa gambar aneh yang merupakan imajinasi dari teknologi, seperti gambar robot, mesin dll.
    Nuansa tato yang kian beranekaragam ini, semakin menambah maraknya dunia tato dan penggemarnya yang secara tidak langsung akan membuat image masyarakat tentang tato menjadi lebih baik, tidak dipandang sesuatu yang tabu lagi. Ini sebagai gambaran kondisi keadaan zaman yang melahirkan konstruksi yang berbeda dari zaman ke zaman. Dulu dianggap buruk, sekarang tato dianggap sebagai sesuatu yang modern. Kalau era ini berakhir, bukan hal yang mustahil kalau tato bisa dianggap sebagai penunjukan “status kelas sosial”. (Roby Sobardi)

     
    • Like Like x 1
    • Thanks Thanks x 1
  2. Ramasinta Tukang Iklan





  3. jusan7 Members

    Offline

    Silent Reader

    Joined:
    Apr 1, 2009
    Messages:
    20
    Trophy Points:
    1
    Ratings:
    +3 / -0
    Body painting.. emg dah mulai umum kali y

    Yang ngeri tu "body carving" di japan, pernah liat fotonya bnr2 gila, punggung dipahat kaya kayu aj...
     
  4. Marco86 M V U

    Offline

    Lurking Around

    Joined:
    Mar 14, 2009
    Messages:
    1,811
    Trophy Points:
    212
    Gender:
    Male
    Ratings:
    +28,411 / -0
    Setrendi2nya tetep saja konotasi tato ampe skarang jelek... Selaen artis si..
    Coba ada mahasiswa pake baju tangan buntung ke kampus, tangannya tatoan.. Langsung d jadi topik pembicaraan.. Biasa menuju hal jelek..
    Ato coba aja, lu pamerin tato pas ngelamar kerja di 1 perusahan..

    ttep aja la tato simbol premanisme ampe saat ini..
     
  5. zutara M V U

    Offline

    Senpai

    Joined:
    Aug 3, 2008
    Messages:
    9,280
    Trophy Points:
    226
    Ratings:
    +46,323 / -0
    wah serem bro....
    atut.....
    paling gk suka ma tato.....
     
  6. DyingSociety M V U

    Offline

    Silent Reader

    Joined:
    Mar 4, 2009
    Messages:
    198
    Trophy Points:
    56
    Ratings:
    +8 / -0
    bagi pendapat dikit...
    ada sebagian orang bikin tattoo sebagai simbol idealisme mereka..
    yg ngerasa idealisme mereka ga akan hancur karena waktu dan lingkungan...

    imo soal body carving mah resiko kna penyakit gede banget..
    dah hasil akhirnya juga itu juga sebuah penyakit..
    gw lupa namanya yg kulit timbul2 hasil luka...

    paling keren sih tattoo yang dibikin oleh suku Dayak..
     
  7. master2slaver Members

    Offline

    Silent Reader

    Joined:
    Apr 27, 2009
    Messages:
    44
    Trophy Points:
    6
    Ratings:
    +0 / -0
    nah persepsi sperti itu yang perlu diilangin....

    lagian kliatan kok mana tattoo buatan artist betulan dan artist "disekolahan" (sebut sajah LP)

    saia sendiri bertato.....
    [​IMG]

    itu tattoo yang ada di badan saia....

    masuk penjara ???
    blom pernah tuh....
    mlakukan kejahatan ???
    malah saia aktif melayani.....

    apakah tattoo yang bekerja ??
    apakah tattoo yang membunuh dan megang senjata ??

    Masberto(Masyarakat Bertato) By Marjinal
     
  8. k3yn3s M V U

    Offline

    Beginner

    Joined:
    Jul 22, 2008
    Messages:
    475
    Trophy Points:
    111
    Ratings:
    +1,653 / -0
    tapi mank bener tuh tato tetep bikin pemikiran orang jadi ngga ngga, palagi masyarakat umum yang bertato.... bisa2 dibilang penjahat, preman lah.
    tapi kalo artis malah dibilang keren kali... kaya tora sudiro githu...
     
  9. tyz Members

    Offline

    Silent Reader

    Joined:
    Apr 25, 2009
    Messages:
    19
    Trophy Points:
    1
    Ratings:
    +9 / -0
    haha, masyarakat bertato..
    seru tu.. duch, tatoo memang salah satu trnd dari jaman ke jaman, dari dulu sampe sekarang masih tetap exist.. buat yang suka, monggo diterusin, buat yang gag suka ya mbok jgn terlalu agresif.. coba klo hobi lo dihina-hina orang.. wkwkkwkw

    tattoo keren selama cocok ma objeknya ..

    pizz
     
  10. -LichKing- M V U

    Offline

    Beginner

    Joined:
    Aug 21, 2008
    Messages:
    441
    Trophy Points:
    57
    Ratings:
    +51 / -0
    Emang nih kalo orang liat tatto biasanya mikir yang negatif2x apalagi orang tua ahwhahah menurut gw tatto itu cara orang mengungkapkan rasa apresiasi seninya melalui cara menggambar nya di badan
     
  11. blackmatrix Members

    Offline

    Silent Reader

    Joined:
    Jan 15, 2009
    Messages:
    40
    Trophy Points:
    91
    Ratings:
    +3,065 / -0
    kalo di luar sih tatoo dah biasa kali.
    kalo di Indo tau sendiri donk.
     
  12. monkey_D_fend Members

    Offline

    Silent Reader

    Joined:
    Mar 28, 2009
    Messages:
    115
    Trophy Points:
    71
    Ratings:
    +2,221 / -0
    pengen tatoo kayak yakuza tapi gak dikasih ortu hixhixhix
     
  13. kaptenusope M V U

    Offline

    Silent Reader

    Joined:
    Jun 25, 2009
    Messages:
    198
    Trophy Points:
    141
    Ratings:
    +3,315 / -0
    jalau ak liat orang bertato
    jadi inget orang orang suku pedalaman
    tapi emang tato keren sih
    tapi sebaiknya bagi yang niat buat tato sebaiknya berpikir lagi
    habis tato gak bisa dihilangin sih dan seumur hidup tato itu akan menempel di tubuhmu
     
  14. tmate350 Members

    Offline

    Silent Reader

    Joined:
    Sep 1, 2008
    Messages:
    50
    Trophy Points:
    6
    Ratings:
    +11 / -0
    eh katanya temen gw si ken ken lagi ada di jakarta tuh. jadi kalo mo buat sih mendingan langsung ama dia. tuk indonesia kyknya dia emang dah paling jago dhe.
     
  15. pangerankodok M V U

    Offline

    Lurking Around

    Joined:
    Apr 22, 2009
    Messages:
    539
    Trophy Points:
    81
    Ratings:
    +107 / -0
    Tp yg bkin bingung tuh orang item bkin tattony warna item jg kliatan gak sih? Bkn maksd menghina skdar bertanya.:D
    Soalny gw pernah liat tuh org ky gtu nah tattony jd remang2 gtu. Ckckckck
     
  16. mikaru M V U

    Offline

    Beginner

    Joined:
    Oct 31, 2008
    Messages:
    290
    Trophy Points:
    66
    Ratings:
    +143 / -0
    yang keren tuh TATO MATA!!!
    sama yang tato yang dibakar itu...
    jadi 3D

    WOGH mantep....
    tapi klo di indo lom ada x yah
     
  17. smkosasih M V U

    Online

    Senpai

    Joined:
    Sep 9, 2008
    Messages:
    5,341
    Trophy Points:
    177
    Gender:
    Male
    Ratings:
    +3,187 / -0
    Di indonesia, tepatnya di zaman kepemimpinan
    Soeharto
    tato merupakan momok yg menakutkan bagi sebagian masyarakat. Knp?? pd zaman itu (lupa th brp dan krn knp) orang2 yg bertato dicurigai org jahat / Kriminal oleh pemerintahan. Kl ga salah ada operasi semacam PETRUS yg nembak / nyulik lalu bunuh org yg dicurigai sbg kriminil(rata2 org yg tatoan). Pdhl orng2 tersebut hanya dicurigai dan ada pula yg ga bersalah jd sasaran....Fuih:rokok:

    Untungnya zaman seperti itu telah berlalu. Saat ini banyak orang indonesia yg tak ragu lg mentato dirinya. Ada yg mentato krn gaya,filusufi,seni, dll.
     
  18. raynaldo M V U

    Offline

    Lurking Around

    Joined:
    Mar 8, 2009
    Messages:
    1,862
    Trophy Points:
    227
    Ratings:
    +47,714 / -0
    :swt: pake tato ja dicurigain ampe kayak gitu :swt:
     
  19. selfrit M V U

    Offline

    Lurking Around

    Joined:
    Dec 28, 2008
    Messages:
    912
    Trophy Points:
    107
    Ratings:
    +531 / -0
    Tato mata ??
    :swt:
    itu beneran ada apa cuma bercanda ??
    gimana caranya nato mata ?? pake lensa kontak yang trendi ??
     
  20. little_one M V U

    Offline

    Beginner

    Joined:
    Nov 16, 2008
    Messages:
    486
    Trophy Points:
    91
    Ratings:
    +503 / -0
    Buat saya mah kalo emang seneng "melukis" mening diatas kanvas ajah jangan diatas badan :O
     
  21. Faxiz M V U

    Offline

    Lurking Around

    Joined:
    Dec 11, 2008
    Messages:
    549
    Trophy Points:
    56
    Ratings:
    +59 / -0
    Gw Ga Mao Komentar Buat Beginian, Tapi Gw Cuma mao Bilang Buat Orang Islam Sebaiknya Jangan Pakai Tato, Karena Tato Itu "HARAM" Hukumnya Dalam Islam, Dan Kalau Sholat Wudhunya Ga Sah Kalo Badan Bertato
     
Thread Status:
Not open for further replies.

Share This Page

About Forum IDWS

IDWS, dari kami yang terbaik-untuk kamu-kamu (the best from us to you) yang lebih dikenal dengan IDWS adalah sebuah forum komunitas lokal yang berdiri sejak 15 April 2007. Di bangun sebagai sarana mediasi dengan rekan-rekan pengguna IDWS dan memberikan terbaik untuk para penduduk internet Indonesia menyajikan berbagai macam topik diskusi.