1. Disarankan registrasi memakai email gmail. Problem reset email maupun registrasi silakan email kami di inquiry@idws.id menggunakan email terkait.
  2. Untuk kamu yang mendapatkan peringatan "Koneksi tidak aman" atau "Your connection is not private" ketika mengakses forum IDWS, bisa cek ke sini yak.

strategi meningkatkan rasa percaya diri

Discussion in 'Lifestyle' started by ichreza, Jan 25, 2011.

Thread Status:
Not open for further replies.
  1. ichreza M V U

    Offline

    Lurking Around

    Joined:
    Nov 8, 2009
    Messages:
    838
    Trophy Points:
    191
    Ratings:
    +8,787 / -0
    Kepercayaan diri bukanlah diperoleh
    secara instant, melainkan melalui proses sejak usia dini, dalam kehidupan
    bersama orangtua. Meski banyak faktor yang mempengaruhi kepercayaan diri
    seseorang, namun faktor pola asuh dan interaksi di usia dini, merupakan faktor
    yang amat mendasar


    bagi pembentukan
    rasa percaya diri.


    Sikap
    orangtua, akan diterima oleh anak sesuai dengan persepsinya pada saat itu.
    orangtua yang menunjukkan kasih, perhatian, penerimaan, cinta dan kasih sayang
    serta kelekatan emosional yang tulus dengan anak, akan membangkitkan rasa
    percara diri pada anak tersebut. Anak akan merasa bahwa dirinya berharga dan
    bernilai di mata orangtuanya. Dan, meskipun ia melakukan kesalahan, dari sikap
    orangtua anak melihat bahwa dirinya tetaplah dihargai dan dikasihi. Anak
    dicintai dan dihargai bukan tergantung pada prestasi atau perbuatan baiknya,
    namun karena eksisitensinya. Di kemudian hari anak tersebut akan tumbuh menjadi
    individu yang mampu menilai positif dirinya dan mempunyai harapan yang
    realistik terhadap diri – seperti orangtuanya meletakkan harapan realistik
    terhadap dirinya.


    Lain halnya dengan orangtua yang
    kurang memberikan perhatian pada anak, atau suka mengkritik, sering memarahi
    anak namun kalau anak berbuat baik tidak pernah dipuji, tidak pernah puas
    dengan hasil yang dicapai oleh anak, atau pun seolah menunjukkan
    ketidakpercayaan mereka pada kemampuan dan kemandirian anak dengan sikap
    overprotective yang makin meningkatkan ketergantungan.


    Tindakan
    overprotective orangtua, menghambat perkembangan kepercayaan diri pada anak
    karena anak tidak belajar mengatasi problem dan tantangannya sendiri – segala
    sesuatu disediakan dan dibantu orangtua. Anak akan merasa, bahwa dirinya buruk,
    lemah, tidak dicintai, tidak dibutuhkan, selalu gagal.


    Menurut
    para psikolog, orangtua dan masyarakat seringkali meletakkan standar dan
    harapan yang kurang realistik terhadap seorang anak atau pun individu. Sikap
    suka membanding-bandingkan anak, mempergunjingkan kelemahan anak, atau pun
    membicarakan kelebihan anak orang lain di depan anak sendiri, tanpa sadar
    menjatuhkan harga diri anak-anak tersebut.
    Situasi ini pada akhirnya
    mendorong anak tumbuh menjadi individu yang tidak bisa menerima kenyataan
    dirinya, karena setiap orang mengharapkan dirinya menjadi seseorang yang bukan
    dirinya sendiri. Akhirnya, anak tumbuh menjadi individu yang punya pola pikir :
    bahwa untuk bisa diterima, dihargai, dicintai, dan diakui, harus menyenangkan
    orang lain dan mengikuti keinginan mereka. Pada
    saat individu tersebut ditantang untuk menjadi diri sendiri – mereka tidak
    punya keberanian untuk melakukannya. Rasa percaya dirinya begitu lemah,
    sementara ketakutannya terlalu besar.


    *Pola Pikir
    Negatif *


    Reaksi individu terhadap seseorang
    atau pun sebuah peristiwa, amat dipengaruhi oleh caraberpikirnya. Individu
    dengan rasa percaya diri yang lemah, cenderung mempersepsi segala sesuatu dari
    sisi negatif. Pola pikir individu yang
    kurang percaya diri, bercirikan antara lain:


    • Terlalu
      perfeksionis. Ketika gagal, individu tersebut merasa seluruh hidup dan masa depannya
      hancur.
    • Pesimistik
      yang futuristic.
    • Tidak
      kritis dan selektif terhadap self-criticism : suka mengkritik diri sendiri dan percaya
      bahwa dirinya memang pantas dikritik.
    • Labeling
      : mudah menyalahkan diri sendiri dan memberikan sebutan-sebutan .
    • Sulit
      menerima pujian atau pun hal-hal positif dari orang lain, ketika orang
      memuji secara tulus, individu langsung merasa tidak enak dan menolak
      mentah-mentah pujiannya. Ketika diberi kesempatan dan kepercayaan untuk
      menerima tugas atau peran yang penting, individu tersebut langsung menolak
      dengan alasan tidak pantas dan tidak layak untuk menerimanya.
    • Suka
      mengecilkan arti keberhasilan diri sendiri : senang mengingat dan bahkan membesar-besarkan kesalahan
      yang dibuat, namun mengecilkan keberhasilan yang pernah diraih. Satu
      kesalahan kecil, membuat individu langsung merasa menjadi orang tidak
      berguna.



    Coba analisis juga, kira-kira hal
    apa sih yang membuat kita jadi enggak minder? Apa sih yang menghambat diri
    untuk maju dan mengeluarkan seluruh potensi diri kita? Kenapa harus ada rasa
    ragu tiap kali ada keinginan untuk melakukan sesuatu?


    Pengaruh lingkungan


    Ternyata sikap tidak percaya diri
    ini muncul akibat kebiasaan-kebiasaan kita mengembangkan sikap dan pendapat
    negatif tentang diri kita. Mungkin juga sikap tidak percaya diri ini muncul
    sebagai akibat dari pengaruh lingkungan kita. Pengaruh yang seperti apa? Antara
    lain sikap lingkungan yang membuat kita takut untuk mencoba. Takut untuk
    berbuat salah. Semua harus seperti yang sudah ditentukan. Karena ada rasa takut
    dimarahi ini, kita jadi malas untuk melakukan hal-hal yang berbeda dari orang
    kebanyakan. Mau tunjuk tangan waktu guru melemparkan pertanyaan di dalam
    kelas... takut!


    Kadang malah mau jalan di hadapan
    orang banyak saja, malu setengah mati! Apalagi mau mengajak orang kenalan, mau
    say no to others, mau ikutan kursus, bergaul... takut! Wah... kalau serba
    takut, serba ragu, serba malas begini, apa jadinya kita nanti?


    Sebelum terlalu jauh, tentu kita
    tahu berapa kali Thomas Alva Edison melakukan kesalahan sebelum akhirnya
    berhasil menemukan formula hebat untuk membuat lampu pijar. Dia kan tidak
    langsung berhasil ketika pertama kali mencoba, ya enggak?


    So, what’s the point? Mungkin
    perlu ratusan kali gagal sebelum mencapai satu keberhasilan. Kesalahan bukan
    akhir hidup kita. Kesalahan sebenarnya hanya merupakan langkah menuju
    keberhasilan. Setiap kesalahan membawa kita semakin dekat dengan keberhasilan.
    Kalau kita meyakini hal ini, pastinya percaya diri kita juga enggak gampang
    terpengaruh oleh pandangan atau sikap negatif dari lingkungan kita.


    Sebenarnya ada banyak cara untuk
    bisa meningkatkan kepercayaan diri kita. Apa saja? Yang paling penting adalah
    banyak berhubungan sama orang-orang yang kita nilai punya percaya diri yang oke
    banget. Percaya diri ini bisa menular, lho! Kok bisa begitu?


    Ya, ternyata banyak-banyak bergaul
    dengan orang-orang yang pede bisa kita jadikan contoh buat kehidupan kita
    sehari-hari. Coba saja, kalau sehari-hari kita gaul sama mereka yang percaya
    dirinya tinggi, kita jadi tahu bagaimana ia bicara, bagaimana ia mengambil
    keputusan, dan perilaku-perilaku lain yang membuat ia tampak begitu meyakinkan.
    Kalau kita enggak gaul sama mereka, bagaimana kita tahu aturannya? Bagaimana
    kita bisa dapat contoh untuk bersikap? Jadi kerasa banget kan kalau sebenarnya
    kita perlu banget bergaul dengan orang-orang yang PD kalau kita merasa perlu
    meningkatkan rasa percaya diri kita.


    Sayangnya, banyak banget di antara
    kita yang enggak bisa bangkit, atau merasa sudah cukup puas dengan dirinya saat
    ini. Padahal, rasanya dia punya potensi yang jauh lebih besar andai saja ia
    berani berubah. Alasannya enggak beda jauh sama yang sebelumnya: ada faktor
    lingkungan yang berperan cukup besar di sana. Coba deh kita perhatikan,
    biasanya sikap ini muncul karena ia berada dalam satu lingkungan yang
    sepertinya enggak merasa PD. Meski begitu, cara yang paling utama untuk bisa
    meningkatkan kepercayaan diri kita adalah kemauan untuk mengubah diri kita yang
    muncul tanpa ada paksaan.


    Fight to our live! Hanya kita yang
    bisa mengubah diri kita. Kalau kita mau meningkatkan percaya diri, coba bangkit
    dan keluarkan semua potensi diri kita. Yang penting, mau! Berikutnya cari
    lingkungan yang kondusif. Sama persis seperti cerita di atas bahwa yang
    kemudian bisa membantu kita meningkatkan rasa percaya diri adalah bantuan orang
    lain. Coba bayangkan, seandainya sang gadis enggak ketemu tukang sulap, mungkin
    dia akan selamanya merasa bahwa dirinya adalah beban buat keluarganya. Padahal,
    keluarganya kan enggak merasa begitu. Karena ada bantuan orang lain, ia jadi
    tahu bahwa ia juga punya kemampuan berharga buat keluarganya. Jadi, kalau kita
    memang ingin mendapatkan sesuatu, kenapa harus ditunda? Mulai aja dari
    sekarang.


    Tak
    dapat dipungkiri kita semua pasti pernah mengalami rasa tak percaya diri
    sesekali waktu. Adakalanya agak sulit untuk membangkitkan kembali rasa percaya
    diri itu sewaktu kita sedang membutuhkan.*
    Sebenarnya ada latihan
    sederhana yang dapat dipraktekkan untuk mendapatkan rasa percaya diri Anda agar
    kembali ke jalurnya secepat mungkin saat dibutuhkan. Berikut kami sampaikan
    tujuh langkah membangun rasa percaya diri yang tak tergoyahkan.


    Kadang,
    diperlukan beberapa hari, minggu, bahkan berbulan-bulan untuk meningkatkan rasa
    percaya diri. Namun, jika kita konsisten menerapkan caranya, akhirnya Anda akan
    menemukan diri Anda yang baru, yang lebih kuat, dan yang lebih percaya diri! Daripada mengurung diri, enggan bertemu
    orang, atau merokok tanpa henti, mulailah menerapkan teknik-teknik baru yang
    dapat meningkatkan rasa percaya diri Anda.


    Kita
    rasanya akrab dengan kata “minder”. Namun disini pengertian minder bukan
    “kuper” (kurang pergaulan). Banyak hal yang mengakibatkan timbulnya rasa
    “minder” atau tidak punya rasa percaya diri. Kebanyakan yang namanya “minder”
    itu identik dengan perempuan, walaupun sebenarnya semua orang bisa memilikinya.
    Percaya diri merupakan suatu perasaan dimana seseorang merasa tahu siapa
    dirinya, sehingga dia bisa bersikap sesuai dengan kemampuannya. Namun,
    kadang-kadang percaya diri itu disalah-artikan dalam artian fisik. Sehingga,
    jika ada yang kurang dari diri seseorang, yang bersangkutan cenderung
    menghindari tempat-tempat yang bisa mengalihkan perhatian orang lain tertuju
    padanya. Sebenarnya keadaan yang berhubungan dengan fisik itu hanya penampilan
    sesaat belaka.


    Biasanya
    orang yang seperti ini akan sangat tergantung pada orang lain.Tergantung Berarti Hancur. Malu dengan
    penampilan fisik bisa berakibat fatal, orang itu akan menjauhkan diri dari
    dunia luar. Kepercayaan diri haruslah ditempatkan sesuai dengan apa yang kita
    miliki. Kebanyakan orang menyadari dirinya dari sudut kekurangannya saja. Jika
    sudah demikian, sikap kita akan selalu terpengaruh oleh kekurangan tersebut.
    Anggapan semacam ini harus ditepis dengan berkaca dan instropeksi diri. Bahwa
    ada kelebihan diantara kekurangan kita.


    Untuk menumbuhkan rasa percaya diri
    yang proporsional maka individu harus memulainya dari dalam diri sendiri.
    Belajar menilai diri secara obyektif dan jujur. Susunlah daftar “kekayaan” pribadi,
    seperti prestasi yang pernah diraih, sifat-sifat positif, potensi diri baik
    yang sudah diaktualisasikan maupun yang belum, keahlian yang dimiliki, serta
    kesempatan atau pun sarana yang mendukung kemajuan diri. Temukan asset yang belum dikembangkan.
    Pelajari kendala yang selama ini menghalangi perkembangan diri Anda, seperti :
    pola berpikir yang keliru, niat dan motivasi yang lemah, kurangnya disiplin
    diri, kurangnya ketekunan dan kesabaran, tergantung pada bantuan orang lain,
    atau pun sebab-sebab eksternal lain.


    Beri
    penghargaan yang jujur terhadap diri.
    Sadari dan hargailah sekecil apapun keberhasilan dan potensi yang anda
    miliki. Ingatlah bahwa semua itu didapat melalui proses belajar, berevolusi dan
    transformasi diri sejak dahulu hingga kini. Mengabaikan/meremehkan satu saja
    prestasi yang pernah diraih, berarti mengabaikan atau menghilangkan satu jejak
    yang membantu Anda menemukan jalan yang tepat menuju masa depan.


    Ketidakmampuan
    menghargai diri sendiri, mendorong munculnya keinginan yang tidak realistik dan
    berlebihan; contoh: ingin cepat kaya, ingin populer. Jika ditelaah lebih lanjut
    semua itu sebenarnya bersumber dari rasa rendah diri yang kronis, penolakan
    terhadap diri sendiri, ketidakmampuan menghargai diri sendiri – hingga berusaha
    mati-matian menutupi keaslian diri.
    Positive thinking. Cobalah memerangi setiap prasangka atau persepsi negatif
    yang muncul dalam benak Anda. Jangan biarkan pikiran negatif berlarut-larut
    karena tanpa sadar pikiran itu akan bercabang. Jangan biarkan pikiran negatif
    menguasai pikiran dan perasaan Anda. Gunakan self-affirmation. Untuk memerangi
    negative thinking, gunakan self-affirmation yaitu berupa kata-kata yang
    membangkitkan rasa percaya diri.


    Berani mengambil resiko. Berdasarkan pemahaman diri yang obyektif,
    Anda bisa memprediksi resiko setiap tantangan yang dihadapi. Dengan demikian,
    Anda tidak perlu menghindari setiap resiko, melainkan lebih menggunakan
    strategi-strategi untuk mengatasi resikonya.

    referensi:www.indoromance.tk
     
    • Like Like x 1
    • Thanks Thanks x 1
    Last edited: Feb 15, 2011
  2. Ramasinta Tukang Iklan

  3. siegecross M V U

    Offline

    Lurking Around

    Joined:
    Nov 21, 2009
    Messages:
    823
    Trophy Points:
    76
    Ratings:
    +266 / -0
    nice info bro... tp klo over PD gara2 ini gmn yah ahahahhaa
     
  4. ichreza M V U

    Offline

    Lurking Around

    Joined:
    Nov 8, 2009
    Messages:
    838
    Trophy Points:
    191
    Ratings:
    +8,787 / -0
    nah tuh kalo over yah lebay mode on. ditunggu aja bulan agustus ane ngeluarin produk ebook confidence full version....
     
  5. tukiman M V U

    Offline

    Lurking Around

    Joined:
    Feb 4, 2010
    Messages:
    1,880
    Trophy Points:
    211
    Ratings:
    +13,952 / -0
    :niceinfo:

    yang penting klo mau PD itu hilangin rasa malu dan jangan takut salah
    pasti dijamin mujarab :elegan:
     
  6. rumput Veteran

    Offline

    Superstar

    Joined:
    Jan 8, 2010
    Messages:
    20,004
    Trophy Points:
    267
    Ratings:
    +557,395 / -0
    buset panjang bener..

    mumet dikit bacanya......

    kalo saya sih PD kalo bisa beda dari yg lainnya...

    kumpul ma temen2 yang pd menular... mantab tuh....
     
  7. Kemput Members

    Offline

    Silent Reader

    Joined:
    Jan 23, 2011
    Messages:
    117
    Trophy Points:
    16
    Ratings:
    +17 / -0

    biasanya saya kl ketemu orang baru selalu bilang dalam hati gini gan...

    belum tentu besok ketemu lagi ngapain malu. :D
     
  8. wota13 Members

    Offline

    Silent Reader

    Joined:
    Jan 30, 2011
    Messages:
    168
    Trophy Points:
    16
    Ratings:
    +11 / -0
    Secara teori gampang, tapi keberhasilan untuk mempraktekkan kurang dari 50%. :bolakbalik:
     
  9. ichreza M V U

    Offline

    Lurking Around

    Joined:
    Nov 8, 2009
    Messages:
    838
    Trophy Points:
    191
    Ratings:
    +8,787 / -0
    salah itu biasa bro......no body perfect...yg penting kita bisa tahu kesalahan kita dan belajar dari kesalahan itu

    hmmm....tampil beda? hal yg bagus....perbanyak komunitas kamu dan perbanyak jam terbang keluar rumah

    teori tanpa praktek = percum tak bergun....tapi itu tergantung juga dengan pola pikir pribadi seseorang
     
    Last edited by a moderator: Aug 6, 2011
  10. rumput Veteran

    Offline

    Superstar

    Joined:
    Jan 8, 2010
    Messages:
    20,004
    Trophy Points:
    267
    Ratings:
    +557,395 / -0
    nah itu komunitas udah ada sih...

    cuman jam terbang keluar rumah itu yang gak banyak... tau aja om... jd malu... :malu:
     
  11. invisible_woman M V U

    Offline

    Lurking Around

    Joined:
    Jul 24, 2010
    Messages:
    1,206
    Trophy Points:
    131
    Ratings:
    +1,252 / -0
    terlalu perfeksionis? :keringat:
    yeah, thats right, karena orang lain tlalu banyak menaruh harapan besar pada diriku
    saya jadi punya sifat perfeksionis, dan stres sama yg namanya kekalahan :swt:
     
  12. ichreza M V U

    Offline

    Lurking Around

    Joined:
    Nov 8, 2009
    Messages:
    838
    Trophy Points:
    191
    Ratings:
    +8,787 / -0
    paling2 komunitasnya cuman komunitas online yah......gw juga pernah mengalami kayak gitu.....mending perbanyak teman mulai sekarang

    gurunya cantik yah, pantesan nerves.....

    sista, pada dasarnya semua cewek itu perfeksionis.....selalu merasa ada yang kurang....namun cowok suka pada cewek yang menurut, karena pada dasarnya cowoklah yang memimpin
     
    Last edited by a moderator: Aug 6, 2011
  13. aioros Members

    Offline

    Silent Reader

    Joined:
    Mar 30, 2010
    Messages:
    88
    Trophy Points:
    6
    Ratings:
    +58 / -0
    panjang juga yah.. :D
    berpikiran positif itu salah satu cara manjur buat pede, kalo apa-apa udah negatif thinking duluan, akan sulit buat pede..
     
  14. prasetyomardi Members

    Offline

    Silent Reader

    Joined:
    Nov 28, 2010
    Messages:
    41
    Trophy Points:
    6
    Ratings:
    +2 / -0
    bener bgt kl sejak kecil sering dilarang ini dan itu tanpa penjelasan akurat dr ortu pengaruh bgt buat seseorang dimasa dewasanya nanti
     
  15. 0van01 Members

    Offline

    Beginner

    Joined:
    Jul 4, 2010
    Messages:
    208
    Trophy Points:
    16
    Ratings:
    +6 / -0
    yang penting percaya diri. jangan pernah sering berpikir untuk menyerah sebelum berusaha, itu udah membunuh diri kita sendiri sebelum kita berusaha.
     
  16. ichreza M V U

    Offline

    Lurking Around

    Joined:
    Nov 8, 2009
    Messages:
    838
    Trophy Points:
    191
    Ratings:
    +8,787 / -0
    nah itu mirip dengan salah satu pengalaman saya......., dan akhirnya saya sadar bahwa di masa depan nanti saya harus menjadi orangtua yang lebih baik dari orangtua saya
     
  17. vincentrevival M V U

    Offline

    Senpai

    Joined:
    Jan 12, 2010
    Messages:
    5,337
    Trophy Points:
    161
    Ratings:
    +2,525 / -0
    15 tips agar percaya diri

    VIVAnews – Sebagian wanita merasa sulit mendapatkan kepercayaan diri. Inilah yang terkadang membuat kepribadian mereka tidak berkembang secara maksimal, dan tidak mampu bersaing dengan pria dalam kariernya.

    Salah satu tanda wanita yang mempunyai kepercayaan diri rendah dan tidak bahagia, menurut penelitian di Universitas California, Amerika Serikat, yaitu mereka lebih banyak menghabiskan waktu untuk penampilan.

    Apakah Anda ingin segera keluar dari keadaan seperti itu? Pertimbangkan 15 cara ini untuk membuat diri Anda tampil percaya diri.

    1. Berhentilah melihat diri Anda di setiap kaca yang Anda lewati. Cara Anda membangun kepercayaan diri adalah dengan membangunnya dari dalam diri dan tampilkan keluar. Untuk mendapatkan gambar yang bagus dari diri sendiri adalah dengan belajar melihat dari dalam bukan dari cermin.

    2. Jangan terlalu banyak meminta maaf kecuali jika Anda melakukan hal yang benar-benar fatal. Orang yang selalu minta maaf biasanya memiliki perasaan tidak aman.

    3. Buatlah keputusan dan lakukanlah. Jangan terlalu banyak menganalisis karena hanya akan membuat Anda bingung mengambil sebuah tindakan. Langkah awal biasanya adalah bagian tersulit.

    4. Bayangkan kesuksesan. Para ahli mengatakan bahwa kemampuan menggambarkan kesuksesan dalam menyelesaikan sebuah tugas dapat membantu dalam penyelesaian tugas tersebut.

    5. Tegakkan badan. Menurut sebuah penelitian yang dilakukan Universitas Ohio, menegakkan badan dapat membuat Anda lebih berpikir positif tentang diri Anda sendiri.

    6. Berdandanlah. Menampilkan yang terbaik dari diri Anda dapat mengatakan banyak hal terkait perasaan Anda.

    7. Jangan bereaksi berlebihan terhadap suatu kesalahan. Belum tentu Anda dapat melakukan hal yang lebih baik dari orang lain.

    8. Asumsikan orang seperti Anda. Banyak orang mungkin melakukan hal yang sama dan hal tersebut dapat membantu Anda untuk bersosialisasi.

    9. Berbicaralah dengan orang asing kemana pun Anda pergi. Hal ini dapat membuat Anda merasa lebih baik, dan merupakan cara terbaik mengasah kemampuan bersosialisasi.

    10. Jangan pernah membandingkan diri Anda dengan orang lain. Setiap orang memiliki kelebihan dan kekurangan masing-masing. Anda tidak perlu menjadi yang paling cantik, yang paling pintar, atau yang paling kaya. Anda hanya perlu menjadi apa adanya diri Anda.

    11. Jika seseorang memberikan pujian, terimalah dengan anggun, dan jangan pernah memberikan perdebatan atau berpura-pura berendah diri.

    12. Berpikir muda. Penelitian yang dilakukan oleh Universitas Purdue menemukan bahwa orang yang mampu mengendalikan sifat mudanya adalah orang yang lebih mudah mendapatkan kepercayaan diri tentang kemampuannya.

    13. Perhatikan tangan Anda. Jangan pernah menyilangkan tangan Anda di depan dada Anda karena orang lain akan menganggap Anda adalah orang yang tertutup dan tidak dapat diajak bersosialisasi.

    16. Bersyukurlah. Ingatkan diri Anda apa yang penting, hargai apa yang Anda miliki, dan jangan lupa untuk berterima kasih kepada orang lain.

    15. Gunakan kontak mata setiap kali Anda berbicara dengan orang lain. Hal ini adalah kebiasaan orang-orang yang percaya diri. (pie)

    sumber : http://kosmo.vivanews.com/news/read/214037-ingin-percaya-diri--ikuti-15-cara-ini
     
    • Thanks Thanks x 2
  18. zz11 Veteran

    Offline

    Rockstar

    Joined:
    Mar 11, 2009
    Messages:
    40,084
    Trophy Points:
    252
    Ratings:
    +33,311 / -0
  19. Alovera M V U

    Offline

    Lurking Around

    Joined:
    Jan 18, 2010
    Messages:
    654
    Trophy Points:
    107
    Gender:
    Male
    Ratings:
    +1,584 / -0
    Wah nice Info nih...

    Gw juga hilang PD kalo misalnya ngelakuin sesuatu di depan orang rame, misalnya presentasi....sebelum tampil udah grogi duluan.....kadang itu bikin presentasi gw ga lancar...:sebel:
     
  20. dvilzbramz Members

    Offline

    Silent Reader

    Joined:
    Mar 3, 2010
    Messages:
    199
    Trophy Points:
    16
    Ratings:
    +41 / -0
    pengaruh lingkungan nih yang paling berperan besar ya
     
  21. tsukicherry Members

    Offline

    Joined:
    Nov 15, 2010
    Messages:
    6
    Trophy Points:
    1
    Ratings:
    +0 / -0
    karena tiap anak itu awalnya 'kosong' dan diisi oleh orang-orang sekitarnya
     
Thread Status:
Not open for further replies.

About Forum IDWS

IDWS, dari kami yang terbaik-untuk kamu-kamu (the best from us to you) yang lebih dikenal dengan IDWS adalah sebuah forum komunitas lokal yang berdiri sejak 15 April 2007. Dibangun sebagai sarana mediasi dengan rekan-rekan pengguna IDWS dan memberikan terbaik untuk para penduduk internet Indonesia menyajikan berbagai macam topik diskusi.