1. Hai IDWS Mania, buat kamu yang ingin bebas iklan, cek hidden post, dan fitur lain.. kamu bisa berdonasi membership Gatotkaca di sini yaa~
  2. Silahkan Login atau Register, untuk melihat konten-konten menarik lainnya.
  3. Pengen ganti nama ID atau Plat tambahan? Sekarang bisa loh! Cek infonya di sini yaa!
  4. IDWS Radio is Back! Mau ngobrol seru bareng penyiar (announcer) atau mau ikutan jadi penyiar di IDWS Radio? Mau promoin lagu indie kamu? Bisaa!.Klik info lengkapnya di sini, kuy~.
  5. Terima kasih untuk kebersamaan komunitas selama hampir 12 tahun ini. Apa pengalaman menarikmu selama di IDWS? Apa saran, kritik, dan masukan kamu untuk IDWS? Tolong sampaikan di sini yaa~ Terima kasih.
  6. Tim staff IDWS mengajak dan memberikan kesempatan IDWS Mania bergabung dalam tim staff komunitas forum IDWS nih. Klik untuk info lengkapnya yuk~
  7. Pengen belajar jadi staff forum IDWS? Sekaran kamu bisa ajuin Moderator in Trainee loh!. Intip di sini kuy~

Economy Singosari Ditetapkan Sebagai Kawasan Ekonomi Khusus Oleh Presiden Jokowi

Discussion in 'Tengah Komunitas' started by IDWS.News, Oct 8, 2019.

  1. IDWS.News adalah Partner/ Kontributor TerverifikasiIDWS.News Gatotkaca

    Offline

    ▁ ▂ ▄ ρεηүεвαя ιηғσ ▄ ▂ ▁

    Joined:
    Feb 18, 2010
    Messages:
    641
    Trophy Points:
    41
    Ratings:
    +28 / -0
    Presiden Joko Widodo (Jokowi) resmi menetapkan Singosari, Malang, sebagai kawasan ekonomi khusus atau KEK, yang tertuang dalam Peraturan Pemerintah Nomor 68 Tahun 2019 tentang Kawasan Ekonomi Khusus Singosari.

    Kawasan Ekonomi Khusus sendiri merupakan kawasan dengan batas tertentu yang tercakup dalam daerah atau wilayah untuk menyelenggarakan fungsi perekonomian lewat fasilitas-fasilitas tertentu. KEK dikembangkan melalui penyiapan kawasan yang memiliki keunggulan geoekonomi dan geostrategi dan berfungsi untuk menampung kegiatan industri, ekspor, impor, dan kegiatan ekonomi lain yang memiliki nilai ekonomi tinggi dan daya saing internasional.

    Pada dasarnya KEK dibentuk untuk membuat lingkungan kondusif bagi akitivitas investasi, ekspor, dan perdagangan guna mendorong laju pertumbuhan ekonomi serta sebagai katalis reformasi ekonomi. Untuk ide ini diinspirasi dari keberhasilan beberapa negara yang lebih dulu mengadopsinya, seperti Tiongkok dan India.

    Dalam peraturan yang ditandatangani Jokowi pada 27 September itu, disebutkan luas KEK Singosari mencapai 120,3 hektare dan terdiri dari dua zona, yakni zona pariwisata dan zona pengembangan teknologi. Dalam penjelasannya, Jokowi menyatakan penetapan tersebut dilakukan dalam rangka mempercepat pembangunan perekonomian kawasan Malang, serta menunjang percepatan dan perluasan pembangunan ekonomi nasional.

    Menurut presiden sendiri, Singosari dipilih sebagai KEK karena memiliki banyak keunggulan geoekonomi, seperti lokasi yang berdekatan dengan Bandara Internasional Juanda dan Pelabuhan Tanjung Perak, serta terhubung dengan ruas Tol Pandaan-Malang.

    Selain itu, populasi Malang Raya yang besar serta memiliki keunggulan indeks pembangunan manusia di atas rata-rata Provinsi Jawa Timur juga diharapkan menjadi modal pengembangan sumber daya manusia potensial, khususnya pengembangan ekosistem digital dan ekonomi kreatif.



    Sumber: Portal IDWS
     

Share This Page

About Forum IDWS

IDWS, dari kami yang terbaik-untuk kamu-kamu (the best from us to you) yang lebih dikenal dengan IDWS adalah sebuah forum komunitas lokal yang berdiri sejak 15 April 2007. Di bangun sebagai sarana mediasi dengan rekan-rekan pengguna IDWS dan memberikan terbaik untuk para penduduk internet Indonesia menyajikan berbagai macam topik diskusi.