1. Hai IDWS Mania, buat kamu yang ingin bebas iklan, cek hidden post, dan fitur lain.. kamu bisa berdonasi membership Gatotkaca di sini yaa~
  2. Silahkan Login atau Register, untuk melihat konten-konten menarik lainnya.
  3. Pengen ganti nama ID atau Plat tambahan? Sekarang bisa loh! Cek infonya di sini yaa!
  4. IDWS Radio is Back! Mau ngobrol seru bareng penyiar (announcer) atau mau ikutan jadi penyiar di IDWS Radio? Mau promoin lagu indie kamu? Bisaa!.Klik info lengkapnya di sini, kuy~.
  5. Terima kasih untuk kebersamaan komunitas selama hampir 12 tahun ini. Apa pengalaman menarikmu selama di IDWS? Apa saran, kritik, dan masukan kamu untuk IDWS? Tolong sampaikan di sini yaa~ Terima kasih.
  6. Tim staff IDWS mengajak dan memberikan kesempatan IDWS Mania bergabung dalam tim staff komunitas forum IDWS nih. Klik untuk info lengkapnya yuk~
  7. Pengen belajar jadi staff forum IDWS? Sekaran kamu bisa ajuin Moderator in Trainee loh!. Intip di sini kuy~

Siapakah Kita?

Discussion in 'Science and Technology' started by radensetiyaki, May 19, 2010.

Thread Status:
Not open for further replies.
  1. radensetiyaki Members

    Offline

    Silent Reader

    Joined:
    Mar 25, 2010
    Messages:
    48
    Trophy Points:
    92
    Gender:
    Male
    Ratings:
    +3,131 / -0
    Siapakah Kita?

    [​IMG]

    Manusia menempati kedudukan yang sangat istimewa di muka bumi ini. Mereka digolongkan sebagai spesies paling cerdas – yang disebut homo sapiens – dibandingkan dengan spesies-spesies lain. Kurang lebih 2000 tahun sebelum masehi, manusia telah menunjukkan kelebihannya dengan meninggalkan kebudayaan tinggi yang masih ada sampai sekarang yaitu Piramida di Mesir. Setelah tahun tersebut, kebudayaan dan teknologi manusia terus berkembang semakin canggih di seluruh Bumi sampai pada awal abad XXI – hanya memerlukan waktu 4000 tahun – dan hasilnya adalah seperti yang kita rasakan sekarang ini.

    Semenjak ditemukan mikroskop elektron, manusia juga mulai tertarik mempelajari materi berukuran mikro, sampai pada akhirnya mengetahui bahwa Deoxyribo Nucleat Acid – DNA – lah yang membuatnya memiliki berbagai kelebihan. Walaupun semua makluk hidup memiliki DNA, tetapi karena susunan DNA dan jumlah kromosom tiap sel pada makluk hidup adalah berbeda-beda, maka hal itu dapat mempengaruhi tingkat kecerdasan masing-masing spesies makluk hidup (selain itu, tentu saja ukuran otak besar perkilogram berat badan juga sangat berpengaruh). Penelitian manusia tentang DNA ini telah melahirkan teknologi baru yaitu kultur jaringan yang juga sering disebut kloning. Sejak melakukan pemetaan DNA, manusia sekarang ini telah berhasil membuat kloning pada beberapa jenis mamalia dan mungkin akan terus diperluas ke spesies-spesies yang lain.

    Menurut uraian di atas, jelas sekali bahwa manusia dapat dikatakan sebagai “penguasa Bumi”. Akan tetapi, bila kita mengubah sudut pandang kita – bukan Bumi yang dipakai sebagai acuan – dan memakai wilayah Tata Surya Matahari sebagai obyeknya, planet Bumi kita ini hanyalah sebuah titik pada lembaran Tata Surya. Bandingkan saja diameter katulistiwa bumi yang sekitar 12.700 kilometer, dengan jarak Matahari ke planet terjauh – Pluto – yaitu sekitar 5.954 juta kilometer, atau sekitar satu berbanding 468.818,9. Belum lagi kalau dibandingkan dengan jangkauan gravitasi Matahari yang jaraknya sampai seribu kali jarak Matahari-Pluto!. Apabila kita memperluas lagi sudut pandang kita dan memakai acuan Galaksi Bima Sakti, ataupun memakai acuan Alam Semesta – dimana, berjuta-juta galaksi yang teramati dengan teleskop Bumi terdapat di dalamnya dan kalau dapat di anggap sebagai sebuah kubus memiliki panjang rusuk 1, 472 x 10^18 km – Bumi akan mendapati posisinya sebagai bintik debu di dalam hamparan gurun yang Maha Luas.

    Kemudian sering muncul pertanyaan di benak kita, siapakah kita ini? Dimanakah kita ini sebenarnya? Apa yang sedang kita lakukan di Bumi ini? Apakah ada “Bumi” lain di Antariksa? Dan lain-lain pertanyaan yang menanyakan keberadaan manusia. Dengan tetap menjunjung tinggi norma agama, manusia mencoba mencari jawaban tentang bagaimana awal terbentuknya dunia dan bagaimana berakhirnya dunia. Berdasarkan penelitian para ahli BioGeologi, Bumi kita ini sudah berumur 5 milyar tahun. Kehidupan pertama muncul kurang lebih 500 juta tahun yang lalu di dalam samudera Bumi (yang disebut Sop Purba). 100 juta tahun yang lalu telah ada bukti bentuk kehidupan berupa organisme jenis reptilia yang sempat merajai Bumi – yaitu Dinosaurus – dan baru pada 2 juta tahun yang lalu, setelah mengalami berbagai macam proses Evolusi, muncul manusia purba yang hampir mirip bentuknya dengan manusia sekarang.

    Alam semesta sendiri timbul karena sebelum adanya galaksi-galaksi dan bintang-bintang seperti Matahari, telah terjadi serentetan ledakan super hebat yang disebut dengan teori Big Bang dan akhirnya menciptakan ruangan-ruangan di Alam Semesta. Kemudian awan-awan panas Nebula yang ada di Alam Semesta mulai mendingin dan membentuk berjuta-juta galaksi. Berdasarkan perkiraan para ahli Fisika-Kimia, bila proses nuklir di Matahari berlangsung normal seperti sekarang ini, maka umur Matahari masih tersisa selama 10 milyar tahun. Selama masa itu, iklim di Bumi akan tetap nyaman seperti sekarang ini, sampai akhirnya Matahari menggembung dengan diameter melebihi jarak Matahari-Jupiter dan kemudian mengerut kembali. Akhirnya, 10 milyar tahun setelah penggembungan, matahari berangsur-angsur mengecil dan lenyap dari pandangan mata.

    Akan tetapi, sebenarnya jawaban dari Para Ahli di atas masih merupakan tanda tanya dan mkin menambah rumitnya pemikiran manusia sendiri, karena melahirkan berbagai macam pertanyaan yang baru. Semenjak Fisikawan Albert Einstein pada awal abad XX menerbitkan teori Kenisbian (Relativitas) – yang sudah dapat dibuktikan di laboratorium atom – manusia mulai memiliki imajinasi tentang ruang bermatra jamak, peristiwa penyusutan waktu, pertambahan massa maupun perbedaan selisih kecepatan yang disebabkan bila sebuah benda melaju mendekati kecepatan cahaya (sekitar 2,998 x 10^8 m/s).

    Keadaan Bumi yang menurut Agama merupakan akhir perkembangan dan diharapkan tidak berubah – mohon maaf kalau pendapat penulis ini salah – sekarang ini oleh banyak umat manusia malah dianggap sebagai awal revolusi Ilmu Pengetahuan dan Teknologi. Manusia akan selalu berusaha untuk mengubah Bumi-nya agar lebih dapat menyejahterakan kehidupan. Walaupun sudah 4000 tahun – semenjak dibangunnya Piramida – Ilmu pengetahuan berkembang dengan pesatnya, tetapi manusia masih belum dapat menemukan jawaban yang pasti tentang posisinya di Alam Semesta. Sebagai gambaran, berikut ini adalah kutipan dari sumber pustaka yang dipakai;

    “…. Untuk itu kita tidak dapat memberikan jawaban pasti, melainkan sekedar perkiraan yang dapat diterima, termasuk kemungkinan-kemungkinan berikut:

    (1) Kita merupakan satu-satunya makluk cerdas di Alam Semesta (Suatu konsep yang mustahil, merendahkan dan tidak tanggung-tanggung congkaknya).

    (2) Kita ini tidak begitu cerdas sehingga tidak satu maklukpun menaruh minat untuk mengunjungi kita (Sama merendahkannya, tetapi lebih besar kebolehjadiannya).

    (3) “Mereka” telah mencoba atau sedang mencoba berkomunikasi dengan kita, tetapi kita saja yang tidak menerima berita itu.

    (4) “Mereka”, semata-mata sedang memperhatikan kita, sebagaimana seorang ahli antropologi, atau mungkin sebagaimana seorang “ilmuwan” yang mengintip melalui mikroskopnya untuk memeriksa dan mempelajari suatu kultur bakteri.

    (5) Perjalanan antar bintang itu mustahil, oleh sebab teknis yang tidak diketahui.

    (6) Perjalanan antar bintang itu mungkin, tetapi karena jumlah planet di Alam Semesta begitu besar bagaikan banyaknya butir pasir di semua permukaan Bumi, kita hanya boleh mengharapkan datangnya tamu sekali setiap beberapa juta tahun….”


    Dengan melihat bahwa umur Bumi masih tersisa 10 milyar tahun – bandingkan dengan sejak diawalinya zaman sejarah 4000 tahun yang lalu – mungkin usaha manusia untuk mencari jawaban atas pertanyaan-pertanyaan tersebut dapat berhasil. Kita semua hanya dapat berusaha semampu kita dan berdoa semoga generasi-generasi penerus kita dapat menemukan jawabannya, Amin.

    :semangat:
     
    • Thanks Thanks x 5
    • Like Like x 4
    Last edited: Dec 2, 2010
  2. Ramasinta Tukang Iklan





  3. gheel Members

    Offline

    Silent Reader

    Joined:
    Sep 8, 2009
    Messages:
    14
    Trophy Points:
    1
    Ratings:
    +2 / -0
    wuih,. mantap bener info ny gan
    jadi kepikiran posisi manusia di di alam semesta, kita ini kecil bnget
     
  4. shadiixx M V U

    Offline

    Lurking Around

    Joined:
    Aug 24, 2009
    Messages:
    648
    Trophy Points:
    121
    Gender:
    Male
    Ratings:
    +1,303 / -1
    iya bisa jadi kita yang lagi tenang-tenang ternyata sedang diperhatikan sama makhluk-makhluk luar angkasa.. :takut:
     
  5. Hyperangel M V U

    Offline

    Lurking Around

    Joined:
    Jan 26, 2010
    Messages:
    651
    Trophy Points:
    111
    Ratings:
    +1,621 / -0
    gw suka bangett dengan pemikiran ini gan. dari dulu juga gw berpendapat begitu. malah gw berharap semoga dlm zaman ini kita bs masuk ke zaman penjelajahan angkasa yg luas. bukan cm pergi sampai bulan
     
  6. tyann M V U

    Offline

    Lurking Around

    Joined:
    Sep 7, 2009
    Messages:
    872
    Trophy Points:
    92
    Ratings:
    +362 / -0
    perjalanan antar bintang tu impian umat manusia sejak dulu.... sampe skarang lg dipikirkan bagaimna cara gampang nya.... masalah utama nya tuh terbatasnya sumber energi yg mampu menerbangkan pesawat sampe mendkati kecepatan cahaya itu... trus bagaimana caranya agar manusia yg menumpangi pesawat itu tetap dalam kondisi yg stabil.... :watta:
    Siapakah kita? kalo dalem sisi religi kita ini keturunan Adam, dan siapakah Adam itu? dia manusia yg diturunkan Tuhan karna telah ngelanggar peraturan Tuhan di Adn / Eden.... Dan apa sebenarnya tempat yg bernama Eden itu? surgakah? No, blum tentu.... menurut literatur yg gw baca Eden bisa jadi (kemungkinan yang ke seper seratus kali ya??) Planit lain seperti Bumi tp isi alam nya lebih indah dan teratur.... Jadi bisa aja kita ini si Alien itu (ana cucu adam yg di usir dari planit Eden)......:belajar:
     
  7. kiki31 M V U

    Offline

    Lurking Around

    Joined:
    Feb 22, 2009
    Messages:
    527
    Trophy Points:
    127
    Ratings:
    +2,998 / -3
    pusiiinnngggg.....

    kalo beneran ada alien2 gitu yang dateng di bumi gimana ya???

    apa bakal di bedah buat diteliti kaya film2 holywood???

    btw ane pernah denger kalo cahaya dari bintang2 yang sampe ke bumi butuh milyaran tahun cahaya untuk sampe. terus ada yang bilang kalo bintang2 itu dah ga ada lagi disana karena posisi yang kita lihat sekarang adalah posisi milyaran tahun yang lalu...

    jadi sekarang ini mungkin aja bintangnya dah ancur ato dah pindah galaksi tuh bintang.....

    apakah ini benar???
     
  8. tyann M V U

    Offline

    Lurking Around

    Joined:
    Sep 7, 2009
    Messages:
    872
    Trophy Points:
    92
    Ratings:
    +362 / -0
    @kiki31

    Masa sih? maksud nya bintang yg kita liat selama ini sbenernya udah ancur and cahayanya nyampe blakangan gitu?
    Tp kok posisi bintang sampe karang gak pernah brubah trus masih ada aja....:???:
     
  9. ich4n M V U

    Offline

    Lurking Around

    Joined:
    Jun 25, 2009
    Messages:
    1,707
    Trophy Points:
    131
    Ratings:
    +816 / -0
    jadi kita siapa kaka, kan ada kemungkinan kita adalah keturunan para makhluk alien, berapa lama lagi yah kita akan berevolusi jadi alien,mmm, masih lama mungkin yah, dari kera jadi manusia sekarang aja butuh jutaan tahun, jadi alien mungkin butuh waktu yang lama lagi yah? :lol: semoga generasi penerus kita nanti bisa menemukan jawaban dari misteri yang sekarang ada
    yang aku denger juga begitu, sinar matahari pun butuh waktu buat sampe ke bumi,dan memang begitu kalo kita itung pake itung"an sederhana dengan variabel jarak bintang ke bumi dan kecepatan rambat cahaya ruang hampa. Makanya bisa jadi ada kemungkinan bintang yang kita lihat sinarnya itu sudah hancur atw pindah sekarang.

    harus kita ingat juga dengan jarak dan rentang waktu melihat yang demikian panjangnya maka bisa dikatakan kalau bintang yg kita lihat itu sudah berpijar terlebih dulu sebelum bumi ada makanya bisa kita lihat, bintang baru yang lahir belakangan" ini dan jaraknya jauh tidak bisa dilihat dalam waktu yg dekat. Mengapa tidak berubah terus posisinya (benarkah demikian tidak berubah posisinya kalo ngliat ke website yg nyediain gambar rasi bintang bisa dilihat ternyata bentuk rasi bintang yg sama di jaman dulu bisa beda dengan yang sekarang ada)? G berubah posisinya atw masih ada aja atw masih bisa dilihat sinarnya karena yah itu butuh waktu untuk bisa ngeliat, dan pergerakannya mungkin butuh waktu lama jadi kita ngeliatnya relatif gak berubah dan bintang di langit kan gak cuman satu, jadi siapa tau itu bintang yang lain dari malam sebelumnya :hehe:
    :maaf:
     
    Last edited: Jun 19, 2010
  10. reazon M V U

    Offline

    Lurking Around

    Joined:
    Aug 20, 2009
    Messages:
    1,563
    Trophy Points:
    227
    Gender:
    Male
    Ratings:
    +20,032 / -0
    IMO,, bintang itu kan jaraknya sangat jauh dari bumi,, meskipun bintang tersebut berpindah tempat,,
    ya ga kan jauh2 amat pindahnya,, jadi kita ngeliatnya tetep pada posisinya dan tidak bergerak.......
    CMIIW:piss:
     
  11. rmay168 Members

    Offline

    Silent Reader

    Joined:
    Aug 8, 2009
    Messages:
    81
    Trophy Points:
    21
    Ratings:
    +10 / -0
    aku manusia yang bisa makn minum tidur
     
  12. aqua00 M V U

    Offline

    Lurking Around

    Joined:
    Feb 17, 2010
    Messages:
    765
    Trophy Points:
    76
    Ratings:
    +1,070 / -0
    siapakah kita? kita adalah manusia ciptaan Allah yang diciptakan sama dan serupa dengan gambar Allah dan mendapat posisi lebih tinggi dari malaikat..
     
  13. azadinda M V U

    Offline

    Lurking Around

    Joined:
    Sep 8, 2010
    Messages:
    768
    Trophy Points:
    191
    Ratings:
    +8,770 / -0
    Kita memang sangat kecil, kalo kita tau diri n tau siapa kita...kita ngga bakalan sombong.
    Semua yang kita punya hanya titipan dan akan kita kembalikan suatu saat nanti.
    Ngomong2, gw takut banget liyat gambarnya kebayang kalo gw ada di luar sana dengan tempat yang sangat luas, gelap dan sendiri :takut:
    Maaf kalo OOT
     
  14. Fallen_Angelz M V U

    Offline

    Lurking Around

    Joined:
    Sep 1, 2010
    Messages:
    974
    Trophy Points:
    67
    Ratings:
    +59 / -0
    wah bahkan kita sendiri pun
    merupakan misteri yg cukup misterius
     
  15. _windwalk_ Members

    Offline

    Silent Reader

    Joined:
    May 7, 2009
    Messages:
    37
    Trophy Points:
    6
    Ratings:
    +7 / -0
    bersyukur gan .. masi bisa napak di dunia ini .. xixixii
     
  16. Drei M V U

    Offline

    Lurking Around

    Joined:
    Jul 26, 2010
    Messages:
    1,676
    Trophy Points:
    112
    Ratings:
    +1,391 / -0
    jangan berpendapat yg berlebihan dulu....
    jika alam semesta tidak dapat kita pahami artinya belum saatnya manusia untuk mengerti.....
    dari pada ngurusin alam semesta yang masih belum jelas jawabannya, lebih baik pahami diri kita ini....
    kenapa manusia tinggal di dunia ini...?
    dan
    apa yg harus manusia lakukan di bumi ini....?

    orang bilang hidup ini sebuah petualangan, tapi apa yg manusia dapat dari petualangan ini....?
    harta kah......
    kepuasan kah......
    ilmu kah.....
    kebebasan kah.....
    harga diri kah......

    akhir dari manusia hanyalah kematian, artinya ketiadaan......
    lalu buat apa manusia hidup jika akhirnya mengalami kematian......
    arti dari perjalanan singkat manusia di bumi ini sebenarnya apa......?
     
  17. desmon91 Members

    Offline

    Beginner

    Joined:
    Feb 28, 2010
    Messages:
    404
    Trophy Points:
    51
    Ratings:
    +1,079 / -0
    mungkin juga kali gan ya..wiiiiiihhhh...:takut:
     
Thread Status:
Not open for further replies.

Share This Page

About Forum IDWS

IDWS, dari kami yang terbaik-untuk kamu-kamu (the best from us to you) yang lebih dikenal dengan IDWS adalah sebuah forum komunitas lokal yang berdiri sejak 15 April 2007. Di bangun sebagai sarana mediasi dengan rekan-rekan pengguna IDWS dan memberikan terbaik untuk para penduduk internet Indonesia menyajikan berbagai macam topik diskusi.