1. Hai IDWS Mania, buat kamu yang ingin bebas iklan, cek hidden post, dan fitur lain.. kamu bisa berdonasi membership Gatotkaca di sini yaa~
  2. Silahkan Login atau Register, untuk melihat konten-konten menarik lainnya.
  3. Pengen ganti nama ID atau Plat tambahan? Sekarang bisa loh! Cek infonya di sini yaa!
  4. IDWS Radio is Back! Mau ngobrol seru bareng penyiar (announcer) atau mau ikutan jadi penyiar di IDWS Radio? Mau promoin lagu indie kamu? Bisaa!.Klik info lengkapnya di sini, kuy~.
  5. Terima kasih untuk kebersamaan komunitas selama hampir 12 tahun ini. Apa pengalaman menarikmu selama di IDWS? Apa saran, kritik, dan masukan kamu untuk IDWS? Tolong sampaikan di sini yaa~ Terima kasih.
  6. Tim staff IDWS mengajak dan memberikan kesempatan IDWS Mania bergabung dalam tim staff komunitas forum IDWS nih. Klik untuk info lengkapnya yuk~
  7. Pengen belajar jadi staff forum IDWS? Sekaran kamu bisa ajuin Moderator in Trainee loh!. Intip di sini kuy~

[Sekilat Inpo] Pengertian Hacker dan Cracker Biar tidak salah mengartikan

Discussion in 'Science and Technology' started by Chopsuey03, Oct 7, 2009.

Thread Status:
Not open for further replies.
  1. Chopsuey03 M V U

    Offline

    Lurking Around

    Joined:
    Aug 11, 2009
    Messages:
    709
    Trophy Points:
    66
    Ratings:
    +134 / -0
    maaf sebelumnya kalo :repost: langsung didelete aja om momod

    Hacker

    Hacker adalah sebutan untuk orang atau sekelompok orang yang memberikan sumbangan bermanfaat untuk dunia jaringan dan sistem operasi, membuat program bantuan untuk dunia jaringan dan komputer.Hacker juga bisa di kategorikan perkerjaan yang dilakukan untuk mencari kelemahan suatu system dan memberikan ide atau pendapat yang bisa memperbaiki kelemahan system yang di temukannya.

    Hacker memiliki manifesto dan kode etik yang menjadi patokan bagi Hacker di seluruh dunia. Manifesto hacker dibuat oleh
    seorang hacker yang menggunakan nickname The Mentor dan pertama kali dimuat pada majalah Phrack (volume 1 / issue 7 / 25 September 1986). Manifesto hacker tersebut adalah :
    Ini adalah dunia kami sekarang, dunianya electron dan switch, keindahan sebuah baut. Kami mendayagunakan sebuah system yang telah ada tanpa membayar, yang bisa jadi biaya tersebut sangatlah murah jika tidak dijalankan dengan nafsu tamak mencari keuntungan, dan kalian sebut kami criminal.
    Kami menjelajah, dan kalian sebut kami criminal.
    Kami mengejar pengetahuan, dan kalian sebut kami criminal.
    Kami hadir tanpa perbedaan warna kulit, kebangsaan ataupun prasangka keagamaan, dan kalian sebut kami criminal.
    Kalian membuat bom atom, kalian menggelar peperangan, kalian membunuh, kalian berlaku curang, membohongi kami dan mencoba meyakinkan kami bahwa semua itu demi kebaikan kami, tetap saja kami yang disebut criminal.
    Ya, aku memang seorang criminal.
    Kejahatanku adalah rasa keingintahuanku.
    Kejahatanku adalah karena menilai orang lain dari apa yang mereka katakana dan pikirkan, bukan pada penampilan mereka.
    Kejahatanku adalah menjadi lebih pintar dari kalian, sesuatu yang tak akan kalian maafkan.
    Aku memang seorang hacker, dan inilah manifesto saya.
    Kalian bisa saja menghentikanku, tetapi kalian tak mungkin menghentikan kami semua.
    Bagaimanapun juga, kami semua senasib seperjuangan.

    Kode etik hacker tersebut tertulis:

    1. Akses ke sebuah sistem komputer, dan apapun saja dapat mengajarkan mengenai bagaimana dunia bekerja, haruslah tidak terbatas sama sekali
    2. Segala informasi haruslah gratis
    3. Jangan percaya pada otoritas, promosikanlah desentralisasi
    4. Hacker haruslah dinilai dari sudut pandang aktifitas hackingnya, bukan berdasarkan standar organisasi formal atau kriteria yang tidak relevan seperti derajat, usia, suku maupun posisi.
    5. Seseorang dapat menciptakan karya seni dan keindahan di komputer
    6. Komputer dapat mengubah kehidupan seseorang menjadi lebih baik.

    Ternyata Hacker juga mempunyai tingkatan-tingkatan, tiap tingkatan di bedakan dengan kemampuan dan ilmu yang dimiliki sang hacker :

    1.Elite

    Ciri-ciri : mengerti sistem operasi luar dalam, sanggup mengkonfigurasi & menyambungkan jaringan secara global, melakukan pemrogramman setiap harinya, effisien & trampil, menggunakan pengetahuannya dengan tepat, tidak menghancurkan data-data, dan selalu mengikuti peraturan yang ada. Tingkat Elite ini sering disebut sebagai ‘suhu’.

    2.Semi Elite

    Ciri-ciri : lebih muda dari golongan elite, mempunyai kemampuan & pengetahuan luas tentang komputer, mengerti tentang sistem operasi (termasuk lubangnya), kemampuan programnya cukup untuk mengubah program eksploit.

    3.Developed Kiddie

    Ciri-ciri : umurnya masih muda (ABG) & masih sekolah, mereka membaca tentang metoda hacking & caranya di berbagai kesempatan, mencoba berbagai sistem sampai akhirnya berhasil & memproklamirkan kemenangan ke lainnya, umumnya masih menggunakan Grafik User Interface (GUI) & baru belajar basic dari UNIX tanpa mampu menemukan lubang kelemahan baru di sistem operasi.

    4.Script Kiddie

    Ciri-ciri : seperti developed kiddie dan juga seperti Lamers, mereka hanya mempunyai pengetahuan teknis networking yang sangat minimal, tidak lepas dari GUI, hacking dilakukan menggunakan trojan untuk menakuti & menyusahkan hidup sebagian pengguna Internet.

    5.Lammer

    Ciri-ciri : tidak mempunyai pengalaman & pengetahuan tapi ingin menjadi hacker sehingga lamer sering disebut sebagai ‘wanna-be’ hacker, penggunaan komputer mereka terutama untuk main game, IRC, tukar menukar software prirate, mencuri kartu kredit, melakukan hacking dengan menggunakan software trojan, nuke & DoS, suka menyombongkan diri melalui IRC channel, dan sebagainya. Karena banyak kekurangannya untuk mencapai elite, dalam perkembangannya mereka hanya akan sampai level developed kiddie atau script kiddie saja.

    Mengacu pada seseorang yang punya minat besar untuk mempelajari sistem komputer secara detail dan bagaimana meningkatkan kapabilitasnya. Besarnya minat yang dimiliki seorang hacker dapat mendorongnya untik memiliki kemampuan penguasaan sistem yang diatas rata-rata kebanyakan pengguna. Jadi, hacker sebenarnya memiliki konotasi yang netral.

    Di masyarakat umum, istilah hacker ini banyak tersalahgunakan atau rancu dengan istilah Cracker. Khususnya ketika pembahasan mengarah kepada kejahatan. Dimana istilah untuk penjahat yang mereka maksud sebenarnya adalah Cracker.

    Dalam dunia underground orang yang menjadi hacker biasanya melalui tahapan-tahapan berikut:
    1. Mundane Person
    2. Lamer
    3. Wannabe
    4. Larva
    5. Hacker

    Ada dua tingkatan hacker berdasarkan keahliannya, yaitu:
    1. Wizard
    2. Guru

    Karakter hacker itu sendiri dibagi menjadi dua, mereka ini lebih condong mengarah kepada sifat cracker. Kedua karakter tersebut adalah:
    1. Dark-side Hacker
    2. Malicious Hacker

    Tahapan yang dilalui oleh mereka yang menjadi hacker. Sebenarnya sulit untuk mengatakan tingkatan akhir atau final dari hacker telah tercapai, karena selalu saja ada sesuatu yang baru untuk dipelajari atau ditemukan (mengumpulkan informasi dan mempelajarinya dengan cermat merupakan dasar-dasar yang sama bagi seorang hacker) dan hal tersebut juga tergantung intuisi. Meskipun demikian, menjadi seorang hacker memang lebih menjurus pada hal pemikiran.

    Dark-side Hacker
    Karakter dari para hacker yang bersifat merusak. Istilah ini diperoleh dari film Star Wars
    Malicious Hacker
    Karakter dari para hacker yang bersifat merusak. Hacker yang memiliki sifat jahat dan menyerang sistem
    Black Hat
    Hacker jahat, hacker black hat ini juga biasa disebut sebagai “aka crackers” dengan kemampuan mencuri informasi dari sebuah sistem
    White Hat
    Hacker yang lebih memanfaatkan pengetahuan mereka untuk memuaskan rasa ingin tahu bagi intelektualitas dunia informasi dan tekhnologi dan memberikan andil yang cukup signifikan bagi kemajuan dunia informasi dan teknologi
    Guru
    Tingkatan keahlian dari seorang hacker elite beberapa orang mengatakan Demigods . Istilah ini digunakan pada seseorang yang mengetahui semua hal baik luar dalam suatu sistem jaringan maupun sistem operasi

    Cracker

    cracker adalah sebutan untuk orang yang mencari kelemahan system dan memasukinya untuk kepentingan pribadi dan mencari keuntungan dari system yang di masuki seperti: pencurian data, penghapusan, dan banyak yang lainnya.

    Cracker tidak mempunyai hirarki khusus karena sifatnya hanya membongkar dan merusak

    Hacker VS Cracker

    Dalam dunia maya (internet), masalah keamanan adalah satu hal yang sangat diperlukan. Karena tanpa keamanan bisa saja data-data dan sistem yang ada di internet bisa dicuri oleh orang lain. Seringkali sebuah sistem jaringan berbasis internet memiliki kelemahan atau sering disebut juga lubang keamanan (hole). Nah, kalau lubang tersebut tidak ditutup, pencuri bisa masuk dari lubang itu. Pencurian data dan sistem dari internet saat ini sudah sering terjadi. Kasus ini masuk dalam kasus kejahatan komputer. Istilah dalam bahasa Inggrisnya : Cybercrime.

    Hacker dan cracker dianggap sebagai orang yang paling bertanggungjawab dalam kejahatan komputer tersebut. Padahal kalau kita melihat apa sebenarnya istilah dan apa saja yang dilakukan oleh hacker maka anggapan tersebut tidak selalu benar.

    Hacker adalah sebutan untuk mereka yang menggunakan keahliannya dalam hal komputer untuk melihat, menemukan dan memperbaiki kelemahan sistem keamanan dalam sebuah sistem komputer ataupun dalam sebuah software. Hasil pekerjaan mereka biasanya dipublikasikan secara luas dengan harapan sistem atau software yang didapati memiliki kelemahan dalam hal keamanan dapat disempurnakan di masa yang akan datang. Sedangkan cracker memanfaatkan kelemahan-kelamahan pada sebuah sistem atau software untuk melakukan tindak kejahatan.

    Dalam masyarakat hacker, dikenal hirarki atau tingkatan. Hacker menduduki tempat kedua dalam tingkatan tersebut dan cracker berada pada tingkat ketiga. Selain itu masih ada beberapa tingkatan lain seperti lamer (wanna be) . Berbeda dengan hacker dan craker yang mencari dan menemukan sendiri kelemahan sebuah sistem, seorang lamer menggunakan hasil temuan itu untuk melakukan tindak kejahatan. Seorang lamer biasanya hanya memiliki pengetahuan yang sedikit mengenai komputer terutama mengenai sistem keamanan dan pemrograman. Dalam komunitas hacker, lamer merupakan sebutan yang bisa dibilang memalukan.

    Seorang hacker memiliki tujuan yaitu untuk menyempurnakan sebuah sistem sedangkan seorang cracker lebih bersifat destruktif. Umumnya cracker melakukan cracking untuk menggunakan sumber daya di sebuah sistem untuk kepentingan sendiri.

    Bagaimana cara cracker merusak ?

    Seorang cracker dapat melakukan penetrasi ke dalam sistem dan melakukan pengrusakan. Ada banyak cara yang biasanya digunakan untuk melakukan penetrasi antara lain : IP Spoofing (Pemalsuan alamat IP), FTP Attack dll.

    Pada umumnya, cara-cara tersebut bertujuan untuk membuat server dalam sebuah sistem menjadi sangat sibuk dan bekerja di atas batas kemampuannya sehingga sistem akan menjadi lemah dan mudah dicrack.

    Menjadi hacker adalah sebuah kebaikan tetapi menjadi seorang cracker adalah sebuah kejahatan.


    No thank's need it just for share afterall:piss:
     
  2. Ramasinta Tukang Iklan





  3. BloodyElf M V U

    Offline

    Beginner

    Joined:
    Jul 5, 2007
    Messages:
    456
    Trophy Points:
    82
    Ratings:
    +123 / -0
    iya nih, pengertian hacker harus di ubah, khususnya di kalangan gamers yg awan tentang dunia IT. Capek gw tiap hari dengernya "wah sial ID gw kena hack orang", "dasar hacker lo, nyolong ID orang mulu", dah di jelasin masi aja kyk gitu >_<



    Hacker itu masih berjasa dr pd cracker, karena hacker sendiri jg punya kode etik :hero:



    HIDUP HACKER !!!!
     
  4. kimiramaki M V U

    Offline

    Lurking Around

    Joined:
    Apr 29, 2009
    Messages:
    1,313
    Trophy Points:
    241
    Gender:
    Male
    Ratings:
    +11,810 / -0
    yupz bener bgt klo gag ad hacker mungkin sekarang gag ad game2 Online kyak Warcraft,RF dll
     
  5. hojoin M V U

    Offline

    Beginner

    Joined:
    Oct 6, 2009
    Messages:
    396
    Trophy Points:
    66
    Ratings:
    +73 / -0
    SETUJU!!!
    Hacker adalah orang baik..
    Cracker adalah orang yang agak kurang baik..
    tp gpp dh..

    banyak bgt tmnQ yang salah mengartikan antara hacker n Cracker..
    btw,, di Amerika seorang Cracker dpt hukuman Mati lho..
    Di Indonesia msh blm ada hukum n Pasal nya se..

    Moga aj kgak ampe separah itu dh..

    Bravo dh bwt Hacker n Cracker Indonesia..
     
  6. ralven M V U

    Offline

    Lurking Around

    Joined:
    Jun 27, 2009
    Messages:
    821
    Trophy Points:
    141
    Ratings:
    +2,567 / -0
    betul bro sering salah pengertian di sini, klo hacker itu jahat.
    padahal cracker itu yg pencuri!!
    btw dulu dulu bill gates juga seorang hacker:haha:
     
  7. MiniMaximA M V U

    Offline

    Lurking Around

    Joined:
    Sep 12, 2008
    Messages:
    1,040
    Trophy Points:
    91
    Ratings:
    +40 / -0
    Demigods, hacker dewa.
    Lucu bah ngelawak, mao jadi dewa internet ?
     
    • Like Like x 1
  8. chenhanz M V U

    Offline

    Lurking Around

    Joined:
    Aug 7, 2009
    Messages:
    695
    Trophy Points:
    191
    Ratings:
    +14,937 / -0
    di indonesia masih banyak hacker ma cracker nya
    apalagi baru-baru ini setelah ada debat dengan malay, hacker indonesia mulai bertindak..salut dah
     
  9. jakefirst89 Members

    Offline

    Silent Reader

    Joined:
    May 6, 2009
    Messages:
    88
    Trophy Points:
    6
    Ratings:
    +4 / -0
    iya bro, musti di kasih pengertian perbedaan cracker ama hacker..
    di kita banyak yang asal nyamanin aja..
    nice post bro
     
Thread Status:
Not open for further replies.

Share This Page

About Forum IDWS

IDWS, dari kami yang terbaik-untuk kamu-kamu (the best from us to you) yang lebih dikenal dengan IDWS adalah sebuah forum komunitas lokal yang berdiri sejak 15 April 2007. Di bangun sebagai sarana mediasi dengan rekan-rekan pengguna IDWS dan memberikan terbaik untuk para penduduk internet Indonesia menyajikan berbagai macam topik diskusi.