1. Disarankan registrasi memakai email gmail. Problem reset email maupun registrasi silakan email kami di inquiry@idws.id menggunakan email terkait.
  2. Untuk kamu yang mendapatkan peringatan "Koneksi tidak aman" atau "Your connection is not private" ketika mengakses forum IDWS, bisa cek ke sini yak.

Other Sejarah Petasan & Kembang Api

Discussion in 'History and Culture' started by smkosasih, Dec 13, 2010.

Thread Status:
Not open for further replies.
  1. smkosasih M V U

    Offline

    Senpai

    Joined:
    Sep 9, 2008
    Messages:
    5,341
    Trophy Points:
    177
    Gender:
    Male
    Ratings:
    +3,189 / -0
    [​IMG]
    Petasan (juga dikenal sebagai mercon) adalah peledak berupa bubuk yang dikemas dalam beberapa lapis kertas, biasanya bersumbu, digunakan untuk memeriahkan berbagai peristiwa, seperti perayaan tahun baru, perkawinan, dan sebagainya. Benda ini berdaya ledak rendah atau low explosive. Bubuk yang digunakan sebagai isi petasan merupakan bahan peledak kimia yang membuatnya dapat meledak pada kondisi tertentu.

    Sejarah
    Sejarah petasan bermula dari Cina. Sekitar abad ke-9, seorang juru masak secara tak sengaja mencampurtiga bahan bubuk hitam (black powder) yakni garam peter atau kalium nitrat, belerang (sulfur), dan arang dari kayu (charcoal) yang berasal dari dapurnya. Ternyata campuran ketiga bahan itu mudah terbakar.

    Jika ketiga bahan tersebut dimasukan ke dalam sepotong bambu yang ada sumbunya yang lalu dibakar dan akan meletus dan mengeluarkan suara ledakan keras yang dipercaya mengusir roh jahat. Dalam perkembangannya, petasan jenis ini dipercaya dipakai juga dalam perayaan pernikahan, kemenangan perang, peristiwa gerhana bulan, dan upacara-upacara keagamaan.

    Baru pada saat dinasti Song(960-1279 M) didirikan pabrik petasan yang kemudian menjadi dasar dari pembuatan kembang api karena lebih menitik-beratkan pada warna-warni dan bentuk pijar-pijar api di angkasa hingga akhirnya dibedakan. Tradisi petasan lalu menyebar ke seluruh pelosok dunia.

    Di Indonesia sendiri tradisi petasan itu dibawa sendiri oleh orang Tionghoa. Seorang pengamat sejarah Betawi, Alwi Shahab meyakini bahwa tradisi pernikahan orang Betawi yang menggunakan petasan untuk memeriahkan suasana dengan meniru orang Tionghoa yang bermukim di sekitar mereka.

    Bahan peledak kimia
    Bahan peledak kimia adalah suatu rakitan yang terdiri atas bahan-bahan berbentuk padat atau cair atau campuran keduanya yang apabila terkena aksi (misalnya benturan, panas, dan gesekan) dapat mengakibatkan reaksi berkecepatan tinggi disertai terbentuknya gas-gas dan menimbulkan efek panas serta tekanan yang sangat tinggi. Bahan peledak kimia dibedakan menjadi dua macam, yaitu low explosive (daya ledak rendah) dan high explosive (daya ledak tinggi).

    Bahan peledak low explosive adalah bahan peledak berdaya ledak rendah yang mempunyai kecepatan detonasi (velocity of detonation) antara 400 dan 800 meter per sekond Sementara bahan peledak high explosive mempunyai kecepatan detonasi antara 1.000 dan 8.500 meter per sekond Bahan peledak low explosive ini sering disebut propelan (pendorong) yang banyak digunakan sebagai pada peluru dan roket.

    [​IMG]
    petasan roket

    Di antara bahan peledak low explosive yang dikenal adalah mesiu (black powder atau gun powder) dan smokeless powder. Bagi sebagian masyarakat Indonesia, mesiu tersebut banyak digunakan sebagai pembuat petasan, termasuk petasan banting dan bom ikan. Bubuk mesiu adalah jenis bahan peledak tertua yang ditemukan oleh bangsa China pada abad ke-9. Selain sebagai bahan pembuat petasan dan kembang api, mesiu saat ini banyak digunakan sebagai propelan peluru dan roket, roket sinyal, petasan, sumbu ledak, dan sumbu ledak tunggu.

    Komposisi
    Beberapa komposisi pembuatan black powder yang dikenal, antara lain:
    • campuran antara potasium nitrat (KNO3), charcoal, dan belerang;
    • campuran antara sodium nitrat (NaNO3), charcoal, dan belerang;
    • campuran antara potasium nitrat dan charcoal (tanpa belerang); dan
    • pyrodex, merupakan campuran antara potasium nitrat, potasium perklorat (KClO4), charcoal, belerang, cyanoguanidin, sodium benzoat, dan dekstrin.

    Petasan di Indonesia
    Di Indonesia, petasan sudah menjadi sesuatu yang biasa dipakai untuk berlebaran dan saat bulan Ramadhan. Kebanyakan banyak anak sesudah sahur bukannya istirahat, malah bermain petasan dan kembang api. Mereka dengan seenaknya melemparkan petasan – petasan yang mereka bawa kepada temannya atau mobil yang sedang lewat,tanpa memikirkan akibatnya.

    [​IMG]
    macam-macam petasan

    Petasan dan sebangsanya memang barang gelap, artinya benda larangan. Sejak zaman Belanda sudah ada aturannya dalam Lembaran Negara (LN) tahun 1940 Nomor 41 tentang Pelaksanaan Undang-Undang Bunga Api 1939, di mana di antara lain adanya ancaman pidana kurungan tiga bulan dan denda Rp 7.500 apabila melanggar ketentuan "membuat, menjual, menyimpan, mengangkut bunga api dan petasan yang tidak sesuai standar pembuatan".

    Mungkin karena peraturan tersebut sudah kuno dan terlalu ”antik”, maka pemerintah telah mengeluarkan berbagai macam peraturan, diantaranya UU Darurat 1951 yanag ancamannya bisa mencapai 18 tahun penjara.

    sumber:
    Code:
    http://id.wikipedia.org/wiki/Petasan
    http://id.shvoong.com/humanities/history/1938167-sejarah-kembang-api/
    
     
    Last edited: Dec 13, 2010
  2. Ramasinta Tukang Iklan

  3. delopadi Members

    Offline

    Silent Reader

    Joined:
    Jul 17, 2010
    Messages:
    116
    Trophy Points:
    31
    Ratings:
    +2 / -0
    wah, :bloon: nggak nyangka bikin kembang api aja ada seninya :kaget:
    dan nggak main2, yg buat kudu orang ahli yang ngerti reaksi fisika dan kimia :iii:
    kira2 yg dibuat di indonesia orang2 yg ahli tsb bukan yaaaa??
    :makasih-g: makasih infonya KK TS.
     
  4. fouchan M V U

    Offline

    Lurking Around

    Joined:
    Nov 17, 2010
    Messages:
    1,520
    Trophy Points:
    211
    Ratings:
    +20,742 / -0
    ternyata malah dimulai dari orang masak yang ga sengaja nyampur bahan .. :hehe:
     
  5. 1c4ru5 Veteran

    Offline

    Senpai

    Joined:
    Mar 9, 2010
    Messages:
    6,687
    Trophy Points:
    267
    Ratings:
    +6,224 / -1
    ada seninya kok bro terutama di jepang :hi:

    btw nambahin bro,dlu mnurut mitos legenda di dinasty china bkn hny setan,awalnya kembang api tidak dikenal tp krn seorg taktikus perang china yg katanya membantu kaisar berperang dengan para dewa krn berselisih,jdi ceritanya kaisar para dewa mengirimkan dewa api untuk membakar dinasty tsb tp krn si taktikus tau dia buat taktik agar kembang api dibakar sebanyak banyaknya dari pabrik,ketika dewa itu datang,dan benar ketika datang dibakar yang akhirnya membuat si dewa mengira kerajaan sudah terbakar dan dia pulang ke khayangan :lol:
     
    • Like Like x 1
    • Thanks Thanks x 1
  6. oxside89 M V U

    Offline

    Beginner

    Joined:
    Oct 24, 2010
    Messages:
    229
    Trophy Points:
    116
    Gender:
    Male
    Ratings:
    +4,609 / -0
    wah kapan ya di Indonesia neh ada pesta kembang api yg di adakan setiap tahun ya :blink:
    paling² cuma tahun baru aja :keringat:
     
  7. smkosasih M V U

    Offline

    Senpai

    Joined:
    Sep 9, 2008
    Messages:
    5,341
    Trophy Points:
    177
    Gender:
    Male
    Ratings:
    +3,189 / -0
    iya, kadangkala penemuan tuh tercipta dari suatu ketidaksengajaan..:cerutu:
     
  8. a23 M V U

    Offline

    Beginner

    Joined:
    May 15, 2009
    Messages:
    466
    Trophy Points:
    146
    Gender:
    Male
    Ratings:
    +1,205 / -0
    nih yang biasanya da film cina2 tu. jd inget jet li
     
  9. swarna_IDWS Members

    Offline

    Silent Reader

    Joined:
    Oct 30, 2009
    Messages:
    189
    Trophy Points:
    16
    Ratings:
    +23 / -0
    yang saya tau,. perayaan dengan mercun / petasan, karena bunyi ledakan yg kuat itu dapat membuat roh jahat, setan, iblis takut
     
  10. xsarasx Members

    Offline

    Beginner

    Joined:
    Sep 21, 2010
    Messages:
    467
    Trophy Points:
    26
    Ratings:
    +156 / -0
    semuanya pasti bermula dari hal ketidak sengajaan yang munculin ide baru kekeke
    keren juga ^^
    makasih infonya
     
Thread Status:
Not open for further replies.

About Forum IDWS

IDWS, dari kami yang terbaik-untuk kamu-kamu (the best from us to you) yang lebih dikenal dengan IDWS adalah sebuah forum komunitas lokal yang berdiri sejak 15 April 2007. Dibangun sebagai sarana mediasi dengan rekan-rekan pengguna IDWS dan memberikan terbaik untuk para penduduk internet Indonesia menyajikan berbagai macam topik diskusi.