1. Hai IDWS Mania, buat kamu yang ingin bebas iklan, cek hidden post, dan fitur lain.. kamu bisa berdonasi membership Gatotkaca di sini yaa~
  2. Silahkan Login atau Register, untuk melihat konten-konten menarik lainnya.
  3. Pengen ganti nama ID atau Plat tambahan? Sekarang bisa loh! Cek infonya di sini yaa!
  4. IDWS Radio is Back! Mau ngobrol seru bareng penyiar (announcer) atau mau ikutan jadi penyiar di IDWS Radio? Mau promoin lagu indie kamu? Bisaa!.Klik info lengkapnya di sini, kuy~.
  5. Terima kasih untuk kebersamaan komunitas selama hampir 12 tahun ini. Apa pengalaman menarikmu selama di IDWS? Apa saran, kritik, dan masukan kamu untuk IDWS? Tolong sampaikan di sini yaa~ Terima kasih.
  6. Tim staff IDWS mengajak dan memberikan kesempatan IDWS Mania bergabung dalam tim staff komunitas forum IDWS nih. Klik untuk info lengkapnya yuk~
  7. Pengen belajar jadi staff forum IDWS? Sekaran kamu bisa ajuin Moderator in Trainee loh!. Intip di sini kuy~

Historical Places Sejarah Jembatan Ampera ( Dari masa ke masa )

Discussion in 'Indonesian History' started by setankesurupan, Apr 27, 2010.

Thread Status:
Not open for further replies.
  1. setankesurupan Banned User

    Offline

    Silent Reader

    Joined:
    Mar 12, 2010
    Messages:
    41
    Trophy Points:
    6
    Ratings:
    +49 / -0
    PEMBANGUNAN jembatan gerak ini dimulai pada bulan April 1962, setelah endapat persetujuan dari Presiden Soekarno. Biaya pembangunannya diambil dari dana rampasan perang Jepang dalam kata lain Semua di tanggung oleh pemerintah jepang dari kontraktor dan pekerja.


    Pada awalnya, jembatan sepanjang 1.177 meter dengan lebar 22 meter ini, dinamai Jembatan Bung Karno. Menurut sejarawan Djohan Hanafiah, pemberian nama tersebut sebagai bentuk penghargaan kepada Presiden RI pertama itu. Bung Karno secara sungguh-sungguh memperjuangkan keinginan warga Palembang, untuk memiliki sebuah jembatan di atas Sungai Musi

    Peresmian pemakaian jembatan dilakukan pada tahun 1965 tepatnya pada tanggal 30 September 1965 Oleh Letjend Ahmad Yani ( sore hari Pak Yani Pulang dan subuh 1 Oktober 65 menjadi Korban Gestok), sekaligus mengukuhkan nama Bung Karno sebagai nama jembatan. Akan tetapi, setelah terjadi pergolakan politik pada tahun 1966, ketika gerakan anti-Soekarno sangat kuat, nama jembatan itu pun diubah menjadi Jembatan Ampera. tetapi masyarakat palembang lebih suka memanggil jembatan ini dengan sebutan “Proyek Musi”.

    Bagian tengah Jembatan Ampera, ketika baru selesai dibangun, sepanjang 71,90 meter, dengan lebar 22 meter. Bagian jembatan yang berat keseluruhan 944 ton itu dapat diangkat dengan kecepatan sekitar 10 meter per menit. Dua menara pengangkatnya berdiri tegak setinggi 63 meter. Jarak antara dua menara ini 75 meter. Dua menara ini dilengkapi dengan dua bandul pemberat masing-masing sekitar 500 ton.


    Pada saat bagian tengah jembatan diangkat, kapal dengan ukuran lebar 60 meter dan dengan tinggi maksimum 44,50 meter, bisa lewat mengarungi Sungai Musi. Bila bagian tengah jembatan ini tidak diangkat, tinggi kapal maksimum yang bisa lewat di bawah Jembatan Ampera hanya sembilan meter dari permukaan air sungai.


    Sejak tahun 1970, Jembatan Ampera sudah tidak lagi dinaikturunkan. Alasannya, waktu yang digunakan untuk mengangkat jembatan ini, yaitu sekitar 30 menit, dianggap mengganggu arus lalu lintas antara Seberang Ulu dan Seberang Ilir, dua daerah Kota Palembang yang dipisahkan oleh Sungai Musi.

    Alasan lain karena sudah tidak ada kapal besar yang bisa berlayar di Sungai Musi. Pendangkalan yang semakin parah menjadi penyebab Sungai Musi tidak bisa dilayari kapal berukuran besar. Sampai sekarang, Sungai Musi memang terus mengalami pendangkalan . Pada tahun 1990, dua bandul pemberat untuk menaikkan dan menurunkan bagian tengah jembatan, yang masing-masing seberat 500 ton, dibongkar dan diturunkan karena khawatir jika sewaktu-waktu benda itu jatuh dan menimpa orang yang lewat di jembatan. “Bayangkan jika benda seberat itu menimpa kepala kita,”


    Jembatan Ampera pernah direnovasi pada tahun 1981, dengan menghabiskan dana sekitar Rp 850 juta. Renovasi dilakukan setelah muncul kekhawatiran akan ancaman kerusakan Jembatan Ampera bisa membuatnya ambruk.
    Bersamaan dengan eforia reformasi tahun 1997, beberapa onderdil jembatan ini diketahui dipreteli pencuri. Pencurian dilakukan dengan memanjat menara jembatan, dan memotong beberapa onderdil jembatan yang sudah tidak berfungsi. Warna jembatan pun sudah mengalami 3 kali perubahan dari awal berdiri berwarna abu-abu terus tahun 1992 di ganti kuning dan terakhir di tahun 2002 menjadi merah sampai sekarang.

    Saat ini, berkembang wacana tentang pentingnya pembangunan Jembatan Musi III dan Musi IV, yang menghubungkan antara Seberang Ilir dan Seberang Ulu Palembang. Pembangunan dua jembatan dimaksudkan agar Jembatan Ampera tidak kelebihan beban kendaraan yang melintas, sekaligus untuk lebih membuka kawasan Seberang Ulu.

    Harapan sebagian warga Palembang yang ingin melihat Jembatan Ampera seperti dulu, agaknya sulit terwujud. Tetapi menurut riset terakhir pemerintah Jepang Jembatan Ampera masih tetap kokoh sampai 50 tahun lagi. dan akan segera di lakukan renovasi ulang oleh kontraktor Jepang , tetapi dengan catatan Jembatan harus di tutup selama 2 Tahun

    [​IMG]
    Jembatan Ampera Tahun 1965


    [​IMG]
    Jembata Ampera Tahun 1970


    [​IMG]
    Jembatan Ampera Tahun 1992 - 2000


    [​IMG]
    Jembatan Ampera 2010

    klo :repost: HAPUS AJA GAN

    SEKEDAR BERBAGI DAN MEMBAGI ILMU PENGETAHUAN KNP HARUS DI PERSULIT..:boong:
     
    • Like Like x 3
    • Thanks Thanks x 2
  2. Ramasinta Tukang Iklan





  3. royal_h M V U

    Offline

    Lurking Around

    Joined:
    Feb 18, 2010
    Messages:
    1,015
    Trophy Points:
    211
    Gender:
    Male
    Ratings:
    +9,685 / -0
    :matabelo: semakin mlama semakin bagus ya...
    tapi udah nggak pernah diangkat lg y jembatan tengahnya :???:
     
  4. nurend M V U

    Offline

    Senpai

    Joined:
    Dec 10, 2009
    Messages:
    6,969
    Trophy Points:
    211
    Ratings:
    +65,702 / -1
    keren...
    iya kl bisa dibikin jembatan alternatif lain supaya yg ini bisa dilestarikan
     
  5. BiDeok Members

    Offline

    Joined:
    Jan 5, 2010
    Messages:
    9
    Trophy Points:
    1
    Ratings:
    +0 / -0
    yup...selain krn mesinnya dah rusak, juga bisa bikin macet kalo jembatannya mo diangkat
     
  6. ~airiRin~ M V U

    Offline

    Senpai

    Joined:
    Feb 7, 2008
    Messages:
    9,631
    Trophy Points:
    161
    Ratings:
    +3,749 / -0
    Sayang yg dihias cuma luar.
    Kondisi dalam menara jembatan ga terurus.
     
  7. dwi5314 Members

    Offline

    Silent Reader

    Joined:
    Sep 6, 2008
    Messages:
    109
    Trophy Points:
    16
    Ratings:
    +11 / -0
    Pengen Jembatan Mahakam di kota wa kayak gitu. Tpi kayakx butuh waktu yg lama, wong Jembatan Mahakam 2, mulai dari sebelum PON ampe sekarang blum slesai2, gimana mw buat jembatan kyk gitu :swt:
     
  8. setankesurupan Banned User

    Offline

    Silent Reader

    Joined:
    Mar 12, 2010
    Messages:
    41
    Trophy Points:
    6
    Ratings:
    +49 / -0
    mungkin krn sperpart nya udah ga ada lagi brooo..:boong:
    tp mudah2an ada investor yg mw merehab jembatan ampera...:sembah:

    jembatan ampera salah satu peninggalan Negeri sakura sis..:hahai:
    terbilang profesional dalam pengerjaannya ( ga pake korupsi budget ) :boong:
    ga mw maen dalam pengerjaannya coz menyangkut soal nyawa orang yg melintas di atasnya...
    ga kebayangkan klo jembatan yg kta lewati tiba2 ambruk krn kuntruksi jembatannya ga sesuai prosedur :hot:
     
    Last edited by a moderator: May 3, 2010
  9. dvid7 M V U

    Offline

    Lurking Around

    Joined:
    Sep 1, 2009
    Messages:
    1,134
    Trophy Points:
    226
    Gender:
    Male
    Ratings:
    +88,794 / -0
    iy bro bener banget..
    gw aja klw lagi lewat di jembatan ampera rada khawatir,takut ambruk,hehehehe
    soalnya sekarang da banyajbgt kendaraan yg melintas di jembatan ampera,palagi klw lagi hujan,banyak pengendara bermotor yg berteduh,dan bikin macet..
    semoga saja rencana jembatan musi 3 segera terealisasi,biar pada saat jam sibuk,jembatan ny ga macet
     
  10. khuma_putry Regional Leader

    Offline

    Senpai

    Joined:
    Nov 7, 2009
    Messages:
    5,609
    Trophy Points:
    227
    Gender:
    Male
    Ratings:
    +117,226 / -9
    dari masa ke masa semakin bagus ajjah jembatan ini.

    apalagi d taon 2010 tambah indah pemandangannya karena d hiasi lampu2 bolam.

    kalau terjadi renovasi jembatan gimana jadinya dengan transortasi antar pulau.

    kasian banget seandainya jik bener2 itu terjadi.
     
  11. happybratboy M V U

    Offline

    Senpai

    Joined:
    Oct 11, 2009
    Messages:
    5,240
    Trophy Points:
    161
    Ratings:
    +1,348 / -0
    wow bagus tuh yang gambar di bawah
    kaya jembatan san fransisco
     
  12. happybratboy M V U

    Offline

    Senpai

    Joined:
    Oct 11, 2009
    Messages:
    5,240
    Trophy Points:
    161
    Ratings:
    +1,348 / -0
    wow bagus tuh yang gambar di bawah
    kaya jembatan san fransisco
     
  13. norus_rei M V U

    Offline

    Beginner

    Joined:
    Jul 26, 2009
    Messages:
    432
    Trophy Points:
    66
    Ratings:
    +72 / -0
    wuiii keren oy pas bagiannya tengahnya diangkat..sayang sekaran udah ga fungsi
    ane pernah lewat sini pas malem ...
    memang seneng ngliat sungai musi + perahu perahu yang lewat dari atas jembatan
     
  14. yoshikanji Veteran

    Offline

    Superstar

    Joined:
    Dec 18, 2009
    Messages:
    18,454
    Trophy Points:
    266
    Ratings:
    +38,443 / -0
    avara kdavra, open sesame...
    auto lock open.



    Regards,
     
  15. varre M V U

    Offline

    Lurking Around

    Joined:
    Aug 21, 2012
    Messages:
    550
    Trophy Points:
    107
    Ratings:
    +414 / -0
    TS ny anak ban.. :ogmatabelo:

    masih awet sampe sekarang jembatannya.. makin cantik juga pas dimalam hari..
     
  16. channoopy_ M V U

    Offline

    Lurking Around

    Joined:
    Jul 22, 2013
    Messages:
    803
    Trophy Points:
    107
    Ratings:
    +2,552 / -0
    jembatan yang mana kalo malem indah banget gan..
    baru tau sejarahnya ane gan..
     
  17. gadun M V U

    Offline

    Lurking Around

    Joined:
    Nov 20, 2013
    Messages:
    598
    Trophy Points:
    72
    Ratings:
    +21 / -0
    parah banget, jembatan bersejaran di colongin onderdilnya
     
  18. antoinetonee M V U

    Offline

    Tukang Chuubit

    Joined:
    Jun 29, 2011
    Messages:
    2,066
    Trophy Points:
    242
    Gender:
    Male
    Ratings:
    +3,825 / -0
    iya, mustinya itu daleman dua towernya direhabilitasi jadi tempat observasi, mayan tuh bisa nambah daya tariknya sebagai tempat wisata :hehe:
     
Thread Status:
Not open for further replies.

Share This Page

About Forum IDWS

IDWS, dari kami yang terbaik-untuk kamu-kamu (the best from us to you) yang lebih dikenal dengan IDWS adalah sebuah forum komunitas lokal yang berdiri sejak 15 April 2007. Di bangun sebagai sarana mediasi dengan rekan-rekan pengguna IDWS dan memberikan terbaik untuk para penduduk internet Indonesia menyajikan berbagai macam topik diskusi.