1. Silahkan Login atau Register, untuk melihat konten-konten menarik lainnya.
  2. Hai IDWS Mania, buat kamu yang ingin bebas iklan, cek hidden post, dan fitur lain.. kamu bisa berdonasi membership Gatotkaca di sini yaa~
  3. Pengen ganti nama ID atau Plat tambahan? Sekarang bisa loh! Cek infonya di sini yaa!
  4. Pengen belajar jadi staff forum IDWS? Sekaran kamu bisa ajuin Moderator in Trainee loh!. Intip di sini kuy~

Secangkir Teh Bikin Otak Tetap Bugar Meski Tubuh Kelelahan

Discussion in 'Pengetahuan Penting Penunjang Kesehatan' started by blacksheep, Mar 2, 2011.

Thread Status:
Not open for further replies.
  1. blacksheep M V U

    Offline

    Post Hunter

    Joined:
    Nov 23, 2008
    Messages:
    4,594
    Trophy Points:
    212
    Gender:
    Male
    Ratings:
    +25,075 / -0
    Amsterdam, Kemampuan berpikir biasanya berkurang ketika tubuh sedang merasa letih. Namun dengan secangkir teh, otak dijamin tetap bisa diajak berpikir keras meski tubuh dalam kondisi lelah dan tidak punya tenaga untuk beraktivitas secara fisik.

    Dibandingkan kopi yang hanya mengandalkan kafein sebagai pendongkrak kebugaran, teh punya kandungan lain yakni senyawa L-theanin. Senyawa ini merupakan asam amino yang mampu meningkatkan kewaspadaan dan menjamin otak selalu terjaga dalam kondisi seletih apapun.

    Cukup dengan menyeruput secangkir teh, efek L-theanin sudah bisa dirasakan selama 20 hingga 70 menit berikutnya. Konsentrasi tetap terjaga, pikiran tetap bisa diandalkan meski secara fisik tubuh sudah tidak sanggup mengerjakan aktivitas berat.

    Para peneliti dari Belanda telah membuktikan hal ini melalui sebuah penelitian yang dipublikasikan baru-baru ini dalam jurnal Nutritional Neuroscience. Dalam penelitian tersebut, para ahli memakai berbagai jenis teh termasuk teh hijau dan melibatkan 44 relawan berusia kurang dari 40 tahun.

    Kombinasi L-theanin dan kafein dalam secangkir teh terbukti mampu meningkatkan akurasi berhitung para relawan, serta mengurangi rasa kantuk. Efek serupa tidak dijumpai pada kelompok lain yang hanya diberi plasebo berupa minuman lain yang tidak mengandung kedua senyawa tersebut.

    "Hasil penelitian kami menunjukkan bahwa kombinasi L-theanin dan kafein bsia menjaga kemampuan kognitif atau kemampuan otak untuk berpikir," tulis para peneliti dalam publikasinya seperti dikutip dari Dailymail, Minggu (27/2/2011).

    Para peneliti juga mengatakan, manfaat teh tidak akan berkurang dengan penambahan sedikit susu untuk variasi penyajian. Susu tidak menghambat penyerapan flavonoid dan antioksidan maupun senyawa lain yang bermanfaat dalam secangkir teh.

    Selain menjaga fungsi otak saat kelelahan, manfaat lain dari minum teh juga sudah sering dibuktikan dalam berbagai penelitian. Di antaranya mampu meningkatkan kepadatan tulang serta mengurangi risiko kanker, serangan jantung dan parkinson.
    Code:
    http://health.detik.com/read/2011/02/27/140359/1580387/766/secangkir-teh-bikin-otak-tetap-bugar-meski-tubuh-kelelahan?l991101755
     
    • Like Like x 3
    • Thanks Thanks x 3
  2. Ramasinta Tukang Iklan





  3. 9a0809 M V U

    Offline

    Lurking Around

    Joined:
    Nov 29, 2009
    Messages:
    710
    Trophy Points:
    91
    Ratings:
    +578 / -0
    wow, gak sala jadi ane pagi" milih minum teh
     
  4. darc666 M V U

    Offline

    Lurking Around

    Joined:
    May 18, 2009
    Messages:
    1,242
    Trophy Points:
    131
    Ratings:
    +3,757 / -0
    Wa memang sering minum teh.. Apalagi kalau ada kerjaan pas malem2.. Selalu ditemani 1 teko teh hijau..
    Jadi secara manfaatnya teh lebih baik dibandingkan kopi,, efek keduanya memang sama,, tapi kalau resiko pada teh lebih sedikit,, lebih baik mengkonsumsii teh dibanding kopi.
     
  5. arcanine M V U

    Offline

    Lurking Around

    Joined:
    May 30, 2009
    Messages:
    542
    Trophy Points:
    111
    Ratings:
    +3,012 / -0
    Teh yang tanpa gula ya bro?
    soalnya pernah baca konsumsi Teh tanpa gula di pagi hari lebih baik dibandingkan dengan yang menambahkan gula.
    Walo ane lebih senang kalo teh yang manis :panda:
     
  6. sawie Members

    Offline

    Silent Reader

    Joined:
    Jul 1, 2009
    Messages:
    56
    Trophy Points:
    6
    Ratings:
    +22 / -0
    mari nge-teh, mari bicara ... :cihuy:
     
  7. indriyati M V U

    Offline

    Beginner

    Joined:
    Jan 2, 2011
    Messages:
    315
    Trophy Points:
    41
    Ratings:
    +344 / -0
    Teh kan emang mengandung caffeine yang bisa bikin kita seger...kalo ga salah kafeine di teh justru lebih banyak daripada yang di kopi...
    kalo gw ga salah baca ya...
     
  8. jimmy168 M V U

    Offline

    Lurking Around

    Joined:
    Feb 25, 2011
    Messages:
    1,978
    Trophy Points:
    131
    Ratings:
    +1,391 / -0
    wah hebat bener kasiat teh :hmm:
    baru tahu nih :hmm:
    mulai besok rutin minum teh ah :hmm:
     
  9. minatoshi M V U

    Offline

    Lurking Around

    Joined:
    Feb 9, 2011
    Messages:
    569
    Trophy Points:
    127
    Ratings:
    +3,552 / -0
    masa sih???
    kayaknya buat ane gak ngefek deh
     
  10. smkosasih M V U

    Offline

    Senpai

    Joined:
    Sep 9, 2008
    Messages:
    5,341
    Trophy Points:
    177
    Gender:
    Male
    Ratings:
    +3,188 / -0
    iya, gw kalu minum teh pikiran serasa lebih fokus...
    :nikmat:
     
  11. fedric Members

    Offline

    Joined:
    Feb 11, 2011
    Messages:
    9
    Trophy Points:
    1
    Ratings:
    +1 / -0
    wah tiap pagi sama sore pasti ngeteh ane.. emang sih tiap minum teh rasanya jadi tambah seger..
     
  12. oputra2 Members

    Offline

    Silent Reader

    Joined:
    Jul 11, 2009
    Messages:
    72
    Trophy Points:
    6
    Ratings:
    +0 / -0
    Wah untung gw lebih suka teh dari pada kopi... wihhh. thx for sharing
     
  13. michaelfabregas M V U

    Offline

    Superstar

    Joined:
    Dec 7, 2010
    Messages:
    24,855
    Trophy Points:
    177
    Ratings:
    +4,340 / -0
    ane setiap makan pesen minumnya seringnya es teh kaka...
    hahaha :haha:
     
  14. Double_DecaKiva_DenBlades M V U

    Offline

    Superstar

    Joined:
    Sep 14, 2009
    Messages:
    17,534
    Trophy Points:
    227
    Ratings:
    +36,874 / -0
    kalau minum teh sih memang menenangkan pikiran:top:
    tapi ada yang bilang jangan minum teh setelah makan:iii:
    ada zat apa gitu yang hambat pencernaan...
     
  15. rambo3 M V U

    Offline

    Lurking Around

    Joined:
    Jul 13, 2009
    Messages:
    1,042
    Trophy Points:
    76
    Ratings:
    +31 / -0
    khasiat teh baru berasa kalo minum dari yang serbuk, bukan yang celup
     
  16. infra_xero M V U

    Offline

    Lurking Around

    Joined:
    May 17, 2009
    Messages:
    568
    Trophy Points:
    66
    Ratings:
    +187 / -0
    kok kalo ane minum teh, bukannya tambah seger, tapi tambah ngantuk....

    apa sugesti juga berpengaruh ya??
     
  17. sukroitem Members

    Offline

    Silent Reader

    Joined:
    Dec 18, 2010
    Messages:
    132
    Trophy Points:
    32
    Ratings:
    +17 / -0
    Emang ga salah ane tiap pergi ke rumah makan selalu mesen Teh Manis Panas, sudah murah ternyata baik untuk kesehatan. Apalagi kalo yang bawa tehnya teteh-teteh yang manis serta "panas" :XD:
     
  18. MadMonk Members

    Offline

    Silent Reader

    Joined:
    Jul 21, 2010
    Messages:
    189
    Trophy Points:
    16
    Ratings:
    +57 / -0
    ngeteh emang enak.. yg dimaksud tuh teh segala jenis ap teh" tertentu aj yah?
    kaya teh hijau.. ato teh tertentu aj?
    tp minuman yg sering dimnum ya es teh manis hahaha..
     
  19. aliongz Members

    Offline

    Silent Reader

    Joined:
    May 19, 2010
    Messages:
    37
    Trophy Points:
    6
    Ratings:
    +2 / -0
    kalau ane tiap pagi sukanya minum teh hijau tanpa gula
     
  20. morir_es_vivir Members

    Offline

    Silent Reader

    Joined:
    Mar 29, 2011
    Messages:
    61
    Trophy Points:
    6
    Ratings:
    +2 / -0
    oo ternyata beneran toh ini..
    kirain cuma sugesti orang aja..
    untung saya rajin ngeteh :)
     
  21. apostate Members

    Offline

    Silent Reader

    Joined:
    Aug 19, 2010
    Messages:
    38
    Trophy Points:
    6
    Ratings:
    +2 / -0
    guwe pecinta teh, apalagi teh rina
     
Thread Status:
Not open for further replies.

Share This Page

About Forum IDWS

IDWS, dari kami yang terbaik-untuk kamu-kamu (the best from us to you) yang lebih dikenal dengan IDWS adalah sebuah forum komunitas lokal yang berdiri sejak 15 April 2007. Dibangun sebagai sarana mediasi dengan rekan-rekan pengguna IDWS dan memberikan terbaik untuk para penduduk internet Indonesia menyajikan berbagai macam topik diskusi.