1. Hai IDWS Mania, buat kamu yang ingin bebas iklan, cek hidden post, dan fitur lain.. kamu bisa berdonasi membership Gatotkaca di sini yaa~
  2. Silahkan Login atau Register, untuk melihat konten-konten menarik lainnya.
  3. Pengen ganti nama ID atau Plat tambahan? Sekarang bisa loh! Cek infonya di sini yaa!
  4. IDWS Radio is Back! Mau ngobrol seru bareng penyiar (announcer) atau mau ikutan jadi penyiar di IDWS Radio? Mau promoin lagu indie kamu? Bisaa!.Klik info lengkapnya di sini, kuy~.
  5. Terima kasih untuk kebersamaan komunitas selama hampir 12 tahun ini. Apa pengalaman menarikmu selama di IDWS? Apa saran, kritik, dan masukan kamu untuk IDWS? Tolong sampaikan di sini yaa~ Terima kasih.
  6. Dismiss Notice
  7. Tim staff IDWS mengajak dan memberikan kesempatan IDWS Mania bergabung dalam tim staff komunitas forum IDWS nih. Klik untuk info lengkapnya yuk~
  8. Pengen belajar jadi staff forum IDWS? Sekaran kamu bisa ajuin Moderator in Trainee loh!. Intip di sini kuy~

Disease Sakit Kepala

Discussion in 'Intensive Health Unit' started by Nawainruk, Sep 27, 2009.

Thread Status:
Not open for further replies.
  1. Nawainruk M V U

    Offline

    Lurking Around

    Joined:
    Jun 3, 2007
    Messages:
    1,042
    Trophy Points:
    212
    Ratings:
    +98,370 / -0
    [​IMG]

    Sakit kepala merupakan keluhan medis yang paling umum dari gejala gangguan yang mendasar. Sekitar 90% sakit kepala adalah akibat dari gangguan vaskuler (pembuluh darah), ketegangan atau pun kombinasi dari faktor-faktor ini; sedangkan 10% lainnya adalah akibat gangguan tengkorak, penyakit yang menyerang tubuh secara keseluruhan maupun karena gangguan psikologis.

    Sakit kepala migren yang biasanya dirasakan hanya di sebagian kepala seringkali terjadi pada masa kanak-kanak atau remaja dan terulang sampai usia dewasa. Migren lebih umum ditemukan pada wanita dan turun-temurun dalam keluarga.

    Sakit kepala kronis biasanya disebabkan oleh kontraksi otot atau pun ketegangan yang bisa diakibatkan oleh stres, kelelahan, haid atau pengaruh lingkungan (seperti suara nyaring, keramaian atau cahaya yang terang). Penyebab lain dari sakit kepala adalah glukoma (tekanan yang meningkat pada mata sehingga dapat menyebabkan kebutaan); infeksi mata atau sinus, penyakit pada kulit kepala, gigi, arteri pada kepala atau telinga bagian luar maupun tengah, spasme otot pada wajah, leher atau bahu. Obat-obatan, alkohol, penyakit yang menyerang seluruh tubuh, kekurangan oksigen dalam darah, tekanan darah tinggi, trauma kepala, pendarahan, abses, aneurisma dan tumor otak juga dapat menyebabkan sakit kepala kronis.

    Penyebab pasti dari migren sampai saat ini belum diketahui, tetapi sakit kepala seperti ini terkait dengan konstriksi dan dilatasi arteri dalam kepala. Para peneliti mencurigai adanya abnormalitas biokimia tertentu yang terjadi selama serangan migren berlangsung. Hal ini antara lain ditenggarai adanya kebocoran substansi pembuluh yang membesar melalui arteri (neurokinin) dan turunnya kadar pengantar kimiawi dalam otak (serotonin).

    Sakit kepala yang terasa di dalam tengkorak kepala dapat diakibatkan oleh arteri atau vena yang tertarik atau salah letak. Juga dapat disebabkan oleh infeksi atau tekanan saraf kranial yang serat rasa sakitnya menuju otak dan sumsum tulang belakang.

    Para penderita sakit kepala kronis seringkali merasakan sakit yang amat sangat dan tidak berubah. Bila penyebabnya pendarahan dalam tengkorak kepala, sakit kepala tersebut tidak akan bereaksi terhadap obat penghilang rasa sakit seperti narkotika dan dapat berkembang menjadi masalah sistem saraf dan lemah otot. Bila penyebabnya tumor otak, rasa sakit akan terasa amat parah pada saat penderita bangun.

    Bila migren menyerang, penglihatan penderita sering menjadi tidak jelas, mengalami sensasi abnormal seperti geli pada sebagian bagian tubuh atau gangguan berbicara, hilang selera makan, mual, muntah dan sangat sensitif terhadap cahaya.

    Bila Anda terserang sakit kepala, tidurlah dalam kamar yang gelap dan tenang selama terjadinya serangan, letakkan sekantong butiran es batu di dahi Anda atau lap dingin di atas mata Anda. Bila Anda mengalami sakit kepala karena gangguan pembuluh darah vaskuler, ikuti instruksi diet dari doktrer Anda.

    Bila migren yang menyerang Anda, minumlah obat pada saat awal gejala migren dimulai. Untuk menghindari dehidrasi, minumlah banyak cairan setelah rasa mual dan muntah yang diakibatkan migren sudah berakhir.
     
  2. Ramasinta Tukang Iklan





  3. xinfh M V U

    Offline

    Beginner

    Joined:
    May 16, 2009
    Messages:
    376
    Trophy Points:
    91
    Ratings:
    +203 / -0
    :niceinfo: gan.. biasanya g kl sakit kepala diemin aj ampe ilang.. kl uda ga tahan minum panadol
     
  4. sosmall Veteran

    Offline

    Senpai

    Joined:
    Jan 10, 2009
    Messages:
    5,267
    Trophy Points:
    252
    Ratings:
    +74,154 / -0
    Wah perlu diperhatikan nih..

    Soalnya saia sering bener sakid kepala entah napa :swt:


    :niceinfo:
     
  5. sushima Members

    Offline

    Silent Reader

    Joined:
    Jan 19, 2009
    Messages:
    61
    Trophy Points:
    41
    Ratings:
    +606 / -0
    wah...gw sering banget sakit kepala, bikin :suram: n :stress:. udah 2 bulan lg.
    Akhirnya di Akupuntur bwt memperlancar peredaran darah dikepala :mimisan: & banyakin minum air putih. :cihuy:
     
  6. saint_xaver M V U

    Offline

    Beginner

    Joined:
    Mar 28, 2009
    Messages:
    347
    Trophy Points:
    71
    Ratings:
    +18 / -0
    klo sakit kepala mending istirahat dan minum air putih, obat2an kimia seperti p-nadol hanya menahan saraf kita supaya g merasa sakit.. jadi menyebabkan tubuh g baik. klo pusing coba rendam kaki dengan air hangat..
     
  7. fxsatriyo M V U

    Offline

    Lurking Around

    Joined:
    Mar 14, 2009
    Messages:
    566
    Trophy Points:
    91
    Ratings:
    +400 / -0
    Nothing beats acupuncture for headache indeed. Kalo sy si selain akupunktur kadang2 minum kopi jg bisa membantu.
     
  8. john88 Members

    Offline

    Silent Reader

    Joined:
    Sep 26, 2009
    Messages:
    167
    Trophy Points:
    16
    Ratings:
    +10 / -0
    saran gw jgn minum panadol deh / obat2an warung.
    bnyk efek sampingnya,,,,
    klo gak parah2 amat tidur aja beberapa jam mungkin akan ringanin sakit kepala.
     
  9. john88 Members

    Offline

    Silent Reader

    Joined:
    Sep 26, 2009
    Messages:
    167
    Trophy Points:
    16
    Ratings:
    +10 / -0
    wah,,,klo kopi cafein_nya tinggi itu efek sampingnya bahaya.
    yg sakit kepalanya udah berbulan-bulan itu bisa jadi ada pendarahan di otak malah klo lebih serius bisa ada tumor.
    gw saranin pergi aja ke dokter,,,,klo msh ragu minta scan aj kepala lu.
     
  10. anakbingung M V U

    Offline

    Lurking Around

    Joined:
    Jun 9, 2009
    Messages:
    1,433
    Trophy Points:
    147
    Ratings:
    +782 / -0
    klo sakit kepala saia sukanya makan bakso, minum obat trus tidur. pas bangun udah ga sakit kepala lagi :lol:
     
  11. fxsatriyo M V U

    Offline

    Lurking Around

    Joined:
    Mar 14, 2009
    Messages:
    566
    Trophy Points:
    91
    Ratings:
    +400 / -0
    Hihihi ini kopi bukan sembarang kopi bro, tp kopi dari MLM ***** yg ga mengandung kafein, tp mengandung ramuan herbal.
     
  12. Mitsuyama M V U

    Offline

    Lurking Around

    Joined:
    Sep 26, 2009
    Messages:
    1,026
    Trophy Points:
    86
    Ratings:
    +133 / -0
    :niceinfo: broo biasax sih lgsg di pukul ama panadol..:lol::lol:
     
Thread Status:
Not open for further replies.

Share This Page

About Forum IDWS

IDWS, dari kami yang terbaik-untuk kamu-kamu (the best from us to you) yang lebih dikenal dengan IDWS adalah sebuah forum komunitas lokal yang berdiri sejak 15 April 2007. Di bangun sebagai sarana mediasi dengan rekan-rekan pengguna IDWS dan memberikan terbaik untuk para penduduk internet Indonesia menyajikan berbagai macam topik diskusi.