1. Disarankan registrasi memakai email gmail. Problem reset email maupun registrasi silakan email kami di inquiry@idws.id menggunakan email terkait.
  2. Untuk kamu yang mendapatkan peringatan "Koneksi tidak aman" atau "Your connection is not private" ketika mengakses forum IDWS, bisa cek ke sini yak.
  3. Hai IDWS Mania, buat kamu yang ingin support forum IDWS, bebas iklan, cek hidden post, dan fitur lain.. kamu bisa berdonasi Gatotkaca di sini yaa~
  4. Pengen ganti nama ID atau Plat tambahan? Sekarang bisa loh! Cek infonya di sini yaa!
  5. Pengen belajar jadi staff forum IDWS? Sekarang kamu bisa ajuin Moderator in Trainee loh!. Intip di sini kuy~

Aviation Saab JAS 39 Si mungil yang mematikan dari Swedia

Discussion in 'Military Interest' started by Toppa, Aug 24, 2013.

Thread Status:
Not open for further replies.
  1. Toppa M V U

    Offline

    Beginner

    Joined:
    Aug 1, 2009
    Messages:
    323
    Trophy Points:
    52
    Ratings:
    +800 / -0
    [​IMG]

    Kayaknya dr kemaren ngebahas pesawat Amrik sm Rusia terus, nengok pesawat2 Eropa bentar yuk
    Kecil, mungil tapi mematikan. Mungkin itu slogan yg pantas disandang pesawat ini. Pesawat penerus SAAB 35 Draken dan 37 Vigen ini merupakan pesawat multifungsi ringan buatan pabrikan pesawat SAAB dari Swedia.

    Sejarah
    Akhir tahun 70-an, pemerintah Swedia memerlukan pengganti Draken dan Vigen dengan persyaratan

    1. Mampu terbang pada landasan pendek.
    2. Murah
    3. Mampu terbang sampai Mach 2
    4. Lebih kecil dari Vigen namun daya gempur dan performa harus melampaui pendahulunya.

    Berbagai pesawat impor mulai di pelajari, sebutlah F – 16, Mirage 2000 atau F/A 18 dijadikan kandidat utk pengganti Vigen dan Draken. Namun semuanya tidak memuaskan hasrat Swedia sehingga ditunjukklah pabrikan SAAB untuk mengembangkan pesawat baru.
    Akhir tahun 1979, dibawah proyek JAS (Jakt – Air To Air, Attack – Air To Surface, Spanning – Recon) berbagai disain pesawat di buat dan di review, sampai akhirnya 1 bentuk pesawat dengan kode Project 2105 ( revisinya di sebut Project 2108 dan selanjutnya di sebut Project 2110) mulai mendapat perhatian dan dikembangkan lebih serius.

    [​IMG]


    Disainnya simple, mesin tunggal, single seater, mengusung teknologi FBW (fly By Wire), Secara aerodinamik tdk stabil untuk menambah kelincahan dan.. oh ya tambahkan canard utk mendongkrak performanya. Mesinnya? Pakai aja punya Volvo-Flgmotor RM12 hasil lisensi dari mesin GE F 404 – 400 sama dgn mesin yg digunakan oleh F/A 18.
    Walaupun mengalami banyak masalah dan kecelakaan pada saat test dan uji coba serta berbagai pembenahan di sana sini , akhirnya pada tahun 1992 pesawat ini memasuki masa produksi. 3 kali upgrade system dilakukan pada tahun 1992, 1994 dan 1996.
    Pada Paris Airshow 1995, SAAB menggandeng BAe untuk memperkenalkan, memasarkan dan mendukung penjualan Gripen di seluruh dunia sekaligus menawarkan paket upgrade bagi pengguna JAS 39 A dan 39 B menjadi 39 C/D yg lebih memenuhi standar NATO.

    Kelebihan

    Pesawat ini merupakan pesawat serang ringan yg mampu dioperasikan secara cepat, murah, hanya memerlukan landasan pendek utk terbang (kalau kepepet jalanan bisa dijadikan runway). Dan mampu menggempur musuh dengan persenjataan yg dimilikinya. Kalo di pikir2 kayaknya nie pesawat masuk kategori Pesawat Pencegat ya..
    Pesawat ini juga mempunyai kemampuan memposisikan dirinya secara otomatis saat penyerangan. Katakanlah ada 2 Jas 39 yg akan menyerang sebuah target darat. Dengan hanya menekan sebuah tombol maka pesawat akan memposisikan dirinya sendiri, 1 sebagai penyerang darat dan 1nya lagi sebagai pelindung serangan.

    Kelemahan
    Yg paling terasa sekali dari pesawat dan juga kebanyakan pesawat dari generasi ke 4 adalah pesawat ini belum Battle Proven. Selain itu penggunaan Canard pd JAS 39 mengurangi kemampuan pesawat ini untuk menghilang dr layar radar (Stealth) dimana rata2 pesawat generasi ke 4 sedang getol2nya menerapkan teknologi ini.

    [​IMG]

    Data Teknis
    SAAB JAS 39 C/D
    Crew : 1 (2 untuk seri D)
    Beban Muatan : 5300 KG
    Lebar : 14, 1 M (14, 8 M utk Double Seat)
    Rentang Sayap : 8,4 m
    Tinggi : 4,5 mBerat Kosong : 6800 Kg

    Max Take Off Weight : 14.000 Kg
    Mesin : 1 x Volvo Aero RM 12 dengan Afterburner

    Peforma
    Max Speed : Mach 2
    Radius Tempur : 800 km
    Jarak Ferry : 3,200 km dgn tangki bahan bakar
    Ketinggian Max : 15,240 m
    Kapasitas Sayap : 283 kg/m²

    Persenjataan
    Senapan Mesin : 1 × 27 mm Mauser BK-27 Revolver cannon dgn 120 rounds (hanya tersedia di model single seat A/C)
    Cantolan Senjata : 8 (3 di setiap sayap dan 2 di bawah fuselage) dengan kombinasi sebagai berikut:
    Roket : 4× rocket pods 13.5 cm rockets

    Missiles:
    6× Rb.74 (AIM-9) atau Rb 98 (IRIS-T)
    4× Rb.99 (AIM-120) atau MICA
    4× Rb.71 (Skyflash) atau Meteor
    4× Rb.75
    2× KEPD.350
    2× Rbs.15F anti-ship missile

    Bombs:
    4× GBU-12 Paveway II laser-guided bomb
    2× Bk.90 cluster bomb
    8× Mark 82 bombs
    [​IMG]

    sumber: wikipedia
     
    Last edited: Aug 24, 2013
  2. Ramasinta Tukang Iklan

  3. savior03 Members

    Offline

    Silent Reader

    Joined:
    Jul 18, 2013
    Messages:
    50
    Trophy Points:
    7
    Ratings:
    +12 / -0
    Hmm, canggih mana sama pesawat yang mau di rancang bersama antara Indonesia - Korsel ya. hehee,

    eniwei, itu Saab Kalo gak salah produsen mobil juga kan. dan divisi mobilnya kayanya udah tutup (bangkrut?), nah kalo pesawatnya masih jalan?
     
  4. Toppa M V U

    Offline

    Beginner

    Joined:
    Aug 1, 2009
    Messages:
    323
    Trophy Points:
    52
    Ratings:
    +800 / -0
    klo mslh canggih ga tau dah. kn speknya g prnh d rilis resmi dr pihak indo maupun korsel.

    Yup sm... tp beda divisi, Saab automobile mang bangkrut. Tp yg aerospace and defend ttp jln.
     
  5. Elk4put M V U

    Offline

    Lurking Around

    Joined:
    Mar 12, 2011
    Messages:
    1,543
    Trophy Points:
    36
    Ratings:
    +116 / -0
    jadi inget si Mikoyan/MIG.si Saab kalo dari bentuk ama dimensinya masuk ke short - medium jet fighter atau counter fighter.serang n kabur.
    kalo salah ato dikit ditambahin silahkan aja.
     
  6. zexofdeath M V U

    Offline

    Beginner

    Joined:
    Jul 25, 2011
    Messages:
    472
    Trophy Points:
    17
    Ratings:
    +32 / -0
    waduh g ngerti ane soal ginian
    dah dibaca tetep g ngerti
    1 hal yg pasti boros bahan bakar dah
     
  7. Duniacinta Members

    Offline

    Silent Reader

    Joined:
    Sep 26, 2011
    Messages:
    64
    Trophy Points:
    21
    Ratings:
    +4 / -0
    gile..indo kapan yah...soalnya denger2 proyek kfx indo korea itu dipending ma pemerintahan korsel...katanya mereka butuh tdk dlm waktu lama.jadi yah...solusinya proyek kfxnya di pending deh.sukur2 gak batal.n rencananya korsel bli 60 f15...
     
  8. GaleRareglove M V U

    Offline

    Lurking Around

    Joined:
    Jul 21, 2011
    Messages:
    539
    Trophy Points:
    92
    Ratings:
    +333 / -0
    keren juga, cuman masih bingung dengan maksud dari pesawat generasi 4
    klo pesawat yg paling baru itu pesawat generasi brp??
     
  9. cooldejavu Members

    Offline

    Silent Reader

    Joined:
    Oct 24, 2009
    Messages:
    118
    Trophy Points:
    46
    Ratings:
    +24 / -0
    ini salah satu hasil pengembangan pesawat rancangan pak Habibie waktu di jerman kali ya...
     
  10. kingsford Members

    Offline

    Silent Reader

    Joined:
    Dec 27, 2012
    Messages:
    46
    Trophy Points:
    7
    Ratings:
    +7 / -0
    Sayangnya Indonesia pilih F16 bekas drpd beli baru gripen..
    padahal klo ngeliat operasionalnya Thai Air Force, biayanya kecil banget...
     
  11. Lyco Veteran

    Offline

    Senpai

    Joined:
    Nov 3, 2008
    Messages:
    8,648
    Trophy Points:
    221
    Ratings:
    +9,754 / -0
    Gripen ini fighter Swedia bukan Jerman
    :swt:

    Jerman punya Eurofighter Typhoon

    Gripen itu pemakainya masih jarang dibanding F-16, bisa dibilang masih asing di asia.
    Selain itu Indo dah punya F-16 sebelumnya, jadi nggak perlu melatih pilot dengan pesawat jenis baru lagi + nggak repot siapin suku cadangnya.
     
  12. kingsford Members

    Offline

    Silent Reader

    Joined:
    Dec 27, 2012
    Messages:
    46
    Trophy Points:
    7
    Ratings:
    +7 / -0
    Yup..
    baru Thailand yang pake..

    Masalah logistic dan familiaritas pengguna gw setuju kok...tapi memang perlu difersivikasi kayak pas kita beli sukhoi...
    just in case di embargo sama amerika..
    konon komponen amerika di gripen tidak terlalu banyak persentasenya...

    But helooooo, itu F16 udah di tempat sampah lagi yang kita ambilllll....
    dulu bekas Yom Kippur, skrg bekas dessert storm...
    hadeuhh....kesian yak kitaa
     
  13. Lyco Veteran

    Offline

    Senpai

    Joined:
    Nov 3, 2008
    Messages:
    8,648
    Trophy Points:
    221
    Ratings:
    +9,754 / -0

    Masalah itu dulu Indo hampir beli Mirage-2000 sebelum beli F-16
    tp politik Indo waktu itu dekat sama Amrik & harga Mirage-2000 lebih mahal dari F-16
    Jadi Indo beli F-16, coba kalau waktu itu beli Mirage-2000, bebas embargo lol
    waktu itu Prancis terkenal sebagai negara yang nggak mau di dikte Amrik.

    Sebenarnya praktek beli pesawat bekas itu bukan hal aneh kok
    apalagi di negara2 yg agak cekak anggaran militernya.
    Di Indo beli peralatan bekas itu dah kyk tradisi
    :lol:

    pesawat sipil di Indo banyak bekas pakai dari maskapai luar
    Sukhoi dan heli Mi dr Rusia juga bekas pakai militer Rusia, bukan barang baru
    atau mau lebih lagi A-4 Indo bekas pakai Israel, F-5nya bekas pakai Amrik

    namanya barang bekas pasti ada kelebihannya : murah
    US$460 juta dapat 24 F-16 bekas aka 2 skuadron
    kalau beli yang baru cuma dapat 6 F-16 aka 1/2 skuadron

    ehm back to Gripen
    intinya sih ini pesawat bagus, tp harga & politik kadang ikut pengaruh di pengambilan keputusan
    kalau nggak salah Gripen varian terakhir E ya?

    dari awal Gripen memang bukan di desain stealth kok, jadi sah2 aja penggunaan canard
    sama kyk Eurofighter Typhoon & Rafale, rata2 pesawat Eropa memang sering pakai canard
     
  14. kingsford Members

    Offline

    Silent Reader

    Joined:
    Dec 27, 2012
    Messages:
    46
    Trophy Points:
    7
    Ratings:
    +7 / -0
    Nahh, yang membuat gw menyayangkan Indo pilih pesawat lain adalah gripen itu memang bukan untuk stealth dan bukan primarly utk dogfight..
    Tp design awal gripen itu di design untuk border patrol, interception, dan low cost fighter..

    Keadaan ekonomi indonesia paling cocok dengan pesawat gripen...

    Pesawat rusia : boros dan flying coffin
    Pesawat US : Embargo dan mahal
    Pesawat inggris : boros dan mahal
    pesawat prancis : Sparepart gila-gilaan susahnya dan pelit transfer technology
    Source: militaryphotos.net
     
  15. Rouletz M V U

    Offline

    Post Hunter

    Joined:
    Jul 14, 2009
    Messages:
    4,017
    Trophy Points:
    177
    Ratings:
    +2,309 / -0
    kayaknya klo pesawat perancis ngga pelit transfer technology nya, soalnya india abis 126 rafale dapet lisensi nya klo ngga salah
    mending klo misalnya indo ada niat buat beli gripen, itu harusnya buat gantiin f-5 aja :top:
    sama kayak swiss :haha:
     
  16. lee_penn M V U

    Offline

    Beginner

    Joined:
    Mar 20, 2012
    Messages:
    251
    Trophy Points:
    41
    Ratings:
    +66 / -0
    Grippen emang bagus untuk light attack dan intersep, harga dan perawatannya pun murah, apalagi ada penawaran ToT 100 persen dari Grippen. Kalo untuk ganti F-5 yang mulai uzur dan hanya sekedar gagah2an aja, mungkin cocok. Tapi, bukan berarti jika ngambil Grippen kita tidak ada ancaman embargo ... Jangan salah, Grippen mesin dan sebagian avioniknya masih buatan mang Amrik lho. Jadi jangan harap ToT 100 persen itu termasuk yang itu ... Juga, sepertinya teknologi Grippen juga udah mulai ketinggalan, karna Grippen masih Gen 4, sedangkan saat ini pesawat sudah menginjak 4++ bahkan F-35 dan F-22 sudah Gen 5 ...
     
  17. kaisar079 Members

    Offline

    Beginner

    Joined:
    Sep 26, 2012
    Messages:
    364
    Trophy Points:
    52
    Gender:
    Male
    Ratings:
    +1,794 / -0
    tuh kan...Swedia sebagai negara kecil yang penduduknya gak seberapa dibanding Indonesia aja bisa bikin pesawat tempur sendiri. Indonesia maunya beli terus...
     
  18. BataraKala M V U

    Offline

    Lurking Around

    Joined:
    Jun 24, 2010
    Messages:
    846
    Trophy Points:
    112
    Gender:
    Male
    Ratings:
    +428 / -0
    tguian IFX berati kita ya..cikal bakal pesawat dalam negeri..:lalala:
     
  19. zharifah Members

    Offline

    Silent Reader

    Joined:
    Oct 1, 2010
    Messages:
    43
    Trophy Points:
    6
    Ratings:
    +0 / -0
    keren juga nih pesawat ama F 16 jago mana ya??
     
  20. gadun M V U

    Offline

    Lurking Around

    Joined:
    Nov 20, 2013
    Messages:
    599
    Trophy Points:
    72
    Ratings:
    +21 / -0
    persenjaan yang banyak buat pesawat single seat
     
  21. filevirus Members

    Offline

    Silent Reader

    Joined:
    Sep 7, 2010
    Messages:
    99
    Trophy Points:
    6
    Ratings:
    +2 / -0
    wuih interior dalam nya keren banget
     
Thread Status:
Not open for further replies.

About Forum IDWS

IDWS, dari kami yang terbaik-untuk kamu-kamu (the best from us to you) yang lebih dikenal dengan IDWS adalah sebuah forum komunitas lokal yang berdiri sejak 15 April 2007. Dibangun sebagai sarana mediasi dengan rekan-rekan pengguna IDWS dan memberikan terbaik untuk para penduduk internet Indonesia menyajikan berbagai macam topik diskusi.