1. Disarankan registrasi memakai email gmail. Problem reset email maupun registrasi silakan email kami di inquiry@idws.id menggunakan email terkait.
  2. Hai IDWS Mania, buat kamu yang ingin support forum IDWS, bebas iklan, cek hidden post, dan fitur lain.. kamu bisa berdonasi Gatotkaca di sini yaa~
  3. Pengen ganti nama ID atau Plat tambahan? Sekarang bisa loh! Cek infonya di sini yaa!
  4. Pengen belajar jadi staff forum IDWS? Sekaran kamu bisa ajuin Moderator in Trainee loh!. Intip di sini kuy~

Photography Russia in Color oleh Prokudin Gorskii [1909-1912]

Discussion in 'Random Images' started by Sunday_KNIGHT, Dec 28, 2014.

Thread Status:
Not open for further replies.
  1. Sunday_KNIGHT SUPERMOD

    Offline

    Rockstar

    Joined:
    Jun 10, 2012
    Messages:
    41,246
    Trophy Points:
    238
    Ratings:
    +761,402 / -7
    Russia in Color – Foto-Foto Berwarna Russia Pertama oleh Prokudin Gorskii
    Sumber : Library of Congress – Prokudin Gorskii Collection

    INTRODUCTION


    Foto-foto berikut ini adalah salah satu rangkaian foto berwarna pertama Russia yang dibuat pada tahun 1909 dan 1912. Dibuat dengan menggunakan film slide hitam putih, banyak yang menyangka foto ini dibuat dengan menggunakan film berwarna, mengingat tingkat detail dan ketajaman warna serupa dengan film berwarna. Mengingat pada tahun itu kamera dengan film berwarna belum lahir, kemudian muncul pertanyaan bagaimana foto ini dibuat?

    Fotografer kelahiran Russia Sergei Mikhailovich Prokudin Gorskii (1863-1944) pada tahun antara 1909-1912 melakukan misi dokumentasi di wilayah kekaisaran Russia dengan dukungan dari Tsar Nicholas II. Gorskii mengambil gambar dengan menggunakan kamera khusus yang telah dikembangkan – mengambil gabungan dari 3 film slide hitam putih sekaligus dalam satu frame. Mungkin dalam fotografi saat ini teknik ini biasa dikenal dengan istilah multiple exposure.


    Teknik pewarnaan dilakukan dengan menggunakan perangkat filter merah, hijau dan biru yang dikenal sebagai “three-color lantern-slide projector”. Perangkat inilah yang memungkinkan untuk memproyeksikan gambar berwarna. Perangkat dan teknik yang dikembangkannya menjadikannya menjadi salah satu fotografer yang inovatif pada jamannya.

    Kualitas gambar yang tinggi, dikombinasikan dengan warna yang cerah dan tajam membuat audiens tidak menyangka bahwa foto-foto ini diambil 100 tahun yang lalu. Foto ini diambil sebelum meletusnya peristiwa Revolusi Bolshevik dan Perang Dunia I. Meskipun foto-foto Gorskii telah direproduksi berkali-kali termasuk sebuah buku biografi tentang dirinya, rekonstruksi foto sesungguhnya baru dapat dilakukan setelah era digital dengan munculnya software pengolah foto seperti Adobe Photoshop.

    Foto-Foto Sergei Mikhailovich Prokudin Gorskii 1909-1912

    [​IMG]
    An Armenian woman in national costume poses for Prokudin-Gorskii on a hillside near Artvin (in present day Turkey), circa 1910
    [​IMG]
    Molding of an artistic casting (Kasli Iron Works), 1910. From the album “Views in the Ural Mountains, survey of industrial area, Russian Empire”.
    [​IMG]
    A woman is seated in a calm spot on the Sim River, part of the Volga watershed in 1910.
    [​IMG]
    Alternators made in Budapest, Hungary, in the power generating hall of a hydroelectric station in Iolotan (Eloten), Turkmenistan, on the Murghab River, ca. 1910.
    [​IMG]
    A group of women in Dagestan, ca. 1910.
    [​IMG]
    Pinkhus Karlinskii, eighty-four years old with sixty-six years of service. Supervisor of Chernigov floodgate, part of the Mariinskii Canal system. Photo taken in 1909.
    [​IMG]
    General view of the Nikolaevskii Cathedral from southwest in Mozhaisk in 1911.
    [​IMG]
    A group of Jewish children with a teacher in Samarkand, (in modern Uzbekistan), ca. 1910.
    [​IMG]
    A switch operator poses on the Trans-Siberian Railroad, near the town of Ust Katav on the Yuryuzan River in 1910.
    [​IMG]
    Laying concrete for the dam’s sluice, 1912. Workers and supervisors pose for a photograph amid preparations for pouring cement for sluice dam foundation across the Oka River near Beloomut.
    [​IMG]
    Sart woman in purdah in Samarkand, Uzbekistan, ca. 1910. Until the Russian revolution of 1917, “Sart” was the name for Uzbeks living in Kazakhstan.
    [​IMG]
    General view of the wharf at Mezhevaya Utka, 1912.
    [​IMG]
    Prokudin-Gorskii rides along on a handcar outside Petrozavodsk on the Murmansk railway along Lake Onega near Petrozavodsk in 1910.
    [​IMG]
    A water-carrier in Samarkand (present-day Uzbekistan), ca. 1910.
    [​IMG]
    Factory in Kyn, Russia, belonging to Count S.A. Stroganov, 1912.
    [​IMG]
    Russian children sit on the side of a hill near a church and bell tower near White Lake, in Russia, 1909.
    [​IMG]
    Emir Seyyid Mir Mohammed Alim Khan, the Emir of Bukhara, seated holding a sword in Bukhara, (present-day Uzbekistan), ca. 1910.
    [​IMG]
    A man and woman pose in Dagestan, ca. 1910.
    [​IMG]
    A metal truss bridge on stone piers, part of the Trans-Siberian Railway, crossing the Kama River near Perm, Ural Mountains Region, ca. 1910.
    [​IMG]
    A boy sits in the court of Tillia-Kari mosque in Samarkand, present-day Uzbekistan, ca. 1910.
     
  2. Ramasinta Tukang Iklan

  3. andriansarjono M V U

    Offline

    Beginner

    Joined:
    Feb 23, 2013
    Messages:
    330
    Trophy Points:
    17
    Ratings:
    +54 / -0
    ga nyangka di jaman kayak gitu udah bisa buat kamera berwarna,,

    hasil fotonya juga bagus2..
     
  4. andriansarjono M V U

    Offline

    Beginner

    Joined:
    Feb 23, 2013
    Messages:
    330
    Trophy Points:
    17
    Ratings:
    +54 / -0
    ga nyangka di jaman kayak gitu udah bisa buat kamera berwarna,,

    hasil fotonya juga bagus2..
     
  5. LucVr Members

    Offline

    Silent Reader

    Joined:
    Jun 12, 2012
    Messages:
    12
    Trophy Points:
    1
    Ratings:
    +0 / -0
    Keren, jd bayangin bs time travel gitu. :ogterbang:
    Coba klo disandingin sama foto konvensional jaman itu, pasti kliatan bgt bedanya.
     
  6. gufee M V U

    Offline

    Superstar

    Joined:
    Oct 11, 2009
    Messages:
    11,044
    Trophy Points:
    226
    Gender:
    Male
    Ratings:
    +27,152 / -0
    bener2 manteb tuh

    foto lama bisa begitu ye

    bener2 jenisu dah itu orang
     
  7. andriansarjono M V U

    Offline

    Beginner

    Joined:
    Feb 23, 2013
    Messages:
    330
    Trophy Points:
    17
    Ratings:
    +54 / -0
    iya jenius bgt tuh yang buat,

    jaman dulu dah buat kamera kayak gitu,,
     
  8. sigaronk M V U

    Offline

    Lurking Around

    Joined:
    Sep 9, 2011
    Messages:
    1,010
    Trophy Points:
    227
    Gender:
    Male
    Ratings:
    +28,969 / -0
    keren bener
    ga nyangka kalo itu foto2 dari 100 tahun yg lalu,
    yg jadi pertanyaan adalah.. 'itu si gorskii dapet ilmu exposure dari mana yaaak?'
     
  9. andriansarjono M V U

    Offline

    Beginner

    Joined:
    Feb 23, 2013
    Messages:
    330
    Trophy Points:
    17
    Ratings:
    +54 / -0
    udah pinter motret sejak bawaan lahir itu gan,,
    ilmu exposurenya dah keren..,,
     
  10. jaewon M V U

    Offline

    Lurking Around

    Joined:
    Feb 12, 2014
    Messages:
    513
    Trophy Points:
    92
    Ratings:
    +230 / -0
    Wow...jenius! Tahun segitu sudah ada yang menemukan teknik fotografi berwarna? Bisa gitu ya kepikiran tentang exposure seabad lalu... Hebat banget sih.. :top:

    Lihat hasil fotonya, kita berasa seperti menelusuri masa lalu dengan gambaran riil dan full HD... Padahal kalo liat foto2 kemerdekaan RI (± 35 tahun sejak Gorskii menemukan teknik ini), fotonya masih pada black and white... Berarti tekniknya Gorskii belum menyebar kemana2 nih beberapa puluh tahun kemudian? :???:

    Sent from my hape using taplak
     
  11. illraid Members

    Offline

    Silent Reader

    Joined:
    Apr 20, 2012
    Messages:
    28
    Trophy Points:
    1
    Ratings:
    +1 / -0
    sekarang hasil foto kayak gitu malah jadi filter favorit aplikasi2 fotografi..
     
  12. finvin Members

    Offline

    Silent Reader

    Joined:
    Jan 26, 2012
    Messages:
    40
    Trophy Points:
    21
    Ratings:
    +0 / -0
    keren...
    lokasinya juga bagus tuh..
    dafter tempat tujuan dah..
    :haha:
     
  13. sondonkpoenya M V U

    Offline

    Lurking Around

    Joined:
    May 3, 2009
    Messages:
    1,200
    Trophy Points:
    146
    Ratings:
    +1,541 / -0
    keren jaman dulu dah buat kamera kayak gitu,,
     
  14. mocikeju M V U

    Offline

    Completer

    Joined:
    Feb 17, 2015
    Messages:
    852
    Trophy Points:
    222
    Ratings:
    +16,089 / -0
    tahun segitu sudah bisa bikin foto yg keren abis, salut opa gorskii.

    pada tahun segitu kota2 disana sudah terlihat keren ya gan :ogmatabelo:
     
  15. arck Members

    Offline

    Silent Reader

    Joined:
    Jul 30, 2012
    Messages:
    63
    Trophy Points:
    6
    Ratings:
    +0 / -0
    hsil jepretannya kya punya ciri khas y gan
     
  16. dhoni456 M V U

    Offline

    Beginner

    Joined:
    Sep 22, 2014
    Messages:
    418
    Trophy Points:
    17
    Ratings:
    +1 / -0
    dijual aja gan

    laku mahal tuh
     
  17. atriabirama Members

    Offline

    Silent Reader

    Joined:
    Feb 22, 2010
    Messages:
    112
    Trophy Points:
    16
    Ratings:
    +0 / -0
    keren bung.... rusia.. ternyata sangat luas negaranya... budayanya juga banyak...
     
  18. nightwolf Members

    Offline

    Silent Reader

    Joined:
    Apr 1, 2009
    Messages:
    50
    Trophy Points:
    6
    Ratings:
    +4 / -1
    ya ampun bagus2 ya fotonya, ternyata masa lalu juga berwarna. Kebiasaan liat foto jadul pasti hitam putih sih. Haha
     
  19. theonlyone M V U

    Offline

    Beginner

    Joined:
    Aug 6, 2009
    Messages:
    423
    Trophy Points:
    16
    Ratings:
    +2 / -0
    Salut sama eyang gorskiinya , dapat temu teknik gini, kalau lihat foto lama, penasaran sama kehidupan waktu itu bagaimana ya...?
     
  20. maikerukun M V U

    Offline

    Post Hunter

    Joined:
    Jun 13, 2010
    Messages:
    2,238
    Trophy Points:
    212
    Gender:
    Male
    Ratings:
    +25,080 / -0
    wih taun segitu.. developmentnya keren banget.. :shock:
    sedangkan saya diusia segini belum menciptakan apa" :lol: ngenes
     
  21. musahakam Members

    Offline

    Silent Reader

    Joined:
    Nov 28, 2010
    Messages:
    115
    Trophy Points:
    31
    Gender:
    Male
    Ratings:
    +12 / -0
    mantap banget untuk ukuran tahun segituan, gokil gokil ..
     
Thread Status:
Not open for further replies.

Share This Page

About Forum IDWS

IDWS, dari kami yang terbaik-untuk kamu-kamu (the best from us to you) yang lebih dikenal dengan IDWS adalah sebuah forum komunitas lokal yang berdiri sejak 15 April 2007. Dibangun sebagai sarana mediasi dengan rekan-rekan pengguna IDWS dan memberikan terbaik untuk para penduduk internet Indonesia menyajikan berbagai macam topik diskusi.