1. Disarankan registrasi memakai email gmail. Problem reset email maupun registrasi silakan email kami di inquiry@idws.id menggunakan email terkait.
  2. Hai IDWS Mania, buat kamu yang ingin support forum IDWS, bebas iklan, cek hidden post, dan fitur lain.. kamu bisa berdonasi Gatotkaca di sini yaa~
  3. Pengen ganti nama ID atau Plat tambahan? Sekarang bisa loh! Cek infonya di sini yaa!
  4. Pengen belajar jadi staff forum IDWS? Sekarang kamu bisa ajuin Moderator in Trainee loh!. Intip di sini kuy~

Robot Penjelajah Curiosity Menemukan Batuan Aneh Di Planet Mars

Discussion in 'Science and Technology' started by Adrasaz, Dec 20, 2015.

Thread Status:
Not open for further replies.
  1. Adrasaz Members

    Offline

    Joined:
    Feb 6, 2013
    Messages:
    5
    Trophy Points:
    2
    Gender:
    Male
    Ratings:
    +0 / -0
    [​IMG]
    Tiga setengah miliar tahun yang lalu Planet Mars adalah tempat yang benar-benar berbeda. Air mengalir, atmosfernya lebih tebal, dan mungkin terdapat beberapa bentuk dasar dari kehidupan. Temuan terbaru dari robot penjelajah Curiosity telah memberikan lebih banyak bukti mengenai adanya air yang mengalir, namun juga menimbulkan pertanyaan baru mengenai planet merah ini.

    Batuan yang ditemukan dan dianalisis oleh Curiositydalam tujuh bulan terakhir ini memiliki konsentrasi silika yang lebih tinggi dibandingkan dengan daerah lain yang pernah dikunjungi sejak kedatangannya di tahun 2012. Silika, yang merupakan bahan kimia yang terbuat dari silikon dan oksigen, merupakan komposisi dominan pembentuk batuan tersebut, dengan persentase sekitar 90 persen.

    "Komposisi silika yang tinggi ini merupakan sebuah teka-teki. Peningkatan konsentrasi silika dapat terjadi akibat adanya pencucian (leaching) bahan kimia lain sehingga hanya meninggalkan silika, atau silika tersebut berasal dari tempat lain," kata Albert Yen, salah satu anggota tim sains Curiosity, dalam sebuah pernyataan. "Salah satu dari proses-proses ini melibatkan air. Jadi jika kita mengetahui apa yang sebenarnya terjadi, maka kita akan dapat belajar lebih banyak mengenai kondisi lainnya yang terdapat dalam lingkungan berair planet Mars di masa lampau."

    [​IMG]
    Kawah Gale.
    Jika bentuk asli silika adalah sedimen, maka air dalam jumlah banyak pasti telah mengalir di Mars. Alternatif lainnya adalah bahwa batuan ini terbentuk melalui proses pencucian (leaching), salah satu jenis pelapukan batuan karena air asam. Sementara mineral lain yang terdapat dalam batuan akan larut, silika tidak akan terpengaruh oleh air asam. Rover NASA Spirit sebelumnya telah menemukan jejak sulfat dan asam klorida, yang menjadi data pendukung hipotesis pencucian, namun tim masih mempertimbangkan kedua skenario ini sampai ditemukannya bukti yang lebih banyak.

    Penemuan lainnya yang tak kalah membingungkan adalah ditemukannya tridimit, sebuah silika yang sangat jarang ditemukan (setidaknya di bumi) yang dibentuk oleh gunung berapi. Para peneliti merasa penasaran mengenai aktivitas magmatik planet Mars di masa lalu dan mereka juga meneliti apakah terdapat cara lain bagaimana mineral ini terbentuk.

    [​IMG]
    Gunung Sharp.
    Curiosity saat ini sedang mendaki gunung Sharp, salah satu gunung yang terdapat di wilayah kawah Gale, tempat dimana robot penjelajah ini mendarat 40 bulan yang lalu. Gunung Sharp terbentuk karena kondisi di sekelilingnya mengalami pengikisan, sehingga apabila Curiosity naik lebih tinggi dan lebih tinggi lagi, robot ini akan menemukan lingkungan yang muda dan lebih muda lagi (baru terbentuk). Hal ini akan memberi kita indikasi tentang bagaimana kondisi Mars berubah dari lingkungan yang tadinya basah menjadi lingkungan yang gersang.

    "Apa yang kita lihat di gunung Sharp saat ini secara dramatis telah berbeda dari apa yang kita lihat dua tahun yang lalu sejak misi pertama dilakukan," kata ilmuwan proyek Curiosity, Ashwin Vasavada.

    "Ada begitu banyak perbedaan dalam rentang waktu yang relatif singkat. Silika merupakan salah satu indikator bagaimana bahan kimia mengalami perubahan. Sementara peneliti memerlukan waktu dan lebih banyak data, penjelajahan ini telah membawa berbagai teka-teki dan pertanyaan baru lainnya."

    Sumber: Bagi Kertas
    Facebook Page: Bagi Kertas
    Twitter: Bagi Kertas
     
  2. Ramasinta Tukang Iklan

  3. pemakanjiwa Members

    Offline

    Silent Reader

    Joined:
    Mar 5, 2010
    Messages:
    98
    Trophy Points:
    32
    Gender:
    Male
    Ratings:
    +22 / -0
  4. Adrasaz Members

    Offline

    Joined:
    Feb 6, 2013
    Messages:
    5
    Trophy Points:
    2
    Gender:
    Male
    Ratings:
    +0 / -0
    aamiin gan hehe..
    iyaa tapi biasanya harus punya kemampuan pilot pesawat jet baru bisa jadi astronot gan haha..
     
Tags:
Thread Status:
Not open for further replies.

About Forum IDWS

IDWS, dari kami yang terbaik-untuk kamu-kamu (the best from us to you) yang lebih dikenal dengan IDWS adalah sebuah forum komunitas lokal yang berdiri sejak 15 April 2007. Dibangun sebagai sarana mediasi dengan rekan-rekan pengguna IDWS dan memberikan terbaik untuk para penduduk internet Indonesia menyajikan berbagai macam topik diskusi.