1. Hai IDWS Mania, buat kamu yang ingin bebas iklan, cek hidden post, dan fitur lain.. kamu bisa berdonasi membership Gatotkaca di sini yaa~
  2. Silahkan Login atau Register, untuk melihat konten-konten menarik lainnya.
  3. Pengen ganti nama ID atau Plat tambahan? Sekarang bisa loh! Cek infonya di sini yaa!
  4. IDWS Radio is Back! Mau ngobrol seru bareng penyiar (announcer) atau mau ikutan jadi penyiar di IDWS Radio? Mau promoin lagu indie kamu? Bisaa!.Klik info lengkapnya di sini, kuy~.
  5. Terima kasih untuk kebersamaan komunitas selama hampir 12 tahun ini. Apa pengalaman menarikmu selama di IDWS? Apa saran, kritik, dan masukan kamu untuk IDWS? Tolong sampaikan di sini yaa~ Terima kasih.
  6. Tim staff IDWS mengajak dan memberikan kesempatan IDWS Mania bergabung dalam tim staff komunitas forum IDWS nih. Klik untuk info lengkapnya yuk~
  7. Pengen belajar jadi staff forum IDWS? Sekaran kamu bisa ajuin Moderator in Trainee loh!. Intip di sini kuy~

Ask Rekam Medis? Perlukah?

Discussion in 'Intensive Health Unit' started by volksgram123, Nov 23, 2017.

  1. volksgram123 Members

    Offline

    Joined:
    Nov 23, 2017
    Messages:
    5
    Trophy Points:
    1
    Ratings:
    +3 / -0
    [​IMG]

    REKAM MEDIS, PERLUKAH ?

    Teman-teman, sudah familiarkah kalian dengan rekam medis serta dampaknya untuk kesehatan kita? Mari kita telusuri lebih dalam.

    Menurut PERMENKES No: 269/MENKES/PER/III/2008, Rekam medis adalah berkas yang berisi catatan dan dokumen antara lain identitas pasien, hasil pemeriksaan, pengobatan yang telah diberikan, serta tindakan dan pelayanan lain yang telah diberikan kepada pasien. Catatan merupakan tulisan-tulisan yang dibuat oleh dokter atau dokter gigi mengenai tindakan-tindakan yang dilakukan kepada pasien dalam rangka pelayanan kesehatan.

    Rekam medis untuk penyakit ringan sebenarnya tidak terlalu diperlukan, tapi sangat berguna untuk penyakit yang bersifat kronis atau memiliki dampak berat bagi kesehatan pasien. Namun, banyak sekali penyakit ringan dan berat yang memiliki gejala yang mirip, sehingga sulit bagi tenaga medis untuk menentukan penyakit yang diderita pasien.

    Contohnya, banyak orang yang terkena virus DBD dan didiagnosis terkena penyakit tifus. Hal ini dikarenakan gejala dari kedua penyakit yang mirip. Karenanya, dibutuhkan informasi lebih yang dapat disediakan oleh rekam medis yang lengkap.

    Selain itu, rekam medis yang lengkap juga dapat membantu tenaga medis dalam menentukan tindakan perawatan yang cocok bagi pasien, dikarenakan dalam rekam medis sudah tertera informasi - informasi seperti obat yang pernah diberikan. Dengan adanya rekam medis, tenaga medis jadi dapat menentukan obat apa yang paling sesuai dengan pasien sehingga bisa menghindari kemungkinan terjadinya kekebalan atau alergi obat.


    Nah, bagaimana dengan kalian? Apa kalian sudah memiliki rekam medis yang lengkap?
     
    • Like Like x 1
    Last edited by a moderator: Nov 23, 2017
  2. Ramasinta Tukang Iklan





  3. Jasonsu8 Members

    Offline

    Joined:
    Nov 23, 2017
    Messages:
    3
    Trophy Points:
    1
    Gender:
    Male
    Ratings:
    +2 / -0
    :rockon:Mantapp. Saya sepertinya lengkap tapi masih kurang tau hehe
     
    • Like Like x 1
  4. Sunday_KNIGHT SUPERMOD

    Offline

    Rockstar

    Joined:
    Jun 10, 2012
    Messages:
    40,896
    Trophy Points:
    238
    Ratings:
    +758,149 / -6
    SANGAT PERLU, apalagi kalo kita berobat ke tempat yang berbeda-beda, tentu saja data ini diperlukan, punya penyakit bawaan, kelainan dkk tentu saja mempengaruhi diagnosa suatu penyakit. Kalo nonton film-film analisa kesehatan pasti sering nemu diagnosis yang aneh-aneh berdasarkan data-data yang sudah ada. Tidak sedikit yang salah sehingga menyebabkan hal yang fatal bagi pasien.

    tapi yang jadi masalah, organisir datanya masih kurang baik di kita,
    orang yang meriksa dua kali di RS/Klinik yang sama aja bisa gak kesimpan data pertamanya,
    gimana kalo pindah RS, atau gimana kalo sampe pindah / ada perjalanan ke negara luar ~ gak kebayang,

    Aku sendiri sebenarnya belum punya data rekam medis,
    mau bikin juga gak tau kemana, pernah tanya-tanya ke RS malah dibuat bingung ???
    kalo cuma untuk ngurus surat keterangan sehat keknya gak masuk dah,
    soalnya cuma numpang lewat meriksa doank, nantinya butuh lagi merika lagi - bikin surat baru lagi - dst

    ~ :ngacir:
     
    • Like Like x 1
  5. Jasonsu8 Members

    Offline

    Joined:
    Nov 23, 2017
    Messages:
    3
    Trophy Points:
    1
    Gender:
    Male
    Ratings:
    +2 / -0
    Wah benar sekali tuhh...
    Apalagi kalau pindah rumah sakit. Rumah sakit yang baru tidak punya rekam medis kita sama sekali.
    Dulu saya pernah mencoba ke rumah sakit lain dan tenaga medis disana langsung interogasi saya tntang gejala gejala saya soalnya tidak ada referensi tentang kesehatan saya.
    Tapi setau saya, rekam medis itu sudah ada pertama kali kita selesai berobat di rumah sakit manapun tapi ya itu masalahnya semua rumah sakit memegan rekam medisnya sendiri2
    :oghormat:
     
    • Like Like x 1
  6. volksgram123 Members

    Offline

    Joined:
    Nov 23, 2017
    Messages:
    5
    Trophy Points:
    1
    Ratings:
    +3 / -0
    Betul sekali, meskipun rekam medis sangat banyak manfaatnya, namun organisir data rekam medis sampai sekarang memang masih sangat kurang. Karena tiap RS menyimpan rekam medis pasiennya sendiri-sendiri, pasien jadi sering kesulitan ketika harus pindah RS.

    Setahu saya juga rekam medis memang dipegang oleh pihak RS. Yang bisa kita minta adalah resume medis. Untuk resume medis, kita cukup tinggal meminta dari dokter yang bersangkutan saja.
     
    • Like Like x 1
  7. general_riou Members

    Offline

    Silent Reader

    Joined:
    Jan 26, 2010
    Messages:
    21
    Trophy Points:
    16
    Ratings:
    +0 / -0
    Rekam medik hanya bisa dibuka dengan alasan-alasan khusus,
    Salah satunya terkait persidangan
     
  8. volksgram123 Members

    Offline

    Joined:
    Nov 23, 2017
    Messages:
    5
    Trophy Points:
    1
    Ratings:
    +3 / -0
    general_riougeneral_riou betull, rekam medis juga dipakai oleh dokter ketika kita konsultasi dengan dokter juga institusi medis dalam tahap pengobatan pasien. Sehingga kalau tidak lengkap dapat mempersulit dokter serta institusi medis untuk menentukan diagnosis serta tindakan perawatan yang sesuai. Misalkan di Amerika Serikat, jika pasien tersebut baru pertama kali berkunjung ke rumah sakit tersebut maka akan diminta untuk mengisi form menyangkut kesehatan mereka sebagai referensi
     
  9. pakusari Members

    Offline

    Silent Reader

    Joined:
    May 18, 2011
    Messages:
    52
    Trophy Points:
    21
    Ratings:
    +1 / -0
    menurut ane penting buat nyimpen rekam medis, biar tau sejarah tubuh kita dan hal terbaik apa yang dilakukan pas kita sakit
     
  10. Cephalosporin Members

    Offline

    Silent Reader

    Joined:
    Aug 12, 2013
    Messages:
    15
    Trophy Points:
    2
    Ratings:
    +0 / -0
    Rekam medis sangat diperlukan dan penting karena berisi riwayat penyakit, pengobatan yang telah atau sedang dilakukan, dan beberapa catatan medis penting lainnya. Penggunaanya pun harus sesuai peruntukkannya dan bersifat rahasia. Tenaga medis pun harus mampu menjaga isinya karena rahasia jabatan. Rekam medis baru boleh dibuka, bila dipersidangan atas suatu sengketa hukum.
     

Share This Page

About Forum IDWS

IDWS, dari kami yang terbaik-untuk kamu-kamu (the best from us to you) yang lebih dikenal dengan IDWS adalah sebuah forum komunitas lokal yang berdiri sejak 15 April 2007. Dibangun sebagai sarana mediasi dengan rekan-rekan pengguna IDWS dan memberikan terbaik untuk para penduduk internet Indonesia menyajikan berbagai macam topik diskusi.