1. Disarankan registrasi memakai email gmail. Problem reset email maupun registrasi silakan email kami di inquiry@idws.id menggunakan email terkait.
  2. Untuk kamu yang mendapatkan peringatan "Koneksi tidak aman" atau "Your connection is not private" ketika mengakses forum IDWS, bisa cek ke sini yak.

Radang Tenggorokan (Faringitis)

Discussion in 'Pengetahuan Penting Penunjang Kesehatan' started by doctordanfer, Jan 23, 2011.

Thread Status:
Not open for further replies.
  1. doctordanfer Members

    Offline

    Joined:
    Jan 23, 2011
    Messages:
    6
    Trophy Points:
    1
    Ratings:
    +1 / -0
    Dalam hidup, pastinya setiap kita pernah merasakan sakit, waktu sekolah dulu, baik itu SD, SMP, SMA bahkan kuliah pastinya pernah merasakan harus meninggalkan kelas karena sakit. Dari berbagai sakit yang pernah dirasakan, mungkin salah satu sakit yang dirasakan ialah radang tenggorokan. Di masa sekolah dulu, beberapa kali saya harus meninggalkan kelas karena sakit ini. Dan bahkan belakangan kemarin ketika mengikuti kuliah kerja nyata (KKN) beberapa orang teman saya pun merasakan hal yang sama. Untuk anak-anak, angka kejadian penyakit ini bisa menyerang 5 kali dalam setahun, dan untuk orang dewasa setengah dari angka kejadian tersebut. Radang tenggorokan atau dalam dunia kedokteran disebut faringitis, adalah infeksi atau iritasi pada saluran faring dan tonsil (amandel) yang biasa disebabkan oleh kuman streptokokus atau virus (sebagian besar) dan juga karena alergi.

    Pernahkah kita merasakan demam hingga mungkin suhu tubuh mencapai 40 derajat celcius, gatal atau sakit tenggorokan terutama ketika menelan, suara serak, batuk bersin disertai hidung meler, lemah lesu, nyeri pada sendi-sendi dan otot, serta tidak nafsu makan? Itulah beberapa gejala yang ditimbulkan karena radang tenggorokan. Jika dilakukan pemeriksaan, maka akan didapati faring terlihat kemerahan, tonsil membengkak, terdapat nyeri tekan pada leher, adanya pembesaran kelenjar getah bening di leher, dan jika dilakukan pemeriksaan laboratorium, leukosit dalam darah nya akan meningkat.

    Virus atau Bakteri penyebab radang tenggorokan ini bisa ditularkan melalui udara atau sentuhan baik itu secara langsung maupun pada benda yang sudah terkontaminasi virus atau bakteri tersebut. Biasanya penularan terjadi jika droplet dibatukkan dari orang sakit ke orang sehat. Penularan ini kecil kemungkinan untuk terjadi ketika daya tahan tubuh kita baik. Virus dan bakteri tersebut menginvasi mukosa faring dan menyebabkan respon inflamasi lokal yang kemudian akan mengakibatkan radang tenggorokan sehingga menghasilkan gejala dan tanda yang disebutkan diatas.

    Ketika kita menderita radang tenggorokan, maka pengobatan yang diberikan berupa antibiotik golongan penisilin atau sulfonamide selama 5 hari (untuk kasus yang diakibatkan oleh bakteri, hal ini bisa didiagnosis dengan melakukan apus pada tenggorokan penderita untuk memastikan bahwa penyebanya karena bakteri). Bila penderita alergi pada penisilin, bisa diberikan antibiotik eritromisin. Obat penurun panas dan juga obat kumur (bisa juga berkumur dengan larutan garam hangat) atau obat hisap untuk meredakan gejala lokal juga diberikan. Untuk menghilangkan sakit bisa juga diberikan analgesik seperti parasetamol atau obat anti-inflamasi seperti ibuprofen, perlu diperhatikan untuk anak usia dibawah 18 tahun jangan diberikan aspirin karena dapat mengakibatkan sindrom reye. Kurangi makanan panas dan berminyak, berhenti merokok dan dianjurkan untuk istirahat sebanyak mungkin (bed rest) agar metabolism dikhususkan untuk memperbaiki daya tahan tubuh. Perbanyak juga minum air putih, dan alangkah baiknya juga mengkonsumsi vitamin. Jika demam tidak turun dengan pemberian obat, maka dapat dibantu dengan menggunakan kompres.

    Radang tenggorokan ini tidak boleh dianggap enteng dan perlu segera diobati, jika radang tenggorokan ini dibiarkan, terutama jika diakibatkan oleh kuman streptokokus dan tidak mendapat antibiotik yang memadai, maka penyakit akan bertambah parah dan kuman dapat menyerang katup jantung sehingga menimbulkan penyakit demam rheumatik.

    Jika ada pertanyaan-pertanyaan, jika ada yang ingin di diskusikan tentang masalah-masalah kesehatan/kedokteran, jika ada yang ingin dikonsultasikan, request materi kedokteran Islam atau materi-materi lain nya, silahkan buka http://doctorecord.blogspot.com/ (ane sedang mengembangkan blog berbasis kesehatan/kedokteran juga soalnya) atau email ke doctorecord@yahoo.com. Insya Allah ketika ada ilmu dan kesempatan untuk berbagi, akan saya tuangkan di blog tersebut.
     
  2. Ramasinta Tukang Iklan

  3. b4nd3nxxx M V U

    Offline

    Lurking Around

    Joined:
    May 29, 2010
    Messages:
    597
    Trophy Points:
    191
    Ratings:
    +10,084 / -0
    ane kadang2 satu bulan sekali nieh kena penyakit, nelennya sakit banget.

    apakah ada tips untuk mencegahnya ?

    trus apabila dah diobatin apa kiat2 untuk penyembuhannya yah ?
     
  4. RToTheK Members

    Offline

    Silent Reader

    Joined:
    Sep 26, 2010
    Messages:
    69
    Trophy Points:
    6
    Ratings:
    +9 / -0
    Sering kena nih gw. Dan benar2 mengganggu.

    Sampe gejala2nya gw tau. Lemes badan bs meriang.
     
  5. doctordanfer Members

    Offline

    Joined:
    Jan 23, 2011
    Messages:
    6
    Trophy Points:
    1
    Ratings:
    +1 / -0
    kalo misalkan kena gejala2 diatas sering banget, apakah punya penyakit amandel? kalo ada biasanya amandelnya harus diangkat supaya gejal-gejala tersebut tidak sering muncul.

    bagaimana mencegahnya? kuatkan sistem imun kita, caranya, asupan makanan kita harus cukup dalam kandungan energi dan nutrisnya, seimbangkan denga olahraga yang teratur, dan cukupkan istirahat :)
     
  6. naps_arema Members

    Offline

    Silent Reader

    Joined:
    Aug 17, 2009
    Messages:
    87
    Trophy Points:
    6
    Ratings:
    +15 / -0
    Harus pake antibiotik ya???
    Ane soalnya berusaha ngindarin antibiotik sekarang..
    Katanya untuk jangka panjang efeknya g bagus..
     
  7. Cel_Ona Members

    Offline

    Beginner

    Joined:
    Jul 16, 2010
    Messages:
    229
    Trophy Points:
    16
    Ratings:
    +7 / -0
    plg susah emg klo udh kena radang tenggorokan sembuhnya lama

    skt perut ato pusing biasa minum obat, bsknya lgs sembuh
     
  8. doctordanfer Members

    Offline

    Joined:
    Jan 23, 2011
    Messages:
    6
    Trophy Points:
    1
    Ratings:
    +1 / -0
    penyebab paling banyak radang tenggorokan (sekitar 80 %) memang diakibatkan oleh virus, dan virus memang tak perlu diberi antibiotik. Tapi biasanya, radang tenggorokan yg diakibtakan oleh virus yang membuat daya tahan tubuh kita rendah menjadi peluang bagi bakteri juga untuk menginfeksi, makanya pengobatan biasanya tetap diberikan antibiotik untuk mengcounter oportunistik bakteri nya.
    Asalkan penggunaan antibiotiknya benar itu gk akan masalah. Antibiotik harus DIHABISKAN dalam jangka waktu 5 hari biasanya, klo tidak, maka akan mengakibatklan bakterinya menjadi resisten.

    memang, radang tenggorokan biasanya memerlukan waktu 3-5 hari masa penyembuhan dari penyakitnya.
     
    Last edited by a moderator: Jan 25, 2011
  9. haryodwi Members

    Offline

    Silent Reader

    Joined:
    Sep 9, 2009
    Messages:
    152
    Trophy Points:
    16
    Ratings:
    +5 / -0
    ane biasanya kalau radang, ngemut permen antibiotik apa gitu.. Troches meiji kalo ga salah
     
Thread Status:
Not open for further replies.

About Forum IDWS

IDWS, dari kami yang terbaik-untuk kamu-kamu (the best from us to you) yang lebih dikenal dengan IDWS adalah sebuah forum komunitas lokal yang berdiri sejak 15 April 2007. Dibangun sebagai sarana mediasi dengan rekan-rekan pengguna IDWS dan memberikan terbaik untuk para penduduk internet Indonesia menyajikan berbagai macam topik diskusi.