1. Silahkan Login atau Register, untuk melihat konten-konten menarik lainnya.
  2. Pengen ganti nama ID? Plat tambahan? Promo GK? Cek Promo Spesial Hari Kemerdekaan, Kuy~ Cek infonya di sini yaa!
  3. Tim staff IDWS mengajak dan memberikan kesempatan IDWS Mania bergabung dalam tim staff komunitas forum IDWS nih. Klik untuk info lengkapnya yuk~
  4. Hai IDWS Mania, membership gatotkaca telah hadir kembali lho, kalau mau info lebih lanjut klik di sini
  5. Pengen hadiah pulsa buat ngisi paketan internet? Ikuti TTS Cartoons 2018 di AMVC CrossWords. Langsung saja jawab, aku tunggu yaaaa!!
  6. Eh, eh.. IDWS punya kebijakan baru dan Moderator in Trainee baru loh!. Intip di sini kuy!

News PRT Di Surabaya Disuruh Tidur Di Kandang Anjing dan Dirantai

Discussion in 'Tengah Komunitas' started by seventhdivision, May 24, 2011.

Thread Status:
Not open for further replies.
  1. seventhdivision M V U

    Offline

    Lurking Around

    Joined:
    Mar 21, 2011
    Messages:
    1,246
    Trophy Points:
    121
    Ratings:
    +7,532 / -0
    Agaknya profesi pembantu rumah tangga oleh sebagian orang benar-benar tidak dihargai dan dimanusiakan, bukan hanya kasus penyiksaan di luar negeri yang kerap terjadi pada tenaga kerja kita (TKW) bahkan di negeri sendiripun nasib pembantu masih ada yang alami kejadian tragis seperti kisah nyata berikut dari kota Surabaya.

    Nasib Marlina (Ena) usia 17 tahun merubah peruntungannya dari desa kecil di Kabupaten Tuban hijrah ke Surabaya mencari nafkah, malah menerima siksaan dari majikan yang tidak berprikemanusian. Setiap berbuat kesalahan, Marlina menerima perlakuan kasar dari seluruh majikan dan gajinya dipotong. Bahkan, Ena disuruh bekerja dengan kondisi kakinya dirantai hingga disuruh tidur bersama anjing herder di kandang anjing berukuran 2 x 3 meter.

    “Korban sering dihukum, tidak diberi makan selama berhari-hari dan sering dipaksa makan makanan membusuk dan dipaksa minum air bekas cucian,” kata Kasat Reskrim Polrestabes Surabaya AKBP Anom Wibowo kepada wartawan di mapolrestabes, Jalan Sikatan, Minggu (22/5/2011).
    [​IMG]
    Ilustrasi, manusia dimasukan ke kandang anjing (majikan yang tega melakukan hal seperti ini tidak lebih dari manusia berhati hewan)​

    Selama 3 tahun, Ena bekerja di rumah yang ditempati para tersangka, Tan Fang May (47), Eddie Budianto (50), Ezra Tantoro Suryaputra (27), Rony Agustian Hutri (32) di Jalan Darmo Permai Selatan. Selama bekerja, hak korban mendapatkan gaji tidak dibayar penuh.
    “Gajiannya dibawa majikan. Kalau korban melakukan kesalahan seperti mencuci pakaiannya dan luntur, gajinya langsung dipotong. Lemari es rusak dan diservice, tapi biaya service diklaim ke korban karena tersangka menuduh lemari es itu dirusakkan korban. Pokoknya setiap membuat kesalahan, langsung dipotong dan akibat kesalahannya itu korban dihitung masih mempunyai utang Rp 9 juta,” tuturnya.

    [​IMG]

    Keempat tersangka, yakni Tan Fang May, Eddie Budianto, Ezra Tantoro Suryaputra, dan Rony Agustian Hutri (Foto Detik Surabaya)

    “Korban sering disiksa, dipukuli dengan sapu, alat penggorengan yang masih panas, diinjak, disiram air panas, dicubit, ditendang dan dirantai yang dilakukan tersangka pada waktu berurutan dan disiksa secara perorangan kadang kala bersama-sama diantara tersangka,” katanya.

    Perilaku keluarga majikan korban ini sangat sadis dan menganggap korban sama dengan anjing. Bukan ruang dan tempat tidur yang layak, korban yang pernah disekap dan tidak diberikan makan dan minum selama seminggu itu, disuruh tidur bersama anjing herder dengan kondisi kaki. Kandang anjing itu juga kotor dan bau pesing. Korban hanya tidur berlaskan bekas daun pintu yang terbuat dari triplek.

    “Dengan kondisi kaki dirantai, korban disuruh ngepel mulai pagi sampai malam hari. Kalau salah, langsung ditendang dan injak-injak,” tuturnya. Meski ada menantu majikannya yang menjadi dokter, bukan memberikan perawatan, malah dokter tersebut turut membantu mertua dan istrinya menganiaya korban. Luka lebam dan lecet bahkan, kaki korban mengalami luka cukup parah yakni pembekuan darah. Jika tidak dioperasi, kaki korban harus diamputasi.

    “Korban sudah kita bawa ke rumah sakit untuk mendapatkan perawatan. Pada tanggal 20 Mei, korban telah menjalani operasi pada kakinya,” jelasnya.

    :maaf: jika terjadi :repost:
     
    • Thanks Thanks x 3
    • Like Like x 1
  2. Ramasinta Tukang Iklan





  3. sp4rkfist M V U

    Offline

    Senpai

    Joined:
    Nov 2, 2009
    Messages:
    6,624
    Trophy Points:
    226
    Ratings:
    +5,263 / -0
    di kota saya tuh :panda:
    pertanyaannya sekarang, kok kasus sekejam ini tidak diblow up media massa seperti kalau ada TKI yang disiksa di luar negeri? :???:
    memang perlindungan hukum terhadap pembantu sangat lemah, baik untuk TKI di luar negeri maupun PRT di indonesia
    bahkan di dekat tempat saya sempat ada kejadian seorang pembantu disekap dan untungnya berhasil meminta tolong lewat jendela
    sudah saatnya negara membuat undang2 yang melindungi PRT di indonesia:ngacir:

    http://www.facebook.com/profile.php?id=100001380533410
     
    • Thanks Thanks x 2
    • Like Like x 1
    Last edited: May 24, 2011
  4. seventhdivision M V U

    Offline

    Lurking Around

    Joined:
    Mar 21, 2011
    Messages:
    1,246
    Trophy Points:
    121
    Ratings:
    +7,532 / -0
    :gaswat: kok tau pelakunya, apakah kk salah satu dari mereka.... :shock1:
     
  5. reweleyD M V U

    Offline

    Beginner

    Joined:
    May 24, 2011
    Messages:
    478
    Trophy Points:
    16
    Ratings:
    +61 / -0
    wah,, biadap eui..
    hari gini harusnya udah bisa menghargai pembantu..

    moga polisi bertindak..
     
    • Like Like x 1
  6. sp4rkfist M V U

    Offline

    Senpai

    Joined:
    Nov 2, 2009
    Messages:
    6,624
    Trophy Points:
    226
    Ratings:
    +5,263 / -0
    stalker forum sebelah pada handal:top:
    ini kebetulan nemu pas lurking di forum sebelah :malu
     
  7. keiyakufever M V U

    Offline

    Senpai

    Joined:
    Apr 26, 2011
    Messages:
    7,409
    Trophy Points:
    212
    Gender:
    Male
    Ratings:
    +71,855 / -0
    waduh ni sich dah melanggar Ham :shock:
     
  8. Hhmm M V U

    Offline

    Post Hunter

    Joined:
    Nov 21, 2009
    Messages:
    2,089
    Trophy Points:
    212
    Ratings:
    +9,032 / -0
    gile, kayak ga berharga aja PRT :panda:

    udah niru" luar negri pula :panda:
     
  9. ibelibel M V U

    Offline

    Lurking Around

    Joined:
    Mar 7, 2010
    Messages:
    925
    Trophy Points:
    206
    Ratings:
    +13,808 / -3
    kasian amat liat mukanya :nangis:

    parah banget ya orang disamain sama anjing ckck :kagetz:
     
  10. Takumi88 M V U

    Offline

    Lurking Around

    Joined:
    Jun 17, 2009
    Messages:
    660
    Trophy Points:
    127
    Ratings:
    +4,676 / -0
    :hulk: kterlaluan tuch moga2 s korban slamat :doa:
    bener2 sunguh keterlaluan:nangis:
     
    • Like Like x 1
  11. aviro M V U

    Offline

    Lurking Around

    Joined:
    Jul 9, 2009
    Messages:
    1,116
    Trophy Points:
    96
    Ratings:
    +265 / -0
    siksa balik pls, hewan banget itu, bukan manusia
     
  12. Hinsvar M V U

    Offline

    Beginner

    Joined:
    Dec 21, 2010
    Messages:
    331
    Trophy Points:
    37
    Ratings:
    +965 / -0
    Suram ini mah. Bukan diperlakukan kayak hewan lagi, udah di bawahnya, sampai apa-apa disalahin ke dia dan juga disiksa :panda:

    Ternyata kekerasan terhadap PRT juga ada yang separah ini di Indonesia :panda:
     
  13. arcqelflv M V U

    Offline

    Post Hunter

    Joined:
    Jul 27, 2009
    Messages:
    4,523
    Trophy Points:
    176
    Ratings:
    +1,938 / -0
    benar2 keji :panda:

    setuju kalo pak polisi dan pihak berwajib memberi hukuman berat kepada para pelaku :panda:
     
  14. jay2 Members

    Offline

    Silent Reader

    Joined:
    Oct 4, 2009
    Messages:
    94
    Trophy Points:
    77
    Ratings:
    +1,556 / -0
    ntu kaga normal majikannya...
    kok gak dari dulu aj kabur..
     
  15. Raizan M V U

    Offline

    Lord of Spirits

    Joined:
    Aug 25, 2009
    Messages:
    2,923
    Trophy Points:
    192
    Gender:
    Male
    Ratings:
    +3,290 / -6
    sebagai pengguna jasa PRT ini mah sudah kelewatan memotong gaji aja sudah kagak tega sekarang apa apa mahal

    ini sampe disiksa bener bener biadap membuat malu aja malah anak"nya juga diajarkan menyiksa pula
     
  16. Thira M V U

    Offline

    Senpai

    Joined:
    Oct 25, 2010
    Messages:
    6,233
    Trophy Points:
    212
    Ratings:
    +25,971 / -0
    :rokok:

    kalo ga ada pembantu baru tau rasa tuh...:rokok:

    segalanya di lakuin sendiri :rokok:

    dijamin ga bakalan ada lagi yang mau jadi pembantu disitu :rokok:


    mudah² pelakunya di hukum seberat-beratnya :doa:
     
  17. escafl0wne Veteran

    Offline

    Post Hunter

    Joined:
    Dec 5, 2008
    Messages:
    3,138
    Trophy Points:
    226
    Ratings:
    +3,197 / -2
    ada dokter malah ikutan nyiksa:swt:
    mestinya langsung pecat itu:voodoo:
     
  18. Thira M V U

    Offline

    Senpai

    Joined:
    Oct 25, 2010
    Messages:
    6,233
    Trophy Points:
    212
    Ratings:
    +25,971 / -0
    itu dokter pasti kemungkinan besar di pecat :rokok:

    pada sakit jiwa smua kayaknya tuh sekeluarga :voodoo:
     
  19. caldbolgz M V U

    Offline

    Lurking Around

    Joined:
    Jan 24, 2010
    Messages:
    567
    Trophy Points:
    81
    Ratings:
    +947 / -0
    gila banget ini keluarga
    bener2 ga ada hatinya apa
     
  20. odinsword M V U

    Offline

    Post Hunter

    Joined:
    Jul 13, 2009
    Messages:
    4,687
    Trophy Points:
    212
    Ratings:
    +42,754 / -1
    :panda: manusia siapapun dia tidak layak diperlakukan seperti itu


    :panda: moga2 tuh orang segera tobat


    :rokok: atau bakalan dapat balasannya di akhirat kelak
     
  21. am4terazu M V U

    Offline

    Post Hunter

    Joined:
    Jul 25, 2009
    Messages:
    2,631
    Trophy Points:
    162
    Gender:
    Male
    Ratings:
    +1,976 / -0
    gilaa..
    sampe dapet FB nya juga...
    :lol:
     
Thread Status:
Not open for further replies.

Share This Page

About Forum IDWS

IDWS, dari kami yang terbaik-untuk kamu-kamu (the best from us to you) yang lebih dikenal dengan IDWS adalah sebuah forum komunitas lokal yang berdiri sejak 15 April 2007. Di bangun sebagai sarana mediasi dengan rekan-rekan pengguna IDWS dan memberikan terbaik untuk para penduduk internet Indonesia menyajikan berbagai macam topik diskusi.