1. Silahkan Login atau Register, untuk melihat konten-konten menarik lainnya.
  2. Pengen ganti nama ID? Plat tambahan? Promo GK? Cek Promo Spesial Hari Kemerdekaan, Kuy~ Cek infonya di sini yaa!
  3. Tim staff IDWS mengajak dan memberikan kesempatan IDWS Mania bergabung dalam tim staff komunitas forum IDWS nih. Klik untuk info lengkapnya yuk~
  4. Hai IDWS Mania, membership gatotkaca telah hadir kembali lho, kalau mau info lebih lanjut klik di sini
  5. Eh, eh.. IDWS punya kebijakan baru dan Moderator in Trainee baru loh!. Intip di sini kuy!

Profesi PNS yang Masih Menjadi Primadona

Discussion in 'Career Talks' started by deddybangka, Feb 5, 2018.

  1. deddybangka Members

    Offline

    Joined:
    Nov 9, 2009
    Messages:
    6
    Trophy Points:
    16
    Gender:
    Male
    Ratings:
    +0 / -0
    Dalam setiap seleksi Penerimaan CPNS selalu diikuti oleh ratusan ribu hingga jutaan pelamar, yang dengan sangat antusias oleh mengikuti setiap tahap seleksinya, mulai dari mempersiapkan persyaratan, hingga antri berjam-jam untuk mengikuti seleksi tes penerimaan CPNS nya.

    Untuk lolos dan diterima sebagai PNS memang bukanlah perkara yang mudah, bahkan banyak dari peserta tes yang beranggapan bahwa untuk lulus sebagai PNS semua tergantung dari Nasib, dan juga beranggapan bahwa harus mempunyai keluarga yang menjadi pejabat dan sebagainya.

    Yang sebenarnya adalah tidak selalu demikian, siapa saja bisa menjadi PNS, asalkan mau berusaha dan ikhtiar. Apalagi di era sekarang, semua proses seleksi sangat terbuka, sehingga bisa dikatakan telah lebih baik daripada beberapa puluh tahun yang lalu.

    Ikhtiar dengan banyak-banyak latihan soal, banyak belajar soal cpns, memperbanyak perbendaharaan soal serta berlatih mengerjakan soal-soal cpns tahun-tahun sebelumnya, atau dari buku-buku serta media-media online lainnya.

    Serta tidak lupa melatih tips dan trik lulus cpns yang banyak dibahas baik yang ada di buku-buku yang dijual bebas ataupun dengan mengikuti program bimbingan belajar lulus tes cpns.

    Sebagai contoh, putri Presiden Joko Widodo, Kahiyang Ayu sekalipun tetap mengikuti tes CPNS di Solo sekitar tiga tahun yang lalu, namun sayang sang putri harus gigit jari karena belum diterima, walaupun banyak yang beranggapan itu hanyalah sekedar pencitraan dari sang presiden untuk meningkatkan populeritas politik sang ayah.

    Terlepas dari pro kontra yang tersebut, bisa menjadi indikasi bahwa profesi PNS selalu menjadi primadona bagi hampir seluruh rakyat Indonesia.

    Peluang lolos diterimanya sangatlah kecil, bahkan semakin bertambah kecil sekarang ini. Karena kuota kursi PNS dengan jumlah pelamar nya tidaklah sebanding karena lebih besar, dan semakin tahun bertambah semakin besar.

    Untuk lolos dan diterima sebagai PNS,

    11 September 2017 kemarin pemerintah baru saja membuka pendaftaran penerimaan CPNS gelombang II dengan formasi 17.428 kursi.

    Kuota yang disediakan untuk Instansi Pusat (Kementerian/ Lembaga) untuk terbanyak ada di Kementerian Keuangan dengan kuota sebanyak 2.880 kursi PNS, kemudian Kementerian Agraria dengan 1.610 kursi, lalu dilanjutkan oleh Kementerian Riset sebanyak 1.500 kursi dan Kementerian Kesehatan dan Kementerian Agama masing-masing sebanyak 1000.

    Kuota Umum Formasi CPNS 2017 Gelombang II:

    Kemenkeu: 2.880 Kursi CPNS
    Kemen Agraria: 1.610 Kursi CPNS
    Kemen Riset: 1.500 Kursi CPNS
    Kemen Kesehatan: 1.000 Kursi CPNS
    Kemen Agama: 1.000 Kursi CPNS

    Selain kuota umum yang tersedia sebagaimana tersebut diatas, terdapat juga kuota khusus bagi calon peserta peraih nilai Cumlaude sebanyak 1.850 kursi, kuota khusus penyandang difabel sebanyak 166 kursi dan putra-putri daerah Papua dan Papua Barat sebanyak 196 kursi.

    Kuota Umum Formasi CPNS 2017:

    Cumlaude: 1.850 Kursi CPNS
    Penyandan Difabel: 166 Kursi CPNS
    Putra/ Putri Papua dan Papua Barat: 196 Kursi CPNS

    Ternyata profesi PNS, masih menjadi dambaan banyak orang. Karena mereka yang bertugas di pemerintahan, masih dipandang dan dianggap lebih sejahtera, serta memiliki strata sosial yang lebih tinggi.

    Ternyata pandangan semacam ini masih terus bergulir sampai Indonesia merdeka. Dan melihat perkembangan jumlah Pegawai Negeri Sipil yang terus meningkat dari tahun ke tahun.

    Dengan jumlah Pegawai Negeri Sipil (PNS) pribumi yang dari tahun ke tahun nya terus meningkat tajam, yakni:
    Jumlah PNS Dari Tahun Ke Tahun:
    Tahun 1900 sebanyak 1.500 orang
    Tahun 1932 sebanyak 103.000 orang
    Tahun 1971 sebanyak 541.000 orang

    Faktor kesejahteraan dan strata sosial yang tinggi masihlah menjadi faktor utama yang menyebabkan mengapa Profesi PNS (Pegawai Negeri Sipil) atau yang sekarang dikenal dengan ASN (Aparatur Sipil Negara) masih merupakan profesi primadona dambaan hampir setiap warganegara Indonesia.

    Sekarang ini, dengan Gaji Pokok PNS yang dimulai dari golongan paling rendah yakni golongan ruang I.A dengan Gaji Pokok 1.486.500 rupiah, dan Gaji Pokok PNS paling tinggi sebesar 5.620.300 rupiah untuk golongan ruang IV.E.

    Bahkan pada kenyataannya tidak hanya Gaji Pokok serta tunjangan-tunjangan serta dana pensiun seperti yang telah disebutkan diatas saja yang diterima oleh seorang yang berprofesi sebagai PNS.

    Untuk PNS Instansi Pusat (K/L) selain gaji pokok, gaji 13, gaji 14, tunjangan jabatan, uang perjalanan dinas, serta dana pensiun, juga menerima tunjangan lain yang lebih dikenal dengan nama Tunjangan Kinerja.

    Tunjangan Kinerja ini jumlahnya jauh lebih besar daripada gaji pokok dan tunjangan-tunjangan yang ada seperti yang telah disebutkan.

    Sedangkan untuk Pegawai Negeri Sipil Daerah (PNSD) mendapatkan tunjangan lain juga yang disebut sebagai TPP atau lebih sering dikenal dengan nama "Tunjangan Tambahan Penghasilan" yang besarannya disesuaikan dengan keuangan daerah masing-masing.

    Sehingga dengan demikian tidaklah mengherankan jika Profesi PNS masihlah menjadi profesi primadona di negeri ini. Dengan segala bentuk kesejahteraan yang ditawarkannya serta kemudahan dan fasilitas-fasilitas lain yang diterimanya, maka tak heran dalam setiap seleksi penerimaan CPNS akan selalu dipadati oleh jumlah pelamar yang jumlahnya dari tahun ke tahun meningkat tajam hingga jutaan pelamar tes CPNS.
     
  2. Ramasinta Tukang Iklan





  3. Nino12 Members

    Offline

    Silent Reader

    Joined:
    Nov 28, 2017
    Messages:
    31
    Trophy Points:
    6
    Gender:
    Male
    Ratings:
    +5 / -0
  4. nubie Members

    Offline

    Silent Reader

    Joined:
    Jun 15, 2009
    Messages:
    50
    Trophy Points:
    6
    Ratings:
    +4 / -0
    PNS mah tiap tahun selalu banyak peminat.. cuma masuknya ga gampang hahaha
     

Share This Page

About Forum IDWS

IDWS, dari kami yang terbaik-untuk kamu-kamu (the best from us to you) yang lebih dikenal dengan IDWS adalah sebuah forum komunitas lokal yang berdiri sejak 15 April 2007. Di bangun sebagai sarana mediasi dengan rekan-rekan pengguna IDWS dan memberikan terbaik untuk para penduduk internet Indonesia menyajikan berbagai macam topik diskusi.