1. Disarankan registrasi memakai email gmail. Problem reset email maupun registrasi silakan email kami di inquiry@idws.id menggunakan email terkait.
  2. Untuk kamu yang mendapatkan peringatan "Koneksi tidak aman" atau "Your connection is not private" ketika mengakses forum IDWS, bisa cek ke sini yak.
  3. Hai IDWS Mania, buat kamu yang ingin support forum IDWS, bebas iklan, cek hidden post, dan fitur lain.. kamu bisa berdonasi Gatotkaca di sini yaa~
  4. Pengen ganti nama ID atau Plat tambahan? Sekarang bisa loh! Cek infonya di sini yaa!
  5. Pengen belajar jadi staff forum IDWS? Sekarang kamu bisa ajuin Moderator in Trainee loh!. Intip di sini kuy~

News Presiden Jokowi: Ibukota Indonesia Pindah ke Pulau Kalimantan

Discussion in 'Tengah Komunitas' started by IDWS.News, Aug 6, 2019.

Thread Status:
Not open for further replies.
  1. IDWS.News Gatotkaca

    Offline

    ▁ ▂ ▄ ρεηүεвαя ιηғσ ▄ ▂ ▁

    Joined:
    Feb 18, 2010
    Messages:
    3,404
    Trophy Points:
    71
    Ratings:
    +105 / -0
    Ibukota negara dipastikan akan berpindah ke Pulau Kalimantan. Hal ini disampaikan langsung oleh Presiden RI Joko Widodo (Jokowi) saat membuka Rapat Terbatas tentang Pemindahan Ibu Kota di Kantor Presiden, Kompleks Istana Kepresidenan Jakarta, Selasa (6/8/2019).;

    Menurut beliau, keputusan tersebut diambil setelah turun ke lapangan dan memperoleh kajian, meski belum selesai 100 persen. Namun opsi pemindahan dipastikan telah mengarah ke Pulau Kalimantan.

    "Sudah semakin mengerucut dan pilihannya juga sudah jelas bahwa ibukota negara akan dipindahkan ke Kalimantan, di Kalimantan, provinsinya di mana, ini yang harus didetailkan lagi," ungkap Jokowi.

    Mantan Gubernur Jakarta dan Wali Kota Solo itu menyatakan Badan Perencanaan Pembangunan Nasional (Bappenas) bersama Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) telah menindaklanjuti pilihan provinsi yang dinilai berpotensi, seperti Kalimantan Tengah, Kalimantan Timur, dan Kalimantan Selatan.

    Jokowi meminta agar kajian yang berkaitan dengan kebencanaan, daya dukung lingkungan, ekonomi, demografi, sosial-politik, dan pertahanan-keamanan diselesaikan dan dirinci kembali. Ia ingin keputusan nanti adalah keputusan yang benar sebagai kepala negara dalam visinya memimpin pemerintahan ke depan.

    "Saya memutuskan nantinya bukan sebagai kepala pemerintahan tetapi sebagai kepala negara," katanya.

    Beliau meminta jajaran kabinetnya untuk mempelajari pengalaman pemindahan ibukota negara lain, terutama terkait faktor-faktor penghambat sehingga bisa diantisipasi sedini mungkin. Menurutnya, faktor kunci keberhasilan negara lain dalam memindahkan ibukota lah yang harus diadaptasi.

    Presiden juga meminta jajarannya untuk menyiapkan skema pembiayaan pemindahan ibu kota, baik yang bersumber dari APBN atau di luar APBN. Ia juga memerintahkan agar ada desain kelembagaan yang diberikan otoritas dalam rencana pemindahan ibu kota negara ini.

    "Dan terpenting payung hukum mengenai pemindahan ibu kota," ujarnya.



    Sumber: Portal IDWS via CNNIndonesia.com
     
  2. mic2 M V U

    Offline

    Lurking Around

    Joined:
    Mar 6, 2010
    Messages:
    997
    Trophy Points:
    192
    Gender:
    Male
    Ratings:
    +1,081 / -0
    Ke depan harga tanah di kalimantan smakin mahal

    Sent from my ASUS_X01BDA using Tapatalk
     
Thread Status:
Not open for further replies.

About Forum IDWS

IDWS, dari kami yang terbaik-untuk kamu-kamu (the best from us to you) yang lebih dikenal dengan IDWS adalah sebuah forum komunitas lokal yang berdiri sejak 15 April 2007. Dibangun sebagai sarana mediasi dengan rekan-rekan pengguna IDWS dan memberikan terbaik untuk para penduduk internet Indonesia menyajikan berbagai macam topik diskusi.