1. Silahkan Login atau Register, untuk melihat konten-konten menarik lainnya.
  2. Hai IDWS Mania, buat kamu yang ingin bebas iklan, cek hidden post, dan fitur lain.. kamu bisa berdonasi membership Gatotkaca di sini yaa~
  3. Pengen ganti nama ID atau Plat tambahan? Sekarang bisa loh! Cek infonya di sini yaa!
  4. Pengen belajar jadi staff forum IDWS? Sekaran kamu bisa ajuin Moderator in Trainee loh!. Intip di sini kuy~

Discussion Perlukah Mencukur Bulu Kemaluan?

Discussion in 'Pengetahuan Penting Penunjang Kesehatan' started by mujito, Mar 22, 2011.

Thread Status:
Not open for further replies.
  1. mujito M V U

    Offline

    Lurking Around

    Joined:
    Dec 24, 2009
    Messages:
    530
    Trophy Points:
    191
    Ratings:
    +9,909 / -0
    Merawat bagian kemaluan termasuk rambut-rambut halus di sekitarnya sangat penting dilakukan pria maupun wanita. Ada orang yang malas mencukur bulu rambut tapi ada juga yang sangat terobsesi mencukurnya karena ingin terlihat seksi dan sebagainya. Seberapa pentingkah mencukur bulu kemaluan?

    Pakar andrologi Prof Dr dr Nukman Moeloek, Sp And mengakui bulu kemaluan memang tidak selamanya harus dicukur. "Kalau mau cukur ya tinggal cukur, kalau tidak juga tidak apa-apa. Yang penting usahakan tetap bersih," kata Prof Nukman Ketika dihubungi detikhealth, Senin (1/2/2010).

    Selain karena faktor kebersihan, banyak pria yang mengaku menyukai alat kelamin wanita tanpa bulu karena terlihat lebih seksi.

    Benarkah demikian?

    "Itu sih tergantung persepsi tiap orang. Ada yang suka seperti itu ada juga yang tidak mempermasalahkannya," tutur Prof Nukman.

    Menurut Guru Besar Andrologi dan Biologi Kedokteran Universitas Indonesia itu, umumnya pertumbuhan rambut akan terhenti setelah 2 bulan. Jadi rambut kemaluan yang sudah gondrong tidak akan bertambah gondrong terus meski tidak dicukur.

    Namun rambut kemaluan yang tidak dicukur memang berisiko sebagai tempat berkembangnya bakteri jika tidak dibersihkan dengan baik. Tapi jika dibersihkan dengan benar, bakteri tidak akan berkembang di sana. "Seperti rambut saja, walaupun gondrong tapi kalau bersih, ya nggak masalah." katanya.

    Pisau cukur adalah senjata yang sangat populer yang menjadi pilihan untuk menghilangkan rambut kemaluan. Bagi kebanyakan orang, teknik perawatan ini adalah solusi yang baik dibanding dengan teknik menggunting. Yang harus diperhatikan, memangkas rambut kemaluan dengan pisau cukur sebaiknya dilakukan setelah membasahinya dengan air hangat.

    "Sebelum dicukur, jangan lupa dibasahi dan diberi sabun dulu agar licin dan gampang mencukurnya," ujar Prof Nukman.

    Selain teknik mencukur dengan pisau cukur, teknik lainnya yang bisa digunakan adalah teknik elektrolisa, laser, waxing (lilin) atau menggunakan obat penghilang rambut.

    Teknik eletrolisa bisa menghilangkan bulu kemaluan secara permanen hanya dalam satu kali perawatan, tapi harganya cukup mahal. Sedangkan teknik waxing tidak terlalu dianjurkan karena menimbulkan rasa sakit pada bagian alat kemaluan yang memang sangat sensitif.

    Mau dicukur atau tidak, yang pasti rambut kemaluan harus dijaga kebersihannya. "Yang jelas, semua yang ada pada diri manusia itu adalah pemberian tuhan, jadi harus selalu dipelihara," kata Prof Nukman.
     
    • Thanks Thanks x 7
  2. Ramasinta Tukang Iklan





  3. payied M V U

    Offline

    Lurking Around

    Joined:
    Aug 6, 2010
    Messages:
    851
    Trophy Points:
    191
    Ratings:
    +15,204 / -0
    menurut ane perlu.
    karena untuk tetap menjaga kebersihan badan kita sendiri, :top:
     
    • Thanks Thanks x 1
  4. indriyati M V U

    Offline

    Beginner

    Joined:
    Jan 2, 2011
    Messages:
    315
    Trophy Points:
    41
    Ratings:
    +344 / -0
    perlu! kenapa??? karena buat kebersihan...rambut bisa jadi rumah buat bakteri2 loooohhh...lebih baik dicukur...
     
    • Thanks Thanks x 1
  5. arcanine M V U

    Offline

    Lurking Around

    Joined:
    May 30, 2009
    Messages:
    542
    Trophy Points:
    111
    Ratings:
    +3,012 / -0
    rapihin saja kk.
    Sama seperti rambut atas. Kalau ga dicukur-cukur jadi berantakan.
     
    • Thanks Thanks x 1
  6. encek Members

    Offline

    Silent Reader

    Joined:
    Mar 1, 2009
    Messages:
    144
    Trophy Points:
    27
    Ratings:
    +108 / -0
    gak itu juga, kalo kaga di bersihin, secara bulu kemaluan itu berada di daerah yang selalu tertutup dan lembab, bisa jamuran dan bisa jadi tempat kutu" rambut deh ....:peace:
     
    • Thanks Thanks x 1
  7. youngscrew Members

    Offline

    Silent Reader

    Joined:
    Feb 2, 2011
    Messages:
    103
    Trophy Points:
    31
    Ratings:
    +75 / -0
    gw vote bwt dicukur aja deh gan....tp asal jgn dibotakin...
    guatel bgt cuyyy...
     
    • Thanks Thanks x 1
  8. Blink_182 M V U

    Offline

    Lurking Around

    Joined:
    Jun 29, 2010
    Messages:
    945
    Trophy Points:
    111
    Ratings:
    +2,171 / -0
    kalo dicukur cepat tumbuhnya...:iii:

    gak di cukur beberapa bulan kedepan segitu-gitu aja...:yahoo:
     
    • Thanks Thanks x 1
  9. minatoshi M V U

    Offline

    Lurking Around

    Joined:
    Feb 9, 2011
    Messages:
    569
    Trophy Points:
    127
    Ratings:
    +3,552 / -0
    ternyata nyukur bulu kemaluan ada tekniknya jg y tp sayangnya gw males bgt nyukurnya sayang gan
     
    • Thanks Thanks x 1
  10. aviro M V U

    Offline

    Lurking Around

    Joined:
    Jul 9, 2009
    Messages:
    1,116
    Trophy Points:
    96
    Ratings:
    +266 / -0
    kalo emang dah nyangkut" kemana:" mau gak mau cukur...
     
    • Thanks Thanks x 1
  11. aliongz Members

    Offline

    Silent Reader

    Joined:
    May 19, 2010
    Messages:
    37
    Trophy Points:
    6
    Ratings:
    +2 / -0
    hah ada aturannya juga ya?
    itu nanti pengaruh dengan kepuasaan s*ks ga ya?
     
  12. Ichigatsu_Tooka M V U

    Offline

    Junkeristi

    Joined:
    Apr 22, 2010
    Messages:
    4,992
    Trophy Points:
    242
    Gender:
    Male
    Ratings:
    +29,500 / -2
    Hukum mencukur rambut / bulu kemaluan adalah SUNNAH.
    Hal ini berdasarkan hadits Nabi SAW berikut:
    “Lima hal yang termasuk sunnah fitrah: Mencukur bulu kemaluan, berkhitan, memendekkan kumis, mencabut bulu ketiak dan memotong kuku.” (HR Jama’ah)

    Diriwayatkan secara shahih dari Anas bin Malik Radhiallahu 'Anhu bahwa ia berkata:

    “Kami diberi batas waktu untuk menggunting kumis, menggunting kuku, mencabut bulu ketiak dan mencukur bulu kemaluan, yaitu tidak membiarkannya lebih dari empat puluh hari.”
    (H.R Muslim, Ibnu Majah, Ahmad, At-Tirmidzi , An-Nasa'i dan Abu Dawud)

    CMIMW
     
  13. darc666 M V U

    Offline

    Lurking Around

    Joined:
    May 18, 2009
    Messages:
    1,242
    Trophy Points:
    131
    Ratings:
    +3,757 / -0
    :lol:
    Anjuran untuk lebih amannya sih memang dicukur saja,, berdasarkan alasan kebersihan,dll
    Yah cukurlah kira-kira 1bulan sekali
     
  14. morir_es_vivir Members

    Offline

    Silent Reader

    Joined:
    Mar 29, 2011
    Messages:
    61
    Trophy Points:
    6
    Ratings:
    +2 / -0
    males sih nyukurnya bro..
    kayaknya enaknya dibiarin aja deh..
    ya dirapihin deh,,
    jangan dicukur habis haha
     
  15. kovac M V U

    Offline

    Lurking Around

    Joined:
    May 9, 2010
    Messages:
    872
    Trophy Points:
    71
    Ratings:
    +35 / -0
    babat abis aja bang...
    biar memberikan efek lbh bang...
    :lol:
    bisa bikin penyakit klo orangnya ga bersih... :lol:
     
  16. MadMonk Members

    Offline

    Silent Reader

    Joined:
    Jul 21, 2010
    Messages:
    189
    Trophy Points:
    16
    Ratings:
    +57 / -0
    ane enakan digundulin kaga gerah.. :haha:

    biar leluasa kaga pake ad yg nyangkut" :haha:
     
  17. yuu_thai Members

    Offline

    Silent Reader

    Joined:
    Feb 13, 2010
    Messages:
    135
    Trophy Points:
    16
    Ratings:
    +16 / -0
    kalo punya sndiri mah emang bgusan di cukur.., biar lbih brsih...
    cuma ntar kalo istri mah pengen yang kinclongg....
    ahahahah
     
  18. eljirg Members

    Offline

    Silent Reader

    Joined:
    Jan 9, 2010
    Messages:
    50
    Trophy Points:
    6
    Ratings:
    +3 / -0
    Perlu banget nih ! Kalo ga rajin di cukur nanti pas berenang pada keluar-keluar semak-semaknya ...
     
  19. yoshikanji Veteran

    Offline

    Superstar

    Joined:
    Dec 18, 2009
    Messages:
    18,454
    Trophy Points:
    266
    Ratings:
    +38,463 / -0
    apa mending d buatin polling aja, mending d cukur ato gak :???:
     
  20. kimmothep8 M V U

    Offline

    Lurking Around

    Joined:
    Dec 21, 2009
    Messages:
    737
    Trophy Points:
    191
    Ratings:
    +9,870 / -0
    hm, kalimat terakhir bener tuh...
    semua yang diciptain Tuhan pasti ada gunanya, jadi mending dirawat aja
    :peace:
     
  21. fiolegend M V U

    Offline

    Lurking Around

    Joined:
    Jan 26, 2010
    Messages:
    607
    Trophy Points:
    66
    Ratings:
    +256 / -0
    lebih baik dicuku klw sudah gondrong rambut dikemaluannya,,,
    jadi gampang dikontrol kebersihanya,,
     
Thread Status:
Not open for further replies.

Share This Page

About Forum IDWS

IDWS, dari kami yang terbaik-untuk kamu-kamu (the best from us to you) yang lebih dikenal dengan IDWS adalah sebuah forum komunitas lokal yang berdiri sejak 15 April 2007. Dibangun sebagai sarana mediasi dengan rekan-rekan pengguna IDWS dan memberikan terbaik untuk para penduduk internet Indonesia menyajikan berbagai macam topik diskusi.