1. Disarankan registrasi memakai email gmail. Problem reset email maupun registrasi silakan email kami di inquiry@idws.id menggunakan email terkait.
  2. Untuk kamu yang mendapatkan peringatan "Koneksi tidak aman" atau "Your connection is not private" ketika mengakses forum IDWS, bisa cek ke sini yak.
  3. Hai IDWS Mania, buat kamu yang ingin support forum IDWS, bebas iklan, cek hidden post, dan fitur lain.. kamu bisa berdonasi Gatotkaca di sini yaa~
  4. Pengen ganti nama ID atau Plat tambahan? Sekarang bisa loh! Cek infonya di sini yaa!
  5. Pengen belajar jadi staff forum IDWS? Sekarang kamu bisa ajuin Moderator in Trainee loh!. Intip di sini kuy~

News Perjalanan Megawati Menjemput Kursi Orang Nomor Satu Indonesia

Discussion in 'Tengah Komunitas' started by merahputihcom, Aug 1, 2022.

  1. merahputihcom Members

    Offline

    Silent Reader

    Joined:
    Jul 26, 2021
    Messages:
    164
    Trophy Points:
    26
    Ratings:
    +39 / -0
    [​IMG]

    SIAPA sangka? Presiden kelima sekaligus satu-satunya perempuan yang pernah menduduki kursi orang nomor satu di Indonesia yaitu Megawati ternyata sebelumnya pernah gagal mencalonkan diri menjadi presiden di tahun 1999. Kegagalan tersebut disebabkan karena ada jajaran partai yang tidak menyetujui rencananya untuk naik menjadi pemimpin negara Indonesia.

    Latar belakang politik kuat karena menyandang status sebagai putri dari presiden Sukarno sang proklamator yang membawa bangsa Indonesia ke gerbang kemerdekaan rupanya tak lantas membuat perjalanan karier politik seorang Megawati mulus-mulus saja. Bahkan sampai tahun 1987, nama Megawati belum pernah didengar oleh rakyat Indonesia. Salah satu tokoh penting yang membuat Megawati menjadi orang nomor satu adalah Sabam Sirait.

    Di kala Megawati dan suaminya masih berkecimpung mengelola usaha di Jakarta, Sabam membujuk dirinya untuk masuk ke Partai Demokrasi Indonesia (sekarang menjadi Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan atau PDIP). Karena setelah tumbangnya Orde Lama, tidak ada satu pun dari keturunan Soekarno yang mengikuti jejaknya di dunia politik.

    [​IMG]

    Pada tahun 1982 Anak-anak Soekarno memang membuat kesepakatan resmi untuk tidak terlibat politik baik bergabung di organisasi sosial politik ataupun mencalonkan diri untuk menjadi presiden. Apalagi saat itu sudah menjadi rahasia umum bahwa rezim Orde Baru “memperketat” pengawasan terhadap keluarga Soekarno sehingga tidak ada celah bagi anak-anaknya untuk mengikuti jejak sang ayah.

    Megawati akhirnya luluh dengan tawaran Sabam. Ia dan adiknya, Guruh Soekarnoputra mencalonkan diri menjadi anggota DPR dari partai PDI pada pemilu 1987. Kampanye yang dilakukan oleh Megawati rupanya membangkitkan gelora semangat para pengikut Sukarno yang sempat padam.

    Karisma Sukarno yang seolah terpancar melalui Megawati membuat PDI berhasil merebut 40 kursi DPR setelah di pemilu sebelumnya hanya berhasil meraih 24 kursi. Megawati pun berhasil menjadi anggota DPR. Setelah Soeharto lengser pada Mei 1998, harapan Megawati untuk merebut takhta kepresidenan semakin membuncah. Meski sempat gagal di tahun 1999, Megawati akhirnya berhasil dilantik menjadi presiden pada 23 Juli 2001 menggantikan Gus Dur.

    Sumber
     
  2. Ramasinta Tukang Iklan

  3. QanX M V U

    Offline

    変わる未来へ

    Joined:
    May 16, 2022
    Messages:
    471
    Trophy Points:
    117
    Ratings:
    +3,807 / -0
    Dulu gagal jadi presiden gara-gara ditikung poros tengah, tapi ya akhirnya jadi juga :hehe:
     
  4. leung M V U

    Offline

    Beginner

    Joined:
    Jun 7, 2012
    Messages:
    201
    Trophy Points:
    16
    Gender:
    Male
    Ratings:
    +11 / -0
    berat memang untuk wanita, walaupun seruan "keadilan" begitu kuatnya, tapi prakteknya tetap saja beda :kuning:
     

About Forum IDWS

IDWS, dari kami yang terbaik-untuk kamu-kamu (the best from us to you) yang lebih dikenal dengan IDWS adalah sebuah forum komunitas lokal yang berdiri sejak 15 April 2007. Dibangun sebagai sarana mediasi dengan rekan-rekan pengguna IDWS dan memberikan terbaik untuk para penduduk internet Indonesia menyajikan berbagai macam topik diskusi.