1. Hai IDWS Mania, buat kamu yang ingin bebas iklan, cek hidden post, dan fitur lain.. kamu bisa berdonasi membership Gatotkaca di sini yaa~
  2. Silahkan Login atau Register, untuk melihat konten-konten menarik lainnya.
  3. Pengen ganti nama ID atau Plat tambahan? Sekarang bisa loh! Cek infonya di sini yaa!
  4. IDWS Radio is Back! Mau ngobrol seru bareng penyiar (announcer) atau mau ikutan jadi penyiar di IDWS Radio? Mau promoin lagu indie kamu? Bisaa!.Klik info lengkapnya di sini, kuy~.
  5. Terima kasih untuk kebersamaan komunitas selama hampir 12 tahun ini. Apa pengalaman menarikmu selama di IDWS? Apa saran, kritik, dan masukan kamu untuk IDWS? Tolong sampaikan di sini yaa~ Terima kasih.
  6. Dismiss Notice
  7. Tim staff IDWS mengajak dan memberikan kesempatan IDWS Mania bergabung dalam tim staff komunitas forum IDWS nih. Klik untuk info lengkapnya yuk~
  8. Pengen belajar jadi staff forum IDWS? Sekaran kamu bisa ajuin Moderator in Trainee loh!. Intip di sini kuy~

Perdagangan Internasional Organ Tubuh Manusia

Discussion in 'Tengah Komunitas' started by kzha, Sep 8, 2009.

Thread Status:
Not open for further replies.
  1. kzha M V U

    Offline

    Lurking Around

    Joined:
    May 10, 2009
    Messages:
    1,869
    Trophy Points:
    227
    Ratings:
    +7,159 / -0


    Fakta penjualan organ tubuh secara masif, terjadi melalui pasar gelap, di seluruh dunia. CNN melakukan investigasi tentang jaringan dagang alat vital manusia lintas negara itu.

    Invesitigasi melibatkan pendonor dan penerima donor asal Israel, Amerika Serikat, dan Cina.

    DI SEBUAH ruangan rumah sakit di Tel Aviv yang lembab, terasa kuat atmosfer putus asa dari pasien yang berharap datangnya ginjal baru untuk menggantikan milik mereka yang rusak. Di salah satu tempat tidur terbaring ibu Ricki Shai, nyaris tak bergerak. Diabetes yang bersarang di tubunya, perlahan-lahan membunuhnya. Bahkan penyakit gula itu memaksa wanita paruh baya itu kehilangan kedua kakinya, karena harus diamputasi.

    Pemandangan lain menyajikan penderitaan Yechezekel Nagauker, ayah Shai, yang juga mengidap diabetes. Namun, menurut anak perempuannya itu, sang ayah memutuskan, tidak menunggu donor ginjal. “Ayah saya tidak ingin bernasib seperti ibu,” ujar Shai.

    April lalu, Nagauker membatalkan kesepakatan dengan makelar ginjal, yang menjanjikan kesembuhan. Sang broker menawarkan ginjal baru seharga 100 ribu dolar AS (sekitar Rp900 juta). Ginjal baru itu hanya tersedia di Cina.

    “Makelar itu datang kepada ayah dan menjanjikan keajaiban. Dia bilang: Datanglah kepadaku. Dua hari saja, dengan 100 ribu dolar AS dan dalam waktu dua hari anda akan menjadi “manusia baru”,” ungkap Shai.

    Nagauker terbang ke Cina. Dia dibawa ke sebuah rumah di pinggiran kota, di mana sebuah ginjal donor dari seorang gadis 18 tahun, telah menanti. Shai mengambil gambar rumah sakit, yang disebutnya dengan “rumah sakit jorok” menggunakan telepon selularnya.

    Operasipun dilakukan. Shai mengatakan operasi dilakukan ala kadarnya. Bahkan gadis yang mendonorkan ginjalnya meninggal beberapa saat setelah operasi. “Mereka hanya memberinya 5000 dolar AS, dan dia mati,” katanya. Shai marah dan menyebut makelar itu sebagai “pembunuh”. Karena, ternyata, tubuh sang ayah menolak ginjal donor tersebut.

    Sang makelar masih bebas dari jerat hukum. Hingga tahun lalu, seluruh transaksi serupa tidak hanya dilegalkan di Israel. Namun sejumlah negara penyedia layanan asuransi kesehatan, juga siap melayani klaim atas kasus tranplantasi organ.

    Kisah broker ginjal lainnya adalah Levy Izhak Rosenbaum. Dia menyebut dirinya sebagai “mak comblang”. Tapi bisnisnya tidak terkait dengan percintaan. Dia adalah orang yang mempertemukan calon pendonor dan calon pasien potensial. Dari pasar gelap, Levy membeli organ manusia dari Israel seharga 10 ribu dolar AS (Rp900 juta-an) dan menjualnya kepada pasien dengan harga 160 ribu dolar AS (sekitar Rp1,5 miliar).

    Bisnis gelap yang diduga sudah berlangsung sepuluh tahunan itu, terungkap dalam sebuah investigasi FBI. Kabar itu langsung mengguncang dunia industri transplantasi. Jika benar, hasil investigasi itu akan menjadi kasus penjualan organ pertama yang pernah tercatat dalam sejarah Amerika.

    “Memang ada aktivitas (penjualan organ) lintas negara. Namun itu tidak pernah menyentuh Amerika. Atau mungkin kita tidak pernah tahu, hingga munculnya kasus ini,” terang ahli etika medis dari Universitas Pennsylvania, Arthur Caplan, yang juga memimpin tim khusus PBB untuk penjualan organ internasional.

    Rosenbaum ditangkan Kamis (3/9) lalu, sepuluh hari setelah bertemu dengan seorang informan dan agen FBI yang menyaru sebagai pembeli potensial. Si agen mengaku mencari ginjal untuk pamannya yang sakit dialysis yang sedang menunggu jadwal transplantasi di sebuah rumah sakit di Philadelphia.

    “Akulah yang kau sebut-sebut sebagai “mak comblang”,”suara Rosebaum terdengar dalam sebuah rekaman rahasia dokumen FBI. “Aku akan membawa seseorang yang aku yakin (ginjalnya) cocok dengan pamanmu,” tambahnya. Ditanya, sudah berapa organ yang dia jual, dia menjawab, “Cukup banyak. Apalagi dua minggu petama bulan ini,”

    Sebelum Maret 2008, hukum Israel mengizinkan warganya berobat ke luar negeri untuk melakukan transplantasi dari donor non-keluarga. Para penyidik Israel sedang getol menginvestigasi penjualan organ secara illegal, dengan UU baru saat ini.(cak/ami/ila)
    ================================
    Sumber :D
     
    Last edited: Sep 8, 2009
  2. Ramasinta Tukang Iklan





  3. kazzel M V U

    Offline

    Lurking Around

    Joined:
    Mar 6, 2009
    Messages:
    700
    Trophy Points:
    92
    Ratings:
    +251 / -0
    Hi mengerikan sekali :swt:
     
  4. marhensa M V U

    Offline

    Beginner

    Joined:
    May 6, 2009
    Messages:
    377
    Trophy Points:
    191
    Ratings:
    +11,643 / -0
    eh ternyata beneran ada ya? idih kejam banget tuh ilegal. tp asal gak pake pemaksaan atau iming2 gak pasti.
     
  5. iaquinta Members

    Offline

    Silent Reader

    Joined:
    Aug 24, 2009
    Messages:
    123
    Trophy Points:
    17
    Gender:
    Male
    Ratings:
    +15 / -0
    sungguh memprihatinkan...

    dan itu adalah HARAM.
     
  6. rezabenben Members

    Offline

    Silent Reader

    Joined:
    Oct 15, 2008
    Messages:
    116
    Trophy Points:
    31
    Ratings:
    +7 / -0
    haram nggaknya ya gw ga tahu ya.. gw bukan dokter sih..

    tapi masalahnya kalo dipikir2, kita berada di posisi pasiennya, susah juga loh nyari donor ginjal kaya gitu..

    yah, sama sama susah sih kalo udah ada di posisi yang menjepit seperti itu..
     
  7. ngilerman M V U

    Offline

    Post Hunter

    Joined:
    Feb 11, 2008
    Messages:
    2,782
    Trophy Points:
    212
    Ratings:
    +129,932 / -2
    wew,, harga organ tubuh sampe 1,5 milliar

    tapi itu kan bener" ga manusiawi dan ga sebanding ~_~
     
  8. moks M V U

    Offline

    Lurking Around

    Joined:
    Sep 17, 2008
    Messages:
    1,337
    Trophy Points:
    211
    Ratings:
    +19,611 / -0
    gila yang jual bukan manusia... binatang itu mah....
     
  9. zutara M V U

    Offline

    Senpai

    Joined:
    Aug 3, 2008
    Messages:
    9,280
    Trophy Points:
    226
    Ratings:
    +46,318 / -0
    lah...ada juga black marketnya toh...baru teu ane...:swt:
     
  10. meefuu Members

    Offline

    Silent Reader

    Joined:
    Mar 1, 2009
    Messages:
    183
    Trophy Points:
    16
    Ratings:
    +119 / -0
    setubuh kk, bener2 ga manusiawi tuh orang :no:
     
  11. kzha M V U

    Offline

    Lurking Around

    Joined:
    May 10, 2009
    Messages:
    1,869
    Trophy Points:
    227
    Ratings:
    +7,159 / -0
    sebegitu murah kah harga manusia,..? apakah karena kita banyak uang lantas kita bisa membeli apa saja,.? :rokok:

    heran lihat tingkah manusia jaman sekarang,. sebegitu takut akan mati. sehingga apapun dilakukan,. toh akhirnya mati juga,. ! :rokok:
     
  12. jaacoozee M V U

    Offline

    Post Hunter

    Joined:
    Oct 2, 2008
    Messages:
    3,472
    Trophy Points:
    211
    Gender:
    Male
    Ratings:
    +9,677 / -0
    idih gambar nya :muntah:

    d sensor aja bro , kasian..

    oiya dl jg sempet gw denger.. anak kecil d culik trus isi perut nya d kosongin.. buat naro narkoba !!

    parah
     
  13. duljon M V U

    Offline

    Beginner

    Joined:
    Oct 27, 2008
    Messages:
    223
    Trophy Points:
    91
    Ratings:
    +490 / -0
    begitu berharganya organ-organ yang kita punya...
     
  14. blueplanetto M V U

    Offline

    Post Hunter

    Joined:
    May 10, 2009
    Messages:
    2,905
    Trophy Points:
    212
    Ratings:
    +7,826 / -0
    sungguh tidak beradab, tidak menghargai nyawa manusia itu sendiri. Sepertinya ini benar seperti sabda Nabi yang mengharamkan transplantasi organ tubuh manusia. ternyata efek negatifnya ini yang ditanggulangi.
     
  15. blue_lionx M V U

    Offline

    Post Hunter

    Joined:
    Jul 13, 2008
    Messages:
    4,370
    Trophy Points:
    212
    Ratings:
    +32,199 / -0
    spoiler nya serem banged.. :onion-103:

    perdagangan organ tubuh manusia jangan dibiarkan.. :onfire:
     
  16. eos400d Members

    Offline

    Silent Reader

    Joined:
    May 5, 2008
    Messages:
    122
    Trophy Points:
    16
    Ratings:
    +3 / -0
    udah kebanyakan manusia kayaknya dunia, jadi ga ada harganya gini manusia...
    btw, gambarnya serem...
     
  17. Pujols M V U

    Offline

    Lurking Around

    Joined:
    Oct 18, 2008
    Messages:
    501
    Trophy Points:
    56
    Ratings:
    +32 / -0
    berarti tingkat kemiskinan di dunia ini sudah semakin parah, karena klo secara awam, gak akan ada manusia yang mau ngejual organnya sendiri, kecuali tuh orang bener2 butuh uang, jadi waktu ada tawaran duit banyak, mereka langsung mau, gak peduli bahwa organ tubuhnya mo diambil ...
     
  18. ireh M V U

    Offline

    Post Hunter

    Joined:
    Jun 22, 2009
    Messages:
    2,121
    Trophy Points:
    211
    Ratings:
    +6,311 / -0
    :onion-82:
    sadis banget gambarnya,
    apa semua organ dalamnya diambil:???:dilihat dari sayatan di tubuhnya yg cukup panjang.
     
Thread Status:
Not open for further replies.

Share This Page

About Forum IDWS

IDWS, dari kami yang terbaik-untuk kamu-kamu (the best from us to you) yang lebih dikenal dengan IDWS adalah sebuah forum komunitas lokal yang berdiri sejak 15 April 2007. Di bangun sebagai sarana mediasi dengan rekan-rekan pengguna IDWS dan memberikan terbaik untuk para penduduk internet Indonesia menyajikan berbagai macam topik diskusi.