1. Disarankan registrasi memakai email gmail. Problem reset email maupun registrasi silakan email kami di inquiry@idws.id menggunakan email terkait.
  2. Hai IDWS Mania, buat kamu yang ingin support forum IDWS, bebas iklan, cek hidden post, dan fitur lain.. kamu bisa berdonasi Gatotkaca di sini yaa~
  3. Pengen ganti nama ID atau Plat tambahan? Sekarang bisa loh! Cek infonya di sini yaa!
  4. Pengen belajar jadi staff forum IDWS? Sekarang kamu bisa ajuin Moderator in Trainee loh!. Intip di sini kuy~

PENTING BGT NIH...!!! Bahayanya Bila Keseringan Ngupil....nah looh...

Discussion in 'Lifestyle' started by yudzdee, Feb 6, 2011.

Thread Status:
Not open for further replies.
  1. yudzdee M V U

    Offline

    Lurking Around

    Joined:
    Jun 14, 2009
    Messages:
    1,567
    Trophy Points:
    212
    Ratings:
    +235,234 / -1
    Bagi beberapa orang mengupil adalah kegiatan yang mengasyikkan atau menyenangkan. Tapi mengupil terlalu sering ternyata bisa berbahaya bagi kesehatan dan tubuh seseorang.
    Berdasarkan survei yang dilakukan oleh tim peneliti dari Wisconsin dengan melibatkan 200 partisipan, diketahui bahwa rata-rata seseorang mengupil sebanyak 4 kali sehari yang dilakukan saat sedang senggang atau santai.

    Mengupil adalah kegiatan yang positif karena membantu membersihkan hidung dari kotoran atau benda asing yang masuk dengan menggunakan jari. Meskipun kegiatan yang umum, tapi bagi budaya tertentu cenderung tabu karena bisa menimbulkan perasaan jijik dan geli.

    Upil yang ada di hidung sebenarnya terbentuk dari lendir yang mengering. Membran mukosa di rongga hidung akan terus menerus menghasilkan lendir basah yang berfungsi menghilangkan debu dan benda-benda asing lainnya yang masuk ke hidung. Lendir yang mengering ini akan menyebabkan sensasi iritasi yang kadang menimbulkan rasa gatal dan memicu orang untuk mengupil.

    Seperti dikutip dari eHow, ada beberapa alasan yang membuat seseorang harus mengupil, yaitu:

    Sedang bengong atau memikirkan sesuatu
    Penyebab paling umum orang mengupil terjadi ketika seseorang sedang tidak memikirkan apa-apa, bingung atau bosan. Tindakan ini hampir sama dengan kebiasaan menggigit kuku atau mengisap jempol, karenanya tak jarang orang tanpa sadar melakukannya di depan umum.

    Menghilangkan iritasi
    Hidung memiliki kecenderungan menjadi kering dan teriritasi oleh hal-hal seperti alergi, bahan kimia dan polusi udara. Saat hidung mengalami iritasi, maka akan timbul rasa gatal dan keinginan untuk menggaruk melalui cara mengupil.

    Untuk menghilangkan sekresi hidung
    Ketika sedang pilek, infeksi sinus dan alergi bisa menyebabkan sekresi hidung atau lendir meningkat. Sekresi ini seiring waktu akan mengering yang membuat seseorang sulit bernapas. Karenanya seseorang akan mengupil untuk membuat napasnya lega dan menghilangkan penumpukan lendir.

    Gangguan obsesif-kompulsif
    Salah satu tanda gangguan obsesif kompulsif adalah suka mengupil yang disebut dengan rhinotillexomania. Mengupil dilakukan untuk meringankan perasaan-perasaan negatif yang mengganggu pikirannya, karenanya seringkali ia mengupil di depan umum dan tidak melihat kondisi di sekitarnya. Orang dengan gangguan ini membutuhkan bantuan medis atau psikolog.

    Satu hal yang pasti adalah selalu mencuci tangan sebelum dan sesudah mengupil, memotong kuku dan jangan menarik upil terlalu keras agar tidak melukai lapisan di dalam hidung.

    Tapi jika seseorang terlalu sering mengupil bisa menyebabkan hidung menjadi kering yang dapat memicu perdarahan. Hal ini karena secara alami hidung tetap membutuhkan pelumas setiap saat untuk mencegahnya dari kekeringan.

    Sedangkan jika seseorang jarang mengupil, maka lendir yang bercampur dengan kotoran tersebut akan semakin mengeras yang menghambat pernapasan (sulit bernapas) serta membuat hidung tidak lagi bisa efektif menyaring benda-benda asing dari luar.


    Akibat keseringan mengupil adalah:

    1. Mudah terkena flu
    Virus flu bisa melewati selaput lendir yang salah satunya terdapat di dalam hidung. Memasukkan jari-jari yang terkontaminasi virus ini ke dalam hidung bisa menyebabkan seseorang terkena flu yang disebabkan oleh diri sendiri. Dalam beberapa hari ke depan, seseorang bisa saja mengalami flu, tenggorokan gatal dan serangan bersin-bersin.

    2. Mimisan
    Jika terlalu sering mengupil atau mengupil dengan keras bisa menyebabkan kerusakan pada lapisan di hidung yang berfungsi melindungi tubuh dari bakteri dan benda-benda asing di udara, sehingga memicu terjadinya mimisan.

    3. Infeksi
    Selain infeksi virus flu, terlalu sering mengupil menyebabkan kuman dan bakteri lebih mudah masuk ke hidung dan menyebar ke bagian tubuh lain.

    4. Merontokkan rambut hidung
    Ketika mengupil secara konsisten dna terus menerus akan menyebabkan rambut hidung rontok. Padahal rambut ini memiliki fungsi penting untuk menyaring debu dan polutan di udara. Tanpa rambut hidung akan membuka jalan bagi semua jenis penyakit dan infeksi masuk ke dalam tubuh.

    5. Bisa meninggal
    Kondisi ini bisa terjadi jika seseorang berusaha mengeluarkan upil yang besar. Karena di dalam hidung ada tulang yang disebut tulang ethmoid, tulang ini memisahkan hidung dari otak. Jika saat mengupil seseorang menusuk tulang ini, maka cairan di otak bisa bocor yang menyebabkan meningitis.

    6. Lama kelamaan bisa jd kaya gambar di bawah
    [​IMG]



    hmm....mudah2an bermanfaat deh...
    :peace::peace::peace::peace:
     
    • Like Like x 1
    • Thanks Thanks x 1
    Last edited: Feb 6, 2011
  2. Ramasinta Tukang Iklan

  3. lucaviend M V U

    Offline

    Superstar

    Joined:
    Jul 23, 2009
    Messages:
    20,376
    Trophy Points:
    212
    Ratings:
    +7,850 / -0
    saia sering ngupil:takut:

    klo ada upil doank tp ny:haha:
     
  4. ichreza M V U

    Offline

    Lurking Around

    Joined:
    Nov 8, 2009
    Messages:
    838
    Trophy Points:
    191
    Ratings:
    +8,786 / -0
    kalo gejala hidung gatel.....btw knapa yah?
     
  5. LeMemoire M V U

    Offline

    Lurking Around

    Joined:
    Apr 17, 2009
    Messages:
    1,416
    Trophy Points:
    111
    Ratings:
    +368 / -0
    yang aku tau sih, ngupil bisa bikin sakit plu, kalo mati mah baur tau aku...

    :top:

    mantap
     
  6. roenha M V U

    Offline

    Lurking Around

    Joined:
    Jul 13, 2010
    Messages:
    580
    Trophy Points:
    207
    Ratings:
    +8,452 / -0
    Photonya bikin ngakak...kirain gambarnya gore tapi emang gore sih :keringat:
     
  7. ARX M V U

    Offline

    Post Hunter

    Joined:
    Feb 25, 2009
    Messages:
    2,517
    Trophy Points:
    161
    Ratings:
    +3,277 / -0
    Yang merontokkan rambut hidung mitos tu....
    :ngupil:

    Lah, kalo emang dari DNA-lo emang lo-nya ada gen sebagai penumbuh rambut2 halus banyak??? gimana??
    Lagian blom ada bukti tu...
     
  8. ichigo_girl Members

    Offline

    Silent Reader

    Joined:
    Feb 8, 2011
    Messages:
    13
    Trophy Points:
    1
    Ratings:
    +3 / -0
    huahuaha..
    tapi kalo ga ngupil jg bahaya gan..
    tp keseringan ngupil bisa meninggal ..
    serba salah..

    thanks for share ^^
     
  9. _UMareKawaTTa_ Members

    Offline

    Silent Reader

    Joined:
    Feb 8, 2011
    Messages:
    94
    Trophy Points:
    6
    Ratings:
    +12 / -0
    :ngupil: bisa bikin mati :shock:
    ngupilnya pake linggis kali :haha:
    mo gimana lagi kadang secara nggak sadar kita :ngupil:
     
  10. r3d_r0cks Members

    Offline

    Silent Reader

    Joined:
    Mar 11, 2009
    Messages:
    176
    Trophy Points:
    32
    Ratings:
    +33 / -0
    Wahahahaha..gambar yang trakhir ngeri bet tu..

    Tapi mo gimana lagi, dah habit cuy..bisa beberapa kali ngupil dalam sehari...
     
  11. Ballon M V U

    Offline

    Lurking Around

    Joined:
    Dec 5, 2010
    Messages:
    1,881
    Trophy Points:
    147
    Ratings:
    +744 / -0
    Waduh picnya horor amad itu :shock:

    Btw emang ngga bagus sih kalau sering ngupil .. kalau mau ngupil di kamar mandi aja sambil mandi .. gitu kan lebih bersih dan sehat
     
  12. indraipa1 M V U

    Offline

    Lurking Around

    Joined:
    Nov 5, 2009
    Messages:
    804
    Trophy Points:
    82
    Gender:
    Male
    Ratings:
    +106 / -0
    Baru denger juga nih ngupil ada efek smpingnya, bahkan bisa meninggal juga.
    efek dan gambar yang no 6 paling serem bisa tembus smpai mata gitu.
     
  13. Aqua Members

    Offline

    Silent Reader

    Joined:
    Mar 11, 2009
    Messages:
    87
    Trophy Points:
    6
    Ratings:
    +5 / -0
    ini paling horor :XD:
    serem ternyata ngupil bisa bikin kita mati :haha:

    oke
    jadi buat amannya
    jangan lakukan dengan kekerasan yang berlebihan y ==llll
    (bcanda...)
     
  14. prabulullaby Members

    Offline

    Silent Reader

    Joined:
    Aug 4, 2009
    Messages:
    131
    Trophy Points:
    31
    Ratings:
    +7 / -0
    anjrotttttttt bsa smpe mninggal gtu ya,,,
    duh tp gmna ya,emng pling asoy ngupil klo pas lg bngong,,,
    wkakwkakwkaw
     
  15. DDDgw M V U

    Offline

    Lurking Around

    Joined:
    Jun 15, 2009
    Messages:
    1,905
    Trophy Points:
    242
    Ratings:
    +21,965 / -0
    :shock1: baru tau bisa sampe meninggal....

    Jadi takut sekarang kalau ngupil dalem-dalem :dead:
     
  16. kyoshiro_mibu M V U

    Offline

    Senpai

    Joined:
    Apr 7, 2009
    Messages:
    5,949
    Trophy Points:
    162
    Gender:
    Male
    Ratings:
    +1,519 / -2
    wah yg no 5 kacau jg tuh
    tulang apa ya?
    sayang TS ga jelasin lebih rinci mengenai point yg no 5 ini
     
  17. sukroitem Members

    Offline

    Silent Reader

    Joined:
    Dec 18, 2010
    Messages:
    132
    Trophy Points:
    32
    Ratings:
    +17 / -0
    Waduh, intensitas saya ngupil tinggi nihh :panik:


    Masalahnya kalo ga ngupil idung udah kayak lumbung padi (baca: penuh upil), nanti malah mati gara-gara kepenuhan upil :shock1:
     
  18. nofall6661 Members

    Offline

    Silent Reader

    Joined:
    Jul 21, 2010
    Messages:
    54
    Trophy Points:
    6
    Ratings:
    +13 / -0
    :panda:
    ternyata klo keseringan ngupil bisa tembus smpe ke mata.. :takut:
     
  19. vettelizz11er M V U

    Offline

    Lurking Around

    Joined:
    Apr 11, 2010
    Messages:
    517
    Trophy Points:
    66
    Ratings:
    +167 / -0
    ah iya betul, kalo keseringan bisa mimisan, dan begitu kebiasaan dilanjutkan mimisan akan bertambah sering...
    pernah lihat temen begitu soalnya.
     
  20. ririskeren M V U

    Offline

    Beginner

    Joined:
    Apr 4, 2009
    Messages:
    375
    Trophy Points:
    116
    Ratings:
    +3,808 / -0
    hoh..padahal ngupil tu nikmat banget...
    hiks, harus mulai hati2 ni
    sedia tissue, sabun/hand sanitizer
     
  21. Double_DecaKiva_DenBlades M V U

    Offline

    Superstar

    Joined:
    Sep 14, 2009
    Messages:
    17,535
    Trophy Points:
    227
    Ratings:
    +36,891 / -0
    susah mengontrol keinginan untuk ngupil,kadang kadang malah kalau lagi bengong reflek ngupilnya:garing:
    btw itu pic ngeri amat:swt:
     
Thread Status:
Not open for further replies.

Share This Page

About Forum IDWS

IDWS, dari kami yang terbaik-untuk kamu-kamu (the best from us to you) yang lebih dikenal dengan IDWS adalah sebuah forum komunitas lokal yang berdiri sejak 15 April 2007. Dibangun sebagai sarana mediasi dengan rekan-rekan pengguna IDWS dan memberikan terbaik untuk para penduduk internet Indonesia menyajikan berbagai macam topik diskusi.