1. Silahkan Login atau Register, untuk melihat konten-konten menarik lainnya.
  2. Hai IDWS Mania, buat kamu yang ingin bebas iklan, cek hidden post, dan fitur lain.. kamu bisa berdonasi membership Gatotkaca di sini yaa~
  3. Pengen ganti nama ID atau Plat tambahan? Sekarang bisa loh! Cek infonya di sini yaa!
  4. Pengen belajar jadi staff forum IDWS? Sekaran kamu bisa ajuin Moderator in Trainee loh!. Intip di sini kuy~

Info Penjualan Dealer Otomotif Go Digital

Discussion in 'Otomotif' started by SunnyTan, Oct 12, 2020.

  1. SunnyTan Gatotkaca

    Offline

    Silent Reader

    Joined:
    Sep 3, 2020
    Messages:
    18
    Trophy Points:
    26
    Gender:
    Female
    Ratings:
    +2 / -0

    Menciptakan automotive digital leads

    Setiap orang ingin mendapatkan pelayanan atau pengalaman yang terbaik yang terhubung dengan mereka secara pribadi. Saat ini, orang semakin berharap untuk mendapatkan pengalaman yang menyenangkan di semua interaksi merek mereka, baik itu membayar kopi, memesan bahan makanan secara online, memesan perjalanan, atau membeli mobil.

    Salah satu cara perusahaan menghadapi tantangan ini adalah dengan mengintegrasikan teknologi digital canggih ke dalam proses pembelian dan tidak terkecuali perusahaan otomotif. Banyak pabrikan dan dealer otomotif di Amerika Serikat melakukan investasi signifikan dalam berbagai teknologi digital yang berfokus pada konsumen, mulai dari panduan produk berbasis tablet hingga aplikasi yang mendukung realitas virtual (VR) dengan tujuan untuk meningkatkan keterlibatan pelanggan di lantai showroom. Tujuannya adalah untuk memperbarui dan meningkatkan proses penjualan. Tetapi investasi digital mana yang akan menghasilkan pengembalian paling signifikan?

    Tetapi menciptakan pengalaman online yang benar-benar menarik orang untuk mengunjungi lokasi ritel fisik bisa jadi lebih sulit daripada sekedar teori. Membangun jembatan yang kuat yang memfasilitasi perpindahan dari mencari informasi secara online ke pengalaman belanja fisik menjadi tujuan yang sangat penting. Dan penting juga memastikan setiap informasi dan preferensi yang dimasukkan secara online membuat mereka ke dealer dengan menyederhanakan proses bertemu dengan sales.

    Hasil studi mengkonfirmasi anggapan lama bahwa orang tidak menyukai dokumen yang berlebihan dan keseluruhan lamanya waktu yang dibutuhkan untuk membeli mobil. Jasa layanan dari system Lucep dapat membantu penyederhanaan waktu. Bahkan Lucep dapat memberi tim marketing data yang dapat ditindaklanjuti tentang saluran dan kampanye apa yang menghasilkan prospek yang dengan cepat diubah menjadi test drive.Test drive ini tentunya berguna untuk meningkatkan automotive digital leads.

    80 persen pembeli kendaraan di AS menilai percakapan dengan tim marketing sebagai saluran informasi yang paling berguna, diikuti oleh brosur tercetak dan lembar spesifikasi. Penanganan pelanggan yang baik masih merupakan dasar dari pengalaman pelanggan yang benar-benar luar biasa, dalam meningkatkan kenyamanan, transparansi, dan fleksibilitas.

    Hal yang perlu di sadari dalam penjualan otomotif (automotive marketing) peningkatan digital umumnya dialami oleh Milenial dan pembeli muda.

    - Milenial dan pembeli muda lebih menyukai smartphone untuk mengakses informasi yang mereka butuhkan.

    - Pemilik merek mobil premium, menunjukkan minat yang lebih tinggi dari rata-rata pada showroom digital

    - Hampir sepertiga (31 persen) menganggap perangkat tablet berguna saat berbelanja di dealer kendaraan, dibandingkan dengan hanya 21 persen pemilik mobil nonpremium.

    - Penelitian menemukan bahwa 60 persen konsumen AS setidaknya "tertarik" pada konsep keseluruhan untuk membeli kendaraan berikutnya secara online langsung dari produsen.

    Mengapa memakai Pemasaran Digital untuk penjualan otomotif (automotive marketing)?

    Menurut penelitian DealerSocket, periklanan tradisional seperti iklan radio, iklan TV, dan papan reklame menghasilkan keuntungan total rata-rata $ 1.702 per kendaraan, sementara pemasaran digital menghasilkan $ 2.514 per penjualan.

    Sekarang ini konsumen melakukan riset dan berbelanja di seluruh saluran digital. Dealer harus beralih ke digital untuk menargetkan dan memperoleh pelanggan otomotif baru.

    Pemasaran digital mencakup saluran seperti situs web, email, media sosial, dan seluler. Pemasaran digital tidak hanya mendatangkan lebih banyak pendapatan per mobil yang terjual, tetapi juga lebih murah. DealerSocket menemukan bahwa pemasaran digital seharga $ 150 untuk menjual satu mobil dibandingkan dengan $ 1.581 di media tradisional. Ini berarti membayar 10 kali lebih banyak dari yang diperlukan jika Anda menggunakan strategi tradisional.

    Menurut studi oleh SiriusDecisions, 67% perjalanan pembeli kini diselesaikan secara digital. Konsumen menggunakan saluran digital untuk meneliti dan memutuskan dealer mana yang pada akhirnya akan dikunjungi. Selama fase penelitian penting ini, Anda perlu memastikan bahwa dealer Anda adalah salah satu opsi yang dipertimbangkan.

    Dalam pemasaran otomotif (automotive marketing) dealer dapat menggunakan fasilitas online seperti:

    -Website, dengan terus memberikan tampilan yang menarik, informasi yang lebih lengkap dan dilengkapi dengan sign up form atau form call.

    - Social media

    Social media menjadi tempat pembeli mobil untuk mencari informasi. Dalam industri otomotif, social media bisa menjadi tempat menargetkan pembeli tertentu berdasarkan kebiasaan penelitian mereka. Platform seperti Instagram, Twitter, dan Youtube memungkinkan merek menjadi inovatif secara kreatif dengan kampanye mereka.

    Media sosial adalah cara yang sangat penting bagi industri otomotif untuk terhubung dengan pembeli mobil baru. Dealer dapat menggunakan media sosial untuk membangun loyalitas merek, meningkatkan pengalaman pelanggan, dan memengaruhi keputusan pembelian. Saat menggunakan saluran sosial, pastikan untuk membagikan banyak konten yang menarik di berbagai saluran sosial, memposting gambar, terlibat dalam percakapan di halaman sosial Anda, memantau ulasan sosial, dan membuat informasi kontak Anda mudah diakses (lokasi, jam, email, dan telepon).

    -Iklan

    Pakar industri memperkirakan bahwa pengeluaran iklan digital rata-rata untuk otomotif akan mencapai $ 14 miliar pada tahun 2020, mewakili peningkatan 200% hanya dalam 3 tahun.

    Iklan bisa ditargetkan melalui:

    1. Display ads

    2. Iklan media sosial

    a. Facebook

    b. Instagram

    c. Twitter

    d. Linkedln

    e. Dll

    3. Search Engine Marketing (SEM) dan Search Engine Optimization (SEO)

    4. Iklan video

    5. Pemasaran afiliasi

    Platform Lucep dapat membantu dealer-dealer menuju digital. Dengan penjualan sales melalui digital dapat meningkatkan automotive digital leads.
    Kepuasan dealer dalam menangkap peluang digital ini bisa segera dirasakan. Jasa layanan Lucep dapat menyesuaikannya dengan kebutuhan Anda.
    Contoh yang sangat luar biasa adalah dealer di India yang berhasil mendapatkan 2,494 prospek dan berhasil untuk test drive sebanyak 766. Masih banyak feature-feature yang didapatkan dari jasa layanan Lucep.
     

Share This Page

About Forum IDWS

IDWS, dari kami yang terbaik-untuk kamu-kamu (the best from us to you) yang lebih dikenal dengan IDWS adalah sebuah forum komunitas lokal yang berdiri sejak 15 April 2007. Dibangun sebagai sarana mediasi dengan rekan-rekan pengguna IDWS dan memberikan terbaik untuk para penduduk internet Indonesia menyajikan berbagai macam topik diskusi.