1. Disarankan registrasi memakai email gmail. Problem reset email maupun registrasi silakan email kami di inquiry@idws.id menggunakan email terkait.
  2. Hai IDWS Mania, buat kamu yang ingin bebas iklan, cek hidden post, dan fitur lain.. kamu bisa berdonasi membership Gatotkaca di sini yaa~
  3. Pengen ganti nama ID atau Plat tambahan? Sekarang bisa loh! Cek infonya di sini yaa!
  4. Pengen belajar jadi staff forum IDWS? Sekaran kamu bisa ajuin Moderator in Trainee loh!. Intip di sini kuy~

Techno Peneliti Jepang Ciptakan Perangkat yang Bisa Kendalikan Robot Mainan Dengan Pikiran Saja

Discussion in 'Tengah Komunitas' started by IDWS.News, Nov 9, 2020.

  1. IDWS.News adalah Partner/ Kontributor TerverifikasiIDWS.News Gatotkaca

    Offline

    ▁ ▂ ▄ ρεηүεвαя ιηғσ ▄ ▂ ▁

    Joined:
    Feb 18, 2010
    Messages:
    1,827
    Trophy Points:
    71
    Ratings:
    +61 / -0
    Dalam serial anime Mobile Suit Gundam (khusus era Universal Century), terdapat konsep teknologi Psycommu di mana pilot robot raksasa (dikenal sebagai Mobile Suit) bisa mengendalikan robot tersebut dengan bantuan kekuatan pikiran. Kali ini konsep dari salah satu anime paling terkenal dari Jepang itu dicoba dibawa ke dunia nyata oleh para peneliti Jepang.



    [​IMG]
    Robot mainan Zaku keluaran Bandai yang bisa dikendalikan lewat aplikasi smartphone. (Foto: Premium Bandai)

    Robot yang digunakan dalam ujicoba tersebut adalah robot mainan yang dijual dari paket Bandai's Zeonic Technics yang rilis pada tahun lalu. Hanya saja, robot mainan bermodel Zaku itu dikendalikan lewat aplikasi smartphone.

    Akan tetapi, NeU — tim gabungan para peneliti dari Universitas Toho dan Hitachi, mengembangkan suatu perangkat yang memungkinkan kita mengendalikan robot Zaku itu hanya dengan pikiran saja, lewat sebuah perangkat berbentuk seperti bandana.




    Setelah mengenakan bandana tersebut lalu menunggu sebentar hingga proses sinkronisasi selesai, perangkat unik itu akan mengukur aliran darah cerebral dan mengirim data itu secara wireless ke aplikasi smartphone untuk memicu pergerakan dari robot Zaku yang jadi bahan ujicoba. Sensor dari perangkat berbentuk bandana itu bisa membedakan tiga tingkat aktivitas otak, di mana setiap tingkat dapat diprogram untuk merepresentasikan sekuen gerakan yang berbeda-beda pula.



    Saat ini, sistem mengendalikan robot mainan dengan pikiran saja itu masih berada dalam tahap prototype, namun fakta bahwa hal yang sebelumnya hanya ada di anime atau film sci-fi itu dapat diemulasikan ke dunia nyata tentunya akan mendorong kemajuan teknologi manusia lebih jauh lagi.

    Saat ini, sistem mengendalikan robot mainan dengan pikiran saja itu masih berada dalam tahap prototype, namun fakta bahwa hal yang sebelumnya hanya ada di anime atau film sci-fi itu dapat diemulasikan ke dunia nyata tentunya akan mendorong kemajuan teknologi manusia lebih jauh lagi.



    Sumber: Portal IDWS
     
  2. mandrakes M V U

    Offline

    Lurking Around

    Joined:
    Aug 24, 2009
    Messages:
    1,020
    Trophy Points:
    137
    Gender:
    Male
    Ratings:
    +1,724 / -3
    ada efek sampingnya gak?? mainan pake frekuensi otak
     

Share This Page

About Forum IDWS

IDWS, dari kami yang terbaik-untuk kamu-kamu (the best from us to you) yang lebih dikenal dengan IDWS adalah sebuah forum komunitas lokal yang berdiri sejak 15 April 2007. Dibangun sebagai sarana mediasi dengan rekan-rekan pengguna IDWS dan memberikan terbaik untuk para penduduk internet Indonesia menyajikan berbagai macam topik diskusi.