1. Disarankan registrasi memakai email gmail. Problem reset email maupun registrasi silakan email kami di inquiry@idws.id menggunakan email terkait.
  2. Untuk kamu yang mendapatkan peringatan "Koneksi tidak aman" atau "Your connection is not private" ketika mengakses forum IDWS, bisa cek ke sini yak.

News Pemerintah Wacanakan Penggunaan Masker Dalam Rumah Setelah Klaster Keluarga Terus Meningkat

Discussion in 'Tengah Komunitas' started by IDWS.News, Sep 26, 2020.

Thread Status:
Not open for further replies.
  1. IDWS.News Gatotkaca

    Offline

    ▁ ▂ ▄ ρεηүεвαя ιηғσ ▄ ▂ ▁

    Joined:
    Feb 18, 2010
    Messages:
    3,404
    Trophy Points:
    71
    Ratings:
    +106 / -0
    Kementerian Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (PPA) meminta masyarakat tetap memakai masker baik di luar maupun di dalam rumah guna mencegah potensi penyebaran virus corona (Covid-19) di lingkungan keluarga.

    Menurut beliau, penggunaan masker di dalam rumah itu juga ditujukan untuk menghindari lonjakan klaster keluarga yang dalam beberapa terakhir mulai mendominasi penyebaran kasus virus corona COVID-19 di Indonesia.

    "Tetap harus memakai masker, masker ini tidak hanya dilakukan di luar rumah, di dalam rumah pun harus kita lakukan. Apalagi ketika ada di keluarga kita kelompok rentan, seperti balita demikian juga lansia," kata Menteri PPA I Gusti Bintang Ayu Dharmawati dalam konferensi pers yang disiarkan melalui kanal YouTube Sekretariat Presiden, Jumat (25/9), dikutip dari CNNIndonesia.com.

    Upaya sederhana ini, menurut Bintang dapat membantu memutus penyebaran klaster keluarga di Tanah Air, sehingga saat ini pihaknya tengah menggodok aturan baru khusus mengenai protokol kesehatan COVID-19 bagi keluarga.

    Di sisi lain, komentarnya mengenai penggunaan masker di dalam rumah bermula dari permintaan Presiden Joko Widodo (Jokowi) agar pihaknya menaruh perhatian ekstra terkait kasus penyebaran COVID-19 lewat klaster keluarga, sejak lonjakan kasus COVID-19 sejak awal September lalu salah satunya disebabkan oleh klaster keluarga.


    [​IMG]
    Menteri Pemberdayaan Perlindungan Perempuan dan Anak I Gusti Ayu Bintang memberi keterangan soal penanganan Covid-19. (Foto: Biro Pers Presiden)

    "Protokol kesehatan ke depan diarahkan bagaimana untuk mencegah keluarga terinfeksi paparan Covid-19, kemudian juga protokol kesehatan mengatur ketika sudah ada keluarga yang terpapar, langkah-langkah apa yang harus dilakukan," jelasnya.


    Klaster Keluarga

    Lebih lanjut, Bintang menilai klaster keluarga ini muncul dari mobilitas salah satu keluarga di luar rumah, seperti para pekerja di perkotaan. Oleh sebab itu, Bintang pun mengingatkan agar anggota keluarga yang kembali ke rumah sepulang beraktivitas terlebih dulu membersihkan badan sebelum berinteraksi dengan anggota keluarga yang lain.

    Selain itu, ia meminta agar aktivitas pertemuan keluarga seperti perayaan ulang tahun, arisan keluarga, dan aktivitas mengundang massa lainnya dihindari dan dialihkan dengan pertemuan via daring.

    Kemudian, Bintang pun memaparkan beberapa tahapan teknis saat sebuah keluarga menemukan kasus baru yang menjangkit salah satu anggotanya. Menurutnya, keluarga harus segera melapor kepada Puskesmas atau Dinas Kesehatan setempat.

    Dari alur itu, Dinas kesehatan akan segera melaporkan ke Satuan tugas penanganan dan percepatan COVID-19 daerah, untuk memastikan apakah keluarga tersebut layak untuk difasilitasi Pemerintah secara gratis.

    "Nanti mereka akan mendapatkan swab atau PCR gratis yang akan ditanggung satgas daerah tersebut, itulah teknisnya," jelas Bintang.



    Sumber: Portal IDWS
     
  2. shijilorotelu Members

    Offline

    roaarrR!!!

    Joined:
    Jun 27, 2009
    Messages:
    73
    Trophy Points:
    76
    Ratings:
    +436 / -0
    sulitlah kalau di rumah, pastinya interaksi anggota keluarga di dalam rumah pasti tinggi...
    cara terbaik adalah pastikan pulang ke rumah, segera bersihkan badan dengan mandi, baju langsung direndam di air sabun...
     
Thread Status:
Not open for further replies.

About Forum IDWS

IDWS, dari kami yang terbaik-untuk kamu-kamu (the best from us to you) yang lebih dikenal dengan IDWS adalah sebuah forum komunitas lokal yang berdiri sejak 15 April 2007. Dibangun sebagai sarana mediasi dengan rekan-rekan pengguna IDWS dan memberikan terbaik untuk para penduduk internet Indonesia menyajikan berbagai macam topik diskusi.