1. Disarankan registrasi memakai email gmail. Problem reset email maupun registrasi silakan email kami di inquiry@idws.id menggunakan email terkait.
  2. Untuk kamu yang mendapatkan peringatan "Koneksi tidak aman" atau "Your connection is not private" ketika mengakses forum IDWS, bisa cek ke sini yak.
  3. Hai IDWS Mania, buat kamu yang ingin support forum IDWS, bebas iklan, cek hidden post, dan fitur lain.. kamu bisa berdonasi Gatotkaca di sini yaa~
  4. Pengen ganti nama ID atau Plat tambahan? Sekarang bisa loh! Cek infonya di sini yaa!
  5. Pengen belajar jadi staff forum IDWS? Sekarang kamu bisa ajuin Moderator in Trainee loh!. Intip di sini kuy~

News Pemerintah Mulai Wacanakan Pengenaan Pajak Bagi Sepeda

Discussion in 'Tengah Komunitas' started by IDWS.News, Jun 30, 2020.

Thread Status:
Not open for further replies.
  1. IDWS.News Gatotkaca

    Offline

    ▁ ▂ ▄ ρεηүεвαя ιηғσ ▄ ▂ ▁

    Joined:
    Feb 18, 2010
    Messages:
    3,404
    Trophy Points:
    71
    Ratings:
    +105 / -0
    Wacana pengenaan pajak sepeda mulai dibuka oleh pemerintah via Direktorat Jenderal Perhubungan Darat Kementerian Perhubungan

    Dirjen Perhubungan Darat Kementerian Perhubungan, Budi Setiyadi, mengungkapkan wacana tersebut dalam diskusi virtual yang digelar akhir pekan lalu di Jakarta.

    “Kalau waktu saya kecil, saya mengalami sepeda disuruh bayar pajak dan sebagainya. Mungkin bisa ke sana. Tapi ini sejalan revisi UU 22/2009, sudah diskusi dengan Korlantas Polri,” kata Budi Setiyadi dalam diskusi virtual di Jakarta, Jumat (26/6/2020), seperti dikutip dari Wartakota.

    “Saya terus terang, sepeda harus diatur. Apakah dengan peraturan menteri atau peraturan pemda, bupati atau gubernur,” lanjutnya.


    [​IMG]
    Dirjen Perhubungan Darat Kemenhub, Budi Setiyadi, saat memberikan keterangan kepada awak media, Selasa (19/3).

    Budi menjelaskan, dalam Undang-Undang Nomor 22 Tahun 2009 tentang Lalu Lintas Angkutan Jalan, sepeda termasuk dalam kategori kendaraan tidak digerakkan oleh mesin. Maka dari itu, pengaturannya berada di tingkat pemerintah daerah.

    “Kami akan mendorong aturan ini di daerah, minimal dengan mulai menyiapkan infrastruktur jalan, DKI, Solo, Bandung, sudah menyiapkan juga, tinggal sekarang gimana aturannya," jelasnya.

    Selain itu, menurut dia, pengelompokan angkutan harus direvisi dalam UU Nomor 22 tahun 2009 karena semakin beragamnya jenis angkutan, termasuk angkutan listrik, seperti sepeda listrik, skuter, hoverboard, dan lainnya.



    Harga sepeda selangit, dan penggunaan yang dinilai kurang tepat di Indonesia

    Pandemi virus corona COVID-19 saat ini tidak menyurutkan semangat warga untuk bersepeda. Bahkan kini banyak warga yang berburu sepeda tak hanya berolahraga, namun sebagai moda transportasi untuk menuju ke tempat kerjanya. Warga pun rela mengantre untuk membeli sepeda di beberapa toko.

    Tak hanya itu, kini toko sepeda juga sudah mulai kehabisan stok sepedanya. Nah, bagi Anda yang baru ingin memulai bersepeda dan membelinya, berikut informasi beberapa harga sepeda, khususnya sepeda lipat atau seli yang kini sedang tren.

    Karena merupakan jenis sepeda yang dilipat hingga mudah dibawa untuk masuk moda transportasi umum. Harga sepeda lipat bervariasi dari mulai Rp 1 jutaan hingga ada yang Rp 30 juta.


    [​IMG]
    Estimasi harga wajar Brompton yang dibuat oleh Lukman Hakim, seorang penikmat dan pelaku jual beli sepeda Brompton melalui akun Instagram-nya. (REPRO BIDIK LAYAR VIA IG @borbrompt)

    Di sisi lain, Budi mengaku pihaknya juga sudah melakukan kajian di negara-negara yang kecenderungan penggunaan sepeda meningkat guna menghindari kontak fisik di kereta atau angkutan massal lainnya akibat pandemi COVID-19.

    Salah satu negara yang juga mengkaji kegiatan bersepeda adalah Jepang, meski terdapat perbedaan dalam tujuan penggunaan moda transportasi ramah lingkungan tersebut. Di Jepang, terutama Tokyo, masyarakat menggunakan sepeda sebagai alat transportasi dari rumah ke kantor atau tempat belanja.

    Sedangkan menurut Budi, di Indonesia sepeda digunakan untuk kegiatan olahraga serta jalan ramai-ramai atau sambil berswafoto, padahal sebenarnya diharapkan sepeda dimanfaatkan untuk kegiatan sehari-hari.



    Sumber: Portal IDWS
     
  2. mandrakes M V U

    Offline

    Lurking Around

    Joined:
    Aug 24, 2009
    Messages:
    1,390
    Trophy Points:
    152
    Gender:
    Male
    Ratings:
    +2,076 / -6
    gimana indonesia bisa bebas dari polusi kaya jepang sepeda dipajakin, orang juga mikir make sepede mending make motor aja sekalian sama2 dipajakin
     
    • Like Like x 1
Thread Status:
Not open for further replies.

About Forum IDWS

IDWS, dari kami yang terbaik-untuk kamu-kamu (the best from us to you) yang lebih dikenal dengan IDWS adalah sebuah forum komunitas lokal yang berdiri sejak 15 April 2007. Dibangun sebagai sarana mediasi dengan rekan-rekan pengguna IDWS dan memberikan terbaik untuk para penduduk internet Indonesia menyajikan berbagai macam topik diskusi.