1. Disarankan registrasi memakai email gmail. Problem reset email maupun registrasi silakan email kami di inquiry@idws.id menggunakan email terkait.
  2. Untuk kamu yang mendapatkan peringatan "Koneksi tidak aman" atau "Your connection is not private" ketika mengakses forum IDWS, bisa cek ke sini yak.
  3. Hai IDWS Mania, buat kamu yang ingin support forum IDWS, bebas iklan, cek hidden post, dan fitur lain.. kamu bisa berdonasi Gatotkaca di sini yaa~
  4. Pengen ganti nama ID atau Plat tambahan? Sekarang bisa loh! Cek infonya di sini yaa!
  5. Pengen belajar jadi staff forum IDWS? Sekarang kamu bisa ajuin Moderator in Trainee loh!. Intip di sini kuy~

News Pemerintah Klaim Telah Berhasil Mengidentifikasi Hacker Bjorka dengan 'Alat Pelacak Lokasi'

Discussion in 'Tengah Komunitas' started by IDWS.News, Sep 14, 2022.

  1. IDWS.News Gatotkaca

    Offline

    ▁ ▂ ▄ ρεηүεвαя ιηғσ ▄ ▂ ▁

    Joined:
    Feb 18, 2010
    Messages:
    3,404
    Trophy Points:
    71
    Ratings:
    +105 / -0
    Menteri Koordinator Bidang Politik Hukum dan Keamanan (Menkopolhukam) Mahfud MD mengatakan pemerintah memiliki perangkat untuk melacak lokasi Hacker Bjorka. Identitas Bjorka pun diklaim telah berhasil dideteksi.

    Gambaran mengenai Bjorka pun sudah diidentifikasi oleh Badan Intelijen Negara (BIN) dan Polri. Namun, pihaknya hingga kini enggan mengumumkan siapa sosok di balik Bjorka yang selama ini menjadi perbincangan.

    "Gambaran siapa dan di mananya itu kita sudah punya alat untuk melacak itu semua," kata Mahfud dalam konferensi pers di Gedung Polhukam, Rabu (14/9), seperti dikutip dari CNNIndonesia.com.

    "Kita terus menyelidiki karena sampai sekarang ini memang gambaran pelakunya sudah teridentifikasi dengan baik oleh BIN dan Polri, tetapi belum bisa diumumkan," tambah Mahfud.

    Mahfud menjelaskan motif di balik aksi peretasan yang dilakukan hacker bernama Bjorka seperti gado-gado.


    [​IMG]
    Profile Picture dari hacker Bjorka yang mengaku mencuri berbagai data penting dari pemerintah Indonesia akhir-akhir ini. (Sumber: Forum Breaced)

    Ia menilai berdasarkan hasil penyelidikan, Bjorka melakukan sejumlah pembobolan data pemerintah dan pejabat dengan motif yang tak jauh dari motif politik hingga motif jual beli data. Mahfud pun beranggapan motif tersebut relatif tidak terlalu berbahaya.

    "Motifnya kan ternyata juga gado-gado. Ada yang motif politik, motif ekonomi, motif jual beli, dan sebagainya," ucap Mahfud.

    "Sehingga juga ya motif-motif kayak gitu itu sebenarnya tidak ada yang terlalu membahayakan," lanjutnya.

    Diberitakan, hacker bernama alias Bjorka menyerang sejumlah situs pemerintahan dengan menjual data hasil pembobolan sejumlah situs pemerintah di internet.

    Salah satu data yang diklaim bobol adalah surat dari BIN ke Presiden Jokowi yang diklaim Bjorka sebagai dokumen-dokumen rahasia.

    "Berisi transaksi surat tahun 2019-2021 serta dokumen yang dikirimkan kepada Presiden termasuk kumpulan surat yang dikirim oleh Badan Intelijen Negara yang diberi label rahasia," ucap Bjorka di situs situs breached.to, Jumat (9/9).

    Masalah kemudian membesar ketika data pribadi sejumlah menteri Jokowi dan pejabat lain dibocorkan Bjorka. Pemerintah kemudian merespons dengan menggelar rapat antara Presiden RI Joko Widodo (Jokowi) dan sejumlah menteri di Istana Kepresidenan, Jakarta, Senin (12/9).



    Sumber: Portal IDWS
     
  2. QanX M V U

    Offline

    変わる未来へ

    Joined:
    May 16, 2022
    Messages:
    471
    Trophy Points:
    117
    Ratings:
    +3,810 / -0
    Akurat gak nih alat pelacaknya :iii:
    Kalo sampe salah tangkep kan bisa malu-maluin dan dihujat netizen serepublik
     

About Forum IDWS

IDWS, dari kami yang terbaik-untuk kamu-kamu (the best from us to you) yang lebih dikenal dengan IDWS adalah sebuah forum komunitas lokal yang berdiri sejak 15 April 2007. Dibangun sebagai sarana mediasi dengan rekan-rekan pengguna IDWS dan memberikan terbaik untuk para penduduk internet Indonesia menyajikan berbagai macam topik diskusi.