1. Hai IDWS Mania, buat kamu yang ingin bebas iklan, cek hidden post, dan fitur lain.. kamu bisa berdonasi membership Gatotkaca di sini yaa~
  2. Silahkan Login atau Register, untuk melihat konten-konten menarik lainnya.
  3. Pengen ganti nama ID atau Plat tambahan? Sekarang bisa loh! Cek infonya di sini yaa!
  4. Ungkapin kenangan film Asia paling berkesan buatmu. Berhadiah GK, Pulsa, dan Line Gift Sticker loh! .Klik info lengkapnya di sini, kuy~.
  5. Tim staff IDWS mengajak dan memberikan kesempatan IDWS Mania bergabung dalam tim staff komunitas forum IDWS nih. Klik untuk info lengkapnya yuk~
  6. Pengen belajar jadi staff forum IDWS? Sekaran kamu bisa ajuin Moderator in Trainee loh!. Intip di sini kuy~

Pembangkit listrik tenaga ombak

Discussion in 'Tengah Komunitas' started by zutara, May 9, 2009.

Thread Status:
Not open for further replies.
  1. zutara M V U

    Offline

    Senpai

    Joined:
    Aug 3, 2008
    Messages:
    9,280
    Trophy Points:
    226
    Ratings:
    +46,318 / -0
    Oleh EKO SARJONO
    Krisis energi telah diprediksikan akan melanda dunia pada tahun 2015. Hal ini dikarenakan semakin langkanya minyak bumi dan semakin meningkatnya permintaan energi. Untuk itu diperlukan sebuah terobosan untuk memanfaatkan energi lain, selain energi yang tidak terbarukan. Karena kalau kita tergantung pada energi tidak terbarukan, maka di masa depan kita juga akan kesulitan untuk memanfaatkan energi ini karena keterbatasan populasi dari energi tersebut.


    [​IMG]

    Untuk itu kita akan mencoba menggali informasi tentang tenaga ombak yang sebenarnya sudah dimanfaatkan oleh banyak negara, termasuk Indonesia. Berdasarkan survei yang dilakukan Badan Pengkajian dan Penerapan Teknologi (BPPT) dan Pemerintah Norwegia sejak tahun 1987, terlihat bahwa banyak daerah-daerah pantai yang berpotensi sebagai pembangkit listrik bertenaga ombak. Ombak di sepanjang Pantai Selatan Pulau Jawa, di atas Kepala Burung Irian Jaya, dan sebelah barat Pulau Sumatera sangat sesuai untuk menyuplai energi listrik. Kondisi ombak seperti itu tentu sangat menguntungkan, sebab tinggi ombak yang bisa dianggap potensial untuk membangkitkan energi listrik adalah sekitar 1,5 hingga 2 meter, dan gelombang ini tidak pecah hingga sampai di pantai. Potensi tingkat teknologi saat ini diperkirakan bisa mengonversi per meter panjang pantai menjadi daya listrik sebesar 20-35 kW (panjang pantai Indonesia sekitar 80.000 km, yang terdiri dari sekitar 17.000 pulau, dan sekitar 9.000 pulau-pulau kecil yang tidak terjangkau arus listrik nasional, dan penduduknya hidup dari hasil laut). Dengan perkiraan potensi semacam itu, seluruh pantai di Indonesia dapat menghasilkan lebih dari 2~3 Terra Watt Ekuivalensi listrik, bahkan tidak lebih dari 1% panjang pantai Indonesia (~800 km) dapat memasok minimal ~16 GW atau sama dengan pasokan seluruh listrik di Indonesia tahun ini.
    Untuk sistem mekaniknya, PLTO dikenal memakai teknologi OWC (Oscillating Wave Column). Untuk OWC ini ada dua macam, yaitu OWC tidak terapung dan OWC terapung. Untuk OWC tidak terapung prinsip kerjanya sebagai berikut. Instalasi OWC tidak terapung terdiri dari tiga bangunan utama, yakni saluran masukan air, reservoir (penampungan), dan pembangkit. Dari ketiga bangunan tersebut, unsur yang terpenting adalah pada tahap pemodifikasian bangunan saluran masukan air yang tampak berbentuk U, sebab ia bertujuan untuk menaikkan air laut ke reservoir.
    Bangunan untuk memasukkan air laut ini terdiri dari dua unit, kolektor dan konverter. Kolektor berfungsi menangkap ombak, menahan energinya semaksimum mungkin, lalu memusatkan gelombang tersebut ke konverter. Konverter yang didesain berbentuk saluran yang runcing di salah satu ujungnya ini selanjutnya akan meneruskan air laut tersebut naik menuju reservoir. Karena bentuknya yang spesifik ini, saluran tersebut dinamakan tapchan (tappered channel).
    Setelah air tertampung pada reservoir, proses pembangkitan listrik tidak berbeda dengan mekanisme kerja yang ada pada pembangkit listrik tenaga air (PLTA). Air yang sudah terkumpul itu diterjunkan ke sisi bangunan yang lain. Energi potensial inilah yang berfungsi menggerakkan atau memutar turbin pembangkit listrik. OWC ini dapat diletakkan di sekitar ~50 m dari garis pantai pada kedalaman sekitar ~15 m.
    Selain OWC tidak terapung, kita juga mengenal OWC tidak terapung lain seperti OWC tidak terapung saat air pasang. OWC ini bekerja pada saat air pasang saja, tapi OWC ini lebih kecil. Hasil survei hidrooseanografi di wilayah perairan Parang Racuk menunjukkan bahwa sistem akan dapat membangkitkan daya listrik optimal jika ditempatkan sebelum gelombang pecah atau pada kedalam 4-11 meter. Pada kondisi ini akan dapat dicapai putaran turbin antara 3000-700 rpm. Posisi prototip II OWC (Oscillating Wave Column) masih belum mencapai lokasi minimal yang disyaratkan, karena kesulitan pelaksanaan operasional alat mekanis. Posisi ideal akan dicapai melalui pembangunan prototip III yang berupa sistem OWC apung. Untuk OWC terapung, prinsip kerjanya sama seperti OWC tidak terapung, hanya saja peletakannya yang berbeda.
    Energi tidal juga merupakan salah satu macam dari energi ombak. Kelemahan energi ini diantaranya adalah membutuhkan alat konversi yang handal yang mampu bertahan dengan kondisi lingkungan laut yang keras yang disebabkan antara lain oleh tingginya tingkat korosi dan kuatnya arus laut.
    Saat ini baru beberapa negara yang yang sudah melakukan penelitian secara serius dalam bidang energi tidal, diantaranya Inggris dan Norwegia. Di Norwegia, pengembangan energi ini dimotori oleh Statkraft, perusahaan pembangkit listrik terbesar di negara tersebut. Statkraft bahkan memperkirakan energi tidal akan menjadi sumber energi terbarukan yang siap masuk tahap komersial berikutnya di Norwegia setelah energi hidro dan angin. Keterlibatan perusahaan listrik besar seperti Statkraft mengindikasikan bahwa energi tidal memang layak diperhitungkan baik secara teknologi maupun ekonomis sebagai salah satu solusi pemenuhan kebutuhan energi dalam waktu dekat.


    SUMBER
     
    • Thanks Thanks x 1
  2. Ramasinta Tukang Iklan





  3. banop M V U

    Offline

    Lurking Around

    Joined:
    Mar 19, 2009
    Messages:
    1,720
    Trophy Points:
    161
    Ratings:
    +2,903 / -0
    Wiii, mantap tuh... Emang udah saatnya kita mencari energi alternatip yang laen..
     
  4. ark_beetle M V U

    Offline

    Post Hunter

    Joined:
    Apr 29, 2008
    Messages:
    3,184
    Trophy Points:
    162
    Gender:
    Male
    Ratings:
    +2,544 / -0
    Ini bukannya mirip ama pembangkit listrik tenaga air yah? CMIIW
     
  5. siapajadeh Members

    Offline

    Silent Reader

    Joined:
    Aug 21, 2008
    Messages:
    94
    Trophy Points:
    6
    Ratings:
    +5 / -0
    sistem ini sih udah lama ada tapi gak pernah dengar diterapkan di indonesia, yg lebih sederhana dan cocok dengan situasi di indonesia sebenarnya ada yaitu pakai arus selat yg bergerak sangat cepat dan terus menerus. Tapi entah mengapa tidak pernah mau diterapkan, listrik murah dengan bahan bakar gratis euy.....tenaga arus air.
     
  6. moks M V U

    Offline

    Lurking Around

    Joined:
    Sep 17, 2008
    Messages:
    1,337
    Trophy Points:
    211
    Ratings:
    +19,611 / -0
    gw pernah liat yang dijepang kl di tempat nunggu kereta dia ada semacam papan yang kl di injek orang , tenaga tekanannya itu di konvert menjadi tenaga listrik keren banget...
     
  7. hagare M V U

    Offline

    Lurking Around

    Joined:
    May 2, 2009
    Messages:
    1,956
    Trophy Points:
    131
    Ratings:
    +1,022 / -0
    seharusnya pembangkit listrik tenaga ombak dibikin banyak di Indonesia.
    secara Indonesia itu negara kepulauan.
    pasti banyak pantai yg ombaknya kuat kan.
    tergantung keputusan pemerintahnya bener apa kagak aja entar soal masalah ini.
     
  8. nataka M V U

    Offline

    Lurking Around

    Joined:
    Mar 22, 2009
    Messages:
    777
    Trophy Points:
    191
    Ratings:
    +585,247 / -0
    iyah..moga2 indonesia juga mengadopsi teknologi spt di jepang...
    yah... klo indonesia pake enegi omabak juga pasti lumayan buat tambahan energi listrik tuh... kan indo negara kepulauan...
     
  9. alotez M V U

    Offline

    Lurking Around

    Joined:
    Dec 6, 2008
    Messages:
    1,000
    Trophy Points:
    111
    Ratings:
    +627 / -0
    Hmm Canggih....
    Dengan begitu lebih mengirit pasokan tenaga....
     
  10. saraki M V U

    Offline

    Post Hunter

    Joined:
    Sep 16, 2008
    Messages:
    2,651
    Trophy Points:
    176
    Ratings:
    +3,377 / -0
    tenaga ombak ya
    klo ombak tsunami gmn?
    hancur kan?
     
  11. NuRaider M V U

    Offline

    Post Hunter

    Joined:
    Sep 24, 2008
    Messages:
    3,864
    Trophy Points:
    212
    Gender:
    Male
    Ratings:
    +54,566 / -0
    Hmm kalo diterapkan , punya kelebihan juga yah untuk menahan abrasi laut....

    Menahan abrasi trus dapet arus listrik...

    Mungkin modalnya gede kali yah.. mangkanya proyek ini blon jalan..
     
  12. Lyco Veteran

    Offline

    Senpai

    Joined:
    Nov 3, 2008
    Messages:
    8,650
    Trophy Points:
    221
    Ratings:
    +9,717 / -0
    konsepnya sih bagus,
    tp klo nggak ada dukungan dari pemerintah ya bakal jadi sekedar konsep doang...
     
  13. goldamoeba M V U

    Offline

    Beginner

    Joined:
    Jan 31, 2009
    Messages:
    209
    Trophy Points:
    71
    Ratings:
    +28 / -0
    buatan orang indo yah?
    mantep dah..
    maju teknologi indonesia!!!!!!!!!!!
     
  14. SemaRMeseM M V U

    Offline

    Beginner

    Joined:
    May 16, 2008
    Messages:
    206
    Trophy Points:
    142
    Ratings:
    +1,833 / -0
    kapan negh proyek mule digarap ?
     
  15. Hell_Raiser M V U

    Offline

    Post Hunter

    Joined:
    Feb 25, 2009
    Messages:
    2,973
    Trophy Points:
    211
    Ratings:
    +13,894 / -0
    Aku pernah liat pembangkit listrik tenaga ombak di eropa liat di metroTV, tapi pake kayak silinder ditaruh di tengah laut. Biayanya muahaal banget, katanya buat investasi puluhan tahun jaga-jaga kalo SDA lainnya langka
     
  16. donnyxme M V U

    Offline

    Beginner

    Joined:
    Mar 2, 2009
    Messages:
    372
    Trophy Points:
    81
    Gender:
    Male
    Ratings:
    +56 / -0
    silinder di tengah laut? ..... kalo buat nahan abrasi laut .. plg modelnya juga kayak dam raksasa seperti di belanda. juga cocok di pasang kincir soalnya di tengah laut kadang cuaca sering ga menentu .. sering badai.
     
  17. osanura Members

    Offline

    Silent Reader

    Joined:
    May 2, 2009
    Messages:
    100
    Trophy Points:
    151
    Ratings:
    +9,267 / -0
    setuju banget.
     
  18. masuakal M V U

    Offline

    Post Hunter

    Joined:
    May 29, 2009
    Messages:
    4,511
    Trophy Points:
    161
    Ratings:
    +1,652 / -0
    wah proyek bagus nih mungkin lom jalan karana dananya pada di korupsi kali ye:em0800:
     
  19. willywibowo M V U

    Offline

    Lurking Around

    Joined:
    Dec 11, 2008
    Messages:
    1,002
    Trophy Points:
    86
    Ratings:
    +73 / -0
    gak keberatan c diterapkan di Indonesia.,

    yah., asalkan bener aja ngerawatnya., jangan baru pasang atu bulan tw2nya udah ringkih!! :haha:
     
  20. nicel121005 Members

    Offline

    Silent Reader

    Joined:
    May 20, 2009
    Messages:
    101
    Trophy Points:
    16
    Ratings:
    +7 / -0
    bagus bgt klo program ini d jalankan
    secara d negara kita ini banyak orang yg pake listrik gede bgt
    jd msti prlu solusi yg bgs bwt nambah persediaan listrik ^^
     
  21. roncek M V U

    Offline

    Beginner

    Joined:
    Jan 20, 2009
    Messages:
    222
    Trophy Points:
    71
    Ratings:
    +13 / -0
    wah mantap..
    moga2 listrik bisa makin murah..
     
Thread Status:
Not open for further replies.

Share This Page

About Forum IDWS

IDWS, dari kami yang terbaik-untuk kamu-kamu (the best from us to you) yang lebih dikenal dengan IDWS adalah sebuah forum komunitas lokal yang berdiri sejak 15 April 2007. Di bangun sebagai sarana mediasi dengan rekan-rekan pengguna IDWS dan memberikan terbaik untuk para penduduk internet Indonesia menyajikan berbagai macam topik diskusi.