1. Hai IDWS Mania, buat kamu yang ingin bebas iklan, cek hidden post, dan fitur lain.. kamu bisa berdonasi membership Gatotkaca di sini yaa~
  2. Silahkan Login atau Register, untuk melihat konten-konten menarik lainnya.
  3. Pengen ganti nama ID atau Plat tambahan? Sekarang bisa loh! Cek infonya di sini yaa!
  4. Ungkapin kenangan film Asia paling berkesan buatmu. Berhadiah GK, Pulsa, dan Line Gift Sticker loh! .Klik info lengkapnya di sini, kuy~.
  5. Tim staff IDWS mengajak dan memberikan kesempatan IDWS Mania bergabung dalam tim staff komunitas forum IDWS nih. Klik untuk info lengkapnya yuk~
  6. Pengen belajar jadi staff forum IDWS? Sekaran kamu bisa ajuin Moderator in Trainee loh!. Intip di sini kuy~

Information Pasar Tradisional di Jepang.Jika di Indonesia akan lain ceritanya

Discussion in 'Motivasi & Inspirasi' started by mazznoer1, Apr 20, 2010.

Thread Status:
Not open for further replies.
  1. mazznoer1 M V U

    Offline

    Lurking Around

    Joined:
    Feb 12, 2010
    Messages:
    1,079
    Trophy Points:
    161
    Ratings:
    +1,225 / -0
    [​IMG]
    Sebenarnya sih ini bukan pasar yah karena penjual disana adalah para petani yang membuka lapak sendiri-sendiri untuk menjual hasil kebunnya yang tersisa (kebanyakan).

    Dan kalau dilihat, tidak ada bedanya dengan pasar yang ada di Indonesia, kecuali satu perbedaannya yaitu tidak ada orang yang menjaga untuk lapaknya tersebut.


    [​IMG]
    Jadi bagaimana transaksinya? mudah kok, mereka (si penjual) telah mencantumkan harga di setiap barang dagangannya dan apabila ada pembeli yang datang untuk membelinya, si pembeli cukup masukkan uang seharga barang yang dibeli ke tempat yang telah disediakan.

    Dan percaya atau tidak, boleh dibilang hampir tidak ada satupun petani yang rugi karena berdagang dengan cara sepeti ini. Atau dengan kata lain, semua pembeli selalu membayar apa yang mereka ambil.


    [​IMG]
    Nah, ini dia sebenarnya yang ingin kami bahas, yaitu KEJUJURAN yang menurut kami saat ini semakin langka di dunia, terutama di Indonesia.

    Kami sempat membaca berita bahwa ada sekolah menengah di Indonesia yang mendirikan "kantin kejujuran" dan hanya dalam waktu hitungan minggu, kantin tersebut bangkrut karena ternyata banyak siswa/ siswi yang tidak membayar sehabis makan.

    Padahal di lain sisi, kantin itu berada di salah satu sekolah favorit di daerahnya yang berarti pasti sebagian besar siswa/ siswi disana dari golongan cukup mampu.


    [​IMG]
    Mohon maaf kalau kami tidak sependapat dengan anggapan bahwa "orang yang tidak jujur itu pasti identik dengan orang miskin" dan karena mereka tidak punya uang makanya mereka berbuat tidak jujur.

    Menurut kami, KEJUJURAN bukanlah sesuatu yang bisa diukur dari banyaknya materi maupun tingkat pendidikan tetapi lebih ke moral dan rasa malu yang bisa ditanamkan oleh orang tua maupun lingkungan sekitar.

    Dalam hal ini, kita tidak harus selalu mencontoh teknologi yang berasal dari Jepang saja tetapi tidak ada salahnya kita juga mencontoh moral dan rasa malu yang mereka miliki.

    Benar, tidak semua orang Jepang disana jujur tetapi setidaknya kalau bicara persentase, tentu jauh lebih baik dari negara kita. Setuju kan dengan kita?
     
    • Thanks Thanks x 20
    • Like Like x 3
  2. Ramasinta Tukang Iklan





  3. meneng M V U

    Offline

    Beginner

    Joined:
    Feb 22, 2009
    Messages:
    434
    Trophy Points:
    56
    Ratings:
    +19 / -0
    hebat2, harusnya kantin kejujuran dibuat di seluruh Indo tuh, lumayan kan sebagai sarana penanam kejujuran
     
  4. dawerzzzz M V U

    Offline

    Lurking Around

    Joined:
    May 9, 2009
    Messages:
    1,516
    Trophy Points:
    131
    Ratings:
    +1,135 / -0
    biasalah klo dikita Negara miskin tapi para pejabat negara kaya melimpah alangkah lucunya negeri ini
     
  5. WhiteSin M V U

    Offline

    Lurking Around

    Joined:
    Aug 31, 2009
    Messages:
    602
    Trophy Points:
    66
    Ratings:
    +127 / -0
    Loe berharap apa sama negri ini :yareyare:

    Ingat aja kata bang napi, kejahatan bukan terjadi karena ada niat dr pelaku, tp karena ada kesempatan. Klo misalnya warung di indo di tinggal gitu ya... Bablas udah, rahib semua barang kli...
     
  6. modjokujo M V U

    Offline

    Lurking Around

    Joined:
    May 13, 2009
    Messages:
    1,191
    Trophy Points:
    226
    Ratings:
    +5,558 / -0
    sebenernya kantin kejujuran yang ada di sekolah di Indonesia itu konsepnya sama banget yang kaya di jepang ini:???:
    jadi ga ada penjualnya, jadi yang mau beli tinggal bayar uangnya ke dalam kotak gitu maksudnya..

    waahh..
    parah juga ya berarti sekolahnya..
    mungkin emank moral2 masyarakat kita sudah semakin menurun kali yaa..
    hmm.. emank susah buat jadi orang yang bener2 jujur..

    ada yang tau gimana caranya biar jadi bener2 jujur:???:
     
  7. tolos M V U

    Offline

    Beginner

    Joined:
    Feb 18, 2009
    Messages:
    231
    Trophy Points:
    56
    Ratings:
    +49 / -0
    menurut gw justru yg gitu metodenya akan ngebuat lu menjadi jujur

    gw juga klo gak dijagain ama penjualnya dan di tulis gitu slogan di pintu masukatau banner "kejujuran terlihat dimata Tuhan"

    nagh lho mikir2 gak ?

    klo di indoo mungkin didaerah tertentu yah tergantung tempat sih, klo memang di tempat mereka makan aja susah yah pasti di ambil, jujur ama hidup pentingan mana coba? yah hidup lagh
     
  8. rudot M V U

    Offline

    Lurking Around

    Joined:
    Mar 31, 2009
    Messages:
    1,577
    Trophy Points:
    147
    Gender:
    Male
    Ratings:
    +1,133 / -0
    Mantap orang Jepang! Kalo di Indo mungkin dagangan + lapaknya 1 hari udah raib dimaling. Di sekolah gw juga ada yang semacem ini, di deket kantin disediain 2 buah dispensen air yang make galon aqua, siswa/i boleh ngambil asal bayar 500 perak di sebuah kotak, nyatanya? Galon aqua cepat habis & uang di kotak cuma ada sediikit. Selama seminggu aja udah banyak yang ga jujur sampe kesiswaan marah2. Padahal di sekolah gw kebanyakan orang kaya, masa 500 aja ga mau bayar?
    Menurut gw orang ga mampu itu kalo mau berbuat ga jujur mikir2 dulu, sedangkan orang mampu ga akan ragu2 soalnya dia mikir "Ah gw cuma nyolong ginian mana ketauan?"
     
  9. dutz Members

    Offline

    Silent Reader

    Joined:
    Jul 31, 2008
    Messages:
    94
    Trophy Points:
    6
    Ratings:
    +104 / -0
    klo yang begian ada di indonesia
    udah pasti raib semua barangnya
     
  10. botenk99 M V U

    Offline

    Beginner

    Joined:
    Nov 15, 2008
    Messages:
    262
    Trophy Points:
    81
    Ratings:
    +121 / -0
    g kalo buka lapak keq gitu g pasangin kamera pengawas dah ^^
     
  11. calton Members

    Offline

    Silent Reader

    Joined:
    Mar 22, 2009
    Messages:
    137
    Trophy Points:
    71
    Ratings:
    +1,078 / -0
    Ada juga di Indo yang jujur lo..
    D kosan sy ada jual roti tapi ga ada penjualnya. Tiap 2 hari penjualnya datang dgn roti2nya n ambil uang yang ada di kotak roti.
    He3.
    Klo pasar??? Hmm, sulit dibayangkan pasar gituan di Indonesia..
     
  12. smkosasih M V U

    Offline

    Senpai

    Joined:
    Sep 9, 2008
    Messages:
    5,341
    Trophy Points:
    177
    Gender:
    Male
    Ratings:
    +3,187 / -0
    sekolah favorit apaan.. :ngeselin:
    baru buka beberapa minggu dah bangkruts. mental anak2nya pada kacau..
    Padahal rata-rata anak orang mampu.. Didikan dalam keluarga yang kurang(ke 2 ortu sibuk kerja, anak diurus ma baby sitter).

    orang jepang pada jujur pantes maju, kita dari mulai tingkat bawah mpe atas(pejabat pemerintah) pada kacau..
    :swt:

    Korupsi=akumulasi ketidakjujuran..
     
    Last edited: Apr 21, 2010
  13. justinromanz M V U

    Offline

    Lurking Around

    Joined:
    Nov 22, 2009
    Messages:
    1,823
    Trophy Points:
    211
    Ratings:
    +7,627 / -0
    di kampus saia juga ada sistem jualan macem gini
    biasanya sihh buat bantu" nyari dana buat bikin acara
    cuman yang biasa dijual ama mahasiswa nya cuman sebatas donat
    biasanya ngambil donat dari supplier terus mereka bantu jual
    cuman ditarohh di meja di tempat" strategis
    kayaknya sihh cukup berhasil
    buktinya nyampe' s'karang m'sih survive sistem yang b'gini di kampus

    jadi masalah kejujuran semuanya balik lagi k'orangnya masing"
     
  14. blueapple Members

    Offline

    Silent Reader

    Joined:
    Mar 8, 2010
    Messages:
    59
    Trophy Points:
    21
    Ratings:
    +6 / -0
    ahh yg bner ga ada penjaganya...masa c, tu nmny pasar jujur bkn psr tradisional,,,hebat,,,
     
  15. shabutaro M V U

    Offline

    Post Hunter

    Joined:
    Oct 7, 2008
    Messages:
    2,666
    Trophy Points:
    176
    Ratings:
    +2,229 / -0
    disana moral itu uda ada sejak bayi. orang tua-orang tua disana ga mungkin ngajarin utk mencuri. disana, perbuatan kaya gitu mending harakiri aja...
    disini, mencuri itu uda jadi kebiasaan. susah dihentikannya...
     
  16. rhux M V U

    Offline

    Beginner

    Joined:
    Nov 13, 2008
    Messages:
    452
    Trophy Points:
    56
    Ratings:
    +35 / -0
    setubuh.
    mang ga bisa orang indo digituin (kebanyakan), dari pengalaman gw.
    ntah knp bisa gitu y
     
  17. bloody_hound47 M V U

    Offline

    Silent Reader

    Joined:
    Jan 8, 2010
    Messages:
    194
    Trophy Points:
    56
    Ratings:
    +4 / -0
    yah negara kita mah, demi perut tidak mengenal golongan bro, kacaw ==a
     
  18. Lyco Veteran

    Offline

    Senpai

    Joined:
    Nov 3, 2008
    Messages:
    8,650
    Trophy Points:
    221
    Ratings:
    +9,717 / -0
    perbedaan budaya
    :haha:

    wah klo disini perlu dipasangin kamera video
    trus diperlihatkan rekamannya di kelas masing2, biar yang ketahuan nggak jujur malu.
    :yareyare:
     
    • Like Like x 1
  19. freyr2thor M V U

    Offline

    Lurking Around

    Joined:
    Oct 22, 2008
    Messages:
    530
    Trophy Points:
    191
    Ratings:
    +8,669 / -0
    kalo di indonesia, bukan cuma dagangannya yang raib, tempat uangnya juga ikutan raib...
    :lol:

    :madesu:
     
  20. mardi M V U

    Offline

    Lurking Around

    Joined:
    Jul 10, 2009
    Messages:
    1,679
    Trophy Points:
    131
    Ratings:
    +511 / -0
    wah, jepang memang ok:onsen:
    wahahaha:haha:
    kapan indonesia bisa kaya gitu:???:
     
  21. Faust Members

    Offline

    Silent Reader

    Joined:
    Jul 23, 2009
    Messages:
    131
    Trophy Points:
    31
    Gender:
    Male
    Ratings:
    +16 / -0
    Yah kalo di Indo mah kaga mungkin bisa diterapin deh
     
Thread Status:
Not open for further replies.

Share This Page

About Forum IDWS

IDWS, dari kami yang terbaik-untuk kamu-kamu (the best from us to you) yang lebih dikenal dengan IDWS adalah sebuah forum komunitas lokal yang berdiri sejak 15 April 2007. Di bangun sebagai sarana mediasi dengan rekan-rekan pengguna IDWS dan memberikan terbaik untuk para penduduk internet Indonesia menyajikan berbagai macam topik diskusi.