1. Hai IDWS Mania, buat kamu yang ingin bebas iklan, cek hidden post, dan fitur lain.. kamu bisa berdonasi membership Gatotkaca di sini yaa~
  2. Silahkan Login atau Register, untuk melihat konten-konten menarik lainnya.
  3. Pengen ganti nama ID atau Plat tambahan? Sekarang bisa loh! Cek infonya di sini yaa!
  4. IDWS Radio is Back! Mau ngobrol seru bareng penyiar (announcer) atau mau ikutan jadi penyiar di IDWS Radio? Mau promoin lagu indie kamu? Bisaa!.Klik info lengkapnya di sini, kuy~.
  5. Terima kasih untuk kebersamaan komunitas selama hampir 12 tahun ini. Apa pengalaman menarikmu selama di IDWS? Apa saran, kritik, dan masukan kamu untuk IDWS? Tolong sampaikan di sini yaa~ Terima kasih.
  6. Tim staff IDWS mengajak dan memberikan kesempatan IDWS Mania bergabung dalam tim staff komunitas forum IDWS nih. Klik untuk info lengkapnya yuk~
  7. Pengen belajar jadi staff forum IDWS? Sekaran kamu bisa ajuin Moderator in Trainee loh!. Intip di sini kuy~

Padi gak cuma bisa ditanam di Sawah lohh..

Discussion in 'Random Images' started by bebekkurus, Oct 14, 2009.

Thread Status:
Not open for further replies.
  1. bebekkurus M V U

    Offline

    Beginner

    Joined:
    Aug 2, 2009
    Messages:
    358
    Trophy Points:
    56
    Ratings:
    +63 / -0
    :hmm:
    Teman2, padi yang selama ini kita kenal sebagai tanaman semi-air (karena direndam dengan air dlm jumlah yang banyak) ternyata bisa ditanam di dalam pot plastik loh..
    Seperti yang terlihat di gambar berikut ini, padi ternyata bisa ditumbuhkan di halaman belakang rumah kita.. :hehe:

    Hal ini baik buat petani-petani kita yang cenderung tidak memiliki lahan sendiri lagi, tetapi hanya menjalankan lahan milik orang lain. Mereka bisa mempunyai "padi sendiri" sepenuhnya.
    Klo teknologi ini dikembangkan dengan baik, tidak tertutup kemungkinan bisa diproduksi masal seperti tanaman hidroponik..

    Nama teknik tanam ini disebut SRI (Scientific Rice Intensification) yang dikembangkan oleh salah seorang dosen gw, dimana padi ditanam di dalam suatu pot plastik berlubang yang diisi oleh campuran tanah, pupuk, dan larutan mikroorganisme tertentu (MOL)..

    [​IMG]


    [​IMG]


    [​IMG]


    [​IMG]


    [​IMG]

    Berdoa aja agar teknik ini bisa berkembang di indonesia..
    :piss::piss:

    Minta cendolnya ya, eh, thanksnya.. :haha:

    :thx::thx::idwslovers:
     
    • Like Like x 2
    Last edited: Oct 17, 2009
  2. Ramasinta Tukang Iklan





  3. Dinis M V U

    Offline

    Lurking Around

    Joined:
    Aug 1, 2009
    Messages:
    932
    Trophy Points:
    81
    Ratings:
    +140 / -0
    amin....
    bisa jadi konsep masa depan tu....
    ntat kalau sawahudh gak ada hehehehehhehhe
     
  4. Lord_scum M V U

    Offline

    Lurking Around

    Joined:
    Jul 21, 2009
    Messages:
    896
    Trophy Points:
    141
    Ratings:
    +1,533 / -0
    ini mah di tanem di kepala juga bisa :hahai:
     
  5. bebekkurus M V U

    Offline

    Beginner

    Joined:
    Aug 2, 2009
    Messages:
    358
    Trophy Points:
    56
    Ratings:
    +63 / -0
    Hahahah..

    Teknik ini ga perlu air banyak2 lg..
    Produksinya juga diklaim 2x lipat dari teknik penanaman padi biasa..
     
  6. darsokinyut M V U

    Offline

    Beginner

    Joined:
    Oct 13, 2009
    Messages:
    320
    Trophy Points:
    56
    Ratings:
    +127 / -0
    Wah boleh ini, kualitasnya gimana bro?
     
  7. hidey-holey M V U

    Offline

    Superstar

    Joined:
    Nov 7, 2008
    Messages:
    12,341
    Trophy Points:
    227
    Ratings:
    +23,720 / -0
    tapi jadi makan tempat dong, apa ga bisa satu tempat diisi lebih dari satu batang padi:???:
     
    • Like Like x 1
  8. bebekkurus M V U

    Offline

    Beginner

    Joined:
    Aug 2, 2009
    Messages:
    358
    Trophy Points:
    56
    Ratings:
    +63 / -0
    Kualitas padinya sama kyk yang ditanam di sawah, waktu tanamnya pun sama..

    Cuma wkt dulu gw coba, hasilnya mmg sedikit (kyk yg digambar), bda sm yg dosen gw coba. Kyknya gw kurang pintar tanamnya..
    Gambar yg ada di atas tuh cuma padi yg ditanam asal loh (plg disirem air dan MOL aja), blum mendapat perawatan yg baik. Klo dirawat dgn baik, gw yakin hasilnya bagus..

    1 pot awalnya mmg ditanam 1 padi, tp setelah tumbuh, bakal muncul smpe lebih dari 50 anakan..

    Katanya produksi padi kita berada di 6 ton/ha. Diklaim, tekni ini bisa smpe 12 ton/ha, meskipun kenyataannya baru smpe 10 ton/ha..
     
  9. chicken_little M V U

    Offline

    Senpai

    Joined:
    Apr 21, 2009
    Messages:
    5,222
    Trophy Points:
    211
    Ratings:
    +13,581 / -0
    bukti semakin berkurangnya lahan sawah..:ngacir:
     
  10. xiefu M V U

    Offline

    Kuro's Husbando

    Joined:
    Apr 24, 2009
    Messages:
    2,469
    Trophy Points:
    202
    Gender:
    Female
    Ratings:
    +3,490 / -23
    jadi setiap KK bisa mempunyai sumber makanan sendiri.....

    begitukah kesimpulannya..?????
     
  11. hidey-holey M V U

    Offline

    Superstar

    Joined:
    Nov 7, 2008
    Messages:
    12,341
    Trophy Points:
    227
    Ratings:
    +23,720 / -0
    ^
    bener juga, tadi waktu ngepost saia belum ke load pic yang terakhir:haha:

    produksi padi dengan cara normal 6ton, dengan teknik ini bisa jadi 12 ton, berartis secaranya teknik ini menambah jumlah hasil daripada cara biasa kan:???:
    kalo gitu teknik yang meningkatkan hasil, saia kutip:
    diisi oleh campuran tanah, pupuk, dan larutan mikroorganisme tertentu (MOL).
    apa bisa diterapkan di sawah biasa, sehingga bisa naik lebih dari 6ton:???:
     
  12. bebekkurus M V U

    Offline

    Beginner

    Joined:
    Aug 2, 2009
    Messages:
    358
    Trophy Points:
    56
    Ratings:
    +63 / -0
    Yap, idealnya bgitu..
    Cuma kyknya sulit, ga setiap org sabar menanam.. :haha:
    Apalagi padi itu tumbuhnya smpe 4 bln lebih..


    :hmm:
    Klo ditanya apa bisa diterapkan di lahan sawah biasa, jawabnya bisa, asal teknik penanaman padi yang lama (padi digenangi air) diubah dan ada sedikit modifikasi..
    Padi sebenarnya bukan tanaman akuatik, jd seharusnya tidak digenangi air. Padi mmg butuh banyak air, tp tidak seharunya digenangi..
    Penggunaan pot plastik bertujuan agar padi bisa ditanam dimana saja. Trus bertujuan agar nutrisi yang ada pada pupuk beserta mikroba pada MOL-nya tidak hilang begitu saja ke dalam tanah tanpa terserap dulu oleh padi. Kan plastiknya biarpun berlobang2 di bawah, tetap bisa menahan hal2 tersebut..
     
  13. hidey-holey M V U

    Offline

    Superstar

    Joined:
    Nov 7, 2008
    Messages:
    12,341
    Trophy Points:
    227
    Ratings:
    +23,720 / -0
    oh, jadi dia lebih baik kalo tidak direndam rupanya.....
    tapi selama ini petani saia rasa kalo sawah yah harus 24jam ada airnya, itu koq bisa jadi salah kaprah gitu:???:
     
  14. bebekkurus M V U

    Offline

    Beginner

    Joined:
    Aug 2, 2009
    Messages:
    358
    Trophy Points:
    56
    Ratings:
    +63 / -0
    Wah, klo itu ga taw deh knp..
    Yg pst padi bukan tanaman aquatik..
     
  15. andi msc Veteran

    Offline

    Senpai

    Joined:
    Aug 15, 2008
    Messages:
    7,437
    Trophy Points:
    251
    Ratings:
    +61,824 / -2
    kebanyakan duit itu mah

    nanam padi pake plastik item

    modalnya gede amat tuh :semangat:
     
  16. hidey-holey M V U

    Offline

    Superstar

    Joined:
    Nov 7, 2008
    Messages:
    12,341
    Trophy Points:
    227
    Ratings:
    +23,720 / -0
    ^seperti kata TS,
    modal buat beli tanah jadi sawah rasanya lebih besar
     
  17. TheMightyDork M V U

    Offline

    Lurking Around

    Joined:
    Apr 8, 2009
    Messages:
    753
    Trophy Points:
    66
    Ratings:
    +102 / -0
    bagus juga tuh inovasinya..

    di indonesia(pulau jawa) bukan kekurangan lahan sih..tapi karena nilai jual beras lokal murah+biaya perawatan selama masa tanam mahal jadi petani jual lahannya..

    nenek saya di jogja punya sawah rata" ditanami selain padi..

    intinya ditunggu banget deh ada penyuluhan dari pemerintah tentang inovasi nanem padi kayak gini:haha:

    cmiiw
     
  18. Akatsuki_Rolan40 M V U

    Offline

    Superstar

    Joined:
    Feb 22, 2009
    Messages:
    18,276
    Trophy Points:
    227
    Ratings:
    +108,955 / -1
    BtW bahan plastik nyang d gunainnya apakah tuch????

    bs br kali2 d gunain ataw cmn bs skali ajagh....
    Klo cmn skali ajagh brarti mkin bnyk gunain bahan blastik dunks.....
    Tyus mkin bnyk jg sampah plastik.....

    Wah g sesuai ma kampanye go green dunks.....

    CMIIW.....:piss::piss::piss:
     
  19. bebekkurus M V U

    Offline

    Beginner

    Joined:
    Aug 2, 2009
    Messages:
    358
    Trophy Points:
    56
    Ratings:
    +63 / -0
    Plastiknya bisa dari macem2..
    Biasanya sih dari PolyPropilene (PP) klo mau ramah lingkungan, tapi klo mau pake PolyEthylene juga bisa cuma mgkn gampang rusak..
    Teoritiknya plastik itu bisa dipake berkali-kali, cuma prakteknya sih ga gitu. Pasti ada beberapa plastik yang rusak karena ga apik perawatannya. Cuma yg dosen gw kerjain sm beberapa petani, hasilnya bagus tuh, dikit bgt yg rusak..

    Betuk kata Hidey, harga tanah lebih mahal daripada plastik..
    Lagipula di Jawa, diprediksi lama2 lahan pertanian bakalan berubah jadi peruntukan lain. Misalnya jalan atau gedung. Jadi kita mesti berpikir cepat, buat mengatasi hal2 tersebut..

    Yap, mmg bener kata mighty duck..
    Makanya skrg sdg digalakkan tanaman MultiGuna dan proses pertanian yang padat energi..
     
  20. ireh M V U

    Offline

    Post Hunter

    Joined:
    Jun 22, 2009
    Messages:
    2,121
    Trophy Points:
    211
    Ratings:
    +6,311 / -0
    :lol:
    kayak bunga aja, ditanam dipot satu2:lol:
    kalo menurut sy, caraitu kurang efektif, hasilnya pun mungkin cuman sedikit:hehe:
     
  21. boomz M V U

    Offline

    Beginner

    Joined:
    Sep 7, 2009
    Messages:
    249
    Trophy Points:
    56
    Ratings:
    +122 / -0
    bererti lumayan dong bisa jadi petani di rumah hahahahaha...
    nambah penghasilan...
     
Thread Status:
Not open for further replies.

Share This Page

About Forum IDWS

IDWS, dari kami yang terbaik-untuk kamu-kamu (the best from us to you) yang lebih dikenal dengan IDWS adalah sebuah forum komunitas lokal yang berdiri sejak 15 April 2007. Di bangun sebagai sarana mediasi dengan rekan-rekan pengguna IDWS dan memberikan terbaik untuk para penduduk internet Indonesia menyajikan berbagai macam topik diskusi.