1. Disarankan registrasi memakai email gmail. Problem reset email maupun registrasi silakan email kami di inquiry@idws.id menggunakan email terkait.
  2. Untuk kamu yang mendapatkan peringatan "Koneksi tidak aman" atau "Your connection is not private" ketika mengakses forum IDWS, bisa cek ke sini yak.
  3. Hai IDWS Mania, buat kamu yang ingin support forum IDWS, bebas iklan, cek hidden post, dan fitur lain.. kamu bisa berdonasi Gatotkaca di sini yaa~
  4. Pengen ganti nama ID atau Plat tambahan? Sekarang bisa loh! Cek infonya di sini yaa!
  5. Pengen belajar jadi staff forum IDWS? Sekarang kamu bisa ajuin Moderator in Trainee loh!. Intip di sini kuy~

Lounge Obrolan Seputar Otomotif

Discussion in 'Otomotif' started by javi_1502, Aug 22, 2010.

Thread Status:
Not open for further replies.
  1. bighendz Veteran

    Offline

    Post Hunter

    Joined:
    Mar 21, 2010
    Messages:
    2,147
    Trophy Points:
    266
    Ratings:
    +12,664 / -0
    lama ngga mampir kesini :swt:
    ada yang punya masalah dengan motor nih ya :fufufu:

    Kompresi ngga ada itu udah di check pas di starter piston naik turun atau engga , kalau loss berarti masalah di kopling.
    kalau gerak tapi kompresi ngga ada , itu banyak kemungkinan

    1. Pir seher aus , cirinya mampatkan per seher , terus ukur celah pir seher (atas , tengah , bawah) +- 0,1 mm tergantung motornya sih.
    2. Klep bocor , bosh klep nya udah aus , jadi oli masuk lewat celahnya.
    3. Silindernya gentong , ceknya pakai Dial Gauge , tapi kalau amatiran biasanya di terawang :lol:

    masalah oli masuk ke mesin , kalau masih nyala sih tinggal di lihat aja , berasap atau engga , terus busi di buka , kasi oli bagus sedikit ke ruang bakar , terus idupin lagi , kalau masih berasap berarti pir seher / silinder nya aus , terus kalau ngga berasap berarti sil klep / bos klep nya aus :nikmat:

    kalau stang seher oblak , cara manual , pegang stang nya , pukul kepala stangnya , kalau ada bunyi klek , kletek dsb , berarti conrod/stang harus diganti , biasanya satu paket sama bearing nya :hehe:

    whew , kayanya biayanya diatas 500k tuh , kalau sampai kenak komplikasi bisa tembus 1,5 Jt :gembel:
     
  2. Ramasinta Tukang Iklan

  3. vedia M V U

    Offline

    Beginner

    Joined:
    Jul 1, 2012
    Messages:
    243
    Trophy Points:
    56
    Ratings:
    +50 / -0
    mksd e gmna gan,,,rusak e dah lama gitu pox,,,??:pusing:
    iyaa gann,,,
    hee,,,motor tiger gan,,
    hrga e rapa tu gan yg npp sehernya,,?
    ring sehernya yg pertama itu kurang lebih 0,3 mm,,gede celah e,,gak berasap kyak motor 2 tak si gan knlpot e,,,
    1,5 jta,,,gaji 2 bulan nehhh,,hiii
    :dead:
     
  4. redphantom M V U

    Offline

    Superstar

    Joined:
    Mar 19, 2010
    Messages:
    19,787
    Trophy Points:
    211
    Ratings:
    +49,862 / -0
    tiger yo,
    npp paling sekitar 100an, tergantung oversize berapa..

    ga terlalu mahal koq harga npp, ketimbang ori jauh harganya
    tapi kualitas bisa dipertanggung jawabkan koq


    :hihi:
    soale punyaku juga tigi os 100, pake seher npp
    dah hampir 3 tahun lumayan aman
     
    • Like Like x 1
  5. bighendz Veteran

    Offline

    Post Hunter

    Joined:
    Mar 21, 2010
    Messages:
    2,147
    Trophy Points:
    266
    Ratings:
    +12,664 / -0
    sebenernya kalo seher sendiri sih , saya ngga pernah suspect untuk ke ausan pada seher.
    alasannya , seher itu bahannya keras , dan tahan kompresi , kalau aus berarti sehernya bolong :iii:

    nah kalau di over size jelas kan sehernya harus ganti :iii:
    harga seher sama per seher itu paruhan gan.
    Piston merk NPP Rp 100K
    Piston Ring nya bisa 2 kali lipat , saran saya sih ambil Ring piston ori aja , lebih awet.
    Nah masalah membubut Bore ini saya aga ngga recomended sih , karena lapisan bore di kikis , dan terkadang hasil kikisannya itu ngga begitu rata.
    perlu cari tahu tukang yang top buat masalah oversize ini :keringat:
    ongkos Oversize bore sih ngga sampe Rp. 50K

    Nah yang mahal itu kalau sampai kenak Conrod nya , bisa sekitar 250K sendiri buat beli yang ori
    Bearing bandul perbiji sekitar 50-75 K (TNT) nah butuh 2 Biji
    Kalau sampe ke Klep juga , Klep In dan Out sekitar 100 - 200 K belum ongkos Skir klep sama Reamer Bosh Klep (Kalau-kalau bosh klep nya aus)

    Total nya kira - kira begini
    Over size = 50K
    Ring + Piston = 250K
    Ogkos bongkar Silinder + Head = 50 K
    total ya sekitar 350 K

    Tambah Skir Klep + reamer Bosh klep = 50 K
    Beli Klep in + Out = 150 K
    Bosh Klep = 25 K

    Berarti tambah 225 K , total jadi = 600K

    Kalau sampai turun mesin , bongkar silinder + head di buang jadi turun mesin sekitar 125K jadi nambah 75K
    Con Rod = 250K
    Bearing TNT = 100 K
    Copot bearing + pasang Conrod = 10K

    Berarti tambah lagi 435 K , total jadi 1035 K :gembel:
     
  6. Cast_StiLL M V U

    Offline

    Silent Reader

    Joined:
    Oct 27, 2012
    Messages:
    180
    Trophy Points:
    37
    Ratings:
    +2,017 / -0
    Maaf nanya, sebenernya perbedaan OverSize 25 ~ 50 ~ 100 apa ya?

    ya smua tau dari nominal aja sudah beda sih, tp baik buruknya di oversize segitu...


    :???: OOT ; kenapa llonje nya gak pake previx lonje??
     
  7. redphantom M V U

    Offline

    Superstar

    Joined:
    Mar 19, 2010
    Messages:
    19,787
    Trophy Points:
    211
    Ratings:
    +49,862 / -0
    oversize itu berarti ukuran piston/seher nya dilebarin
    25 itu berarti nambah lebar 0,25 milimeter,
    50 itu 0,5 mm
    100 itu 1 mm



    baik nya oversize itu
    1.tenaga lebih gede
    2. lebih hemat biaya ketika seher dah oblag, ketimbang ganti satu blok baru

    kurangnya
    1. bahan bakar sedikit lebih konsumtif
    2. mesin jadi tidak orisinil lagi
    3. semakin sering oversize/ makin lebar blok dapur pacu semakin tipis, jadi rawan retak






    --
    ini lonje nya dah bertahun2,
    waktu dibikin blm dibikin prefix lonje d forum jadinya y gini
    :hehe:
     
  8. vedia M V U

    Offline

    Beginner

    Joined:
    Jul 1, 2012
    Messages:
    243
    Trophy Points:
    56
    Ratings:
    +50 / -0
    di piston ada tulisan 1.00 brarti tu oversize 1 mm ea gan,,,klau os 1 ae masih pingin nmbah,,brarti cara e hrus gnti blok silinder dong,,

    owh,,,,
    bnyak gan,,hrga blok silinder rapa gan,,
    1 jta brarti total e kira2,,,
    klep daerah ku hrga e 20K gan,,bgus gak tuh,,n ring seher 40k,,,gmna mnrt agan,,ring seher nya yg riken,,
    piston 100k.an,,brarti total 180,,ples klep ku dah gnti,,brarti di hilangin dua dua ne sama dengan 140k,,klau conrod nya gnti = bearingnya,,,,= tmbah pasang bongkar trun mesin semua e 490 ribu,,tapi conrod ku gak oblak,,oz kmaren ane lihat ndiri,,yg oblak tu piston e ,,stang e masih tegak lurus,,
    brdoa ae,,,agar gak nyampe 1 jta,,oz ni masih di bngkel motor e
     
  9. boomee Members

    Offline

    Silent Reader

    Joined:
    Jul 21, 2010
    Messages:
    117
    Trophy Points:
    16
    Ratings:
    +72 / -0
    wiiiii .... lounge yang lamaaaaaa :ogohno:

    lewat lagi ah :ogngacir:
     
  10. Iya_an Veteran

    Offline

    Senpai

    Joined:
    Jan 24, 2012
    Messages:
    6,744
    Trophy Points:
    218
    Ratings:
    +38,106 / -89
    kasihan banget lonjenya, di ramaikan lagi yuks... sharing apa aja yang penting bebas ber offroad, modif dll...

    oprek oprek lagi dah :scooter: :scooter: :scooter: :scooter:
     
  11. vedia M V U

    Offline

    Beginner

    Joined:
    Jul 1, 2012
    Messages:
    243
    Trophy Points:
    56
    Ratings:
    +50 / -0
    tanya gan,,,
    motor ku dah turun mesin,,kan kompresi mesin motornya hilang,,,
    terus kata si bngkel,,klep nya aja yg mrembes,,,
    brarti,,stang seher,,seher ,,ring masih ok,,,,
    tapi katanya karburator nya yg kena,,,
    tapi anehnya itu,,
    klau motor ane tak kick starter sambil gas aku kencengin,,,kompresinya hilang,,tapi klau gas nya gak di tarik,,ada kompresinya,,
    apakah karbunya rusak atau gmna?????
    terus kok si bengkel tenang2 aja ,,pdahal seher oblak,,brarti seher bisa gerak kiri-kanan-atas-bawah,,,,,
    tapi ane lihatin,,kata bengkel kompresi nya dah balik,,tapi pas di kick starter kok enteng gitu yaa,,,,
    :dead:
    semoga si bengkel bisa ngerjain motor ane,,amiennn,,,,,
     
  12. bighendz Veteran

    Offline

    Post Hunter

    Joined:
    Mar 21, 2010
    Messages:
    2,147
    Trophy Points:
    266
    Ratings:
    +12,664 / -0
    kompresi hilang saat di pacu :???:
    kalau masalah di karbu , karena ngga bisa mengabutkan di kecepatan tinggi jadi campuran udara dan BBM ngga maksimal , bahkan bisa ngga keluar
    gini aja deh , suruh test pakai commpression gauge , kalau kompresinya masih diatas 9:1 itu masih bisa di tolerir. dan harusnya kalau karburator dalam kondisi baik , dipacu sampai kecepatan maksimum juga ngga hilang tenaganya.

    coba periksa dulu , kekencangan nut mesin depannya , emang kalau di pacu di atas RPM 4000 brebet ngga tuh motor nya :???:
     
  13. redphantom M V U

    Offline

    Superstar

    Joined:
    Mar 19, 2010
    Messages:
    19,787
    Trophy Points:
    211
    Ratings:
    +49,862 / -0
    iya itu oversize 1mm,
    ya tergantung motornya sih batasan oversizenya ampe berapa..
    ada yang bisa ampe 300 ato 3mm
    tapi ada juga yang cuman 100-150

    kalo mau di netralkan lagi, istilah bengkel di nol kan lagi oversize nya
    ya harus beli boring baru
    harganya lumayan :gembel:

    ini baru nongol dah kabur lagi :cekek:
     
  14. Cast_StiLL M V U

    Offline

    Silent Reader

    Joined:
    Oct 27, 2012
    Messages:
    180
    Trophy Points:
    37
    Ratings:
    +2,017 / -0
    Kalo ada cacat di fisik seher trus aku pingin 25, tapi ama operator bengkel gak bisa harus 50,

    akhirnya terpaksa ikutan aja, berbanding kalo dibuat STD lebih mahal biayanya mending ke 50 aja.

    Bagaimana menurut agan2 smua, apakah bener gitu atau ada pertimbangan yang lain. :???:
     
  15. bighendz Veteran

    Offline

    Post Hunter

    Joined:
    Mar 21, 2010
    Messages:
    2,147
    Trophy Points:
    266
    Ratings:
    +12,664 / -0
    Kalau boring diameternya dibalikin standard , istilahnya sih di shock lagi , jadi di cetak lagi dah tuh boringnya.
    ongkos nge shock nya sih ngga begitu mahal , cuma kualitasnya itu yang ngga jamin.

    ya mending sih beli boring baru aja , atau second yang masih bagus :unyil:
    Oversize 25 tuh mana ada gan :garing:
    kalau buat motor tipe cub dan matic , oversize itu ada 3 tahap
    50 , 75 sama 100
    biasanya kalau oversize 50 itu buat yang baret di boringnya ngga begitu keliatan (halus)
    tapi kalau udah agag dalem , bahkan sampai detonasi alias seher jebol , biasanya langsung Oversize 100 :nikmat:
    nah , oversize juga ditentukan dengan tingkat gentong dari silindernya sendiri.
    pakai dial gauge nanti keliatan , ada batasan spelleng istilahnya cuma 0,1 mm dari diameter asli boring
    kalau udah lebih dari itu , biasanya sampai 0,55 mm dan kalau udah melebihi 0,50 mm ya pastinya harus oversize 75
     
    Last edited: Nov 2, 2012
  16. Cast_StiLL M V U

    Offline

    Silent Reader

    Joined:
    Oct 27, 2012
    Messages:
    180
    Trophy Points:
    37
    Ratings:
    +2,017 / -0
    Kalo di kotaku masih ada gan, soalnya si bengkel pertama juga nawarin ada 25 sgala kok.

    tapi kenyataan masih terdapat baret halus, jadi selanjutnya aku di tawarin antara shock ama lanjut ke oz 50.

    motor ane masih supra th 2000 yg masih tromol, termasuk keluaran supra pertama.
    btw, thanks om Bighendz udah jwb pernyataan :peace:
     
  17. muyrrrrrr M V U

    Offline

    Post Hunter

    Joined:
    Aug 17, 2010
    Messages:
    4,554
    Trophy Points:
    226
    Ratings:
    +9,214 / -2
    antara panther grand touring-innova diesel:swt:
    bingung nentuin:ohno: ada saran:???:
     
  18. PercivaL SUPERMOD

    Offline

    Post Hunter

    Joined:
    Jan 5, 2010
    Messages:
    2,402
    Trophy Points:
    201
    Ratings:
    +2,115 / -0
    innova diesel gan udh pasti....
     
  19. choli SUPERMOD

    Offline

    Superstar

    Joined:
    Jul 16, 2009
    Messages:
    13,153
    Trophy Points:
    311
    Gender:
    Male
    Ratings:
    +21,246 / -19
    Pengen nanya nih...
    Kalo kampas disc brake rem depan motor, ada masa kadaluarsanya ngga yah?

    Kalo ada, berapa lama masa kadaluarsanya?
     
  20. redphantom M V U

    Offline

    Superstar

    Joined:
    Mar 19, 2010
    Messages:
    19,787
    Trophy Points:
    211
    Ratings:
    +49,862 / -0
    ya kalo ga cukup di 25 berarti emang kudu 50
    ya ikutin aja harga blok mesin ga murah bang, indenya susah pula :sigh:

    ada koq om, ini temen saya oversize 25,
    saya udah 100,
    kenalan saya, anak bengkel malah ada yang 175 (motornya tiger)


    katanya tiger malah bisa ampe 225
    :haha:


    kalo saya lebih milih panther grand touring
    soalnya selama ini belum ada yang ngalahin ketangguhan mesin dieselnya panther


    cmiiw

    kaga ada,
    selama ketebalan masih sesuai dengan angka mimlimeter yang tertulis di bagian samping piringan ( kalo ori biasanya ada tulisannya, sekitar 3,5mm)
    berarti masih aman dan layak digunakan

    yah dikira2 aja tu piringan udah tipis apa belum, karatan apa ga,
    kalo waktu ga masuk hitungan
     
  21. bighendz Veteran

    Offline

    Post Hunter

    Joined:
    Mar 21, 2010
    Messages:
    2,147
    Trophy Points:
    266
    Ratings:
    +12,664 / -0
    Kalau kampas sama disc brake tuh beda liatnya.
    kalau kampas itu tergantung merknya juga. yang terpenting cari yang bebas asbes.
    kalau masa kedaluarsa sih ngga ada , cuma kalau kampas imitasi , kadang suka bikin baret kasar di disc brakenya.
    bahkan bisa sampai leleh di disc brakenya pas di pakai ngerem di kecepatan tinggi :iii:
    kalau udah leleh , ya harus siapin kertas gosok 1 truk :garing:
    kalau ngga bisa siapin palu juga , terus beli disc baru :hehe:

    Innova dieset dong :unyil:
    mesinnya kan baru :hehe:
     
Thread Status:
Not open for further replies.

About Forum IDWS

IDWS, dari kami yang terbaik-untuk kamu-kamu (the best from us to you) yang lebih dikenal dengan IDWS adalah sebuah forum komunitas lokal yang berdiri sejak 15 April 2007. Dibangun sebagai sarana mediasi dengan rekan-rekan pengguna IDWS dan memberikan terbaik untuk para penduduk internet Indonesia menyajikan berbagai macam topik diskusi.