1. Hai IDWS Mania, buat kamu yang ingin bebas iklan, cek hidden post, dan fitur lain.. kamu bisa berdonasi membership Gatotkaca di sini yaa~
  2. Silahkan Login atau Register, untuk melihat konten-konten menarik lainnya.
  3. Pengen ganti nama ID atau Plat tambahan? Sekarang bisa loh! Cek infonya di sini yaa!
  4. IDWS Radio is Back! Mau ngobrol seru bareng penyiar (announcer) atau mau ikutan jadi penyiar di IDWS Radio? Mau promoin lagu indie kamu? Bisaa!.Klik info lengkapnya di sini, kuy~.
  5. Terima kasih untuk kebersamaan komunitas selama hampir 12 tahun ini. Apa pengalaman menarikmu selama di IDWS? Apa saran, kritik, dan masukan kamu untuk IDWS? Tolong sampaikan di sini yaa~ Terima kasih.
  6. Tim staff IDWS mengajak dan memberikan kesempatan IDWS Mania bergabung dalam tim staff komunitas forum IDWS nih. Klik untuk info lengkapnya yuk~
  7. Pengen belajar jadi staff forum IDWS? Sekaran kamu bisa ajuin Moderator in Trainee loh!. Intip di sini kuy~

Medicine Obat Panas Infus Lebih Stabil

Discussion in 'Intensive Health Unit' started by shinminho, Jul 21, 2010.

Thread Status:
Not open for further replies.
  1. shinminho Veteran

    Offline

    Senpai

    Joined:
    Sep 29, 2009
    Messages:
    5,166
    Trophy Points:
    267
    Ratings:
    +6,813 / -0
    OBAT penurun panas wajib ada di rumah. Bila si kecil demam, ibu akan memberikan obat penurun panas. Kalau demam tak kunjung hilang selama tiga hari, disarankan segera berobat.

    Menurut dr Erwin Astha Triyono SpPD, saat ini ada obat penurun panas yang berupa infus. Dengan begitu, dokter memiliki tambahan pilihan. Dokter bisa menggunakan obat or*l atau infus. "Ada kerugian dan manfaat terapi penurun panas melalui infus," katanya.

    Pertama, terapi dengan infus lebih stabil. Dalam hal ini, kadar obat penurun panas diberikan sesuai dengan usia dan berat badan. Jumlah pemberian obat pun stabil. Lain halnya dengan terapi obat or*l. Ada kemungkinan, minum obat tak sesuai waktunya atau jumlah obat yang diminum lebih atau kurang dosisnya.

    Manfaat lainnya, kondisi pasien cepat membaik. "Demam segera turun, pasien tak mengeluh kesakitan atau badannya capek," terang spesialis penyakit dalam dari RSUD dr Soetomo itu.

    Bila kondisi pasien membaik, misalnya suhu tubuhnya kembali normal, terapi obat penurun panas lewat infus tak dilanjutkan. "Jadi, terapi ini seperlunya. Bila tidak diperlukan, ya dihentikan," ujar Erwin.

    Namun, terapi itu tetap memiliki kerugian. Erwin mengatakan, banyak penyakit yang keluhan awalnya demam. Nah, bila tanda awal tersebut bisa diatasi, penyakit utama si pasien dapat disembuhkan. "Di sinilah pentingnya anamnesis hingga diagnosis. Dokter mesti bisa menegakkan diagnosis berdasar gejala-gejala lain yang dialami pasien," paparnya.

    Dia lantas menyebut penyakit demam berdarah (DB). Awalnya, suhu tubuh pasien tinggi selama tiga hari berturut-turut. Namun, kemudian suhu tubuhnya menurun setelah diberi obat penurun panas. Erwin mengatakan, ada gejala lain yang menjadi petunjuk khas DB. Antara lain, keluarnya bintik merah di kulit dan turunnya kadar trombosit dalam darah. Pasien DB juga mengalami mual.

    Bila perlu, dokter dapat meminta pasien menjalani pemeriksaan laboratorium. Tujuannya, menunjang diagnosis. Misalnya, pasien mengalami panas karena infeksi. Kalau pasien mengeluh sakit saat buang air kecil, ada kemungkinan dia mengalami infeksi saluran kencing. "Untuk menegakkan diagnosis, pasien disarankan periksa laboratorium dan USG perut bila perlu," ucap Erwin. (ai/c8/nda)

    sumber:jawapos
     
  2. Ramasinta Tukang Iklan





  3. 1nuy45h4 Members

    Offline

    Beginner

    Joined:
    Aug 7, 2009
    Messages:
    272
    Trophy Points:
    16
    Ratings:
    +24 / -0
    wah kalo gitu kalo ane panas, mending ke dokter aja yah bro..? :???: makasih infonya :niceinfo:
     
  4. bentyo Members

    Offline

    Silent Reader

    Joined:
    Jul 8, 2010
    Messages:
    47
    Trophy Points:
    6
    Ratings:
    +17 / -0
    Wah, kalau di daerah kota sih bisa bro, tapi kalau di perifer susah juga.Kan tenaga medis, dan prasarananya terbatas.
     
  5. zz11 Veteran

    Offline

    Rockstar

    Joined:
    Mar 11, 2009
    Messages:
    40,093
    Trophy Points:
    252
    Ratings:
    +33,259 / -0
    Yg repot nih nyari obat penurun panas yang diberikan pake infus.
    Paracetamol di Indonesia hampir semuanya tablet atau sirup atau supositoria. Ibuprofen juga kayak gitu.
     
  6. nikoankabut Members

    Offline

    Silent Reader

    Joined:
    Feb 12, 2010
    Messages:
    93
    Trophy Points:
    6
    Ratings:
    +1 / -0
    Di apotik manapun kayaknya ga ada obat panas yang berupa infus.. hmmmm
     
Thread Status:
Not open for further replies.

Share This Page

About Forum IDWS

IDWS, dari kami yang terbaik-untuk kamu-kamu (the best from us to you) yang lebih dikenal dengan IDWS adalah sebuah forum komunitas lokal yang berdiri sejak 15 April 2007. Di bangun sebagai sarana mediasi dengan rekan-rekan pengguna IDWS dan memberikan terbaik untuk para penduduk internet Indonesia menyajikan berbagai macam topik diskusi.