1. Silahkan Login atau Register, untuk melihat konten-konten menarik lainnya.
  2. Hai IDWS Mania, buat kamu yang ingin bebas iklan, cek hidden post, dan fitur lain.. kamu bisa berdonasi membership Gatotkaca di sini yaa~
  3. Pengen ganti nama ID atau Plat tambahan? Sekarang bisa loh! Cek infonya di sini yaa!
  4. Pengen belajar jadi staff forum IDWS? Sekaran kamu bisa ajuin Moderator in Trainee loh!. Intip di sini kuy~

Naluri Binatang Mulai Dijadikan Salah Satu Sistem Peringatan Dini Bencana

Discussion in 'Tengah Komunitas' started by smkosasih, Mar 23, 2011.

Thread Status:
Not open for further replies.
  1. smkosasih M V U

    Offline

    Senpai

    Joined:
    Sep 9, 2008
    Messages:
    5,341
    Trophy Points:
    177
    Gender:
    Male
    Ratings:
    +3,188 / -0
    Korea Utara menyarankan warga negaranya untuk menggunakan hewan peliharaan mereka sebagai sistem peringatan dini untuk bencana alam gempa bumi. Pengumuman ini muncul pasca terjadinya gempa bumi dan gelombang tsunami yang memporakporandakan Jepang.

    Bencana alam yang melanda Jepang cukup memberi pelajaran. Pemerintah di seluruh dunia kini berfokus pada penciptaan sistem peringatan dini yang paling efektif untuk melindungi warga dari kemungkinan terburuk bencana alam.

    [​IMG]
    Seperti diketahui, gempa bumi dan gelombang raksasa yang terjadi 11 Maret lalu di Jepang telah memakan lebih dari 18.000 orang korban jiwa.

    Meski pemerintah di Pyongyang telah mensosialisasikan kepada warga negara terkait teknologi tersebut, pemerintah melalui media tetap mendesak warga untuk memelihara hewan peliharaan. Perilaku aneh hewan peliharaan akan menjadi sistem peringatan dini yang relatif akurat.

    Harian Rodong Sinmun edisi Minggu, yaitu surat kabar milik Juche republic atau partai tunggal yang berkuasa di negara komunis itu, memperingatkan bahwa seluruh warga negara harus waspada jika melihat anjing menggonggong tak henti-henti.

    [​IMG]

    Pertanda lain adalah ketika sapi menolak untuk makan, atau kuda yang terus berputar-putar. Naluri binatang-binatang tersebut dinilai pemerintah Korea Utara lebih akurat ketimbang sistem peringatan dini lain.

    Bukti kehandalan perilaku binatang dalam memprediksi bencana gempa memang layak dipertimbangkan. Hal ini terbukti pada bencana tsunami besar sekitar 7 tahun silam.

    National Geographic melaporkan, saat terjadi bencana tsunami di Samudera Hindia di tahun 2004, banyak spesies yang selamat karena berhasil melarikan diri sebelum bencana.

    Ketika itu, dilansir nationalgeographic.com, gajah sontak berlari ke tempat yang lebih tinggi, anjing menolak keluar dari ruangan, dan burung bangau rela meninggalkan dataran rendah tempat mereka biasa berkembang biak demi keselamatan.

    [​IMG]

    "Kepercayaan bahwa binatang liar memiliki indra keenam, bahkan mungkin sebelum manusia ada, telah ada sejak ribuan abad silam," kata majalah tersebut. Diduga frekuensi rendah sinyal elektromagnetik dari perut bumi dapat ditangkap oleh hewan untuk berperilaku tidak biasa sebelum gempa bumi terjadi.

    [​IMG]

    Di samping mengandalkan kepekaan binatang peliharaan, stasiun TV Korea tetap menyiarkan serangkaian program tentang bagaimana cara mengantisipasi bencana gempa.

    Program tersebut secara detail akan menjelaskan mulai dari sirine dan lonceng darurat dibunyikan dan mengimbau warga untuk bergerak ke ruang terbuka, seperti taman kota, hingga situasi kondusif.

    sumber:
    Code:
    http://teknologi.vivanews.com/news/read/210830-naluri-binatang-jadi-sistem-peringatan-dini
     
  2. Ramasinta Tukang Iklan





  3. osidavi M V U

    Offline

    Lurking Around

    Joined:
    Jun 18, 2009
    Messages:
    1,105
    Trophy Points:
    112
    Ratings:
    +628 / -0
    akhirnya ada teknologi yg nambal kekurangan manusia, yaitu insting nya dlm merespon bencana alam, tp karena insting nya ilang, manusia malah dikaruniai akal budi oleh Yang Maha Esa
     
  4. shinobi32 M V U

    Offline

    Forza Inter!

    Joined:
    Jul 31, 2008
    Messages:
    18,338
    Trophy Points:
    242
    Gender:
    Male
    Ratings:
    +72,487 / -10
    pernah denger juga sih.
    maybe bener....
     
  5. Hktoyshop M V U

    Offline

    Superstar

    Joined:
    Sep 19, 2008
    Messages:
    14,785
    Trophy Points:
    161
    Ratings:
    +3,918 / -0
    ijin nyimak dulu gan........
     
  6. Gedwing M V U

    Offline

    Beginner

    Joined:
    Jan 18, 2009
    Messages:
    332
    Trophy Points:
    41
    Ratings:
    +217 / -0
    boleh juga pake sistem itu. Hewan lebih baik dalam hal insting
     
  7. satrianiboys M V U

    Offline

    Lurking Around

    Joined:
    Jul 25, 2010
    Messages:
    838
    Trophy Points:
    0
    Ratings:
    +2,556 / -0
    emang bener, cuma masalahnya kita dalam mengartikan tanda2 binatang itu, rada susah juga kan..
     
  8. Inesu Veteran

    Offline

    Post Hunter

    Joined:
    Feb 6, 2010
    Messages:
    4,845
    Trophy Points:
    221
    Ratings:
    +61,343 / -0
    Kyknya Indo juga harus belajar dari negara-negara lain soal penanganan bencana alam.. soalnya kan Indo sering banget terkena bencana alam...
     
  9. mu_kun Regional Leader

    Offline

    Post Hunter

    Joined:
    Apr 17, 2010
    Messages:
    4,029
    Trophy Points:
    211
    Ratings:
    +244,435 / -0
    wah, baru ini, teknologi yang memanfaatkan binatang :haha:

    :bingung: dengan kata-kata sendiri.

    biasanya sih kalau sudah mau ada bencana, binatang itu pasti menjauh dari tempat dia berada sekarang

    nah dibantu dengan teknologi canggih, bisa aja ketahuan kan bencananya beneran mau datang atau gak
     
  10. dark_chris M V U

    Offline

    Post Hunter

    Joined:
    Jul 22, 2008
    Messages:
    2,108
    Trophy Points:
    177
    Gender:
    Male
    Ratings:
    +4,081 / -0
    itu benar..

    naluri binatang itu luar biasa, melebih dari teknologi manapun....
     
  11. beely061289 M V U

    Offline

    Lurking Around

    Joined:
    Mar 9, 2010
    Messages:
    1,708
    Trophy Points:
    126
    Ratings:
    +369 / -0
    Betul2...
    NAluri binatang lebih baik...
    Soalnya kan mereka berinteraksi dengan alam..
    Kl ada yg ga beres pasti mereka ngerasain itu...
     
  12. kampredh M V U

    Offline

    Lurking Around

    Joined:
    Sep 11, 2009
    Messages:
    590
    Trophy Points:
    71
    Ratings:
    +13 / -0
    hewan emang lebih mengerti alam daripada manusia
    makanya, pelihara binatang sono!
     
  13. yoshikanji Veteran

    Offline

    Superstar

    Joined:
    Dec 18, 2009
    Messages:
    18,454
    Trophy Points:
    266
    Ratings:
    +38,463 / -0
    lbih murah menggunakan sensor alam :top:
     
    • Like Like x 1
    • Thanks Thanks x 1
  14. rambo3 M V U

    Offline

    Lurking Around

    Joined:
    Jul 13, 2009
    Messages:
    1,042
    Trophy Points:
    76
    Ratings:
    +31 / -0
    jadi penasaran kaya apa teknologinya ntar
     
  15. lockmote M V U

    Offline

    Lurking Around

    Joined:
    Jun 2, 2010
    Messages:
    627
    Trophy Points:
    107
    Ratings:
    +3,130 / -0
    naluri binatang emank hebad
    kek klo lagi malem" anjing tiba" menggong" gt
    biasa na pertanda klo ada na hantu
    di luar c mngkn bs nerapin sistem ini
    klo di indo kek na kurang merespon bwt hal ginian . zzz
     
  16. ovanGNS M V U

    Offline

    Lurking Around

    Joined:
    Aug 22, 2010
    Messages:
    571
    Trophy Points:
    56
    Ratings:
    +23 / -0
    :niceinfo:
    naluri binatang emang lebih peka daripada mesin
    selain itu juga ga makan biaya banyak
     
  17. andimastrak M V U

    Offline

    Lurking Around

    Joined:
    Apr 3, 2009
    Messages:
    541
    Trophy Points:
    91
    Ratings:
    +253 / -0
    yupz, betul sekali,

    naluri binatang bisa di bilang lebih dapat di percaya.... :top:

    kaya binatang yang turun gunung kalo gunung mau meletus :top:
     
  18. amado M V U

    Offline

    Joined:
    Nov 20, 2009
    Messages:
    7,723
    Trophy Points:
    192
    Gender:
    Male
    Ratings:
    +4,014 / -0
    :niceinfo: idenya memang bagus memanfaatkan naluri binatang sebagai peringatan dini bencana alam. yang penting binatangnya jangan sampai dieksploitasi:awas:
    nanti kalo para binatang mogok insting gimana?:panda:
     
  19. iodakon M V U

    Offline

    Lurking Around

    Joined:
    Oct 17, 2009
    Messages:
    518
    Trophy Points:
    71
    Ratings:
    +37 / -0
    biasanya yg tau dulu klo ada bencana itu burung ya:???:mungkin krn pandangan mereka luas
     
  20. takazo M V U

    Offline

    Lurking Around

    Joined:
    Apr 13, 2011
    Messages:
    532
    Trophy Points:
    71
    Ratings:
    +13 / -0
    Betul banget nih...
    Memang naluri Binatang Tajam
     
  21. keiyakufever M V U

    Offline

    Senpai

    Joined:
    Apr 26, 2011
    Messages:
    7,409
    Trophy Points:
    212
    Gender:
    Male
    Ratings:
    +71,873 / -0
    :niceinfo: gan apa mungkin kita pelihara gajah aja ya gan :hahai:
     
Thread Status:
Not open for further replies.

Share This Page

About Forum IDWS

IDWS, dari kami yang terbaik-untuk kamu-kamu (the best from us to you) yang lebih dikenal dengan IDWS adalah sebuah forum komunitas lokal yang berdiri sejak 15 April 2007. Dibangun sebagai sarana mediasi dengan rekan-rekan pengguna IDWS dan memberikan terbaik untuk para penduduk internet Indonesia menyajikan berbagai macam topik diskusi.