1. Silahkan Login atau Register, untuk melihat konten-konten menarik lainnya.
  2. Demi realisasi bukber NO PHP, yuk cek "Buka Bersama CBox IDWS: Berbukalah Dengan Yang Manis". Cus buruan kontak CP buat pesan posisi yak gaes.
  3. Eh, eh.. IDWS punya kebijakan baru dan Moderator in Trainee baru loh!. Intip di sini kuy!
  4. Suka baca buku? Tuangkan pengalaman baca kamu dalam Event Review Buku, Kuy~ Cek infonya di sini yaa!
  5. Registrasi Eat Poop You Cat #14 Telah Dibuka! Yuk Ikutan You Laugh, You Lose! Buruan Registrasi 22 Mei - 28 Mei 2018 pukul 17.00 WIB , Max 18 Peserta Yaaak~
  6. Hai IDWS Mania, membership gatotkaca telah hadir kembali lho, kalau mau info lebih lanjut klik di sini
    Dismiss Notice
  7. Indowebster membuka kesempatan bagi kamu-kamu yang berminat untuk melamar menjadi moderator Zona Movies and TV Series. Open Recruitment Moderator Zona MTV (SF Movies, TV Shows, Profile, Fansubs & Encoders, Movie Maker)
    Dismiss Notice
  8. Mau bergabung dan mengembangkan forum Female Insight Indowebster? Daftar diri kamu menjadi moderator Female Insight! Informasi lebih lengkap, buka link ini
    Dismiss Notice

Mobil Murah: Berapa Harga Mobil yang Sebenarnya Bisa Anda Beli?

Discussion in 'Money Talks' started by finansialku_com, May 25, 2017.

  1. finansialku_com Members

    Offline

    Beginner

    Joined:
    Mar 4, 2017
    Messages:
    204
    Trophy Points:
    16
    Gender:
    Male
    Ratings:
    +3 / -0
    [​IMG]

    Ingin membeli mobil? Apakah kondisi finansial Anda sudah mendukung untuk Anda memiliki mobil? Lebih baik mobil bekas atau mobil baru? Cara pembayarannya cash atau kredit? Simak ulasannya berikut ini dari Tim Finansialku bagi Anda yang berinat untuk membeli mobil. Selamat membaca!

    [​IMG]

    Beli Mobil – Butuh atau Gengsi?

    Bagi Anda yang berusia antara 25-35, Anda sedang berada di usia produktif dengan berbagai kebutuhan diantaranya kebutuhan pernikahan, keluarga dan juga kendaraan. Kali ini Tim Finansiaku akan membahas mengenai harga kendaraan dalam hal ini adalah mobil.

    Mobil seperti apakah yang harus dibeli dan dengan harga berapakah yang harus dikeluarkan dengan gaji yang Anda miliki saat ini serta cara pembayaran seperti apakah yang sebenarnya menguntungkan?

    Sebelum menjawab berbagai pertanyaan yang lebih mendalam, alangkah baiknya jika Anda menjawab pertanyaan berikut ini sebelum membeli sebuah mobil yang Anda inginkan. Pertanyaannya adalah, seberapa pentingkan mobil bagi Anda, apakah menunjang kebutuhan Anda sehari-hari, apakah mobil digunakan untuk kepentingan pekerjaan Anda atau hanya sekedar gensi belaka dan keinginan semata untuk memiliki mobil?

    [​IMG]

    Tidak perlu gengsi dan memaksakan diri untuk memiliki sebuah mobil karena Anda tetap harus memikirkan berbagai kebutuhan sehari-hari sebelum Anda membeli sebuah mobil.

    Faktor utama dari kepemilikan sebuah kendaraan berupa mobil adalah seberapa penting mobil tersebut untuk menunjang kehidupan Anda. Apabila mobil yang Anda beli adalah untuk menunjang pekerjaan Anda dan malahan menambah keuntungan finansial Anda, tentu saja sangat disarankan untuk membeli mobil dan Anda sampai kepada pertanyaan berikutnya, yaitu apakah finansial Anda mencukupi?

    Perhitungkan dengan Cermat

    Mobil seperti apakah yang akan Anda beli, apakah mobil baru atau bekas. Tentu saja kalau mobil baru, fasilitas yang diberikan juga tidak perlu diragukan karena barang masih baru. Berbeda dengan mobil bekas karena perlu kecermatan dan pertimbangan yang matang dalam memilih mobil yang masih tetap oke dan tidak rewel dalam pembiayaannya kelak. Mengenai harga, sudah pasti untuk mobil yang bekas cenderung lebih murah dan harganya miring.

    Perhatikan hal ini! Apabila Anda sudah memperhitungkan dengan cermat untuk menyisihkan 30% dari penghasilan Anda (minimal penghasilan Rp10 juta/bulan) untuk cicilan bulanan, dan tentu saja tidak mengganggu pos pengeluaran yang lain, Anda dapat mempertimbangkan untuk meng-kredit mobil baru.

    [​IMG]

    Perhatikan Kelebihan dan Kekurangan Kredit Mobil Bekas/Baru

    Kelebihan:
    • Adanya keuntungan non finansial yang didapat, seperti keluarga baru yang dikaruniai anak. Kebutuhan akan mobil diperlukan.
    • Anda dapat mengatur dan mengalokasikan pengeluaran rutin bulanan yang ada, sepanjang masih dalam batas 30% (termasuk cicilan lain) dari total pemasukan bulanan kamu.
    • Apabila ada kebutuhan lain yang sifatnya mendesak,, sisa uang cash yang kita punya bisa kita gunakan untuk keperluan lain terlebih dahulu.
    Kekurangan:
    • Harga riil mobil turun, dan jatuhnya lebih mahal, sementara kita menanggung beban total cicilan sampai lunas, dan apabila terlambat dalam mencicil, maka akan dikenai penalty atau bunga tambahan, atau bahkan mobil itu bisa disita apabila terlambat membayar lebih dari tiga kali.
    • Kalau Anda tidak bisa melunasi cicilan, biasanya ada 2 pilihan, mobil akan ditarik oleh dealer dan dijual lagi, jika laku lebih tinggi maka uangnya akan dikembalikan, atau yang kedua Anda yang harus mengusahakan untuk menjual mobil tersebut untuk melunasi total kekurangan cicilan beserta bunganya.
    • Meningkatnya beban pengeluaran bulanan untuk membayar cicilan kredit mobil.
    [​IMG]

    Simulasi Kredit Mobil

    Misalnya Anda ingin membeli mobil seharga Rp150 juta dengan kredit selama 3 tahun ditambah bunga 7% per tahun. Dengan demikian, menurut Surat Edaran Ekstern Nomor 14/10/DPNP dari Bank Indonesia, uang muka yang harus Anda siapkan adalah minimal 30% yaitu Rp50 juta. Dengan uang muka sebesar Rp50 juta, maka cicilan per bulan yang harus Anda keluarkan adalah sekitar Rp3,4 juta

    Rinciannya sebagai berikut:

    Harga mobil : Rp 150.000.000
    Jangka waktu kredit mobil : 3 tahun (36 bulan)
    Suku bunga/tahun : 7% per tahun
    Uang muka : Rp50.000.000
    Cicilan/bulan : Rp3.360.000
    Total Cicilan (36 bulan) : Rp120.960.000
    Biaya administrasi (estimasi) : Rp5.000.000
    Total pembelian mobil secara kredit (DP+Administrasi+Cicilan) : Rp.175.960.000

    Dari simulasi di atas, maka dapat disimpulkan bahwa total uang yang akan Anda keluarkan selama 3 tahun kira-kira Rp176 juta. Anda perlu menyadari bahwa alam waktu 3 tahun mendatang, mobil tersebut akan mengalami depresiasi mungkin harganya bisa menjadi Rp120 juta.

    Kasarnya, Anda mengalami kerugian kira-kira sebesar Rp55 juta. Ilustrasi diatas sebagai gambaran dan menegaskan bahwa mobil bukanlah alat investasi! lain halnya apabila Anda berniat untuk memanfaatkan mobil tersebut untuk tujuan bisnis.

    Selain itu, Anda juga harus mempertimbangkan apakah Anda perlu menggunakan asuransi bagi mobil Anda tersebut atau tidak. Tim Finansialku juga telah memaparkan pentingnya asuransi mobil dan bagiamana memilih asuransi untuk mobil Anda tersebut.

    [​IMG]

    Berikut ini beberapa persyaratan yang perlu Anda siapkan untuk mengajukan kredit mobil:
    • KTP sebagai pemohon & Penjamin (bisa suami & istri/anak & ke 2 orang tua jika belum berumah tangga)
      Kartu keluarga & NPWP
    • Bukti kepemilikan rumah (PBB/AJB/SERTIFIKAT) jika rumah bukan milik pribadi (rumah sewa atau rumah mess) lampirkan surat penyewaan atau surat penempatan dari kantor.
    • Fotokopi buku tabungan 3 bulan terakhir.
    • Surat keterangan penghasilan (slip gaji jika pegawai, karyawan, PNS, dan lain-lain)
    • Surat izin/keterangan usaha/SIUP (jika wiraswasta/usaha sendiri)

    Tetapkan Standar Prioritas

    Tentukan dengan cermat sebelum membeli mobil. Dahukulan kepentingan rutin dan yang mendesak. Selamat membeli mobil bagi Anda yang sudah memiliki perencanaan dan pertimbangan yang matang.


    Bagikan pengalaman Anda ketika memutuskan untuk membeli mobil baru atau mobil bekas dan cara pembayaran yang Anda lakukan melalui kolom yang tersedia di bawah ini dan jangan lupa untuk membagikan berbagai informasi mengenai artikel Finansialku kepada rekan-rekan Anda. Terima kasih!


    Sumber:
    Mobil Murah: Berapa Harga Mobil yang Sebenarnya Bisa Anda Beli?

    Baca Juga:
    Asuransi Mobil, beli ga ya?
    Pilih yang Mana: Asuransi Mobil TLO atau All Risk?
    Jangan Pusing Memilih Asuransi Mobil Bekas Terbaik
    Anda Pemilik Mobil, Ketahui Cara Klaim Asuransi Mobil Korban Banjir


    [​IMG]

    Tentang Finansialku:
    Finansialku.com adalah portal perencanaan keuangan individu dan keluarga. Kunjungi kami di:
    Website: Finansialku.com
    Facebook: @Finansialku
    Twitter: @Finansialku
    Google+: +Finansialku
     

Share This Page

About Forum IDWS

IDWS, dari kami yang terbaik-untuk kamu-kamu (the best from us to you) yang lebih dikenal dengan IDWS adalah sebuah forum komunitas lokal yang berdiri sejak 15 April 2007. Di bangun sebagai sarana mediasi dengan rekan-rekan pengguna IDWS dan memberikan terbaik untuk para penduduk internet Indonesia menyajikan berbagai macam topik diskusi.