1. Hai IDWS Mania, membership gatotkaca telah hadir kembali lho, kalau mau info lebih lanjut klik di sini
  2. Silahkan Login atau Register, untuk melihat konten-konten menarik lainnya.
  3. Jangan rindu, ini berat, kau tak akan kuat, biar aku saja. Cek info libur
    Dismiss Notice
  4. Eh, eh.. IDWS punya kebijakan baru dan Moderator in Trainee baru loh!. Intip di sini kuy!
  5. Suka baca buku? Tuangkan pengalaman baca kamu dalam Event Review Buku, Kuy~ Cek infonya di sini yaa!
  6. Mau kasih kado lebaran buat yang terkasih? Yuk ikuti event Kado Hari Raya Untuk Perempuan! Ada gamis & khimar gratis buat kado kamu loh~
  7. Indowebster membuka kesempatan bagi kamu-kamu yang berminat untuk melamar menjadi moderator Zona Movies and TV Series. Open Recruitment Moderator Zona MTV (SF Movies, TV Shows, Profile, Fansubs & Encoders, Movie Maker)
    Dismiss Notice
  8. Mau bergabung dan mengembangkan forum Female Insight Indowebster? Daftar diri kamu menjadi moderator Female Insight! Informasi lebih lengkap, buka link ini
    Dismiss Notice

Other Misteri Men In Black, Siapakah Mereka Sebenarnya?

Discussion in 'Science and Technology' started by march37, Jul 28, 2011.

Thread Status:
Not open for further replies.
  1. march37 Members

    Offline

    Joined:
    Jul 5, 2011
    Messages:
    6
    Trophy Points:
    6
    Ratings:
    +68 / -0
    Sejak sekitar 50 tahun lalu, para saksi mata penampakan UFO mengaku didatangi oleh pria-pria misterius berbaju hitam yang meminta mereka untuk tidak menceritakan pengalaman mereka. Pria-pria misterius ini disebut Men In Black.

    Sejarah Men In Black

    Kisah Men In Black muncul ke permukaan lewat sebuah buku yang dipublikasikan pada tahun 1956 berjudul "They Knew Too Much About Flying Saucers" oleh Gray Barker.

    Barker adalah seorang penduduk Braxton county yang kemudian menjadi tertarik dengan fenomena UFO dan mulai mengumpulkan informasi-informasi yang berkaitan dengan ufo.

    [​IMG]


    Lalu kisah Men In Black kembali dipopulerkan oleh Albert Bender pada tahun 1962 lewat sebuah buku berjudul "Flying Saucers and the three men". Bender adalah teman dari Gray Barker yang juga pengelola majalah Fate Magazine.

    27 tahun kemudian, Barker kembali menulis kisah mengenai Men In Black lewat sebuah buku berjudul "M.I.B : The secret terror among us" yang diterbitkan tahun 1983. Kedua orang ini dianggap sebagai orang yang paling bertanggung jawab dalam penyebaran legenda Men In Black.



    Deskripsi Men In Black

    Dalam buku-buku yang diterbitkan oleh Barker dan Bender, Men In Black atau secara populer disebut MIB dideskripsikan sebagai pria berbaju hitam yang selalu mengunjungi para saksi penampakan UFO dan mengancam mereka untuk tutup mulut mengenai pengalaman mereka. Mereka juga umumnya menggunakan kacamata hitam dan mobil besar yang juga berwarna hitam.

    [​IMG]


    MIB juga disebut memiliki bentuk wajah yang tidak biasa. Mereka sepertinya memiliki informasi detail mengenai perjumpaan para saksi dengan UFO, seakan-akan mereka telah menguntit para saksi cukup lama.

    Kadang pria-pria misterius ini mengaku dari badan pemerintahan yang sedang mengumpulkan informasi mengenai fenomena yang tidak terjelaskan. Mereka juga seringkali meyakinkan para saksi yang dikunjungi bahwa objek aneh yang dilihat sesungguhnya tidak ada atau hanya halusinasi.



    Sejarah perjumpaan Men In Black

    Perjumpaan pertama dengan Men in Black yang diketahui terjadi pada tahun 1947. Saat itu, seorang petugas pelabuhan bernama Harold A.Dahl menyaksikan sebuah UFO di atas perairan Puget Sound, Washington.

    Kemudian sebuah pecahan dari ufo tersebut jatuh ke kapalnya dan membunuh anjing milik Dahl. Beberapa waktu setelah perjumpaan itu, seorang pria dengan pakaian hitam mengunjungi Dahl dan memaksanya untuk tidak mendiskusikan penampakan itu dengan siapapun.

    Lalu, pada tahun 1953, Albert Bender yang sedang giat-giatnya melakukan penelitian mengenai ufo mengaku kalau tiga pria misterius mengunjunginya dan memperingatinya untuk tidak meneruskan penelitiannya.

    Kisah Bender inilah yang kemudian menjadi dasar penulisan buku Gray Barker "They Knew Too Much about Flying Saucers".

    Pada tahun-tahun berikutnya, masih ada beberapa laporan lagi yang sepertinya agak sukar untuk dikonfirmasi validitasnya. Namun pada masa itu kisah Men In Black telah menjadi sangat populer.



    Teori-Teori Men In Black

    Dari banyak teori yang berkembang mengenai identitas Men In Black, paling tidak ada empat teori yang paling sering disebut, yaitu :


    1. Alien

    Beberapa ufolog percaya bahwa MIB sesungguhnya adalah alien, atau paling tidak android (manusia robot) yang dikendalikan langsung oleh alien. Mereka diutus ke bumi untuk membantu menjaga kerahasiaan aktivitas alien di bumi.

    Teori ini diperkuat dengan kenyataan bahwa dalam beberapa kesempatan MIB terlihat canggung dan asing dengan norma-norma yang biasa dilakukan oleh manusia, seperti gurauan atau idiom sehari-hari.

    Lalu para MIB disebut berbicara dengan nada-nada yang kaku seperti diatur. Bahkan ada saksi yang mengatakan bahwa tiga pria MIB yang mengunjunginya memiliki wajah mirip.


    2. Kunjungan Iblis

    Herannya, teori yang mistik ini justru diajukan oleh para peneliti UFO sendiri seperti John Keel. Menurutnya ada kesamaan antara laporan kunjungan MIB dengan kisah perjumpaan dengan iblis di masa lampau.

    Keel menyatakan kemungkinan bahwa MIB adalah manifestasi modern dari penampakan iblis di masa lampau. Peter Rojcewicz, seorang ahli kisah-kisah rakyat setuju dengan pendapat ini.

    Bagi mereka yang mempercayai teori ini, tentu saja mereka juga harus percaya bahwa keseluruhan aktifitas UFO adalah aktifitas dari iblis.


    3. Badan pemerintah, Militer atau CIA

    Mengenai MIB, seorang penulis bernama Bill Moore mengatakan bahwa MIB ini sesungguhnya adalah agen pemerintah yang berasal dari unit intelijen angkatan udara Amerika Serikat yang disebut Air Force Special Activities Center (AFSAC). Markas unit ini dipercaya berada di Belfour, Virginia.

    Namun Moore mengatakan bahwa AFSAC justru terinspirasi dengan laporan MIB tahun 1950-an sehingga mereka tidak bisa dikaitkan dengan kunjungan MIB sebelum tahun itu.

    Teori bahwa MIB ini adalah badan pemerintah, apakah AFSAC atau bukan, sepertinya juga dikonfirmasi oleh beberapa petunjuk.

    Misalnya pada tahun 1953, CIA mendirikan panel Robertson yang tujuannya adalah untuk meneliti fenomena UFO, terutama di wilayah Washington. Dan salah satu metodenya adalah memata-matai para peneliti UFO independen. Tak lama setelah itu, laporan kunjungan MIB muncul.

    Satu lagi yang membuat teori ini masuk akal adalah beberapa badan pemerintah Amerika Serikat seperti FBI mengharuskan karyawannya menggunakan jas berwarna hitam dalam bertugas.

    Walaupun tiga teori di atas sepertinya memiliki argumen yang cukup masuk akal, namun ada pertanyaan yang sangat besar masih menggantung. Mengapa hanya segelintir saksi penampakan UFO yang mendapat kunjungan MIB? Bagaimana dengan saksi lainnya?


    4. Hoax

    Dalam sebuah artikel yang berjudul "Gray Barker : My Friend, the Myth-Maker", John C. Sherwood mengungkapkan bahwa pada saat ia berumur 18 tahun, ia setuju untuk bekerjasama dengan Gray Barker untuk menciptakan sebuah hoax mengenai "blackmen", yaitu tiga penghuni ufo yang membunuh "Dr.Richard Pratt", yang diperankan oleh Sherwood sendiri.

    Sepertinya tulisan Sherwood dikonfirmasi oleh para peneliti ufo lainnya seperti John Keel yang menemukan banyak kejanggalan pada kisah Gray Barker. Jika Barker benar-benar mengarang kisah mengenai Men In Black, maka dipastikan seluruh legenda MIB memang sebuah hoax.



    Men In Black - Kesimpulan

    Jika kalian mencoba untuk mencari kisah perjumpaan mengenai Men In Black di google, maka kalian akan kesulitan karena selalu dibawa ke situs film Men In Black. Kisah Men In Black sepertinya memang sangat sukar dikonfirmasi kebenarannya.

    Karena itu, kemungkinan besar kisah Men In Black memang hanyalah sebuah fantasi karangan Barker dan Bender. Buku-buku yang ditulis oleh kedua orang tersebut sangat populer pada masa itu sehingga orang-orang cenderung menjadi paranoia.

    Jika MIB adalah benar-benar badan rahasia pemerintah atau alien yang berusaha menyembunyikan aktifitas UFO, maka kembali lagi ke pertanyaan di atas, mengapa hanya segelintir saksi yang mendapatkan kunjungan diantara ribuan penampakan UFO lainnya?


    Sumber: xfile-enigma.blogspot.com
     
    • Thanks Thanks x 4
    Last edited: Jul 28, 2011
  2. Ramasinta Tukang Iklan





  3. dayoun M V U

    Offline

    Lurking Around

    Joined:
    Jun 12, 2010
    Messages:
    975
    Trophy Points:
    176
    Ratings:
    +6,763 / -0
    Adakah hubunganya dengan film yang ditayangkan di televisi itu gan???

    "MEN IN BLACK"
     
  4. Rick_hardner M V U

    Offline

    Lurking Around

    Joined:
    Nov 10, 2009
    Messages:
    1,867
    Trophy Points:
    132
    Ratings:
    +1,803 / -0
    gw lebih percaya ke nomor 3 :iii:
     
  5. Double_DecaKiva_DenBlades M V U

    Offline

    Superstar

    Joined:
    Sep 14, 2009
    Messages:
    17,534
    Trophy Points:
    227
    Ratings:
    +36,791 / -0
    lebih condong ke nomor 3 :iii:,agen intelijen AS yang tugasnya nutup2 in kejadian "alien" supaya gak ada orang/negara lain yang tahu:iii:
     
  6. zz11 Veteran

    Offline

    Rockstar

    Joined:
    Mar 11, 2009
    Messages:
    40,109
    Trophy Points:
    252
    Ratings:
    +33,237 / -0
    Teori yg banyak dipercaya kan yang itu merupakan inteligen USA.
    Abis penampilannya mirip sama yg di film2 detektif dan misteri gitu... Jadi kesannya ya seperti itu.
     
  7. Alovera M V U

    Offline

    Lurking Around

    Joined:
    Jan 18, 2010
    Messages:
    655
    Trophy Points:
    107
    Gender:
    Male
    Ratings:
    +1,574 / -0
    Kalau sampai saat ini gw sih mikirnya itu cuma hoax....Mereka ini tokoh ilusi yang diciptakan seiring dengan adanya khayalan manusia tentang alien....

    Just IMO...
     
  8. lionassofheaven Members

    Offline

    Beginner

    Joined:
    Sep 7, 2010
    Messages:
    207
    Trophy Points:
    16
    Ratings:
    +0 / -0
    klo menurut ane emang lebih cenderung ke arah hoax..... tapi emang dibuat seakan2 ada apalagi klo masalah yang menyangkut alien tu kan banyak peminatnya.......
     
  9. kentungtambun Members

    Offline

    Beginner

    Joined:
    Jan 24, 2011
    Messages:
    271
    Trophy Points:
    41
    Ratings:
    +1,181 / -0
    yup, lebih masuk akal dibanding opsi2 yang lain....
     
  10. adi_bayumi M V U

    Offline

    Lurking Around

    Joined:
    Apr 21, 2011
    Messages:
    1,756
    Trophy Points:
    111
    Ratings:
    +1,554 / -0
    ane lebih suka kemungkinan ke 4....
    soalnya ini mengarah ke cerita fiksi....
    sama kaya Rambo...
    ini sih IMO
     
  11. ivonivon Members

    Offline

    Silent Reader

    Joined:
    Nov 17, 2009
    Messages:
    188
    Trophy Points:
    16
    Ratings:
    +191 / -0
    itu kalau di amrik disebut secret service gan.
    ane pernah nonton di national geographic.
     
  12. thanatosarya Members

    Offline

    Silent Reader

    Joined:
    Aug 7, 2009
    Messages:
    60
    Trophy Points:
    21
    Ratings:
    +21 / -0
    Kemaren w didatengin Men in Black, tapi bukan bajunya melainkan kulitnya. :D
     
  13. a_l_d_i_e Members

    Offline

    Silent Reader

    Joined:
    Sep 20, 2010
    Messages:
    111
    Trophy Points:
    36
    Ratings:
    +719 / -2
    Pantesan HOLYYWOOD bkin Film MIB mungkn dari sini pertanya kaliya???
    Tapi Mungkin MIB itu bener ada? :bingung:
     
  14. Chikaerna M V U

    Offline

    Lurking Around

    Joined:
    Jul 20, 2011
    Messages:
    509
    Trophy Points:
    16
    Ratings:
    +7 / -0
    kayakna yang lebih masuk akal yang no 3..
    amerika pengen memonopoli alien..
     
  15. synx7 Members

    Offline

    Beginner

    Joined:
    Feb 20, 2009
    Messages:
    260
    Trophy Points:
    16
    Ratings:
    +2 / -0
    Berarti satu - satu nya cara untuk membuktikan apakah benar' ada men in black ato tidak,

    Harus melihat serta meneliti secara langsung tentang efek dan fenomena alien / ufo
     
  16. slipknot_1303 Members

    Offline

    Silent Reader

    Joined:
    Oct 1, 2009
    Messages:
    119
    Trophy Points:
    32
    Ratings:
    +28 / -0
    kemungkinan besar sih hoax, biar bukunya laris kali gan :beer:
     
Thread Status:
Not open for further replies.

Share This Page

About Forum IDWS

IDWS, dari kami yang terbaik-untuk kamu-kamu (the best from us to you) yang lebih dikenal dengan IDWS adalah sebuah forum komunitas lokal yang berdiri sejak 15 April 2007. Di bangun sebagai sarana mediasi dengan rekan-rekan pengguna IDWS dan memberikan terbaik untuk para penduduk internet Indonesia menyajikan berbagai macam topik diskusi.