1. Hai IDWS Mania, buat kamu yang ingin bebas iklan, cek hidden post, dan fitur lain.. kamu bisa berdonasi membership Gatotkaca di sini yaa~
  2. Silahkan Login atau Register, untuk melihat konten-konten menarik lainnya.
  3. Pengen ganti nama ID atau Plat tambahan? Sekarang bisa loh! Cek infonya di sini yaa!
  4. IDWS Radio is Back! Mau ngobrol seru bareng penyiar (announcer) atau mau ikutan jadi penyiar di IDWS Radio? Mau promoin lagu indie kamu? Bisaa!.Klik info lengkapnya di sini, kuy~.
  5. Terima kasih untuk kebersamaan komunitas selama hampir 12 tahun ini. Apa pengalaman menarikmu selama di IDWS? Apa saran, kritik, dan masukan kamu untuk IDWS? Tolong sampaikan di sini yaa~ Terima kasih.
  6. Dismiss Notice
  7. Tim staff IDWS mengajak dan memberikan kesempatan IDWS Mania bergabung dalam tim staff komunitas forum IDWS nih. Klik untuk info lengkapnya yuk~
  8. Pengen belajar jadi staff forum IDWS? Sekaran kamu bisa ajuin Moderator in Trainee loh!. Intip di sini kuy~

Misteri Lagu "BOHEMIAN RHAPSODY"

Discussion in 'Tengah Komunitas' started by flaura, Mar 18, 2010.

Thread Status:
Not open for further replies.
  1. flaura M V U

    Offline

    Beginner

    Joined:
    Aug 22, 2009
    Messages:
    241
    Trophy Points:
    126
    Ratings:
    +4,309 / -0
    [​IMG]
    Is this the real life?
    Is this just fantasy?
    Caught in a landslide
    No escape from reality
    Open your eyes
    Look up to the skies and see
    I'm just a poor boy (Poor boy)
    I need no sympathy
    Because I'm easy come, easy go
    Little high, little low
    Any way the wind blows
    Doesn't really matter to me, to me

    Mama just killed a man
    Put a gun against his head
    Pulled my trigger, now he's dead
    Mama, life has just begun
    But now I've gone and thrown it all away
    Mama, ooh
    Didn't mean to make you cry
    If I'm not back again this time tomorrow
    Carry on, carry on as if nothing really matters

    Too late, my time has come
    Sends shivers down my spine
    Body's aching all the time
    Goodbye, everybody
    I've got to go
    Gotta leave you all behind and face the truth
    Mama, oooooooh (Anyway the wind blows)
    I don't want to die
    Sometimes wish I'd never been born at all

    [Guitar Solo]

    I see a little silhouetto of a man
    Scaramouch, Scaramouch, will you do the Fandango
    Thunderbolt and lightning, very, very frightening me
    (Galileo) Galileo (Galileo) Galileo, Galileo Figaro
    Magnifico-o-o-o-o
    I'm just a poor boy nobody loves me
    He's just a poor boy from a poor family
    Spare him his life from this monstrosity

    Easy come, easy go, will you let me go?
    Bismillah! No, we will not let you go
    Let him go
    Bismillah! We will not let you go
    Let him go
    Bismillah! We will not let you go
    Let me go (Will not let you go)
    Let me go (Will not let you go) (Never, never, never, never)
    Let me go, o, o, o, o
    No, no, no, no, no, no, no
    (Oh mama mia, mama mia) Mama Mia, let me go
    Beelzebub has the devil put aside for me, for me, for me!

    So you think you can stone me and spit in my eye
    So you think you can love me and leave me to die
    Oh, baby, can't do this to me, baby
    Just gotta get out, just gotta get right outta here

    [Guitar Solo]
    (Oooh yeah, Oooh yeah)

    Nothing really matters
    Anyone can see
    Nothing really matters
    Nothing really matters to me

    Any way the wind blows...​


    Siapa yang gak kenal : Bohemian Rhapsody ..? Lagu yang pernah dinobatkan sebagai Lagu Rock Epic Terbaik Sepanjang Masa oleh majalah musik Mojo edisi April 2004. Bahkan menurut penelitian Guinness World Records tahun 2002 pada 31.000 responden, Bohemian Rhapsody adalah lagu terfavorit di UK. Lalu bagaimana pendapat anda, tentang lagu Bohemian Rhapsody?

    Perdebatan tentang penafsiran lirik lagunya sebenarnya muncul dari keengganan Freddie Mercury (Farrokh Bulsara) untuk memberi penjelasan tentang hal itu. Padahal jika disimak baik2, lirik2 yang terkandung di dalamnya seolah kurang bersambung antara kalimat satu dengan yang lain, hingga wajar ada yang menyebut bahwa liriknya hanya menyesuaikan dengan musik yang sudah tercipta (meski sejarah terciptanya komposisi nada lagu ini banyak yg mengalami gubahan berkali2 sejalan dgn proses rekaman).

    Bohemian Rhapsody berasal dari album Queen yang berjudul A Night At The Opera yang diproduseri Roy Thomas Baker pada tahun 1975. Lagu ini dikarang oleh Freddie Mercury vocalist kelompok Queen (Catatan : Queen terdiri dari Freddie Mercury, John Deacon, Roger Taylor, Brian May) .

    Lalu, apa yang menarik dari Bohemian Rhapsody? Kita tahu bahwa Freddie Mercury pencipta Bohemian Rhapsody adalah penulis lagu dengan menggunakan kunci-kunci aneh. Nada dasarnya cepat berubah. Musiknya mempunyai struktur chord yang susah dimainkan dan dinyanyikan, demikian halnya pada lagu Bohemian Rhapsody. Dari E flat Mayor ke F Minor kemudian ke A Mayor dst. Lagu yang dimulai acappella dengan pertanyaan : Is this the real life - Is this just fantasy dan diakhiri dengan dengan suara gong itu memang cukup unik, sehingga tidak heran bila hampir semua penggemar musik pasti kenal lagu ini. Bahkan banyak orang meramalkan bahwa belum tentu ada partitur yang ditulis sebagamana Bohemian Rhapsody dalam abad ini.

    Selain terletak pada keindahan partitur, piano, suara Freddy, Guitar May atau koor-nya, Bohemian Rhapsody menjadi sangat menarik lantaran lirik lagunya yang mengundang sejuta misteri sejalan dengan kepergian si pencipta. Bohemian Rhapsody sangat complicated, dan menimbulkan banyak perdebatan makna lagu. Banyak yang mengatakan bahwa lagu ini sulit dipahami dan cukup gelap. Mengandung teka-teki yang sulit dipecahkan, khususnya dalam bagian operanya.

    Konon dalam proses pembuatannya Freddie tampak begitu yakin dan mengetahui apa yang harus dilakukannya, sepertinya Bohemian Rhapsody sudah lama ada di kepala Freddie. Bahkan Ia telah mencatat lirik lagunya di sebuah buku notes tua milik ayahnya. Beragam apresiasi dari penikmat mengenai makna lagu itu sering menjadi perdebatan kontroversial sepanjang masa. Suatu ketika dia menyebut nama Allah dengan membaca Bismillah, padahal disisi lain ia memanggil nama Setan dengan berteriak : Beelzebub.

    Parade karakter dan penggunaan frase-frase sejarah aneh membuat penikmat kebingungan dan tersihir walau tanpa mengetahui maknanya. Berbagai mantra digunakannya seperti : Scaramouche, Galileo, Beelzebub, Figaro, Mama Mia, dan Magnifico. Secara etimologis beberapa frase dan mantra yang dilafalkannya mempunyai arti sbb :
    Scaramouch berarti seorang pengecut yang banyak omong.
    Fandango berarti tarian.
    Beelzebub merupakan nama setan.
    Lalu apa arti Galileo, Figaro, magnifico ? Saya cari pada dictionary Galileo itukan nama Astronom berasal dari Italia penemu Telescope bintang….??? Apa hubungannya ?
    Lalu apa arti Figaro dan magnifico ???? Pusing…!!!!!

    Saat Bohemian Rhapsody dirilis ke publik, banyak spekulasi yang muncul tentang makna lagunya. Orang percaya bahwa lirik itu melukiskan tentang pelaksanaan proses ekesekusi, yang diilhami Novel Albert Camus, The Stranger. Bahkan ada yang meyakini bahwa lagu itu mengisahkan tentang wajib militer di Perang Vietnam. Sedangkan disisi lain ada yang percaya bahwa lirik itu diciptakan hanya untuk mencocokkan dengan musik yang diciptakan, sehingga tidak memiliki makna atau arti sama-sekali.

    Brian May pernah mengatakan : Setiap orang termasuk dirinya, memiliki interpretasi masing-masing terhadap maha karya tersebut. Sehingga ia mengaku sampai sekarang tidak mau mengungkapkan secara terbuka apa pandangannya terhadap karya besar sahabatnya itu. Tidak ada yang berani membicarakan soal liriknya saat proses pembuatannya karena Freddie seperti sudah yakin dengan penemuannya, kata May.

    Freddy berbeda dengan personil Queen lainnya yang senang bercerita bagaimana proses kreatif atau inspirasi sebuah lagu ditulis. Freddie selalu mengelak apabila ditanya tentang bagaimana makna lagu ciptaannya atau bagaimana inspirasinya timbul. Freddie sangat membenci terhadap banyak analisa dalam materinya, ia lebih menyukai dan memberi kebebebasan kepada penikmatnya untuk membangun penafsiran mereka sendiri. Ia mempersilahkan penikmat untuk dapat merekontruksi cara berpikirnya, kendati dia mengatakan bahwa dia telah melakukan sebuah riset untuk itu semua termasuk sesi opera-nya.

    Proses perekaman Bohemian Rhapsody dilakukan selama 3 (tiga) minggu, dimulai pada tanggal 24 Agustus 1975 di Rockfield Studio 1 dekat Monmouth di Inggis. Untuk menghasilkan maha karya tersebut Queen menggunakan berbagai alat musik seperti : Fender Precision Electric Bass, Red Special electric guitar, Ludwig Drums, timpani dan sebuah Paiste Gong. Freddy sendiri menggunakan sebuah Bechstein "Concert" Grand Piano, yang digunakannya juga saat promosi video dan konser Tour Bohemian Rhapsody di UK .

    Pembuatan koor pada lagu Bohemian Rhapsody yang terdiri dari 180 (note : ada yang menyebut 120) vokal latar itu direkam secara marathon di mesin rekaman 24 trek dengan vokal anggota Queen selama satu minggu.

    Ini merupakan salah satu unsur keunikan Bohemian Rhapsody yang memadukan berbagai unsur musik klasik salah satunya yaitu opera.
    Para pengamat membagi komposisi Bohemian Rhapsody menjadi 6 bag menarik :

    Introduction yaitu dari menit ke 0:00 smpai dengan 0:48
    Ballad yaitu dari menit ke 0:48 sampai dengan 2:36
    Guitar solo yaitu dari menit ke 2:36 sampai dengan 3:02
    Opera yaitu dari menit ke 3:02 sampai dengan 4:07
    Hard Rock yaitu dari menit ke 4:07 sampai dengan 4:55
    Outro yaitu dari menit ke 4:55 sampai dengan 5:55

    lagu ini sempet ditolak oleh label ketika ketika Queen mengajukan lagu ini untuk dijadikan single. Alasannya karena durasinya yang terlalu panjang. Namun Queen dan Roy Thomas Baker (produser Queen) tidak kehabisan akal. Mereka mendatangi Kenny Everett seorang DJ radio terkenal, untuk memutarkan lagu itu di Radio. Kenny pun awalnya menolak. Namun, emang dasar kreatip, Queen dan Baker pun memberikan potongan2 dari lagu tersebut. Freddie mengatakan pada Kenny, bahwa lagu itu diberikan benar-benar secara pribadi dan tak boleh diputar di radio atau untuk umum.

    Tapi Kenny justru nekad memutar lagu itu di radionya, hingga 14 kali dalam hari yang sama. Sejak saat itu, seluruh stasiun radio besar memutar secara utuh lagu itu dan, Bohemian Rhapsody menjadi hit dan menggemparkan Inggris pada masa itu, serta menempati tangga nomer satu selama sembilan minggu. karena itu pula pendengar banyak yang mendatangi toko musik untuk membeli rekaman lagu ini, masalahnya pada saat itu lagu ini belum dirilis dan ketika dirilis, lagu ini langsung menempati puncak chart Bahkan hingga sekarang menjadi Magnum Opus yang sangat legendaries.
    Kemisteriusan Magnum Opus Bohemian Rhapsody menimbulkan banyak perbedaan pendapat mengenai maknanya, diantaranya :

    1. Bahwa Bohemian Rhapsody adalah lagu yang menceritakan seseorang yang akan dihukum mati karena habis membunuh seseorang. Ia menuliskan pesan terakhirnya kepada ibunya untuk menjelaskan situasinya (Mama.. just killed a man, Put a gun against his head, Pulled my trigger,now hes dead, Mama.. life had just begun, But now Ive gone and thrown it all away,Mama ooo)

    2. Bahwa Bohemian Rhapsody adalah lagu yang menceritakan seseorang miskin (I am just a poor boy) yang tertekan yang kemudian membunuh seseorang (Mama..just killed a man, Put a gun against his head, Pulled my trigger,now his dead). Dan dia harus mempertanggung-jawabkan perbuatannya. Kemudian dia meminta (atau dimintakan?) pengampunan karena alasan latar belakangnya yang miskin. Bahwa hanya Tuhan yang semestinya menghukumnya, bukan masyarakat. Dia kemudian mencoba membantahnya bahwa dia telah membunuh seseorang, dengan istilah jalanannya : “menari” (will you do a fandango). Dan menanamkan setan dalam dirinya sebagai alasan lain (Beezelbub). Namun nampaknya dia tidak memperoleh kemudahan. Bahkan timbul konflik batin, karena bagaimanapun dia tidak boleh lepas dari kenyataan (no escape from reality) dan harus mempertanggung-jawabkan perbuatannya.

    3. Bahwa Bohemian Rhapsody adalah lagu yang menceritakan kenyataan atau ramalan kehidupan Freddie Mercury. Bahwa “just killed a man” dalam lirik tersebut bisa diartikan bahwa dia membunuh orang lain, atau membunuh dirinya sendiri. Ingat bahwa Freddy seorang homoseksual yang pada masa itu (era tahun 70-an) dapat dihukum mati, atau ramalan terhadap penyakitnya yang kelak menyebabkan kematian tragisnya.

    4. Bahwa Bohemian Rhapsody adalah lagu yang menceritakan seseorang miskin (I am just a poor boy) yang akan dihukum gantung (Open your eyes Look up to the skies and see) untuk mempertanggung-jawabkan perbuatannya karena membunuh (just killed a man, Put a gun against his head, Pulled my trigger,now his dead). Tapi dia tidak ingin dikasihani (i need no sympathy). Dan kemudian dia membaca mantra agar diloloskan dari hukumannya. Semua dia mintai pertolongan....., mulai kepada Allah (Bismillah) sampai kepada Setan (Beezelbub).

    Anda tentu bebas pula mengapresiasikan makna lagu Bohemian Rhapsody ? Berjuta apresiasi akan bermunculan, namun yang pasti May-Deacon-Taylor pasti akan tetap bungkam, berlindung di belakang kematian Freddy. Karna, sebagaimana lukisan Monalisa - Leonardo Da Vinci, maka Bohemian Rhapsody ini akan tetap menarik menjadi misteri kehidupan sejalan dengan kepergian si pencipta.

    sory klo repost
    klo emang repost delete aja
    ___________________________________________________________________________________
    note: pembahasan tentang misteri lagu bohemian rhapsody ini sudah banyak diulas dibeberapa forum sebelah dan dibeberapa blog, jadi gw cuman ngerangkuminnya aja disini.
     
    • Thanks Thanks x 14
    • Like Like x 9
  2. Ramasinta Tukang Iklan





  3. Sky_RusH M V U

    Offline

    Beginner

    Joined:
    Feb 5, 2010
    Messages:
    200
    Trophy Points:
    111
    Ratings:
    +734 / -0
    Kok Serem ya :takut: Ternyata ada Misterinya....
     
  4. tresnadi Banned User

    Offline

    Senpai

    Joined:
    Jan 31, 2009
    Messages:
    6,155
    Trophy Points:
    171
    Ratings:
    +113,297 / -0
    udah pernah baca dimana yah :ngacir:
     
  5. Xophien Veteran

    Offline

    Post Hunter

    Joined:
    Mar 14, 2009
    Messages:
    2,778
    Trophy Points:
    201
    Ratings:
    +4,605 / -0
    gw dari kecil udah suka lagu ini sih ...
    emang kga ngerti isinya...
    biar ud dibahas ini masih kga nyambung jg gw . ..
     
  6. flaura M V U

    Offline

    Beginner

    Joined:
    Aug 22, 2009
    Messages:
    241
    Trophy Points:
    126
    Ratings:
    +4,309 / -0
    @tresnadi pastinya dah sering baca karena kan seperti catatan gw di tulisan yang paling bawah, jadi gw cuma merangkumkan aja.
     
  7. sok_jago M V U

    Offline

    Beginner

    Joined:
    Dec 20, 2009
    Messages:
    283
    Trophy Points:
    71
    Ratings:
    +8 / -0
    hm, ane sih cuma suka dengerin aja, ga pernah sampe analisis segala. :hehe:
    emang unik sih ni lagu, baik melodi maupun lirik. cuma apa makna dibaliknya, well, mungkin cuma penciptanya yang tau :piss:
     
  8. zz11 Veteran

    Offline

    Rockstar

    Joined:
    Mar 11, 2009
    Messages:
    40,093
    Trophy Points:
    252
    Ratings:
    +33,259 / -0
    lagunya sich enak dengerinnya cuma kalo diperdalam, keknya bisa merinding sendiri :takut:
     
  9. thewigreys M V U

    Offline

    Beginner

    Joined:
    Jun 16, 2009
    Messages:
    313
    Trophy Points:
    192
    Ratings:
    +7,324 / -0
    sempat suka ma lagunya tapi gag nyangka menyimpan misteri seperti itu...
     
  10. rivaldy M V U

    Offline

    Lurking Around

    Joined:
    Aug 30, 2008
    Messages:
    524
    Trophy Points:
    156
    Ratings:
    +1,433 / -0
    Lagu nya emang lumayan panjang, jadi interpretasi orang bisa macem-macem ....
     
  11. Akatsuki_Rolan40 M V U

    Offline

    Superstar

    Joined:
    Feb 22, 2009
    Messages:
    18,276
    Trophy Points:
    227
    Ratings:
    +108,955 / -1
    Owhhhh.....

    Diriku c smpet suka jg ama lagunya.....Tp ampe skrg g bs ngatiin makna lagunya.....
    Kirain diriku ajagh yg kya gt....Trnyata bnyk jg yach....
     
  12. Diozzz M V U

    Offline

    Silent Reader

    Joined:
    Jun 30, 2009
    Messages:
    49
    Trophy Points:
    176
    Gender:
    Male
    Ratings:
    +3,817 / -0
    :panda:

    knapa awalnya bismilah ujung"nya ke Beelzebub?

    serem :panda:
     
  13. boolie2woolie Members

    Offline

    Silent Reader

    Joined:
    Mar 4, 2009
    Messages:
    153
    Trophy Points:
    16
    Ratings:
    +7 / -0
    Seremmmmmmmm eui.
    Kirain lagu apa kok pake ada misteri2 segala........
    Ternyata liriknya yg GEJE! >_< wew
     
  14. Arthuria M V U

    Offline

    Lurking Around

    Joined:
    May 5, 2009
    Messages:
    1,234
    Trophy Points:
    112
    Ratings:
    +259 / -0
    yap bener sekali, lagu ini adalah sebuah masterpiece, dan seperti monalisa lagu ini justru menjadi masterpiece bukan hanya karena keunikannya tpai juga karen abnayaknya misteri yang menyelimutinya
     
  15. Xera M V U

    Offline

    Beginner

    Joined:
    Jun 11, 2009
    Messages:
    362
    Trophy Points:
    71
    Ratings:
    +25 / -0
    kok jadi serem ya,:shock:
     
  16. jarots M V U

    Offline

    Beginner

    Joined:
    Oct 29, 2009
    Messages:
    258
    Trophy Points:
    191
    Ratings:
    +8,442 / -0
    aneh juga lagunya
    menyimpan suatu misteri
     
  17. benedictERICK M V U

    Offline

    Beginner

    Joined:
    Mar 14, 2010
    Messages:
    499
    Trophy Points:
    56
    Ratings:
    +34 / -0
    waduh kok serem gtu ya lagunya /....
     
  18. gamz M V U

    Offline

    Lurking Around

    Joined:
    Jul 1, 2009
    Messages:
    746
    Trophy Points:
    106
    Ratings:
    +462 / -0
    mangstab gan, ane baru tahu sedalam ini ternyata kal odikuak misterinya...:matabelo:
    thanx bro infonya,
    cendol ngalir dah..:hehe:
     
  19. VanSoFtHeWaLL Members

    Offline

    Silent Reader

    Joined:
    Jun 1, 2009
    Messages:
    197
    Trophy Points:
    31
    Ratings:
    +3 / -0
    wew, ribet amat sih kynya
     
  20. diti M V U

    Offline

    Lurking Around

    Joined:
    Oct 12, 2009
    Messages:
    1,068
    Trophy Points:
    86
    Ratings:
    +63 / -0
    wah wah.. ini adalah lagu favorit saya sejak jaman dahulu kala nih..

    memang lagu ini memang fenomenal, dimana disatu sisi menyebut ALLAH, sementara di sisi lain menyebut BEELZEBUB.. keren banget..
     
  21. xblack M V U

    Offline

    Silent Reader

    Joined:
    Feb 27, 2010
    Messages:
    43
    Trophy Points:
    46
    Ratings:
    +7 / -0
    hiburan atau hiburan yang berhubungan dengan mistik :hehe:
     
Thread Status:
Not open for further replies.

Share This Page

About Forum IDWS

IDWS, dari kami yang terbaik-untuk kamu-kamu (the best from us to you) yang lebih dikenal dengan IDWS adalah sebuah forum komunitas lokal yang berdiri sejak 15 April 2007. Di bangun sebagai sarana mediasi dengan rekan-rekan pengguna IDWS dan memberikan terbaik untuk para penduduk internet Indonesia menyajikan berbagai macam topik diskusi.